banner join inggrism

Contoh Pengumuman dalam Bahasa Inggris

contoh pengumuman dalam bahasa inggris untuk berbagai tujuan beserta artinya

Hai Mates, bareng inggrism lagi nih. Jangan bosan-bosan ya, hehe. Kesempatan ini kami akan membagikan artikel tentang contoh pengumuman dalam bahasa inggris untuk berbagai hal.

Pengumuman tentu sering ditemukan. Pengumuman biasanya hadir dalam bentuk poster dan memberikan informasi yang jelas. Terkadang pengumuman juga hadir dalam animasi atau gambar sebagai cara untuk memperjelas penyampaian informasi yang ada.

Selain itu, ini juga untuk membuat pengumuman menjadi lebih menarik. Dalam hal ini, ada juga pengumuman dalam bahasa Inggris atau announcement.

Bila anda juga sering melihat pengumuman dan bahkan ditugaskan untuk menyusun pengumuman, mengetahui contoh announcement bisa menambah referensi anda dalam membuat suatu pengumuman yang baik dan benar.

Contoh Announcement tentang Ulang Tahun Sekolah

contoh announcement dan artinya

Salah satu contoh pengumuman dalam bahasa inggris yang cukup sering dijumpai adalah pengumuman tentang ulang tahun sekolah.

Isi dari pengumuman bisa sangat beragam, mulai dari penguman dari acara sekolah atau hal lainnya. Berikut adalah contohnya.

Attention Please!

In order to celebrate the 50th anniversary of SMP Sinar Jaya, all students are invited to make some preparations. There will be special event in May 21st 2021.

Because of the event, all students should clean the classroom and school environment. After that, students are requested to prepare and decorate the hall.

Overall preparation will be led by Mr. Agus Gunawan. Please OSIS members and all class leaders see Mr. Agus to get the coordination.

Terjemahan:

Perhatian!

Untuk merayakan ulang tahun SMP Sinar Jaya kelima puluh, semua siswa diundang untuk membuat beberapa persiapan. Akan diadakan acara khusus pada 21 Me1 2021.

Karena itu, semua siswa diminta untuk membersihkan ruang kelas dan lingkungan sekitar sekolah. Setelah itu, siswa diminta untuk mempersiapkan dan mendekorasi aula.

Seluruh persiapan akan dipimpin oleh Pak Agus Gunawan. Dimohon untuk anggota OSIS dan ketua kelas untuk bertemu Pak Agus guna melakukan koordinasi.

Contoh Pengumuman dalam Bahasa Inggris tentang COVID 19

contoh announcement dan artinya

Yang saat ini sedang mulai banyak ditemukan adalah contoh announcement tentang covid 19. Pengumuman ini ditujukan untuk mencegah penularan dari virus dan berusaha menekan pandemi yang sedang berlangsung. Berikut adalah contohnya.

banner join inggrism

Official Announcement from Ministry of Health

In order to stop the spread of COVID-19, all parts of society are requested to wear face mask in outdoor and indoor activity.

Then, all people are requested to keep distance from other people for at least 1 meter.

In all occasion, it is important to always wash the hand with soap or sanitizer before and after making contact with others and stuff. Thank you.

Terjemahan:

Pengumuman Resmi dari Kementerian Kesehatan

Untuk menghentikan persebaran COVID-19, semua bagian dari masyarakat diminta untuk mengenakan masker dalam melakukan kegiatan di luar dan di dalam ruangan.

Lalu, segenap lapisan masyarakat diminta untuk selalu menjaga jarak dari orang lain setidaknya satu meter.

Dalam berbagai kesempatan, sangatlah penting juga untuk selalu mencuci tangan dengan sabun atau sanitizer sebelum dan sesudah melakukan kontak dengan orang lain dan benda-benda. Terima kasih.

Contoh Announcement tentang Lomba Kebersihan Kelas

contoh announcement dan artinya

Lalu, ada juga berbagai bentuk pengumuman dalam bahasa inggris tentang lomba kebersihan kelas. Ini bisa dijumpai di berbagai sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Berikut adalah contohnya.

For all students of SMA Unggulan II

Our school is going to hold competition to check the cleanness of classroom. Because of that, there will be random checking by the committee of our school during the period of 21-26 March 2021.

All students must be ready and keep the classroom clean and tidy. There will be three winners picked by the committee and there is interesting rewards for the class that win the competition. Thank you.

Terjemahan:

Untuk semua siswa SMA Unggulan II

Sekolah kita akan mengadakan lomba untuk menilai kebersihan ruang kelas. Karena itu, akan diadakan pengecekan secara acak oleh panita dari sekolah selama periode 21-26 Maret 2021.

Semua siswa diminta untuk menjaga kebersihan dan kerapian kelas. Nantinya akan diambil tiga pemenang oleh panitia, dan akan ada hadiah menarik bagi kelas yang berhasil memenangkan lomba kebersihan ini. Terima kasih.

Contoh Pengumuman dalam Bahasa Inggris tentang Hari Guru

contoh announcement dan artinya

Di sekolah, sering juga diadakan pengumuman tentang hari guru. Ada cukup banyak pengumuman dalam bahasa inggris tentang hari guru, yang biasanya akan diisi dengan beragam lomba-lomba.

For all teachers in Senior High Schools

November 25th will become the celebration of teacher’s day. Because of the special occasion, all high school teachers are invited to the Gedung Dharma Bakti, Yogyakarta.

There will be ceremony and teaching seminar given by representative of Ministry of Education.

For all teachers, please send the confirmation before November 10th 2021 to Mrs. Rina (081255554444). Thank you.

Terjemahan:

Untuk semua guru di Sekolah Menengah Atas

25 November akan menjadi peringatan hari guru. Oleh karena kesempatan istimewa ini, semua guru SMA diundang ke Gedung Fharma Bakti Yogyakarta.

Di tempat tersebut akan diadakan upacara dan seminar pengajaran yang diberikan oleh perwakilan dari Kementerian Pendidikan.

Untuk semua guru, dimohon untuk melakukan konfirmasi kehadiran sebelum 10 November 2021 melalui Ibu Rina (081255554444). Terima kasih.

Contoh Announcement tentang 17 Agustus

contoh announcement dan artinya

Salah satu contoh pengumuman dalam bahasa inggris yang juga sangat umum dijumpai adalah pengumuman tentang 17 agustus. Dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ini, biasanya akan diadakan acara khusus. Berikut adalah contohnya.

For all students of SMA Kemerdekaan

August 17th becomes special day for our country and our school. It is the Indonesian Independence Day and also our school anniversary.

Because of that, our school is going to hold special event for all students. All students are invited to join essay competition and the requirement can be seen in the second page of announcement.

There will be interesting reward for the best essay. Thank you.

Terjemahan:

Untuk semua siswa SMA Kemerdekaan

17 Agustus menjadi hari istimewa untuk negara dan sekolah kita Ini merupakan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia dan sekaligus ulang tahun sekolah kita.

Untuk itu, sekolah kita akan mengadakan acara khusus untuk semua siswa. Semua siswa diundang untuk berpartisipasi dalam Lomba Essay dan persyaratannya telah dilampirkan di halaman kedua pengumuman ini.

Akan disediakan hadiah menarik bagi essay terbaik. Terima kasih.

Contoh Pengumuman dalam Bahasa Inggris tentang Liburan

contoh pengumuman dalam bahasa inggris untuk berbagai tujuan beserta artinya

Menjelang akhir semester, akan banyak dijumpai berbagai pengumuman dalam bahasa inggris tentang liburan sekolah.

Ini merupakan momentum yang ditunggu para siswa, tapi pihak sekolah biasanya pun memberikan tugas khusus bagi para siswa. Untuk contoh pengumumannya, berikut adalah salah satunya.

For all students

On July 15th, you will get your report. After that, you will have two weeks of school holiday.

In order to keep you doing positive activities, all students are requested to make reports of their holiday.

The report must be submitted on the first day of new semester. Please pay attention to the assignment and do your best.

Terjemahan:

Untuk semua siswa

Pada tanggal 15 Juli nanti, kalian semua akan menerima raport hasil belajar kalian. Setelah itu, kalian akan mendapatkan libur sekolah selama dua minggu.

Untuk menjaga agar kalian tetap melakukan kegiatan positif selama liburan, semua siswa diminta untuk membuat laporan tentang liburan.

Laporan ini harus dikumpulkan pada hari pertama semester baru. Dimohon untuk memperhatikan tugas ini dan lakukan yang terbaik.

Contoh Pengumuman dalam Bahasa Inggris tentang Study Tour

contoh pengumuman dalam bahasa inggris untuk berbagai tujuan beserta artinya

Dalam waktu tertentu, salah satu angkatan di sekolah biasanya akan mengadakan study tour.

Dalam hal ini, biasanya sekolah sudah membuat pengumuman sebelumnya. Berikut adalah contoh pengumuman dalam bahasa inggris tentang study tour.

For all student of X grade

You will have study tour on May 29h to April 6th 2021. The study tour will be held in West Java, and students will visit some industries in West Java.

Because of that, please see the details of event and other requirement as stated in second page of announcement.

When there is difficulty or other things that make you unable to join the event, please contact your class teacher.

Terjemahannya:

Untuk semua siswa kelas X

Kalian akan mengikuti study tour pada tanggal 29 Mei hingga 6 April 2021. Study tour akan diadakan di Jawa Barat, dan nantinya para siswa akan mengunjungi berbagai industri di sana.

Karena itu, mohon untuk melihat detail dan persyaratan lainnya yang sudah tercantum di pengumuman halaman kedua.

Sekiranya ada kesulitan atau hal lain yang membuat siswa tidak bisa mengikuti kegiatan ini, dimohon untuk menghubungi wali kelas masing-masing.

Contoh Pengumuman tentang Tugas Sekolah

contoh pengumuman dalam bahasa inggris untuk berbagai tujuan beserta artinya

Lalu, yang banyak juga ditemukan adalah tentang contoh pengumuman dalam bahasa inggris tentang tugas sekolah. Biasanya, ini diberikan oleh guru kelas dan pengumuman diberikan atau dipasang di kelas tertentu.

For students of XA class

Today there will be no meeting for biology class since I have to attend meeting.

Because of that, you use the 40 minutes of my class to read the chapter about respiratory system (page 140-150), and you have to answer some questions in the remaining time.

Please write the answer in the prepared sheet and submit it in my table. Thank you.

Terjemahannya:

Untuk siswa kelas XA

Hari ini tidak akan ada kelas Biologi karena saya harus menghadiri rapat.

Untuk itu, kalian diminta menggunakan waktu 40 menit yang ada untuk membaca bab tentang sistem pernafasan (halaman 140-150), dan jawablah beberapa pertanyaan di waktu yang tersisa.

Tolong tulis jawabannya di lembar yang telah disediakan dan kumpulkan tugas tersebut di meja saya. Terima kasih.

Contoh Pengumuman dalam Bahasa Inggris di Bandara

contoh announcement dan artinya

Yang juga sering ditemukan adalah contoh pengumuman dalam bahasa inggris di bandara. Di bandara, pengumuman bisa diberikan melalui pengeras suara seperti ketika pengumuman jadwal penerbangan.

Selain itu, ada juga beberapa pengumuman tertulis, seperti tentang barang yang tak boleh dibawa di dalam kabin pesawat. Biasanya, pengumuman hadir dalam dua bahasa untuk memfasilitasi penumpang domestik dan non-domestik.

Contoh Announcement untuk Lomba di Sekolah

contoh announcement dan artinya

Ada banyak contoh pengumuman dalam bahasa inggris untuk murid. Pengumuman seperti ini akan sering dijumapai di sekolah, seperti tentang peraturan sekolah dan lain sebagainya.

Pengumuman harus dibuat jelas dan mudah dipahami oleh murid. Penempatan pengumuman pun harus dibuat strategis dan tidak hanya di papan pengumuman sekolah saja.

Pengertian Pengumuman atau Announcement

contoh pengumuman dalam bahasa inggris untuk berbagai tujuan beserta artinya

Pembahasan pertama tentang pengumuman adalah dalam hal pengertian dari pengumuman tersebut. Dalam bahasa Inggris, ini disebut announcement.

Pengumuman adalah suatu bentuk pemberitahuan yang isinya bisa berupa himbauan, ajakan, hingga bentuk lainnya yang intinya adalah menyampaikan informasi.

Struktur Announcement

contoh pengumuman dalam bahasa inggris untuk berbagai tujuan beserta artinya

Berbeda dengan contoh personal letter, pengumuman tidak selalu memiliki bagian dan struktur yang bentuknya pasti.  Hanya saja, setidaknya ada bagian-bagian penting yang harus digarisbawahi.

Berikut adalah beberapa bagian utama dari pengumuman.

  • Ditujukan pada siapa pengumuman tersebut. Ini menunjukkan secara spesifik terkait orang yang dituju oleh isi dari pengumuman tersebut.
  • Tujuan dari pengumuman. Ini menjelaskan isi dari pengumuman itu, baik itu berupa pemberitahuan,himbauan, atau bahkan bentuk anjuran lainnya.
  • Kapan pengumuman itu dilakukan atau berlaku. Dalam beberapa pengumuman, keterangan tentang waktu pun ditunjukkan, misalkan saja dalam pengumuman lomba atau kompetisi tertentu.
  • Identitas yang membuat pengumuman. Karena biasanya pengumuman berbentuk formal, biasanya ini ditunjukkan dengan nama instansi atau institusi tertentu walau tidak menutup kemungkinan juga identitas tersebut adalah perseorangan.

Fungsi dari Announcement

contoh pengumuman dalam bahasa inggris untuk berbagai tujuan beserta artinya

Sebagaimana yang sudah dibahas dan bisa ditemukan dalam banyak contoh pengumuman dalam bahasa inggris, pengumuman memiliki fungsi utama untuk memberikan informasi.

Fungsi dari informasi ini sendiri bisa berupa ajakan, himbauan, dan hal lainnya. Sudah pasti, fungsi spesifik pun akan anda temukan dalam banyak contoh invitation letter.

Tips Membuat Announcement Bahasa Inggris

contoh pengumuman dalam bahasa inggris untuk berbagai tujuan beserta artinya

Dalam membuat suatu pengumuman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ini sangat penting untuk memastikan bahwa pengumuman cukup jelas dan nantinya bisa dipahami oleh para pembaca pengumuman tersebut.

  • Orang yang dituju. Pengumuman biasanya mengarah pada orang atau kelompok tertentu. Sejak awal, hal ini sudah harus diperjelas agar nantinya semua pihak yang membaca pengumuman pun tahu. Hal seperti ini juga sering dijumpai dalam berbagai contoh warning dalam bahasa inggris.
  • Detail pengumuman. Detail seperti tanggal, lokasi, hingga kegiatan serta himbauan yang diberikan harus diinformasikan dengan jelas untuk memastikan bahwa informasi akan bisa lebih mudah ditangkap dan tidak ada salah paham dalam membaca pengumuman tersebut.
  • Menyertakan gambar. Tak ada salahnya menyertakan gambar atau animasi. Ini bisa menarik perhatian dan sekaligus memberikan penjelasan yang lebih spesifik pada para pembaca pengumuman.

Penutup

Itulah beberapa bentuk contoh pengumuman dalam bahasa inggris. Ada banyak jenis contoh pengumuman, baik itu yang dijumpai di sekolah atau di tempat umum.

Ada bagian dan informasi penting yang selalu disampaikan dalam pengumuman, dan beragam contoh yang ada bisa menjadi referensi.

Tentu saja, ada juga banyak banyak contoh active voice bila anda pun ingin mempelajari bentuk penggunaan struktur kalimat tersebut.

Terima kasih telah membaca artikel tentang contoh pengumuman dalam bahasa inggris ini. Semoga teman-teman bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat announcement bahasa inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism