banner join inggrism

Penggunaan Due to

contoh penggunaan due to dalam kalimat bahasa inggris

Dalam pembuatan kalimat bahasa inggris, akan ada banyak kata yang akan digunakan. Semakin lama anda belajar, semakin banyak pula kata yang akan dipelajari seperti penggunaan due to.

Kalimat pun akan semakin beragam dan semakin kompleks pula susunan kalimatnya. Dalam contoh kalimat tersebut, anda akan menemukan pula due to.

Ini merupakan sesuatu yang akan membuat kalimat menjadi lebih menarik karena adanya variasi dalam kalimat. Tentu saja, anda perlu tahu tentang due to agar tidak sekedar memasangkan kata tersebut.

Untuk itu, anda perlu tahu beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelu menggunakan kelompok kata tersebut dalam bahasa inggris.

Pengertian Due to dalam Kalimat Bahasa Inggris

penjelasan tentang due to dalam bahasa inggris dan contohnya

Sebelum membahas mengenai cara menggunakan due to tersebut, hal yang perlu anda ketahui adalah tentang pengertian dari kata tersebut. Kata ini bisa diartikan “disebabkan oleh”.

Sekilas dari katanya, ini berhubungan dan memiliki arti yang mirip dengan kata lain seperti because, since, serta because of. Namun, tentu ada hal yang spesifik dan ini akan menjadi suatu pembahasan yang perlu diketahui.

Pembahasan tentang Penggunaan Due to

penjelasan tentang due to dalam bahasa inggris dan contohnya

Setelah mengetahui tentang arti atau pengertian dari due to, sekarang pembahasan selanjutnya adalah tentang due to ini.

banner join inggrism

Sesuai kata yang disebutkan, ini berkaitan dengan sebab akibat, dan akan digunakan untuk menyatakan alasan tertentu. Namun, yang perlu diperhatikan tentang kelas kata dan detail pengggunaannya.

Secara umum, rumus due to ini sebenarnya cukup sederhana. Nantinya, due to ini akan digunakan untuk melengkapi atau menambah penjelasan untuk kata benda.

Pengunaannya, memang berbeda dengan kata-kata lainnya untuk menyatakan alasan. Contohnya,

The traffic jam was due to the sudden flood.

Pengertian Part of Speech atau Kelas Kata

Kelas kata (word class) memang menjadi pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam penggunaan suatu kata.

Sesuai namanya, part of speech atau kelas kata ini menunjukkan jenis atau klasifikasi kata, seperti kata benda, kata sifat, kata hubung, dan jenis kata lainnya. Untuk due to sendiri, ini merupakan jenis kata adjektiva atau kata sifat.

Perbedaan Due to dan Because

contoh penggunaan due to dalam kalimat bahasa inggris

Sebagaimana yang sudah disebutkan, ada kata yang menyatakan cause effect, dan secara khusus menunjukkan alasan. Kata tersebut adalah because.

Namun, penggunaan due to dan because sangat berbeda. Berikut adalah beberapa perbedaan antara dua jenis kata ini.

  • Perbedaan jenis kata. Due to merupakan kata sifat sedangkan because merupakan kata hubung atau konjungsi.
  • Penggunaannya berbeda. Because selalu digunakan untuk membentuk kalimat majemuk sedangkan due to bisa digunakan dalam kalimat sederhana saja tanpa adanya klausa tambahan.

Contoh Kalimat dengan Due to dan Because

Untuk mengetahui tentang because dan due to ini, anda perlu melihatnya dalam kalimat. Berikut adalah dua contoh penggunaan dua kata tersebut.

The long traffic jam was due to accident.

The traffic jam was long enough because there was accident.

Dari dua kalimat di atas, bisa dilihat contoh dari due to dan because. Kedua kalimat memiliki makna yang sama tentang adanya kemacetan yang disebabkan oleh kecelakaan.

Namun, kalimat dengan because membuatnya menjadi kalimat majemuk sedangkan kalimat dengan due to menjadi lebih sederhana.

Perbedaan Due to dan Because of

contoh penggunaan due to dalam kalimat bahasa inggris

Selain because, anda akan menemukan juga because of saat mempelajari penggunaan due to. Walau terdengar sama, because dan because of berbeda, dan demikian pula ketika dibandingkan dengan due to.

Perbedaannya ada di kelas kata, dan bahkan penggunaannya dalam kalimat juga sangat berbeda. Because of merupakan adverbial atau kata keterangan sehingga memang digunakan dengan berbeda.

Contoh Kalimat dengan Due to dan Because of

Perbedaan antara due to dan because memang bisa dilihat dalam contoh kalimat. Kelompok kata ini akan terlihat cukup jelas dalam dua kalimat berikut.

Her late attendance was due to the heavy rain. .

She come late because of the heavy rain.

Dua contoh kalimat sederhana itu menunjukkan perbedaan antara kelompok kata tersebut. Dalam hal ini, due to menjelaskan kata benda, sedangkan because of digunakan untuk menjelaskan ketelatannya.

Dalam kalimat, because of memang untuk memodifikasi kata kerja sedangkan due to untuk memodifikasi kata benda.

Penggunaan Due to dan Since

contoh penggunaan due to dalam kalimat bahasa inggris

Dalam due to, anda pun akan menemukan juga since. Kata ini cukup rumit karena memiliki kelas kata yang cukup berbeda demikian pula dalam hal penggunaannya.

Namun, ini juga bisa digunakan untuk menyatakan alasan. Untuk perbedaannya, berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Perbedaan jenis kata. Since yang digunakan untuk mengungkapkan alasan menjadi kata hubung sedangkan due to merupakan kata sifat.
  • Perbedaan penggunaan. Since akan membuat kalimat majemuk layaknya because, sedangkan due to bisa digunakan dalam kalimat sederhana.

Contoh Since dan Due to dalam Kalimat

Sama halnya dalam belajar perbedaan am dan pm, penggunaan dalam kalimat bisa membantu pemahaman. Ketika anda belajar tentang pengggunaan since dan due to itu, anda pun bisa melihat dari dua contoh berikut ini.

Their unhappiness was due to boredom.

They feel unhappy since they are bored.

Dari dua kalimat itu, bisa dilihat bahwa penggunaan since ini memang sama seperti because. Kalimat akan menjadi kalimat majemuk dengan because sebagai kata hubung. Tentunya, penggunaan due to sudah cukup jelas seperti yang sudah dibahas di bagian-bagian sebelumnya.

Perbedaan Due to dan Caused by

contoh penggunaan due to dalam kalimat bahasa inggris

Dalam mempelajari due to. ada alternatif yang bisa anda temukan. Ini bisa juga anda temukan ketika mempelajari perbedaan will dan would.

Due to dan caused by ini bisa digunakan dengan cara yang sama, bahkan due to bisa digantikan dengan caused by. Berikut ini adalah contohnya.

Sometimes, unhappiness was due to boredom.

Sometimes, unhappiness was caused by boredom.

Due to dan Noun serta Noun Phrase

penjelasan tentang due to dalam bahasa inggris dan contohnya

Dari beberapa contoh kalimat yang ada, anda akan menemukan bahwa due to akan sering diikuti oleh kata benda atau frasa kata benda.

Ini memang sudah menjadi aturan dari due to di mana kelompok kata ini digunakan untuk menjelaskan atau memodifikasi noun atau kata benda serta noun phrase yang merupakan bentuk frasa.

Kesalahan yang Sering Dijumpai dalam Penggunaan Due to

penjelasan tentang due to dalam bahasa inggris dan contohnya

Kesalahan merupakan hal yang cukup sering anda temukan. Hal ini akan anda bisa temukan juga ketika mempelajari perbedaan wish dan  hope.

Terkait due to tersebut, ada beberapa kesalahan yang sering anda temukan dan bisa juga anda alami sendiri.

  • Due to seringkali disamartikan dengan because of sehingga dua kata itu bisa saling ditukarkan. Ini merupakan kesalahan yang sering terjadi.
  • Juga seringkali dijumpai adalah kesalahan dalam interpretasi dan since serta due to. Dua kata ini sering dianggap sama fungsinya padahal sangat berbeda.

Contoh Due to yang Salah

Untuk melihat kesalahan tersebut, ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai referensi dan contohnya. Dalam hal ini, berikut adalah kalimat yang salah dan pembenarannya.

She was angry due to her annoying brother.

Kalimat ini salah, dan seharusnya due to itu digantikan dengan because of karena ini untuk menjelaskan kemarahannya. Kalaupun ingin menggunakan due to, kalimatnya menjadi:

Her anger was due to her annoying brother.

Tips Menggunakan Due to yang Tepat

contoh penggunaan due to dalam kalimat bahasa inggris

Walau kesalahan bisa dimaklumi, anda tentu ingin tahu due to yang tepat dalam sebuah kalimat bahasa inggris.

Dalam hal ini, pertama-tama anda memang harus paham tentang perbedaan due to dengan kata-kata lain yang memiliki makna serupa, sama halnya ketika mempelajari penggunaan s dan es.

Selain itu, anda perlu memperbanyak contoh serta latihan. Tak ada salahnya juga untuk meminta tolong guru untuk mengecek latihan anda tersebut.

Contoh Soal tentang Penggunaan Due to

penjelasan tentang due to dalam bahasa inggris dan contohnya

Untuk semakin membantu anda dalam memahami cara menggunakan due to dalam suatu kalimat, belajar dari soal-soal yang ada bisa juga digunakan sebagai latihan.

Untuk itu, anda bisa mengerjakan contoh soal di bawah ini untuk tahu apa yang harus diisikan secara tepat, baik itu due to, because of, ataupun because.

They are happy … their mother brings them some cookies. (because atau since).

There is flood in my area … heavy rain last night. (because of).

The problems might be … some undisciplined students. (due to).

Penutup

Mempelajari tentang due to dan cara penggunaannya memang tidaklah sepenuhnya mudah. Namun, ini tidak terlalu rumit ketika sudah ada beberapa pembeda dan penjelasan yang dilengkapi pula dengan contoh kalimat.

Dengan demikian, anda tentu menjadi lebih paham tentang penggunaan due to dan tak akan ada lagi kebingungan tentang penggunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism