banner join inggrism

Perbedaan Some dan Any

beberapa perbedaan some dan any dalam contoh kalimat bahasa inggris

Hai Mates, ketemu lagi bareng inggrism nih. Oke, artikel kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang bahasa inggris lagi. Yaitu tentang perbedaan some dan any. Mulai dari pengertian hingga contoh penggunaanya.

Dalam menyebutkan suatu benda, anda tentu terkadang tak hanya menyebutkan nama benda itu saja. Terkadang, anda harus menyebutkan jumlah dari benda tersebut, baik itu jumlah yang pasti atau hanya estimasi saja, seperti sedikit atau banyak.

Dalam hal ini, anda pun akan menggunakan hal yang sama dalam bahasa inggris. Some dan any adalah dua kata yang sering digunakan. Tentunya, ada materi tentang some dan any yang perlu anda ketahui.

Tak hanya itu saja, anda perlu mengerti penggunaan dari dua kata ini agar bisa membuat suatu kalimat yang baik dan tepat. Untuk itu, ada beberapa hal yang memang perlu dipelajari.

Pengertian dari Some dan Any

aturan penggunaan kata some serta any dalam kalimat bahasa inggris

Sebelum membahas tentang perbedaan dan fungsi dari some dan any dalam kalimat bahasa Inggris, pertama-tama yang perlu diketahui adalah pengertian dari dua kata ini.

Dari segi pengertian, dua kata ini bisa diartikan beberapa atau penunjuk jumlah tak tentu lainnya. Ini akan tergantung pada suatu kalimat yang digunakan.

Dalam beberapa bentuk kalimat, some dan any terkadang juga tidak diterjemahkan karena justru akan terasa aneh.

Pengertian dari Quantifiers

banner join inggrism

Bila membahas tentang some dan any, anda perlu membahas tentang quantifier. Ini merupakan salah satu jenis atau kelompok kata.

Kata-kata yang masih dalam kelompok quantifier ini memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menunjukkan jumlah suatu barang, baik itu jumlah yang pasti ataupun tidak pasti.

Ini akan sering digunakan dalam banyak kalimat walau memang ada beda penggunaan antara keduanya.

Beberapa Jenis Quantifiers selain Some dan Any

Sebelum membahas lebih jauh tentang some dan any, ada banyak kata yang masuk dalam kelompok quantifier tersebut. Some dan any hanyalah dua di antaranya.

Selain itu, masih ada kata lain, seperti di antaranya adalah much, more, all, both, few, dan juga a lot of. Masing-masing memiliki makna yang berbeda-beda, sama halnya dengan perbedaan am dan pm walau sama-sama merupakan indikator waktu.

Persamaan antara Some dan Any

aturan penggunaan kata some serta any dalam kalimat bahasa inggris

Untuk membahas penggunaan some dan any dan aspek lainnya, persamaannya bisa diperhatikan terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa persamaan di antaranya.

  • Kedua kata ini masuk dalam kelompok quantifier dan dua kata ini bisa diartikan sama, yaitu beberapa atau kata lain yang menunjukkan ukuran jumlah suatu benda yang tidak tentu.
  • Keduanya bisa digunakan dalam bentuk kata benda yang bisa dihitung atau countable noun ataupun yang tak bisa dihitung atau uncountable noun.

Perbedaan antara Some dan Any

aturan penggunaan kata some serta any dalam kalimat bahasa inggris

Dalam hal ini, ada beberapa hal yang harus digarisbawahi karena nantinya akan menentukan penggunaannya dalam suatu kalimat.

  • Some digunakan dalam bentuk kalimat positif
  • Any bisa digunakan dalam bentuk kalimat negatif ataupun kalimat tanya atau kalimat interogatif. .

Aturan Dasar Penggunaan Some dan Any

aturan penggunaan kata some serta any dalam kalimat bahasa inggris

Ketika sudah tahu tentang pengertian, persamaan, dan juga perbedaan dua quantifier tersebut, yang menjadi pembahasan selanjutnya adalah aturan dasar atau kapan penggunaan some dan any tersebut.

Sesuai yang dikatakan, ini digunakan untuk menyebut jumlah yang tak tentu. Penggunaannya akan ditempatkan di depan kata benda atau frasa kata benda.

Pengertian dari Countable dan Uncountable Nouns

Terkait pembahasan mengenai perbedaan some dan any, anda perlu tahu juga tentang perbedaan uncountable dan countable noun. Ini merupakan bentuk dari kata benda.

Yang dimaksud countable noun adalah kata benda yang bisa dihitung dengan mudah, seperti batu atau stone, meja atau table, dan buku atau book. Dalam penggunaannya, biasanya ini akan diberi tambahan –es atau –s uhtuk bentuk jamaknya.

Sedangkan, uncountable noun adalah bentuk kata benda yang tak bisa dihitung. Yang dimaksud tak bisa dihitung ini karena bentuknya yang abstrak atau benar-benar tak bisa dihitung atau justru jumlah serta ukurannya yang sangat kecil sehingga sulit dihitung satu per satu.

Untuk menghitungnya, biasanya digunakan ukuran berat, atau ukuran bantuan lainnya. Contoh dari uncountable noun adalah sand atau pasir, hair atau rambut, dan air atau udara.

Jenis-jenis Kalimat terkait dengan Perbedaan Some dan Any

beberapa perbedaan some dan any dalam contoh kalimat bahasa inggris

Sesuai yang ada dalam bagian some dan any, anda menemukan beberapa jenis kalimat yang berbeda-beda.

Di sini, setidaknya ada tiga jenis kalimat dan ini perlu anda pahami unutk bisa tahu cara membedakan some dan any tersebut.

  • Positive or affirmative sentence: jenis kalimat positif yang mana tidak berupa kalimat tanya dan kalimat dengan makna tidak di dalamnya.
  • Negative sentence: jenis kalimat negatif yang biaanya ditandai dengan adanya kata-kata seperti not, no, atau never.
  • Interrogative sentence: kalimat yang menunjukkan suatu pertanyaan, dan kalimat ini selalu diakhiri dengan tanda tanya.

Pengecualian dalam Penggunaan Some

aturan penggunaan kata some serta any dalam kalimat bahasa inggris

Walau sudah disebutkan bahwa some hanya bisa digunakan dalam kalimat positif terkait bedanya some dan any, ada pengecualian yang bisa anda temukan.

Dalam hal ini, some ternyata bisa juga ditemukan dalam kalimat tanya, yaitu pada kalimat yang menunjukkan suatu permintaan, ajakan, atau tawaran. Bentuk kalimat ini memang kalimat tanya, tapi some bisa digunakan di dalamnya.

Misalkan saja:

Would you like some tea?

Beberapa Contoh Penggunaan Some dalam kalimat

beberapa perbedaan some dan any dalam contoh kalimat bahasa inggris

Untuk lebih jelas dalam melihat some dan any, tentu itu akan lebih mudah dipahami bila melalui kalimat. Ini sama halnya ketika anda belajar tentang perbedaan because dan because of. Untuk itu, berikut adalah contoh kalimat tersebut.

I want to buy some cookies.

Di dalam kalimat ini, some digunakan untuk kata benda countable, yaitu cookies.

She goes to the kitchen to get some water. 

Di dalam kalimat ini, some digunakan untuk kata benda yang tak bisa dihitung yaitu water atau air minum.

Beberapa contoh penggunaan Any dalam kalimat

beberapa perbedaan some dan any dalam contoh kalimat bahasa inggris

Selanjutnya adalah contoh untuk latihan penggunaan any. Ini bisa dilihat dalam beberapa contoh kalimat yang ada di bawah ini.

I do not have any money right now.

Di kalimat ini, any digunakan dalam kalimat negatif untuk uncountable noun.

Do you have any rice to eat?

Di kalimat ini, any digunakan pada kalimat tanya untuk kata benda uncountable.

Do they have any fruits in the refrigerator?

Di kalimat ini, any digunakan pada kalimat tanya untuk kata countable noun.

Alternatif Kalimat Negatif tanpa Menggunakan Any

Ketika anda ingin menggunakan kata any, terkadang anda mungkin mencari tahu adanya alternatif lainnya. Hal yang sama barangkali anda temukan juga ketika mempelajari penggunaan a dan an.

Dalam hal ini, any memang bisa diganti dengan kata no, dan ini menjadi bagian penting dalam materi some dan any. No bisa menggantikan any khususnya ketika itu kalimat negatif. Inilah contohnya.

I have no money.

They bring no money to the market.

Perbedaan Some dan Any dengan Much dan Many

aturan penggunaan kata some serta any dalam kalimat bahasa inggris

Much dan many seringkali dijumpai dalam banyak kalimat. Sayangnya, seringkali ini disamakan begitu saja. Padahal, ada beberapa perbedaan.

Misalkan saja, some dan any bisa digunakan pada countable dan uncountable noun, sedangkan much dan many sangat spesifik. Much hanya digunakan pada uncountable noun, sedangkan many digunakan pada countable noun.

Selain itu, arti dari much dan many ini berbeda dengan some dan any. Many dan much diartikan banyak, sedangkan some dan any tidaklah spesifik pada jumlah tertentu.

Dengan kata lain, ini bisa saja sedikit atau justru banyak. Ini tentu perlu menjadi perhatian ketika anda mempelajari some dan any.

Penggunaan Much dan Many dalam Kalimat

Terkait some dan any dan penggunaannya, anda bisa menemukan juga bentuk lainnya, yaitu much dan many. Ini juga merupakan bagian dari quantifier.

Hanya saja, ini merupakan bentuk yang berbeda, dan penggunaannya pun juga sedikit berbeda. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

Next week, I will have much free time.

Do you have many books in your house?

Kesalahan yang Sering Dijumpai dalam Penggunaan Some dan Any

beberapa perbedaan some dan any dalam contoh kalimat bahasa inggris

Ketika anda belajar tentang some dan any beserta artinya, anda seringkali mengalami kesulitan dalam menggunakan keduanya. Hal ini biasanya terjadi dalam penggunaannya terkait jenis kalimat tertentu.

Selain itu, tak jarang pula some dan any tertukar dengan quantifier lainnya. Walau artinya bisa saja dianggap saja, tapi masing-masing memiliki fungsi yang spesifik.

Contoh Soal tentang Perbedaan Some dan Any

beberapa perbedaan some dan any dalam contoh kalimat bahasa inggris

Untuk semakin paham tentang some dan any, anda bisa mencoba banyak contoh soal dan latihan. Hal yang sama bisa anda terapkan juga ketika belajar tentang perbedaan might dan may.

Untuk soal tentang some dan any, anda bisa mencoba mengisi kalimat yang belum lengkap berikut.

They said that they do not bring … penny. (any)

I will go to the store to buy … candies and snacks. (some)

Would you like to have … popcorn? (some)

Penutup

Penjelasan di atas merupakan beberapa hal yang perlu anda pelajari ketika anda sedang mencari tahu tentang materi some dan any.

Kedua kata ini barangkali terlihat sederhana dan fungsinya barangkali anda anggap tidak signifikan. Namun, penggunaan yang tidak tepat akan membuat kalimat anda tidak bagus dan bisa mengurangi nilai juga ketika itu dalam suatu tes atau penilaian.

Karena itu, mempelajari penggunaan serta perbedaan some dan any memang sangat penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism