Perbedaan Might dan May

  • 5 min read
  • Nov 24, 2021
perbedaan might dan may dalam contoh kalimat bahasa inggris

Hello Mates, inggrism kali ini akan berbagi artikel yang berisi tentang perbedaan might dan may. Akan kami jelaskan secara menyeluruh dan tuntas.

Dalam membuat kalimat, terkadang anda tidak hanya sekedar menggunakan kata kerja saja untuk menunjukkan suatu tindakan atau pekerjaan tertentu.

Kalimat akan membutuhkan kata tambahan untuk membuatnya lebih spesifik menunjukkan kemungkinan dan hal lainnya. Dalam hal inilah, ada kata-kata seperti bisa, akan, dan lain sebagainya.

Bahasa Inggris pun memiliki kata-kata seperti itu dalam kalimat. Might dan may adalah dua di antaranya. Orang seringkali menganggap bahwa dua kata tersebut merupakan kata yang sama. Padahal, ada perbedaan dari kedua kata tersebut.

Ini sama halnya dengan perbedaan am dan pm yang walau sama-sama menunjukkan waktu, memiliki fungsi dan pengertian yang berbeda.

Pengertian tentang Might dan May

banner join inggrism
perbedaan might dan may dalam contoh kalimat bahasa inggris

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan penggunaan may dan might, mengetahui pengertian dari dua kata ini perlu dipahami terlebih dahulu.

Dalam hal ini, dua kata ini mengungkapkan kemungkinan, tapi juga bisa digunakan dalam hal yang menunjukkan ijin atau permohonan. Walau keduanya memiliki konteks yang sama dalam hal posibilitas, fungsi keduanya cukup berbeda.

Modal Verbs Selain Might dan May

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam bahasa inggris ada kata bantuan untuk membantu atau melengkapi kata kerja yang digunakan.

May dan might adalah dua di antaranya. Kelompok kata ini disebut dengan modal verbs. Selain dua itu, ada juga kata-kata lainnya.

  • Will dan would
  • Shall dan should
  • Can dan chould
  • Must

Rumus Dasar Penggunaan Might dan May

aturan penggunaan kata might serta kata may dalam kalimat bahasa inggris

Ketika berbicara tentang might dan may, penggunaan may dan might perlu diperhatikan terlebih dahulu. Dalam hal ini, keduanya memiliki rumus dasar dalam suatu kalimat.

May dan might akan selalu diikuti oleh bentuk kata kerja dasar atau kata kerja tanpa adanya imbuhan atau perubahan bentuk apapun. Ini menjadi rumus dasar dan berlaku untuk pengggunaan might dan may.

Fungsi Modal Might dan May

perbedaan might dan may dalam contoh kalimat bahasa inggris

  1. Fungsi dari Modal May

Bagian selanjutnya adalah mempelajari tentang fungsi dari dua kata tersebut. Dalam hal ini, yang pertama dibahas adalah fungsi dari may.

Ada beberapa fungsi dari kata ini, dan bahkan kata ini juga sekaligus berarti bulan Mei ketika digunakan dengan kapital di awal katanya.

  • Menunjukkan kemungkinan di masa kini dan masa depan. “Bobby may be coming to the show” dan “She may be tired” adalah dua contoh kalimat untuk fungsi ini.
  • Membuat kalimat tentang meminta izin dan sekaligus memberikan ijin. “May I come inside, Sir?” merupakan contoh untuk permintaan ijin tersebut.
  1. Fungsi dari Modal Might

Tentang perbedaan might dan may, tentu fungsi dari might pun juga perlu dibahas. Dalam hal ini, might pun memiliki fungsi yang mirip dengan may.

Hanya saja, biasanya ini digunakan untuk kalimat dengan konteks past tense. Selain itu, biasanya ini digunakan dengan bentuk kalimat dengan if clause atau bentuk kalimat untuk sebuah pengandaian.

Berikut adalah contohnya:

He might have called me earlier, yet I did not pick up the call.

If you run faster, you might be able to reach the place sooner.

Persamaan Might dan May

aturan penggunaan kata might serta kata may dalam kalimat bahasa inggris

Sebelum membahas tentang  might dan may, persamaan dari kedua kata ini bisa dijadikan pembahasan terlebih dahulu.

Dari segi arti, keduanya memang bisa dikatakan sama karena membahas tentang posibilitas atau kemungkinan. Selain itu, keduanya bisa digunakan untuk meminta ijin. Dua hal ini setidaknya yang menjadi persamaan antara keduanya.

Perbedaan Might dan May

aturan penggunaan kata might serta kata may dalam kalimat bahasa inggris

Untuk perbedaan dari kedua kata ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Keduanya memang mengungkapkan kemungkinan, tapi ada aspek yang perlu mendapatkan perhatian khusus.

Hal ini sama halnya dengan penggunaan a dan an yang walau memiliki arti sama, tapi fungsinya berbeda.

  • May akan digunakan dalam kalimat di present dan future tense, sedangkan might lebih khusus digunakan dalam kalimat dengan past tense, termasuk dalam past indirect speech.
  • Keduanya memang mengungkapkan kemungkinan dan sekaligus memberikan izin, tapi kemungkinan yang disampaikan dengan kata might memiliki kemungkinan kecil.

Perbedaan Bentuk May dan Might dalam Kalimat Tanya

aturan penggunaan kata might serta kata may dalam kalimat bahasa inggris

Setelah tahu beberapa hal tentang might dan may, bagian selanjutnya adalah penggunaan dari dua kata ini. keduanya bisa digunakan dalam jenis kalimat yang sama, dan salah satunya adalah kalimat tanya atau interrogative sentence.

Dalam susunan kalimatnya, might dan may akan ditempatkan di depan kata kerja, dan bentuk kata kerjanya tetaplah kata kerja bentuk dasar.

Contoh Kalimat dengan May dan Might dalam Kalimat Tanya

Untuk lebih memahami terkait penggunaan may dan might dalam kalimat tanya, ini bisa dilihat dalam bentuk permintaan ijin atau menanyakan kemungkinan. Berikut adalah contoh penggunaannya.

May I go with you to library?

Might she come to the party?

Perbedaan Bentuk May dan Might dalam Kalimat Negatif

perbedaan might dan may dalam contoh kalimat bahasa inggris

Selain kalimat aktif dan kalimat tanya, ada juga kalimat negatif yang bisa menggunakan bentuk might dan may. Dalam hal ini, tidak ada perubahan tentang bentuk kata kerjanya.

Karena kalimat negatif, biasanya akan ditambahi dengan not atau never yang membuat suatu kata kerja bermakna negatif atau memuat kata tidak di dalamnya.

Contoh Kalimat dengan May dan Might dalam Kalimat Negatif

Penggunaan not dan never dalam kalimat negatif dengan may dan might akan ditempatkan setelah modal verbs tersebut. Dalam hal ini, tidak ada beda antara might dan may dalam hal struktur kalimatnya. Berikut adalah contohnya.

She might not come to the party.

You may not be interested to the novel.

Perbedaan May dan Can

aturan penggunaan kata might serta kata may dalam kalimat bahasa inggris

Ketika membahas tentang might dan may tak jarang anda pun akan menemukan tentang adanya can.

Ini sama halnya ketika anda sedang belajar tentang perbedaan wish dan hope, bisa muncul kata yang relatif sama atau menjadi alternatif untuk keduanya. Walau dalam bahasa Indonesia kedua kata ini bisa diartikan “bisa”, tapi keduanya sebenarnya berbeda.

May menunjukkan possibility atau kemungkinan. Di sisi lain, can menunjukkan ability atau bisa tidaknya seseorang melakukan sesuatu, dan contohnya adalah sebagai berikut.

Rina may come to the party.

Ini berarti kemungkinan Rina akan datang ke pesta.

Rina can come to the party.

Ini berarti bahwa Rina bisa datang ke pesta.

Dari kedua contoh ini, tentu bisa dilihat adanya perbedaan yang mana can menunjukkan bahwa seseorang bisa melakukan sesuatu, dan bukan sekedar mungkin atau tidak melakukan itu. Dengan kata lain, ini menunjukkan suatu kepastian tertentu.

Denial of Permission dalam May dan Might

aturan penggunaan kata might serta kata may dalam kalimat bahasa inggris

Ketika berbicara tentang penggunaan may untuk meminta ijin, tentu ini akan ditanggapi. Tanggapannya bisa berupa pemberian ijin atau justru ponolakan untuk ijin tersebut.

Penolakan inilah yang disebut sebagai denial atau refusal of permission. Namun, ada yang perlu diperhatikan dalam hal ini, karena biasanya yang digunakan bukan may not atau might not, tapi justru cannot.

Contoh Percakapan tentang Denial of Permission

Memang benar bahwa tanggapan dalam denial of permission akan menggunakan bentuk cannot. Ini menjadi perhatian ketika anda mempelajari perbedaan might dan may.

Tentunya, ini memang kondisi spesifik, dan anda pun akan sering menemukannya ketika anda mempelajari penggunaan due to atau kata lainnya. Berikut adalah contohnya.

A: May I go to the toilet now, Sir?

B: No, you cannot.

Kesalahan yang Sering Dialami dalam Penggunaan Might dan May

perbedaan might dan may dalam contoh kalimat bahasa inggris

Dalam penggunaan may dan might, tak jarang akan ada kesalahan yang dialami dalam penggunaannya. Ini sering terjadi karena orang tidak cukup paham tentang kedua modal verbs ini.

Selain itu, dua kata ini juga tergolong kata dari bahasa asing sehingga pemahaman seseorang bisa saja terbatas. Salah satu yang sering dialami adalah anggapan bahwa might dan may bisa saling menggantikan.

Padahal, fungsi keduanya cukup spesifik dan tidak bisa serta merta saling menggantikan satu sama lain.

Kesalahan lainnya adalah terkait bentuk dari might dan may ini. Might dan may ini selalu diikuti oleh kata kerja bentuk dasar. Hal ini termasuk juga untuk to be (is, am, are), yang mana nantinya menjadi be.

Oleh karena itu, may dan might tidak bisa diikuti oleh V-ing ataupun past participle. Ini yang seringkali justru menjadi kesalahan. Setidaknya, ini menjadi poin yang patut diperhatikan terkait might dan may.

Penutup

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda mempelajari tentang might dan may. Kedua kata ini memang memiliki persamaan, tapi ada juga perbedaan yang perlu diperhatikan. Walau terkesan sederhana, fungsinya dalam kalimat tetap perlu diperhatikan.

Untuk itu, pembahasan tentang perbedaan might dan may dan pembahasan lainnya di atas bisa menjadi referensi anda dalam mempelajari dua kata yang masuk dalam kelompok modal verbs ini.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *