banner join inggrism

Contoh Analytical Exposition dalam Bahasa Inggris

pengertian dan contoh analytical exposition dalam bahasa inggris

Hello Mates, pada kesempatan kali ini inggrism akan berbagi artikel tentang contoh analytical exposition. Mulai dari tentang covid-19, tentang sampah, tentang lingkungan, dan lain sebagainya.

Ketika seseorang sudah cukup paham tentang pembuatan kalimat, bagian selanjutnya adalah terkait penyusunan paragraf. Dari suatu paragraf, cakupan yang ada bisa semakin meluas lagi.

Dalam suatu paragraf, bentuk kalimat tentu sangat beragam, dan penggunaan in on at merupakan hal yang umum ditemukan untuk membuat suatu paragraf yang lebih bagus lagi.

Terkait bentuk-bentuk paragraf dan tulisan, dikenal istilah tentang analytical exposition. Ini merupakan hal yang cukup sering dipelajari karena erat kaitannya dengan dunia akademik. Tentu saja, ada analytical exposition yang bisa dijadikan referensi.

Pengertian, Struktur, dan Fungsi Analytical Exposition

pengertian dan contoh analytical exposition dalam bahasa inggris

Pengertian Analytical Exposition

Dari segi pengertian atau definisi dari analytical exposition, ini merujuk pada suatu bentuk teks dalam bahasa Inggris. Ini merupakan bagian dari teks argumentatif, yang mana berarti digunakan untuk menyampaikan gagasan terkait suatu hal.

Berbagai contoh analytical exposition text memang akan sangat sering dijumpai dalam konteks akademik.

Hal ini karena beragam tulisan yang bersifat akademik bisa dikemas dalam bentuk analytical exposition, seperti suatu essay, opini, dan tulisan lain yang memberikan suatu gagasan.

banner join inggrism

Struktur Umum Analytical Exposition

Karena ini merupakan salah satu bentuk teks atau tulisan akademik,struktur menjadi bagian yang penting. Suatu analytical exposition adalah suatu tulisan yang memang bisa dibilang memiliki rumus dan pola yang baku.

Setidaknya, suatu paragraf atau beberapa paragraf yang membentuk tulisan ini memiliki pola sebagai berikut:

  • Thesis statement
  • Arguments
  • Conclusion

Fungsi dari Analytical Exposition

Dari segi tujuan, suatu teks analytical exposition dibuat untuk menyampaikan suatu gagasan atau argument.

Oleh karena itu ada pola utama beserta thesis argument reiteration yang digunakan dalam penyampaian gagasan tersebut.

Perbedaan antara Analytical Exposition dengan Narrative Text

pengertian dan contoh analytical exposition dalam bahasa inggris

Ketika belajar tentang teks bahasa Inggris, seseorang akan menjumpai beragam bentuk teks.

Dalam hal ini, analytical exposition adalah salah satunya, tapi ada juga narrative text yagn mana cerita dongeng bahasa inggris adalah bagian di dalamnya.

Sama halnya dengan perbedaan can dan could dalam bahasa Inggris, dua jenis teks ini juga memiliki beberapa perbedaan yang cukup kelihatan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Tujuan dari analytical exposition dan narrative text sangatlah berbeda. Narrative text fokus untuk menceritakan suatu kisah atau cerita tertentu.
  • Untuk struktur, struktur dalam analytical exposition text lebih baku. Untuk narrative text, ini lebih pada urutan yang jelas dalam hal waktu atau chronological order.
  • Tenses beserta language feature yang ada di antara keduanya pun berbeda. Analytical exposition lebih banyak menggunakan present tense sedangkan narrative text biasanya berupa past tense.

Pengertian dari Thesis Statement dalam Analytical Exposition

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, analytical exposition adalah suatu teks yang menyampaikan argumen.

Untuk itu, struktur yang ada menjadi bagian yang penting untuk menyampaikan gagasan dan pola pikir dari penulis dari teks tersebut.

Salah satu bagian dari struktur tersebut adalah thesis statement. Bisa dibilang, ini merupakan suatu gagasan atau argumen utama yang relatif singkat dan jelas dalam suatu tulisan.

Nantinya, argumen utama ini akan didukung dengan alasan-alasan lain yang membentuk badan dari suatu analytical exposition text.

Ciri-ciri dari Teks Eksposisi Analitik dalam Bahasa Inggris

Teks eksposisi analitik dalam bahasa inggris

Lalu, ada pula ciri ciri dari jenis teks ini. Struktur berupa thesis statement yang didukung dengan poin-poin argumen adalah salah satunya. Lalu, jenis tenses yang digunakan adalah present tense karena ini menyampaikan suatu gagasan.

Tak hanya itu, seringkali ada juga kata penghubung tertentu yang biasa digunakan.

First, second, furthermore, dan lain sebagainya adalah beberapa kata penghubung yang digunakan untuk menunjukkan peralihan ke gagasan baru dan sekaligus menunjukkan urutan dari gagasan yang ada.

Causal Conjunction dalam Analytical Exposition

Dalam banyak analytical exposition, sering juga ditemukan suatu causal conjunction.

Ini merupakan jenis kata hubung. Kata hubung ini bersifat kausatif atau sebab akibat. Karena ini adalah tentang gagasan, tidak aneh bila ada kata-kata penghubung tersebut.

Contoh Analytical Exposition tentang Sampah

Teks eksposisi analitik dalam bahasa inggris

Ada cukup banyak Analytical Exposition yang bisa dijadikan referensi. Misalkan saja, ada suatu teks tentang sampah yang menunjukkan gagasan tentang pentingnya pengelolaan sampah. Berikut adalah contoh dan terjemahannya.

Management of trash is very important in Indonesia. As one of the countries with big amount of trash from many sectors, proper management is necessary.

Firstly, it is important to provide healthy environment. When the trash is not managed well, it will create area where bacteria can live.

Moreover, it can cause some health issues, and breathing issues become one of them that can be caused by bed smell of the trash. Furthermore, bad management of trash can lead to flood. When it is not managed well, trash can block the flow of water.

As the result, water debit can increase during the rainy season and the channels of water cannot deliver the water well. That is why it is very important to manage the trash and it is better to promote the recycling process.

Terjemahan:

Pengelolaan sampah sangatlah penting di Indonesia. Sebagai salah satu negara dengan jumlah sampah terbesar dari berbagai sektor, pengelolaan yang tepat memang dibutuhkan.

Pertama, ini menjadi sangat penting untuk menciptakan suatu lingkungan yang sehat. Ketika sampah tidak dikelola dengan baik, ini akan menciptakan area di mana bakteri bisa hidup.

Lebih lagi, ini bisa menyebabkan masalah kesehatan, dan masalah pernafasan adalah salah satunya yang mana disebabkan oleh bau tidak sedap dari tumpukan sampah. Selain itu, pengelolaan yang buruk bisa menyebabkan banjir. Ketika tidak dikelola dengan baik, sampah bisa menghalangi jalur air.

Alhasil, debit air akan meningkat selama musim hujan dan saluran air yang ada tidak bisa mengalirkan air dengan baik. Karena itulah sangat penting untuk mengelola sampah dan akan lebih baik lagi bisa digalakkan pengolahan sampah tersebut.

Contoh Analytical Exposition tentang Corona

Teks eksposisi analitik dalam bahasa inggris

Lalu, ada pula contoh analytical exposition tentang corona. Pembahasan tentang covid 19 memang  sedang banyak dibicarakan karena saat ini seluruh dunia sedang berjuang menghadapi pandemi ini. Berikut adalah contoh dari teks tersebut dan artinya.

Hand sanitizer becomes important thing during the pandemic of COVID-19. The chemical substance in the sanitizer can help you cleaning your hand easily without using water and soap.

One of the reasons is that you will always use your hand to touch something and make contact with other people.

During the interactions, virus can be transmitted, and applying the sanitizer on the palm of hand is safe way to kill the virus. Then, availability of water and soap sometimes cannot be obtained easily.

It will also take time when you have to go to toilet to wash your hands. With hand sanitizer, you can easily clean your hands and avoid the threats of virus.

In conclusion, it is highly recommended to always bring the sanitizer whenever you go.

Terjemahan:

Hand sanitizer menjadi hal yang sangat penting di masa pandemi COVID-19. Kandungan bahan kimia dalam sanitizer mampu membantu anda membersihkan tangan anda tanpa harus menggunakan sabun dan air.

Salah satu alasan mengapa ini penting adalah karena anda tentu akan selalu menggunakan tangan anda untuk menyentuh sesuatu atau melakukan kontak dengan orang lain.

Selama interaksi ini, virus bisa menular dan penggunaan sanitizer di telapak tangan adalah cara aman untuk membunuh virus tersebut.  Lalu, ketersediaan air dan sabun terkadang tidak bisa didapatkan dengan mudah.

Ini juga bisa memakan waktu ketika anda harus ke toilet untuk mencuci tangan. Dengan sanitizer, anda bisa dengan mudah mencuci tangna dan terhindar dari virus tersebut.

Kesimpulannya, membawa sanitizer sangatlah direkomendasikan ke manapun anda pergi.

Contoh Analytical Exposition tentang Pendidikan

Teks eksposisi analitik dalam bahasa inggris

Analytical exposition selanjutnya adalah tentang pendidikan. Dunia pendidikan selalu menjadi hal yang menarik untuk dibicarakan. Ada banyak pembahasan yang bisa dilakukan, dan inilah salah satu contohnya.

Currently, it is still not safe to reopen the school in the midst of pandemic. There are some reasons for it.

Firstly, teachers are the only persons who already get vaccinated, while the students are still not protected from the virus. Then, being vaccinated does not mean that they are fully safe since there are still variants of evolved virus in which there is still high risk of being infected.

Moreover, it is not always easy to manage the students to they want to follow the protocol. Even, there are still proofs showing the teachers do not follow the protocol.

By considering these arguments, it is better to stop the idea of reopening the school.

Terjemahan:

Saat ini,  membuka kembali sekolah masihlah belum aman di tengah kondisi pandemi. Ada beberapa alasan untuk hal ini.

Pertama, hanya guru-guru saja yang sudah mendapatkan vaksinasi sedangkan siswa belumlah terlindung dari bahasa virus ini. Lalu, vaksinasi tidaklah berarti bahwa mereka aman karena saat ini ada varian dari virus yang sudah berevolusi yang mana masih ada risiko untuk tertular.

Lebih lagi, mengelola siswa dan meminta mereka untuk mematuhi protokol yang ada tidaklah sellau mudah. Bahkan, masih ada juga bukti-bukti di mana bahkan guru-guru tidak mengikuti protokol yang ada.

Dengan mempertimbangkan alasan ini, gagasan untuk membuka kembali sekolah lebih baik dihentikan terlebih dahulu.

Contoh Analytical Exposition tentang Pentingnya Olahraga

Teks eksposisi analitik dalam bahasa inggris

Ada pula contoh analytical exposition tentang pentingnya olahraga. Ini tentu tidak lepas dengan kaitannya dengan masalah kesehatan. Berikut adalah contoh teks tentang kesehatan dan olahraga.

Workout maintains good health. There are some reasons that make the exercises important to create healthier body.

Firstly, workout makes you able to burn the calories and fat so you are able to avoid overweight issues that commonly lead to serious health problems, such as heart attack and diabetes.

Moreover, regular workout makes your body able to maintain good metabolism. Toxins in the body can also be emitted through sweat. That is why it is very important to have routine workout.

Terjemahan:

Olahraga menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa alasan yang membuat olahraga penting unutk menciptakan tubuh yang sehat.

Pertama-tama, olahraga membuat anda mampu membakar kalori dan lemak di dalam tuubh sehingga anda terhindar dari masalah kelebihan berat badan yang umumnya menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti serangan jantung dan diabetes.

Selain itu, olahraga yang rutin membuat tubuh anda bisa menjaga metabolisme tubuh. Racun di dalam tubuh pun bisa dikeluarkan melalui keringat. Itulah mengapa sangatlah penting untuk melakukan olahraga yang teratur.

Contoh Analytical Exposition tentang Narkoba

Teks eksposisi analitik dalam bahasa inggris

Analytical exposition lainnya adalah pendapat tentang narkoba. Narkoba telah menjadi hal yang dilarang di Indonesia. Meski demikian, kasus tentang narkoba terus ada. Berikut adalah salah satu pandangan tentang narkoba tersebut.

Narcotics are dangerous for everyone. Firstly, the chemicals in the drugs can create sedative and addictive effect on the drug users.

It make them addicted and cannot be free from the drugs easily.

Moreover, the drugs can lead to some violations because those who are addicted and under the effect of narcotics can be triggered to do various abusive actions.

Because of these reasons, distribution of narcotics freely should be prohibited by government.

Terjemahan:

Narkoba sangatlah berbahaya untuk setiap orang yang menggunakannya. Pertama, kandungan zat kimia dalam narkoba bisa menyebabkan efek adiktif dan sedatif pada penggunanya.

Ini membuat mereka ketergantungan pada obat ini dan tidaklah mudah untuk lepas dari hal tersebut.

Lebih lagi, obat ini bisa mengarahkan penggunanya pada bentuk-bentuk pelanggaran karena mereka yang di bawah efek obat ini bisa terpicu untuk melakukan tindakan-tindakan yang tidak baik.

Karena alasan-alasan ini,  distribusi dan penjualan narkotika haruslah dilarang oleh pemerintah.

Contoh Analytical Exposition tentang Television

pengertian dan contoh analytical exposition dalam bahasa inggris

Selain itu semua, ada juga analytical exposition tentang television. Televisi menjadi sering menjadi perbincangan terkait pengaruh buruknya pada penonton.

Ini tidak lepas dari siaran yang kurang berkualitas dan justru menjauhkan para penontonnya dari hal-hal yang bersifat edukatif.

Tips Pembuatan Teks Eksposisi Analitik

pengertian dan contoh analytical exposition dalam bahasa inggris

Ada banyak hal yang bisa diperhatikan sebagai tisp untuk membuat analytical exposition tersebut. Salah satunya adalah memulai menulis dengan membuat suatu kerangkanya terlebih dahulu.

Dengan cara ini, tulisan akan menjadi lebih terstruktur dan ide-ide yang ada sudah dipersiapkan sejak awal.

Melihat banyak analytical exposition bisa juga dijadikan referensi dalam penulisan teks ini. Ini menjadi hal yang sangat penitng karena adanya banyak contoh serta referensi bisa memberikan gambaran tentang bagaimana penyusunan gagasan dan kalimat yang diperlukan dalam pembuatan teks itu.

Kesalahan dalam Penulisan Teks Eksposisi Analitik

pengertian dan contoh analytical exposition dalam bahasa inggris

Ketika membuat teks tentang analytical exposition, ada beberapa kesalahan yang bisa saja terjadi.

Misalkan saja, penulis ingin membuat suatu teks tentang fast food dan pandangannya tentang hal tersebut. Salah satu kesalahan yang terjadi adalah argumen yang ternyata tidak saling berhubungan.

Lalu, sering kali yang juga terjadi adalah tentang tidak jelasnya thesis statement yang digunakan. Padahal, ini merupakan bagian utama dan bukan sekedar pengantar saja.

Thesis statement perlu memuat gagasan utama dari ide yang ingin diungkapkan dalam keseluruhan teks.

Penutup

Itulah beberapa hal yang memang perlu diketahui tentang analytical exposition dan penjelasannya. Ada banyak hal yang bisa dipelajari tentang jenis teks yang satu ini.

Dalam mempelajari bahasa Inggris, tentu ada banyak hal lain yang perlu dipelajari, termasuk juga adjective clause. Suatu adjective clause adalah bentuk klausa yang memuat makna suatu kata sifat dan biasanya menerangkan suatu hal.

Ini akan sangat sering digunakan dalam beragam bentuk teks termasuk dalam contoh analytical exposition.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism