banner join inggrism

Penggunaan a dan an

perbedaan dalam penggunaan a dan an dalam bahasa inggris

Hello Mates, hari ini, kami akan membagikan artikel mengenai perbedaan a dan an dalam bahasa inggris. Mulai dari penggunaan, contoh kalimat, dan tentunya perbedaannya.

Belajar bahasa Inggris menjadi sesuatu yang sangat penting. Dalam prosesnya, anda akan menjumpai banyak hal baru. Dalam beberapa bagian, barangkali ada yang mirip dengan yang ada di bahasa Indonesia, tapi ada juga hal yang berbeda.

Hal ini, keberadaan a dan an adalah salah satu yang akan sering dijumpai dalam bahasa Inggris, tapi juga terkadang cukup membingungkan.

Untuk itu, beberapa pembahasan tentang a dan an dan hal terkait lainnya tentu akan menjadi informasi yang berguna dan menarik untuk dipelajari. Lebih lagi, a dan an dalam bahasa inggris akan sangat sering muncul.

Arti dari a dan an

perbedaan dalam penggunaan a dan an dalam bahasa inggris

Sebelum melangkah terlalu terkait a dan an pada bahasa inggris, yang pertama bisa dijadikan pembahasan adalah tentang arti atau pengertian dari a dan an tersebut.

Dalam hal ini, tidak ada perbedaan terkait arti a dan an dalam kalimat. Keduanya bisa diartikan sesuatu, sebuah, sebiji, atau hal lainnya yang bernilai satu.

Namun, semuanya memang tidak menyebut secara pasti pada barang spesifik.

Perbedaan Antara a dan an

 

banner join inggrism

contoh kalimat yang menggunakan a dan an

Lalu, bila membahas tentang penggunaan a dan an, tentu perbedaan keduanya perlu juga diperhatikan.

Dalam hal ini, perbedaan a dan an adalah dalam hal penggunaannya sebagai suatu artikel dalam suatu kata benda atau frasa kata benda.

Walau dua kata ini terlihat sama dalam hal arti, penggunaannya memiliki aturan yang berbeda, dan itu menjadi hal utama layaknya dalam perbedaan am dan pm.

Aturan Penggunaan a dan an

perbedaan dalam penggunaan a dan an dalam bahasa inggris

Tak bisa dipungkiri bahwa a dan an memang menjadi poin utama tentang dua hal ini. Berikut adalah penjelasan sederhana tentang bagaimana a dan an dalam melengkapi suatu kata atau frasa.

  • Artikel a secara umum digunakan pada suatu kata yang memiliki huruf konsonan sebagai awal kalimatnya atau juga bunyi konsonan.
  • Artikel an secara umum digunakan pada suatu kata yang huruf awalnya berupa huruf hidup atau memiliki bunyi vokal.
  • Keduanya menunjuk pada jumlah satu saja.
  • Hanya bisa dipasangkan pada kata benda yang bisa dihitung atau countable noun.

Berikut ini untuk lebih detailnya:

  1. Article atau Artikel

perbedaan dalam penggunaan a dan an dalam bahasa inggris

Dalam pemabahasan terkiat penggunaan serta beda a dan an, ada istilah artikel atau article kalau dalam bahasa Inggris.

Dalam aturan tata bahasa Inggris, article merupakan suatu kata yang tidak memiliki fungsi gramatikal dan tidak masuk dalam bagian utama kelas kata atau part of speech.

Dengan kata lain, ini menjadi tambahan saja dalam suatu kalimat. Terkait dengan itu, ada dua article:

Definite article

Yang pertama adalah indefinite article. Seperti halnya ketika anda belajar tentang perbedaan wish dan hope, ada hal penting yang perlu anda ketahui.

Indefinite article pun demikian karena a dan an masuk dalam klasifikasi ini. Ini berarti bahwa a dan an tidak secara spesifik menunjukkan pada suatu objek atau benda tertentu.

Indifinite article

Lain halnya dengan definite article. Sesuai namanya, ini adalah jenis article atau kata tambahan yang sudah secara spesifik menunjuk pada suatu barang.

Salah satu yang menjadi contohnya dan paling sering digunakan adalah artikel the. Ini tentu sangat sering ditemukan, dan kata benda yang mendapatkan imbuhan ini menunjuk pada suatu benda yang sudah jelas.

  1. Noun atau Kata Benda

contoh kalimat yang menggunakan a dan an

Dalam pembahasan tentang penggunaan a dan an, ada istilah tentang noun atau benda. Ini merupakan salah satu kelas kata yang artinya mengarah para benda tertentu, seperti table, cup, book, dan lainnya.

Terkait kata benda ini, secara umum dibagi menjadi dua bagian, dan ini bisa juga menjadi referensi ketika mempelajari perbedaan some dan any:

  • Uncountable noun atau kata benda yang tak bisa dihitung
  • Countable noun atau kata benda yang bisa dihitung

Countable Noun dan Uncountable Noun

Sebagaimana yang sudah disebutkan, kata benda dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah countable noun atau kata benda yang bisa dihitung.

Sederhananya, ini menunjuk pada suatu benda yang bisa dihitung secara langsung dari fisiknya. Contoh dari kata ini adalah table atau meja, book atau buku, dan juga house atau rumah. Semua benda-benda ini bisa dihitung.

Yang kedua adalah uncountable noun. Ini merupakan kata benda yang tak bisa dihitung secara langsung atau sulit dihitung. Sebagai contohnya adalah rambut dan pasir.

Jumlahnya yang terlalu banyak membuat benda-benda ini terasa abstrak untuk dihitung. Demikian juga untuk air dan udara. Untuk itu, biasanya akan ada ukuran tertentu untuk membantu dalam menentukan jumlah atau ukurannya.

Perbedaan antara a/an dan the

contoh kalimat yang menggunakan a dan an

Masih terkait dengan kata benda dan article yang digunakan, sebenarnya itu tidak sebatas pada a dan an. Tentunya, a dan an memang mirip, tapi ada pembedanya.

Keduanya ini akan digunakan dalam suatu kata benda yang bisa dihitung saja. Selain itu, ternyata ada juga definite article berupa the yang juga sering dijumpai.

Dari segi bedanya, artikel the ini menunjuk pada benda yang sudah jelas. Ketika orang berbicara atau menulis benda dengan tambahan artikel ini, berarti benda yang dimaksud sudah sama-sama diketahui.

Selain itu, ini bisa berfungsi pada countable ataupun uncountable noun. Karena itu, article ini memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan penggunaan a dan an.

Penggunaan dari the dalam Bahasa Inggris

Sebagaimana yang dibahas sebelumnya, the merupakan salah satu artikel yang juga sering digunakan. Terkait aturan penggunaan the, ini berbeda dengan penggunaan an dalam kalimat.

The tidak dibatasi terkait dengan huruf awal dari suatu kata yang ada di belakang artikel ini. Selain itu, artikel ini bisa digunakan secara bebas untuk berbagai kata benda ataupun frasa kata benda. Dengan kata lain, ini memang lebih leluasa digunakan.

Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Penggunaan a dan an

perbedaan dalam penggunaan a dan an dalam bahasa inggris

Ketika belajar tentang a dan an, ada banyak hal yang terkadang masih belum dipahami. Ini membuat anda merasa bingung dengan cara menggunakan a dan an yang tepat.

Dalam hal ini, salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah salah dalam menentukan vowel atau suara huruf pertama dari kata yang ada di belakang artikel ini.

Selain itu, kesalahan kedua yang sering terjadi adalah pemasangan artikel a dan an pada kata benda yang justru tak bisa dihitung atau uncountable noun.

Ini tentu menjadi kesalahan yang cukup fatal tapi sering dijumpai. Misalkan saja, a dipasangkan pada kata sand. Ini tentu salah karena sand atau pasir itu tidak bisa dihitung sehingga tidak bisa ditambahi dengan artikel a ataupun an.

Pengecualian dalam Penggunaan a dan an

contoh kalimat yang menggunakan a dan an

Dalam mempelajari a dan an, memang ada beberapa pengecualian yang perlu anda ketahui. Ini terkait dengan kata-kata yang kelihatannya diawali dengan vokal atau konsonan, tapi ternyata tidak demikian.

Berikut adalah beberapa contoh pengecualian dalam cara menggunakan a dan an tersebut.

Penggunaan “an”:

An hour

An honor

An heirloom

Penggunaan “a”:

A humble man

A university

A one-eyed pirate

Dari contoh tersebut, bisa dilihat bahwa ternyata beberapa kata yang berawalan dengan huruf “h” ternyata termasuk dalam kata dengan vowel huruf hidup karena patokannya memang pada cara membacanya, bukannya pada tulisannya.

Selain itu, ada juga kata university yang walau diawali dengan huruf hidup, tapi itu dipasangkan dengan a karena cara baca atau pelafalannya.

Penggunaan a dan an dalam Akronim atau Singkatan

contoh kalimat yang menggunakan a dan an

Lalu, yang juga unik lagi adalah dalam a dan an ketika itu adalah suatu singkatan. Singkatan bisa dipasangkan dengan artikel a dan an.

Namun, sekali lagi ini didasarkan pada cara baca huruf pertama dalam singkatan tersebut. Misalkan saja, ada singkatan SOW dari Society of Writer.

Ketika itu SOW, maka artikelnya adalah an, sedangkan Society of Writer akan dipasangkan dengan artikel a.

An SOW

A Society of Writer

Tips untuk Lebih Mudah Menggunakan a dan an dalam Bahasa Inggris

contoh kalimat yang menggunakan a dan an

Untuk lebih menguasai hal ini, memang ada beberapa tips sederhana yang perlu dicoba. Yang pertama, anda perlu lebih sering berlatih dan sekaligus memperbanyak membaca berita atau buku untuk mendapatkan contoh yang banyak.

Tips seperti ini bisa juga diterapkan ketika anda juga ingin mempelajari perbedaan might dan may. Selain itu, anda perlu sering mengecek kosakata baru dan cara bacanya karena ini yang akan menentukan a dan an itu.

Contoh Soal terkait Penggunaan a dan an

perbedaan dalam penggunaan a dan an dalam bahasa inggris

Untuk lebih membantu dalam proses pembelajaran terkait penggunaan kata a dan an, mencoba mengerjakan beberapa contoh soal ataupun kalimat tentu bisa membuat semakin paham.

Berikut ini adalah beberapa contoh soalnya.

My mother makes … apple juice for me. (an)

I always spend … hour for my homework. (an)

They took … university entrance test yesterday. (a)

Penutup

Itulah beberapa hal yang menjadi pembahasan tentang a dan an. Memang ada banyak pembahasan mengenai dua kata ini. Tak hanya itu, ada juga kata the yang juga merupakan artikel dan ini cukup sering digunakan dalam berbagai kalimat.

Dengan melihat beberapa penjelasan serta contoh penggunaan a dan an yang ada, anda tentu akan menjadi lebih paham tentang bagaimana cara menggunakan kata a dan an dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism