banner join inggrism

Contoh Active Voice dalam Bahasa Inggris

contoh active voice beserta rumus dan artinya

Dalam mempelajari kalimat, tentu anda pernah membaca dan mempelajari tentang kalimat aktif. Hal ini sebenarnya tidak hanya ada dalam bahasa Indonesia, tapi ada juga contoh active voice dalam bahasa inggris.

Dalam bahasa Inggris, ini dinamakan active voice dan anda akan sering menemukan ini dalam contoh personal letter atau pun bentuk teks lainnya.

Secara umum, active voice juga sama halnya dengan kalimat aktif dalam bahasa indonesia. Untuk lebih memahaminya, ada banyak active voice dalam penggunaannya di dalam kalimat dan juga beberapa pembahasan lainnya.

Pengertian, Struktur, dan Fungsi Kalimat Aktif dalam Bahasa Inggris

contoh kalimat aktif dalam bahasa inggris

Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian, struktur, dan juga fungsi active voice dalam bahasa inggris. Silahkan baca dan pelajari dengan seksama agar bisa memahaminya.

Pengertian Active Voice

Bagian pertama yang akan menjadi pembahasan adalah pengertian dari active voice tersebut. Dalam bahasa Indonesia, padanannya adalah kalimat aktif.

Namun, ini tentu tidak otomatis membuat anda paham tentang definisi dari active voice tersebut.

Suatu kalimat dikatakan sebagai active voice ketika kalimat tersebut memiliki subjek yang melakukan tindakan atau action sebagaimana yang ditunjukkan dalam kata kerja atau verb di kalimat tersebut.

banner join inggrism

Setelahnya, bisa ditambahkan objek berupa kata benda atau frasa kata benda di belakang kata kerja yang ada.

Struktur Dasar Active Voice

Untuk memahami penggunaan active voice, tentu anda perlu juga tahu tentang pola dari jenis kalimat yang satu ini. Dari pola yang ada, nantinya anda bisa tahu tentang bagaimana cara penggunaan dan pembuatan kalimat ini.

Dari segi rumus umumnya, ini bisa dilihat dari pengertian active voice sendiri. Rumus utamanya adalah:

Subject + Verb atau Predicate + Object.

Subjek akan berupa kata benda atau frasa kata benda, dan verb itu berupa kata kerja dengan menyesuaikan jumlah dari subjek ataupun tenses yang digunakan. Objek akan berupa frasa kata benda atau kata benda saja.

Fungsi dari Active Voice

Dari sekian banyak contoh kalimat aktif dalam bahasa inggris, anda akan tahu bahwa ada fungsi-fungsi utama dari kalimat yang memuat active voice ini. Berikut adalah beberapa fungsinya.

  • Memberikan pernyataan. Secara umum, pernyataan akan menggunakan active voice daripada passive voice karena biasanya makna yang tersampaikan akan menjadi lebih jelas. Ini akan bisa banyak ditemukan di contoh pengumuman dalam bahasa inggris.
  • Fakta umum juga kebanyakan akan sering menggunakan active voice daripada passive voice. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan juga tentang penggunaan passive voice tersebut dan ini tergantung pada konteks kalimatnya.

Perbedaan Kalimat Aktif dan Pasif dalam Bahasa Inggris

contoh kalimat aktif dalam bahasa inggris

Ketika membahas tentang materi active voice, akan dibahas pula tentang materi mengenai passive voice.

Keduanya sudah seperti satu kesatuan yang sering juga dikontraskan atau diperbandingkan. Tentu saja, ada perbedaan yang cukup jelas antara keduanya.

Dari segi pola atau rumus kalimatnya, passive voice akan menggunakan to be, yang bisa berupa is, am, dan are atau be saja. Ini menjadi sesuatu yang sangat jelas dalam hal pola kalimatnya.

Setelah itu, nantinya kata kerja yang digunakan akan selalu berbentuk past participle atau perubahan bentuk ketiga.

Biasanya, kata kerja dalam passive voice akan memiliki awalan berupa di- atau ter- dalam bahasa Indonesia. Ketika itu passive voice, subjek tidak lagi menjadi pelaku dari suatu tindakan.

Inilah setidaknya beberapa perbedaan antara active voice dan passive voice.

Waktu untuk Menggunakan Passive Voice

Secara umum, kebanyakan akan beranggapan bahwa active voice akan lebih diprioritaskan dalam pembuatan kalimat.

Bahkan dalam banyak paper, akan lebih baik bila menggunakan active voice. Walau demikian, bukan berarti bahwa passive voice tidak bisa digunakan.

Ada beberapa kondisi dimana penerapan passive voice justru lebih direkomendasikan dalam suatu kalimat. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Anda ingin menekankan pada orang atau kata benda yang menerima suatu tindakan, bukannya subjek yang melakukan tindakan.
  • Subjek atau orang yang ada dalam kalimat tersebut tidaklah terlalu signifikan untuk menunjukkan tindakan yang dilakukan.
  • Anda memang ingin membuat pelaku suatu tindakan tersebut tidak terlalu signifikan atau tidak ingin memperjelas pelaku tindakan dalam suatu kalimat sebagai subjek.

Rumus dan Contoh Active Voice dari Berbagai Tenses

contoh kalimat aktif dalam bahasa inggris

Ada banyak rumus active voice dalam bahasa inggris untuk berbagai tenses. Setiap tenses pasti mempunyai rumusnya masing-masing.

Nah, disini kami akan memberikan beberapa rumus beserta contoh dan artinya. Oke, langsung saja lihat penjabarannya dibawah ini.

  • Contoh Active Voice dalam Simple Present Tense

contoh kalimat aktif dalam bahasa inggris

Terkait pemahaman tentang active voice dalam kalimat, ini akan jauh lebih jelas ketika dibahas berdasarkan beberapa tenses. Yang pertama adalah simple present tense. Tenses ini menjadi bentuk tenses yang paling umum digunakan.

Tenses ini digunakan untuk menunjukkan suatu fakta umum. Selain itu, tenses ini memang ditujukan untuk menunjukkan suatu tindakan yang terjadi di masa sekarang.

Ini juga menjadi tenses yang paling sering digunakan untuk proses pembelajaran dalam awal pembuatan kalimat.

Untuk contoh kalimat aktif dalam bahasa inggris, berikut adalah beberapa kalimat yang bisa dijadikan referensi. Beberapa contohnya akan hadir bersama dengan terjemahannya.

Rina finishes her homework quickly.

Roni and Rino brings the book.

Terjemahan:

Rina menyelesaikan PR-nya dengan cepat.

Roni dan Rino membawa buku-buku.

  • Contoh Active Voice dalam Present Perfect Tense

contoh active voice beserta rumus dan artinya

Lalu, ada juga present perfect tense yang bisa juga menjadi contoh dalam penggunaan kalimat aktif tersebut.

Ada banyak contoh kalimat aktif dalam bahasa inggris dan ini akan menunjukkan suatu tindakan yang terjadi di masa lampau dan masih berlaku atau efeknya masih ada sampai saat ini.

Terkait dengan contoh kalimat aktif dalam bahasa inggris, nantinya akan ada pola berbeda dengan simple present tense karena memang ini menunjukkan rentangan waktu yang lebih luas. Berikut adalah contohnya.

I have accompanied him for three years.

Terjemahan:

Aku sudah menemaninya selama tiga tahun.

  • Contoh Active Voice dalam Past Tense

contoh active voice beserta rumus dan artinya

Selain itu, ada juga contoh kalimat aktif dalam bahasa inggris yang digunakan dalam past tense.

Past tense merujuk pada suatu hal yang terjadi di masa lampau dan tak ada lagi hubungannya dengan masa kini. Ini bisa diamati dari perbedaan kata kerja yang berubah.

Penggunaan active voice dengan simple past tense akan dihadirkan kalimat berikut. Seperti yang sudah disampaikan, ada perubahan dalam bentuk kata kerja yang digunakan.

Bentuk tenses yang satu ini memang akan sangat jarang ditemukan dalam contoh invitation letter.

Rina bought the book yesterday.

Sony took my bike last month.

Terjemahan:

Rina membeli buku itu kemarin.

Sony mengambil sepedaku bulan lalu.

  • Contoh Active Voice dalam Past Perfect Tense

contoh active voice beserta rumus dan artinya

Lalu, bentuk tenses lain yang bisa menjadi contoh kalimat aktif dalam bahasa inggris adalah past perfect tense. Sekilas memang terdengar mirip dengan present perfect tense.

Namun, hal ini sepenuhnya terjadi di masa lampau dan tak ada hubungannya dengan saat ini.

Untuk contoh active voice dalam past perfect tense, pola kalimat yang ada pun akan berbeda dengan present perfect tense. Berikut adalah contohnya.

They had paid the bill.

They had made the invention many years ago.

Terjemahan:

Mereka sudah membayar tagihannya.

Mereka sudah membuat penemuan itu bertahun-tahun lalu.

  • Contoh Active Voice dalam Future Tense

contoh active voice beserta rumus dan artinya

Active voices memang bisa digunakan dalam banyak bentuk tenses. Salah satunya juga dalam future tense atau tenses yang menunjukkan sesuatu yang akan terjadi atau terjadi di masa yang akan datang.

Biasanya, ini akan menggunakan will atau shall sebagai kerja bantu.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat aktif dalam bahasa inggris bentuk future tenses. Contoh kalimat akan diberikan beserta artinya seperti contoh-contoh sebelumnya.

They will receive the award in the hall.

My sister will buy a new smartphone.

Terjemahan:

Mereka akan menerima penghargaan di aula.

Adikku akan membeli smartphone baru.

Tips Mempelajari Kalimat Aktif dalam Bahasa Inggris

contoh kalimat aktif dalam bahasa inggris

Untuk bisa mempelajari tentang active voice, memang ada banyak hal yang harus diperhatikan. Dalam hal ini, ada beberapa tips yang bisa anda perhatikan.

  • Sering mengerjakan latihan membuat kalimat dengan pola active voices dan mengerjakan latihan.
  • Membuat kalimat active voices ke dalam passive voices dan sebaliknya.
  • Meminta bantuan guru atau orang yang sudah paham untuk mengecekkan latihan yang dilakukan.
  • Melihat beragam contoh penggunaan active voices, mulai dari contoh memo bahasa inggris hingga contoh penggunaan dalam kalimat lainnya.

Penutup

Itulah beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang active voices. Ini memang merupakan salah satu hal yang penting ketika mempelajari kalimat. Bahkan, ini menjadi salah satu bagian dasar dari suatu kalimat yang harus dipelajari dengan baik.

Tentunya, ada beberapa contoh active voice dalam berbagai bentuk tenses yang berbeda akan semakin memperkaya pemahaman tentang penggunaan kalimat aktif dalam kalimat bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism