banner join inggrism

Perbedaan Wish dan Hope

perbedaan wish dan hope dalam bahasa inggris dan contoh kalimatnya

Hello Mates, bareng inggrism lagi nih. Pada kesempatan artikel kali ini, kami akan memberikan pembahasan tentang perbedaan wish dan hope. Mulai dari penggunaan dan penjelasan lainnya.

Dalam bahasa Inggris, memahami dan memperkaya kosakata menjadi hal yang penting dan sekaligus mendasar. Tanpa menguasai kata-kata dalam bahasa inggris, tentu anda akan sulit dalam membuat kalimat dan menyampaikan gagasan anda.

Namun, anda tentu sering menemukan dua kata berbeda dengan makna yang mirip. Wish dan hope adalah dua di antaranya. Namun, ini bukan sekedar perbedaan biasa.

Wish dan hope menjadi hal yang menarik karena ini akan berpengaruh pula ada struktur kalimat yang ada. Tak hanya itu, ada perbedaan yang jauh lebih kompleks terkait fungsi dari dua kata ini.

Untuk itu, wish dan hope tentu menjadi pembahasan menarik.

Pengertian dari kata Wish dan Hope

perbedaan wish dan hope dalam bahasa inggris dan contoh kalimatnya

Sebelum membahas tentang perbedaan dua kata ini hingga contoh pengunaan dari wish dan hope, memahami makna atau arti dari dua kata ini tentu menjadi hal yang penting.

Secara umum, dua kata ini memang memiliki arti yang sama, yaitu mengharapkan sesuatu atau menginginkan sesuatu. Singkat kata, ini tentang suatu harapan.

Persamaan antara Wish dan Hope

perbedaan dalam penggunaan kata wish dan hope

banner join inggrism

Sebelum berbicara tentang perbedaan wish dan hope, tentu membahas persamaannya memang bisa dilakukan.

Dalam hal ini, tidak hanya arti atau makna dua kata ini saja yang secara umum sama, tapi ada hal lainnya yang juga sama atau mirip:

  • Kelas kata yang sama, di mana keduanya merupakan kata kerja atau verb.
  • Dalam penggunaan dalam kalimat, keduanya biasanya akan diikuti dengan suatu klausa walau nantinya rumus kalimat antara wish dan hope memang berbeda.

Perbedaan Utama antara Wish dan Hope

perbedaan dalam penggunaan kata wish dan hope

Setelah itu, tentu perbedaan wish dan hope menjadi pembahasan yang penting, dan bahkan menjadi pembahasan utama.

Dalam hal ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang perbedaan hingga penggunaan kalimat dengan dua kata ini. Bahkan, perbedaan ini bisa lebih rumit dari perbedaan am dan pm.

  • Hope biasanya merupakan suatu harapan tentang yang akan terjadi, dan ini didasarkan pada suatu alasan tertentu. Sedangkan, wish mengungkapkan suatu harapan yang sebenarnya tidak terjadi. Bisa dikatakan bahwa wish seringkali digunakan dalam momen yang melibatkan keputusasaan.
  • Terkait penggunaan dalam kalimat, tenses yang mengikuti kata hope akan lebih fleksibel daripada tenses yang mengikuti kata wish. Ini menjadi poin utama terkait penggunaan kata wish dan hope.
  1. Wish dan Hope sebagai Kata Kerja

perbedaan dalam penggunaan kata wish dan hope

Sebagaimana yang sudah disebutkan dalam persamaan dan penggunaan wish dan hope, wish dan hope berasal dari jenis kata yang sama. Keduanya merupakan suatu kata kerja yang sama-sama mengungkapkan suatu harapan.

Oleh karena itu, penggunaannya sebagai predikat akan ditentukan oleh jumlah subjeknya, sebagaimana aturan penggunaan subject-verb agreement yang ada dalam grammar atau tata bahasa di bahasa Inggris.

  1. Penggunaan Wish dan Hope dengan Klausa

perbedaan wish dan hope dalam bahasa inggris dan contoh kalimatnya

Walau merupakan suatu kata kerja, kata kerja wish dan hope ini terbilang berbeda. Ini juga yang membuat wish serta hope menjadi istimewa, layaknya perbedaan will dan would.

Dalam penggunaannya, umumnya wish dan hope memang dibuat dalam suatu kalimat majemuk, yang mana nantinya klausa utama yang memuat kata wish atau hope akan diikuti oleh klausa tambahan lainnya.

  1. Penggunaan Wish yang Dipadukan dengan Past Tense

perbedaan wish dan hope dalam bahasa inggris dan contoh kalimatnya

Sebagaimana yang sudah disebutkan dalam wish dan hope, ada klausa yang mengikuti dan ini berbeda dengan penggunaan kata wish.

Yang pertama adalah perpaduan kata wish dengan klausa yang menggunakan bentuk past tense. Biasanya, ini digunakan untuk mengungkapkan harapan yang tak terjadi dan ini dalam konteks masa kini atau saat ketika pembicaraan itu berlangsung.

Contoh Kalimat untuk Wish dan Past Tense

Untuk bentuk pertama dari kalimat dengan kata wish tersebut, ada contoh kalimat yang bisa memberikan pemahaman tentang hal tersebut.

I wish I became the top student in my class.

Dalam konteks ini, subjek I berharap bahwa dirinya menjadi juara di kelasnya, tapi ternyata itu tidak benar-benar terjadi. Dengan kata lain, dia bukanlah juara kelas ketika dia mengatakan itu.

Ini menjadi poin yang menjadi bagian dari perbedaan wish dan hope.

  1. Penggunaan Wish yang Dipadukan dengan Past Perfect

perbedaan wish dan hope dalam bahasa inggris dan contoh kalimatnya

Bentuk kedua dari penggunaan wish ini adalah perpaduan dengan klausa yang menggunakan bentuk past perfect. Ini bisa menjadi hal yang diamati untuk memahami bedanya wish dan hope.

Dalam hal ini, pengertian keduanya hampir mirip dengan bentuk yang pertama, hanya saja ini mengemukakan tentang suatu hal atau kejadian di masa lampau atau yang sudah lama terjadi.

Contoh Kalimat untuk Wish dan Past Perfect

Berikut contohnya:

I wish I had learned music with my sister.

Dari contoh kalimat ini, bisa dilihat bahwa subjek I tidak bisa bermain musik dan ini menjadi penyesalannya. Dia menyesal karena dia dulu tidak belajar musik bersama saudara perempuannya.

Tentunya, saat ini subjek I ini masih tidak bisa bermain musik. Di bentuk kedua ini, penyesalan tentang masa lalu memang sering diekspresikan.

  1. Penggunaan Wish yang Dipadukan dengan Would

perbedaan dalam penggunaan kata wish dan hope

Bentuk selanjutnya adalah kata kerja wish dan dipadukan dengan bentuk would dan kata kerja dasar atau infinitive. Dalam bentuk ini, ada harapan untuk memperbaiki sesuatu yang ada.

Ini pun memuat suatu bentuk penyesalan seperti halnya pada bentuk kedua.

Contoh Kalimat untuk Wish dan Would

Berikut ini adalah contoh kalimatnya:

I wish they would take me with them to the cinema.

Dalam kalimat tersebut, dia berharap agar temannya mengajaknya ke bioskop. Kenyataannya, dia tidaklah diajak dan kejadian itu sudah terjadi di masa lampau.

Dia pun menyampaikan penyesalannya dengan mengungkapkan harapan tersebut. Bentuk ini dan dua bentuk lainnya memang menjadi hal yang menunjukkan perbedaan wish dan hope. 

Aturan yang ada pun berbeda, sama halnya dengan penggunaan due to yang berbeda dengan because of.

  1. Penggunaan Hope dengan Tenses yang Fleksibel

perbedaan wish dan hope dalam bahasa inggris dan contoh kalimatnya

Bila bentuk dari kata kerja wish sudah ditentukan terkait klausa yang mengikutinya, tidak demikian dengan kata hope.

Kata kerja yang satu ini terbilang lebih fleksibel karena bisa dipadukan dengan klausa yang membuat tenses apapun, baik itu present tense hingga future tense. Lebih lagi, makna yang ada juga lebih positif.

Beberapa Contoh Kalimat tentang Kata Hope

Untuk contohnya, ada beberapa yang bisa menjadi referensi dalam membandingkan beda pengunaan wish dan hope.

I hope they win.

I hope they will win.

Kedua kalimat ini mengungkapkan makna yang sama walau struktur kalimatnya berbeda. Dalam hal ini, harapan memang diungkapkan dalam kalimat tersebut.

Dengan kata lain, mereka masih belum bertanding atau hasil pertandingannya masih belum keluar.

Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Penggunaan Wish dan Hope

perbedaan wish dan hope dalam bahasa inggris dan contoh kalimatnya

Dalam hal ini, seringkali ada beberapa kesalahan yang bisa dialami dalam penggunaan wish dan hope. Hal yang sama pun bisa terjadi saat anda mempelajari perbedaan might dan may.

Dalam hal ini, bisa saja anda lupa dengan pola yang digunakan, khususnya dalam bentuk wish dan maknanya. Selain itu, bentuk kata kerja yang digunakan pun terkadang salah karena tidak teliti.

Tips Menggunakan Wish dan Hope dalam Berbagai Kalimat

perbedaan dalam penggunaan kata wish dan hope

Untuk menghindari beberapa kesalahan dalam penggunaan dan pemahaman wish dan hope, ada beberapa tips yang bisa digunakan.

  • Melihat lebih banyak contoh dan sering melakukan praktik atau latihan.
  • Melihat atau membaca novel karena di dalamnya ada banyak contoh penggunaan wish dan hope.
  • Meminta orang lain untuk mengecekkan kalimat lengkap yang sudah dibuat.

Penutup

Kata kerja wish dan hope memang tidak sesederhana tentang harapan saja. Ternyata, makna dan penggunaannya bisa sangat berbeda.

Dalam hal ini, memahami perbedaan wish dan hope menjadi sangat penting. Lebih lagi, ada banyak materi hope dan wish yang bisa menjadi referensi untuk lebih menguasai beda penggunaan wish dan hope dalam bahasa Inggris tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism