banner join inggrism

Penggunaan s dan es

aturan penggunaan s dan es dalam bahasa inggris dan contohnya

Dalam beberapa hal, ada persamaan antara kalimat dalam bahasa Indonesia dan kalimat dalam bahasa inggris. Dalam hal ini, salah satunya adalah imbuhan seperti penggunaan s dan es dalam bahasa inggris.

Ada cukup banyak imbuhan yang bisa ditemukan. Imbuhan –s dan –es adalah dua di antaranya. Namun, penggunaannya sangat spesifik. Anda benar-benar harus tahu tentang s dan es agar anda bisa mengunakan imbuhan tersebut dengan lebih mudah.

Walau terkesan hanya satu atau dua huruf, ini sangatlah penting dalam tata bahasa atau grammar bahasa Inggris. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui dalam penggunaannya, dan ini bisa menjadi suatu pembahasan yang menarik.

Pengertian tentang s dan es dalam Bahasa Inggris

aturan penggunaan s dan es dalam bahasa inggris dan contohnya

Sama halnya ketika anda ingin mempelajari tentang perbedaan am dan pm, anda pun perlu terlebih dahulu untuk memahami pengertian antara –s dan –es dalam bahasa Inggris.

Dari segi arti, ini memang tidak ada arti. Secara umum, ini merupakan imbuhan dan memiliki aturan penggunaan yang sangat spesifik. Tentunya, ini sangat perlu diketahui agar anda bisa menggunakan keduanya dengan tepat.

Pengertian tentang Affixes atau Imbuhan

aturan penggunaan s dan es dalam bahasa inggris dan contohnya

Sebelum membahas tentang penggunaan s dan es dan beragam contoh penggunaannya, anda perlu tahu terlebih dahulu tentang affixes atau imbuhan dalam bahasa Indonesia.

Imbuhan terkesan sederhana, tapi ini bisa berpengaruh pada tata bahasa hingga perubahan makna. Ini ditentukan oleh jenis spesifik dari imbuhan yang digunakan. Dalam hal ini, ada dua jenis affixes dalam bahasa Inggris.

banner join inggrism
  • Prefix atau awalan. Ini merupakan jenis imbuhan yang ditempatkan di bagian depan. Contohnya adalah –un yang membuat suatu kata menjadi berlawan arti, misalkan saja available menjadi unavailable.
  • Suffix atau akhiran. Ini merupakan imbuhan yang ada di bagian akhir suatu kata. Imbuhan –s dan –es adalah dua contoh dari jenis imbuhan yang satu ini.

Kelas Kata yang Menggunakan s dan es

Penggunaan akhiran –es dan –s ini, ada beberapa jenis kata atau kelas kata yang bisa digunakan. Dalam bahasa Inggris, kelas kata ini disebut part of speech.

Dalam hal ini, dua kelas kata yang umum digunakan adalah kata benda dan kata kerja. Selain itu, ada juga imbuhan lain yang bisa dipadukan dengan kata sifat.

Penggunaan s dan es dalam Kata Benda

aturan penggunaan s dan es dalam bahasa inggris dan contohnya

Imbuhan s dan es bisa digunakan dalam berbagai jenis kata benda. Ketika dua akhiran ini digunakan atau ditambahkan, ini akan menunjukkan suatu kata dengan jumlah jamak atau plural.

Ini merupakan salah satu karakteristik dari imbuhan –s dan –es ini yang benar-benar perlu anda perhatikan.

Konsep Countable dan Uncountable Noun dalam Bahasa Inggris

Terkait kata benda, anda akan menemukan dua jenis yang dijumpai dalam kaitannya dengan penggunaan akhiran –es dan –s. Kedua jenis ini memiliki perbedaan tersendiri. Berikut dua jenis kata benda tersebut.

  • Yang pertama adalah uncountable noun kata kata benda yang tak dapat dihitung. Ini merupakan kata yang merujuk pada suatu benda yang jumlahnya abstrak atau tidak bisa dihitung, seperti air atau water, udara atau air, dan pasir atau sand.
  • Yang kedua adalah countable noun. Ini merupakan kata benda yang bisa dihitung, dan inilah yang kemudian bisa ditambahi dengan imbuhan –es dan –s untuk menciptakan bentuk jamak dalam suatu kata benda. Contohnya adalah book yang bisa menjadi books, atau box yang bisa menjadi boxes. Ini adalah contoh penggunaan imbuhan tersebut pada kata benda.

Aturan Penggunaan s dan es dalam Kata Benda

Sama halnya pada kata kerja, anda pun akan menemukan aturan tertentu terkait penambahan imbuhan ini. Misalkan saja, kata benda dengan akhiran –x, -ch, dan –sh akan mendapatkan imbuhan –es.

Misalkan pada kata box yang menjadi boxes, church yang menjadi churches, dan juga dish yang menjadi dishes.

Lalu, ada juga kata benda dengan akhiran dua huruf yang sama. Benda seperti ini ditambahi dengan imbuhan –es. Untuk contoh penambahan yang ada, ini bisa ditemukan pada kata buss yang menjadi busses dan class yang menjadi classes.

Selebihnya, kata benda bisa dipadukan dengan imbuhan –s. Aturan yang spesifik pun tentu juga akan anda temukan ketika belajar tentang perbedaan will dan would.

Penggunaan s dan es dalam Kata Kerja

aturan penggunaan s dan es dalam bahasa inggris dan contohnya

Selain penggunaan dalam kata benda, imbuhan s dan es bisa juga ditemukan dalam kata karja atau verb.

Dalam hal ini, tujuan penambahan imbuhan tersebut tidaklah untuk keperluan jumlah jamak atau tunggal, tapi untuk menyesuaikan dengan jumlah subjek yang digunakan atau yang lebih dikenal juga dengan subject-verb agreement.

Present Tense dalam Bahasa Inggris

Untuk penjelasan imbuhan ini dalam kata kerja. Ini hanya bisa digunakan di bentuk kalimat present tense. Ini merupakan kalimat yang menunjukkan kejadian yang terjadi sekarang atau ketika kalimat dibuat.

Selain itu, kalimat di simple present tense juga bisa digunakan untuk menyatakan fakta atau kebenaran umum. Berikut adalah dua contoh penggunaan imbuhan –es dan –s pada kalimat.

She lives in Bali.

Di sini, kata kerja dasarnya adalah live, dan kemudian ditambahi –s karena subjeknya berjumlah satu.

She goes to the market.

Di kalimat ini, kata kerja utamanya adalah go dan mendapatkan imbuhan –es karena jumlah subjeknya satu.

Aturan Penggunaan s dan es pada Kata Kerja

Selain imbuhan dalam s/es pada kata benda dan juga pada simple present tense, ada juga aturan tentang penggunaan spesifik imbuhan ini, terutama dengan memperhatikan huruf terakhir dari suatu kata.

Dalam hal ini, kata kerja dengan akhiran s, o, z, x, ch, dan sh akan ditambahi dengan imbuhan –es. Misalkan saja adalah kata kerja go akan menjadi goes, dan kata kerja search menjadi searches dalam penambahan s dan es.

Lalu, kata kerja dengan akhiran huruf y akan mengalami perubahan. Huruf tersebut akan menjadi huruf –i dan imbuhan yang digunakan adalah –es.

Contoh pada verb ini bisa dilihat pada kata fly yang berarti terbang dan menjadi flies ketika mendapatkan penambahan –es dan –s.

Penggunaan s dalam Menyatakan Kepemilikan

aturan penggunaan s dan es dalam bahasa inggris dan contohnya

Imbuhn s dan es juga bisa ditemukan dalam kepemilikan. Namun, penggunaan ‘s kepemilikan ini spesifik dan tidak ada bentuk –es di dalamnya. Contohnya adalah Kate’s book yang berarti buku milik Kate.

Namun, ini hanya berlaku untuk jumlah benda yang satu karena benda dengan jumlah banyak hanya akan mendapatkan penambahan apostrophe saja, misalkan children’s book.

Kata Berakhiran -f yang Berubah Menjadi -v dengan penambahan s atau es

imbuhan s dan es dalam bahasa inggris

Yang juga unik dan patut diperhatikan pula adalah penambahan –s dan –es pada kata dengan akhiran –f yang nantinya akan menjadi –v dan ditambahi dengan –es. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

  • Knife akan menjadi knives.
  • Life akan menjadi lives.
  • Wolf akan menjadi wolves.

Kata berakhiran –y yang Tidak berubah Menjadi –i dalam Penggunaan s dan es

imbuhan s dan es dalam bahasa inggris

Ada banyak perbedaan dalam bahasa Inggris, seperti halnya perbedaan some dan any. Dalam hal ini, kata dengan akhiran huruf y pada kata benda dan kata kerja memiliki aturan berbeda.

Pada kata kerja, akhiran y bisa menjadi –I seperti pada kata fly yang menjadi flies. Namun, kata benda boy akan menjadi boys, bukannya boies.

Pengecualian dalam Imbuhan s dan es

imbuhan s dan es dalam bahasa inggris

Dalam bahasa Inggris, anda akan sering menemukan pengecualian. Ini akan anda temukan dalam s dan es pula. Misalkan saja, anda akan bisa menemukan kata dengan akhiran –o pada kata kerja yang akan ditambahi dengan –es.

Hanya saja, kata benda tidaklah demikian karena kata seperti video tidak akan menjadi videoes tapi justru videos. Ini biasanya merujuk pada benda yang merupakan buatan manusia.

Kesalahan yang sering dijumpai dalam Imbuhan s dan es

imbuhan s dan es dalam bahasa inggris

Ketika anda mempelajari tentang penggunaan s dan es pada kata kerja ataupun kata benda, anda akan sering menemukan kesalahan.

Ini seringkali terjadi karena beberapa hal. Pertama, anda tidak memperhatikan akhiran atau huruf terakhir dari kata yang akan ditambahi dengan –s dan –es tersebut.

Selain itu, sama halnya dengan perbedaan because dan because of, anda tidak memperhatikan jenis kata tersebut.

Padahal, ada aturan berbeda pada kata kerja dan kata benda, seperti pada kata berakhiran o di kata benda dan kata kerja. Oleh karena itu, ini sangat perlu anda perhatikan dengan sebaik mungkin.

Tips menghindari Kesalahan Ketika Menggunakan Imbuhan s dan es

Dalam s dan es, tentu ada tips yang bisa anda gunakan dalam menghindari tersebut. Sekiranya anda tidak terlalu hafal dengan rumus dan pola yang ada, anda bisa memanfaatkan software untuk mengetik yang ada di gawai atau komputer anda.

Ketika anda aktifkan di bahasa Inggris dan pengecekan grammar diaktifkan, anda pun bisa dengan mudah mengetahui kesalahan yang ada.

Contoh Kalimat Lain dalam Penggunaan s dan es

imbuhan s dan es dalam bahasa inggris

Selain berbagai macam contoh yang sudah disebutkan, tentu tak ada salahnya juga bila ada contoh kalimat menggunakan s/es lainnya. Untuk itu, anda bisa memperhatikan kalimat-kalimat di bawah ini.

The boys buy some fruits and vegetables.

She goes to school with her friends.

He walks and brings many boxes.

Contoh Soal Imbuhan s dan es

imbuhan s dan es dalam bahasa inggris

Untuk lebih memahami tentang penggunaan dan contoh penambahan –es dan –s ini, ada baiknya bila anda juga melihat beberapa soal.

Di sini, anda akan melihat beberapa kalimat dan anda cukup melihat apakah imbuhan s dan es di kalimat itu benar atau tidak.

They go(s,es) to school. (goes)

She brings many box(s,es). (boxes)

They watch the new video(s,es). (videos)

Penutup

Mempelajari imbuhan s dan es memang tidaklah sepenuhnya mudah. Ada banyak detail yang harus diperhatikan.Walau ini hanyalah tentang imbuhan yang terdiri dari satu atau dua huruf saja, ada banyak aturan yang harus anda perhatikan.

Selain dari jenis kata, ada juga huruf terakhir yang harus diperhatikan karena itu akan mempengaruhi bentuk imbuhan yang digunakan. Semua ini perlu dipahami dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaan es dan s tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism