banner join inggrism

Perbedaan AM dan PM

perbedaan waktu AM dan PM

Hello Mates, bertemu lagi dengan inggrism. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang salah satu materi bahasa inggris yaitu tentang perbedaan AM dan PM.

Setiap harinya, tentu anda akan sangat sering menggunakan dan melihat jam. Bahkan ketika anda bangun di pagi hari, yang akan anda cari tahu pertama kali salah satunya adalah tentang jam, baik itu yang terlihat di gawai anda, di jam dinding, atau jam lainnya.

Tanpa disadari, jam memang menjadi hal yang sangat penting karena ini merupakan penunjuk waktu yang sangat dasar.

Dulunya, orang masih sering tergantung pada jam dinding atau jam tangan, tapi sekarang sudah ada gawai yang menunjukkan jam.

Tentunya, ada beberapa hal yang sebenarnya menarik dalam jam, dan salah satunya adalah Perbedaan AM dan PM.

Pengertian Singkat tentang AM

perbedaan waktu AM dan PM

Sebelum membahas tentang perbedaan antara AM dan PM yang sangat sering digunakan dalam bahasa inggris, memahami definisi atau arti dari dua istilah itu tentu menjadi hal yang sangat penting.

Yang pertama adalah AM. Dalam bahasa inggris, AM merupakan suatu singkatan dari kata Ante Meridiem. Ini merupakan kata dalam bahasa Latin yang berarti sebelum (ante) tengah hari (meridiem).

Pengertian Singkat tentang PM

perbedaan waktu AM dan PM

banner join inggrism

Setelah membahas tentang pengertian AM, ada juga PM. Dalam bahasa inggris PM merujuk pada kata dalam bahasa Latin Post Meridiem. Ini bisa diartikan setelah tengah hari, di mana post itu diartikan sebagai setelah.

Tengah hari sendiri merujuk pada waktu atau jam 12 siang. Hal ini dijadikan patokan karena dianggap bahwa jam ini merupakan titik tengah dari durasi satu hari.

Perbedaan antara AM dan PM

aturan penggunaan waktu AM dan juga waktu PM

Setelah tahu tentang dua hal tersebut, tentunya hal selanjutnya adalah tentang Perbedaan AM dan PM.

Bila berbicara tentang bedanya Am dan pm, sebenarnya ini sudah cukup jelas karena patokan jam dua belas siang menjadi titik tengah sehingga perbedaannya ada pada penunjukan waktu yang ada.

Bisa dikatakan bahwa perbedaannya memang fokus pada fungsinya dalam menunjukkan waktu saja.

Penggunaan AM dan PM dalam Hidup Sehari-hari

perbedaan waktu AM dan PM

Dalam kehidupan sehari-hari, anda akan sering melihat penggunaan PM dan AM ini. Salah satunya dalam jam digital. Barangkali anak kecil pun sering bertanya tentang arti am dan pm pada jam digital.

Di komputer pun, jam juga menggunakan sistem AM dan PM. Bila anda juga bekerja dengan orang asing, penunjuk waktu ini pun akan sering anda jumpai.

Beberapa Contoh Penggunaan AM dan PM

perbedaan waktu AM dan PM

Untuk semakin jelas tentang penggunaan AM dan PM ini, tentu memiliki beberapa contoh bisa cukup membantu.

Dalam hal ini, biasanya penggunaan penunjuk waktu ini memang kebanyakan ada dalam kalimat berbahasa Inggris karena memang sekarang kebanyakan negara-negara yang menggunakannya pun merupakan negara berbahasa Inggris.

Contoh penggunaan AM dalam kalimat:

Yesterday, I woke up at 09.00 AM.

Vivi will be there at 07.00 AM in the airport.

The cake will be taken at 09.00 AM.

Annisa would be there in front of school at 06.00 AM if she woke up earlier.

I can go to your office at 11.00 AM.

Contoh penggunaan PM dalam kalimat:

I usually sleep at 10.00 PM.

She will visit the hospital tomorrow at 05.00 PM.

The dress had been taken at 02.00 PM yesterday afternoon.

Fitri has taught english class at 12.00 PM.

The doctor is available at 08.00 PM.

Asal-usul Penggunaan AM dan PM

aturan penggunaan waktu AM dan juga waktu PM

Tentunya, AM dan PM bukanlah suatu istilah yang tiba-tiba digunakan. Tentu ada asal-usul yang kemudian membuatnya digunakan sampai saat ini.

Ini sebenarnya tidak lepas dari budaya Barat di mana Kekaisaran Romawi menjadi seperti pusat dunia sehingga istilah-istilah yang digunakan, termasuk penggunaan bahasa Latin pun, masih digunakan sampai saat ini.

Peradaban dan Kebudayaan yang Memanfaatkan Sistem AM dan PM

Bila secara lebih spesifik lagi, penggunaan penulisan jam dengan AM dan PM merujuk pada pemetaan waktu dengan berdasarkan jam matahari.

Jam matahari merujuk pada pagi dan siang hari di mana matahari masih bersinar, dan nantinya akan ada malam hari.

Di sini, tidak hanya budaya Romawi saja yang menerapkannya, tapi ada juga Mesopotamia dan Mesir Kuno yang lebih juga menggunakannya.

Pembagian Zona Waktu di Dunia

perbedaan waktu AM dan PM

Perkembangan penyebutan waktu pun berkembang pesat hingga akhirnya terjadi juga perbedaan zona waktu.

Zona waktu menjadi dibagi karena ini dipengaruhi oleh rotasi matahari yang membuat setiap tempat atau negara mempunyai jam yang tidak sama.

Karena itu, kemudian dibagi zona waktu secara resmi dilakukan pada 1884 dalam Konferensi Waktu Dunia Internasional di Washington DC.

  • Pengertian tentang GMT

Dalam konferensi yang dilakukan di Washington DC tersebut, perwakilan dari berbagai negara hadir untuk menyusun zonasi waktu.

Dari sinilah, kemudian disetujui lokasi yang dijadikan titik pangkal, dan itu adalah kota Greenwich yang ada di Inggris berdasarkan garis bujur di posisi nol derajat. Karena itulah, Greenwich Mean Time atau GMT dijadikan patokan jam internasional.

  • Penggunaan Sistem UTC

Sistem GMT yang ada dan disepakati pada konferensi tersebut ternyata masih mengalami perkembangan.

Zona waktu pun dibuat menjadi lebih mendetail dengan menggunakan standarisasi UTC atau Universal Time Coordinated, dan ini terjadi pada tahun 1972.

Sistem ini memang lebih mendetail tapi saat ini GMT dan UTC pun sama-sama masih tetap digunakan untuk menunjukkan waktu.

  • Pembagian Zona Waktu di Indonesia

Bila berbicara tentang Perbedaan AM dan PM dan sistem zonasi, zona waktu di Indonesia pun berbeda dan ini dipengaruhi oleh wilayah yang luas sehingga ada selisih waktu terbitnya matahari.

Dalam hal ini, ada Waktu Indonesia Barat, Waktu Indonesia Tengah, dan Waktu Indonesia Timur. Pemisahnya pun adalah pulau dan wilayah yang ada di tengah Indonesia, seperti Bali dan Kalimantan.

Penggunaan Angka untuk Penunjuk Waktu

aturan penggunaan waktu AM dan juga waktu PM

Untuk penunjukkan jam di waktu tertentu, setidaknya ada dua sistem yang digunakan. Ini pun masih terkait dengan Perbedaan AM dan PM dan penggunaannya. Berikut adalah dua sistem yang digunakan.

  • Sistem 24 jam, dimana nantinya hitungan jam tak lagi menggunakan AM dan PM, tapi jam ditunjukkan dari angka satu sampai dua puluh empat.
  • Sistem 12 jam, di mana aturan AM dan PM masih diterapkan dalam penunjukan waktu secara global.

Negara Yang Menggunakan Format 24-Jam

Walau sistem AM dan PM ini digunakan secara global, ternyata ada beberapa negara menggunakan sistem ini, tapi ada juga yang justru memilih menggunakan sistem 24 jam.

Dalam hal ini, kebanyakan negara yang tetap menggunakan sistem ini adalah negara yang dulunya bagian dari Kerajaan Inggris, seperti:

  • Britania Raya atau Inggris
  • Amerika Serikat
  • Australia
  • Selandia Baru
  • Malaysia
  • Filipina
  • Kanada

Penulisan AM dan PM dalam Bahasa Inggris

aturan penggunaan waktu AM dan juga waktu PM

Ada 2 jenis penulisan AM dan PM, yaitu penulisan dengan huruf kapital dan penulisan tanpa huruf kapital. Dan untuk penjelasannya, silahkan simak dibawah ini.

  • Penulisan AM dan PM dengan Huruf Kapital

Perbedaan AM dan PM memang sebenarnya cukup jelas, dan ini seperti halnya perbedaan will dan would dalam grammar bahasa Inggris. Namun, penggunaannya cukup beragam, termasuk dalam penulisannya.

Terkait penulisan AM dan PM dengan huruf kapital, biasanya tidak dipisahkan dengan tanda titik, jadi bukannya “A.M.” tapi AM.

  • Penulisan AM dan PM Tanpa Huruf Kapital

Yang cukup berbeda adalah penulisan tanpa penggunaan huruf kapital. Dalam praktiknya, penggunaan am/pm ataupun a.m./p.m. sama-sama bis digunakan.

Secara tata bahasa pun keduanya bisa digunakan. Hanya saja, bentuk yang paling sering digunakan memang AM/PM. Karena itulah, mengenal am dan pm menjadi penting, serta terkait penggunaan AM serta PM.

Penyebutan Jam dalam Militer

aturan penggunaan waktu AM dan juga waktu PM

Selalu variasi dalam penyebutan jam, sama halnya dengan perbedaan because dan because of. Perbedaan penyebutan jam normal dan militer pun terjadi.

Dalam jam secara militer, biasanya tidak ada pemisah antara jam dan menit, sehingga penulisannya seperti 1200 dan 1100. Pembacaannya pun tidak seperti membaca jam biasa, tapi justru seperti membawa angka dengan ratusan dan ribuan.

Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Penggunaan AM dan PM

perbedaan waktu AM dan PM

Sama halnya ketika anda belajar tentang perbedaan a dan an, anda pun sering mengalami kesulitan dalam menggunakan AM dan PM. Dalam hal ini, ada beberapa kesalahan yang sering terjadi:

  • Lupa dengan perbedaan waktu siang dan malam
  • Terbalik dalam menggunakan penunjuk waktu PM dan AM
  • Kebingungan dalam penunjukan waktu, terutama waktu ketika tengah malam, misalnya antara 00.00 atau 12.00

Tips Mudah Menggunakan AM dan PM

aturan penggunaan waktu AM dan juga waktu PM

Setelah anda cukup tahu tentang Perbedaan AM dan PM dan juga beberapa penjelasan waktu am serta pm, ada juga beberapa tips yang bisa digunakan untuk memudahkan mengingat penggunaan AM serta PM.

Dalam hal ini, AM bisa langsung diidentikkan dengan penunjuk waktu pagi hingga 12 siang, dan sisanya menggunakan satuan waktu PM.

Alternatif dalam Penyebutan Jam

Sama halnya ketika anda belajar tentang perbedaan wish dan hope, biasanya ada alternatif lain yang bisa digunakan.

Hal yang sama pun bisa anda gunakan terkait Perbedaan AM dan PM. Daripada anda pusing, anda bisa menambahkan keterangan waktu di belakang jam, seperti siang, malam, pagi, dan sore.

Penutup

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang AM dan PM. Sistem penunjuk waktu ini memang bukan berasal dari Indonesia sehingga terkadang orang bingung dengan penggunaan serta cara baca waktu am dan pm.

Walau demikian, ini tetap harus dipahami karena penggunaannya akan cukup sering dijumpai. Tak hanya itu, ternyata ada hal menarik lainnya terkait penggunaan penunjuk waktu tersebut sehingga ini bisa semakin memperkaya informasi anda.

Terima kasih telah menyimak pembahasan kami tentang perbedaan AM dan PM. Sampai jumpa lagi di konten-konten menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism