banner join inggrism

Perbedaan Because dan Because of

penggunaan kata because dan juga because of

Hello Mates, pada kesempatan kali ini inggrism akan berbagi sebuah artikel tentang bahasa inggris lagi. Nah, materi yang akan dibahas adalah tentang perbedaan because dan because of.

Dalam belajar bahasa Inggris, pembuatan atau penyusunan kalimat menjadi salah satu bagian yang perlu dikuasai.

Tak hanya membutuhkan kosakata yang banyak saja, anda pun harus menguasai berbagai hal terkait grammar atau tata bahasa yang menjadi aturan dalam penyusunan kalimat tersebut.

Yang juga tak kalah penting adalah adanya konjungsi atau kata hubung. Ketika anda mulai membuat kalimat yang lebih kompleks, hal ini akan sering anda jumpai.

Dari berbagai kata hubung yang ada, because dan because of adalah dua di antaranya. Walau keduanya terlihat sama, sebenarnya ada beda dari kata Because serta Because of yang perlu anda ketahui dan pahami dengan sebaik mungkin.

Arti Because dan Because of

penggunaan kata because dan juga because of

Sebelum membahas tentang cara membedakan kalimat because dan because of, yang pertama perlu diketahui tentang dua kata ini adalah maknanya.

Secara umum, beucase dan because of memiliki arti yang sama, yaitu karena. Dengan kata lain, ini akan digunakan dalam suatu kalimat yang memuat makna sebab akibat, namun tentu penggunaan because dan because of sangatlah berbeda.

Beberapa Perbedaan Because dan Because of

penggunaan kata because dan juga because of

banner join inggrism

Setelah tahu tentang arti dari because dan because of, yang selanjutnya bisa menjadi pembahasan adalah bedanya dari kata Because & Because of.

Dalam hal ini, ada beberapa perbedaan yang cukup penting karena mempengaruhi penggunaannya dalam bahasa inggris.

  • Perbedaan dalam hal kelas kata.
  • Jenis kalimat majemuk ketika digunakan yang berbeda.
  • Beda dalam hal jenis kata atau kelas kata yang mengikuti keduanya.

Nah, untuk perbedaan lebih detailnya, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

  1. Perbedaan Because dan Because of dalam Kalimat Majemuk

penggunaan kata because dan juga because of

Sebagaimana yang sudah disebutkan diatas, disebutkan di dalamnya tentang kalimat majemuk. Ini merupakan salah satu jenis kalimat yang sudah cukup kompleks.

Kalimat ini tidak hanya memiliki satu subjek dan satu predikat saja, dan dalam penggunaannya akan diperlukan adanya konjungsi atau kata hubung. Ada dua jenis kalimat majemuk secara umum.

  • Kalimat majemuk setara
  • Kalimat majemuk bertingkat

Kalimat Majemuk Bertingkat

Bila membahas tentang Because dan Because of, terutama dalam penggunannya, yang akan dibahas adalah kalimat majemuk bertingkat.

Kalimat majemuk bertingkat ini memiliki setidaknya dua klausa, yang mana klausa pertama akan menjadi klausa utama, dan klausa kedua akan menjadi klausa yagn menambahkan keterangan.

Dalam hal ini, kedua klausa ini tidak bisa berdiri sendiri seperti halnya dalam kalimat majemuk setara.

  1. Perbedaan Because dan Because of dalam Word Classes (Kelas Kata)

penggunaan kata because dan juga because of

Seperti halnya ketika anda mempelajari perbedaan AM dan PM, bahasa Inggris memang memiliki banyak aturan dan hal-hal yang saling berbeda. Itu juga yang terjadi dalam kelas kata.

Kelas  ini merupakan jenis kata. Dalam bahasa Inggris, ini disebut sebagai word classes atau parts of speech. Ada beberapa kelas kata, dan because serta because of memiliki kelas yang berbeda pula.

  • Noun atau kata benda
  • Verb atau kata kerja
  • Adjective atau kata sifat
  • Adverb atau kata keterangan
  • Pronoun atau kata ganti orang
  • Determiner atau kata sandang
  • Preposition atau kata depan. Because of masuk dalam kategori kata depan
  • Conjunction atau kata penghubung. Kata because masuk dalam kelas kata pengubung

Penggunaan Because of dalam Kalimat Bahasa Inggris

 

perbedaan because dan because of beserta contoh penggunaannya

Untuk penggunaan because of dalam kalimat, ada aturan yang harus diikuti.

Dalam hal ini, because of hanya bisa diikuti dengan beberapa jenis kelas kata saja, seperti kata benda, kata ganti orang, atau justru bentuk v-ing atau present participle.

Ini berbeda dengan aturan penggunaan because. Hal yang sama pun akan anda jumpai dalam aturan penggunaan a dan an yang keduanya juga berbeda.

  1. Contoh Kalimat dengan Because of dan Pronoun

perbedaan because dan because of beserta contoh penggunaannya

Seperti yang sudah disebutkan, pronoun adalah kelas kata atau part of speech yang bisa mengikuti because of. Dalam hal ini, pronoun adalah kata ganti orang.

Berikut adalah beberapa kata ganti orang beserta terjemahannya: I (saya), we (kami), you (kamu atau kalian), dan they (mereka). Inilah beberapa kata ganti orang yang bisa dijumpai dalam bahasa inggris.

Setelah tahu tentang Perbedaan Because dan Because of  dan apa itu pronoun, tentu akan lebih baik bila belajar tentang penggunaannya dan contohnya. Misalkan saja, ada kalimat:

I cannot go to school because of you.” Kalimat tersebut berarti “aku tidak bisa berangkat ke sekolah karena kamu.” Kata you yang ada di belakang because of itu termasuk dalam pronoun.

  1. Contoh Kalimat dengan Because of dan Noun serta Noun Phrase

perbedaan because dan because of beserta contoh penggunaannya

Selain tentang pronoun, ada juga noun dan noun phrase yang bisa mengikuti because of dalam kalimat. Noun adalah kata benda, sedangkan noun phrase adalah frasa kata benda.

Yang dimaksud frasa kata benda adalah gabungan dua atau lebih kata yang menunjuk pada suatu benda tertentu, misalkan saja ada frasa “new drawing book” yang berarti buku gambar yang baru.

Seperti halnya ketika belajar tentang penggunaan s dan es, mempelajari penggunaan noun dan noun phrase akan lebih mudah dalam kalimat.

Untuk penggunaan noun, ini contohnya:

He fell asleep because of songs. Yang mana songs atau lagu itu meruapakan suatu kata benda.

He fell asleep because of my new songs. Dalam kalimat ini, gabungan dari beberapa kata membentuk frasa berupa my new songs, yang berarti lagu baruku.

Penggunaan Because dalam Kalimat Bahasa Inggris

perbedaan because dan because of beserta contoh penggunaannya

Ketika berbicara tentang Because dan Because of, tentu itu tidak saja tentang because of saja, tapi because pun tetap perlu dibahas.

Dalam hal ini, kata because harus diikuti dengan suatu klausa, dan ini menjadi hal yang sangat membedakannya dengan because of dalam hal fungsi dan penggunaannya dalam suatu kalimat.

Contoh Kalimat Clause dengan Menggunakan Because

Dalam pembahasan tentang kalimat majemuk, disebutkan tentang klausa atau clause. Klausa ini merupakan bagian kalimat yang memiliki subjek, prediket, dan objek, dan bahkan keterangan.

Hanya saja, dia tidaklah bisa berdiri sendiri dan berada dalam satu kalimat dan biasanya memuat makna tertentu, misalkan saja klausa sebab akibat seperti yang ada dalam penggunaan because.

Untuk lebih bisa memahami, tentu akan cukup mudah bila ada contoh beserta artinya.

She cries because of her dog is sick. Dalam kalimat tersebut, klausa utama ada di depan kata because, yaitu klausa “she cries” atau “dia menangis.”

Lalu, klausa sebabnya ada di belakang kata because, yaitu “her dog is sick” yang berarti “anjingnya sakit”. Masing-masing klausa tersebut memiliki subjek dan predikat sendiri-sendiri.

Penggunaan Tanda Koma dalam Kalimat dengan Because dan Because of

perbedaan because dan because of beserta contoh penggunaannya

Kesalahan lainnya adalah tentang penggunaan tanda baca koma. Tanda baca ini memang akan digunakan ketika suatu kalimat memiliki kata hubung because ataupun because of. Hanya saja, tanda baca ini hanya digunakan ketika because of dan because berada di awal kalimat. Berikut adalah dua contoh kalimatnya.

Because of the rain, I canceled my agenda.

Because she always fell asleep during the lesson, she could get good score.

Contoh Soal tentang Perbedaan Because dan Because of

perbedaan because dan because of beserta contoh penggunaannya

Untuk lebih mudah lagi dalam mengetahui Because dan Because of, belajar dari beberapa soal beserta jawabannya bisa sangat berguna. Berikut adalah beberapa contoh soal yang bisa dijadikan materi belajar.

Soal dan jawabannya:

  1. We run hurriedly … it was raining. (because)
  2. They were late … the traffic jam. (because of)
  3. It is … your sister that Mom became so angry. (because of)

Perbedaan Because of dan Due to

penggunaan kata because dan juga because of

Sama halnya ketika anda sedang belajar perbedaan some dan any, akan muncul alternatif lainnya. Hal yang sama akan anda jumpai dalam pembelajaran tentang Because dan Because of.

Dalam hal ini, ada kata alternatif yang bisa digunakan, dan itu adalah kata due to. Kata ini bisa diartikan sama dengan because ataupun because of, hanya saja pengguannya berbeda.

Ketika itu adalah because of, in merupakan preposisi atau kata depan. Sedangkan, due to merupakan kata sifat atau adjective saja. Tentu, ini akan menjadi jelas bila ada penjelasan beserta contohnya.

My bad score was due to my lack of study. (Skor jelekku disebabkan oleh kurangnya belajar).

Kesalahan dalam Penggunaan Because dan Because of

perbedaan because dan because of beserta contoh penggunaannya

Dalam mempelajari Because dan Because of, sering terjadi beberapa kesalahan. Salah satunya adalah kebingungan dalam penggunaan antara dua hal tersebut.

Selain itu, kesalahan dalam penentuan kata atau frasa yang mengikutinya pun sering terjadi.

Ini memang umum ditemukan dan karenanya perlu ada banyak latihan untuk semakin paham tentang kedua hal tersebut, termasuk belajar dari contoh soal.

Penutup

Itulah beberapa hal yang bisa anda pelajari untuk semakin paham tentang Because dan Because of.

Memang ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk bisa menggunakan because serta because of secara tepat dalam suatu kalimat.

Selain itu, ada juga alternatif berupa due to yang juga bisa digunakan walau aturan penggunaannya berbeda. Dengan memahami dan menguasai itu semua, tentu proses belajar bisa jauh lebih mudah.

Terima kasih telah membaca artikel tentang perbedaan because dan because of dalam bahasa inggris ini. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism