banner join inggrism

Spoof Text dalam Bahasa Inggris

pengertian dan contoh spoof text dalam bahasa inggris - inggrism

Bahasa Inggris adalah bahasa yang memiliki banyak jenis teks yang berbeda. Hal ini dikarenakan bahasa Inggris digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Salah satunya adalah spoof text yang juga dikenal dengan teks spoof.

Teks ini dikenal sebagai salah satu jenis teks yang memiliki banyak ornamen serta hal menarik. Berikut ini penjelasannya.

Apa yang Dimaksud dengan Spoof Text?

pengertian dan contoh teks spoof dalam bahasa inggris - inggrism

Secara umum, teks spoof dalam bahasa inggris adalah teks yang cerita lucu dan menghibur. Sehingga, teks spoof seringkali diceritakan kepada anak – anak maupun orang dewasa.

Tujuan teks spoof yaitu untuk menghibur. Oleh karena itu, keberadaan teks spoof sangatlah penting.

Deskripsi Tentang Teks Spoof

pengertian dan contoh teks spoof dalam bahasa inggris - inggrism

Spoof text juga dikenal sebagai salah satu jenis teks yang memiliki beberapa pengertian berbeda. Secara umum, pengertian teks spoof dapat dibagi menjadi dua macam yaitu sebagai berikut:

  • Teks spoof sebagai kata benda yang berarti sebuah teks atau pertunjukan yang konyol dan merupakan hasil adaptasi dari karya original.
  • Teks spoof sebagai kata kerja yang berarti sebuah upaya untuk membuat orang lain percaya bahwa hal tersebut bukanlah hal yang sebenarnya tetapi candaan.

Rangka Atau Alur Penyajian Dari Spoof Text

pengertian dan contoh spoof text dalam bahasa inggris - inggrism

Teks spoof sebagai sebuah bagian teks dalam bahasa Inggris tentu memiliki strukturnya yang berbeda dengan jenis teks lain.

banner join inggrism

Secara umum, struktur teks spoof pada bahasa Inggris dapat dibedakan menjadi beberapa hal sebagai berikut:

  • Orientation,
  • Events,
  • Twists.

Penjelasan Mengenai Bagian Orientation

pengertian dan contoh teks spoof dalam bahasa inggris - inggrism

Salah satu komponen dalam spoof text yaitu orientation. Bagian orientation atau pendahuluan berisi tentang bagaimana cerita dalam teks tersebut dimulai.

Beberapa unsur yang terkandung di dalamnya adalah tokoh yang terlibat, latar belakang, setting waktu dan tempat, dll. Berikut ini salah satu contoh dan artinya:

One time, there was a mother who lived with her son. She tried her best to wake up her son. But, it seemed that her son was sleeping in the deep.

Terjemahan:

Pada suatu waktu, ada seorang ibu yang tinggal bersama anaknya. Dia mencoba dengan sangat keras untuk membangunkan anaknya. Akan tetapi, sepertinya anaknya sedang tertidur sangat lelap.

Bagian orientation ini juga bisa digunakan sebagai caption bahasa Inggris pada post cerita bersambung.

Penjelasan Mengenai Bagian Events

pengertian dan contoh teks spoof dalam bahasa inggris - inggrism

Komponen lain yang ada pada teks spoof yaitu bagian events. Bagian ini menceritakan tentang urutan kejadian yang ada pada suatu cerita.

Akan tetapi, kejadian tersebut masih dalam tahap yang wajar. Berikut ini salah satu contoh bagian events beserta artinya:

“Please wake up, Son! It’s already morning. You should go to school now.” The mother said. 

But, there was no answer from the son. The mother tried again to wake her son up. After that, the son answered her. 

Terjemahan:

“Tolong bangun, Nak! Ini sudah pagi. Kamu harus pergi ke sekolah sekarang.” kata ibu.

Tapi, tidak ada jawaban dari putranya. Sang ibu mencoba lagi untuk membangunkan anaknya. Setelah itu, putranya menjawabnya.

Penjelasan Mengenai Bagian Twists

pengertian dan contoh teks spoof dalam bahasa inggris - inggrism

Bagian lain dalam spoof text yaitu twists. Secara umum, bagian twists merupakan bagian yang penting karena twists berisi cerita yang berkebalikan dengan yang ada di events.

Sehingga, ada banyak hal lucu yang terjadi pada bagian twists. Berikut ini salah satu contoh twists dalam teks spoof singkat:

“I don’t want to go to school Mom. School gives me a lot of problems.” He refused to go to school.

“That’s nonsense. You have to go to school now.” His mother insisted that he should go to school.

“Why do I need to go to school?” The son asked his mother.

“Well, you are the teacher of the school. If you are not going to the school, then who will be a teacher in school?” His mother answered it on a high note. 

Terjemahan:

“Aku tidak mau sekolah Bu. Sekolah memberiku banyak masalah.” Dia menolak untuk pergi ke sekolah.

“Itu tidak masuk akal. Kamu harus pergi ke sekolah sekarang.” Ibunya bersikeras bahwa dia harus pergi ke sekolah.

“Kenapa aku harus pergi ke sekolah?” Anak itu bertanya kepada ibunya.

“Yah, kamu adalah guru di sekolah. Jika kamu tidak pergi ke sekolah, lalu siapa yang akan menjadi guru di sekolah?” Ibunya menjawabnya dengan nada tinggi.

Meskipun mengandung plot twists, contoh di atas juga mengandung salah satu materi bahasa Inggris yaitu pujian dalam bahasa Inggris.

Karakteristik Teks Spoof yang Ada Pada Bahasa Inggris

pengertian dan contoh teks spoof dalam bahasa inggris - inggrism

Teks spoof memiliki karakteristik yang berbeda dari jenis teks lain. Berikut ini beberapa ciri-ciri teks spoof yang mudah dikenali”

  • Teks ini diceritakan dalam susunan yang urut atau kronologis,
  • Menggunakan past tense dan action verb,
  • Memiliki latar belakang waktu dan tempat yang jelas.

Spoof Text dengan Alur yang Pendek

pengertian dan contoh spoof text dalam bahasa inggris - inggrism

Berikut ini salah satu contoh spoof text singkat yang memiliki pendek sehingga menjadi salah satu rekomendasi teks spoof.

One day, a boy who lived in poverty found a treasure. It contains many kinds of jewelry. So, he sold it and bought a new house.

After that, he asked his mother to live with him. He felt the happiness of living in luxury. However, suddenly he felt so dizzy. After that, he fainted.

After several hours, he regained consciousness. However, he didn’t stay in his new house and wore ugly clothes. So, he asked his mother about it.

“Mom, where are we now? Why do I wear dirty and ugly clothes? Where is our new house?”

“Oh, Dear! What are you talking about? It’s your house. We are poor so we wore ugly clothes. You were walking on the street and didn’t see the street hole. Then, you were falling down and faint. And, you are talking nonsense now.” His mother said. 

Terjemahan

Suatu hari, seorang anak laki-laki yang hidup dalam kemiskinan menemukan harta karun. Ini berisi banyak jenis perhiasan. Jadi, dia menjualnya dan membeli rumah baru.

Setelah itu, dia meminta ibunya untuk tinggal bersamanya. Dia merasakan kebahagiaan hidup dalam kemewahan. Namun, tiba-tiba dia merasa sangat pusing. Setelah itu, dia pingsan.

Setelah beberapa jam, dia sadar kembali. Namun, dia tidak tinggal di rumah barunya dan mengenakan pakaian jelek. Jadi, dia bertanya kepada ibunya tentang hal itu.

“Bu, dimana kita sekarang? Mengapa saya memakai pakaian kotor dan jelek? Di mana rumah baru kita?”

“Aduh sayang! Apa yang kamu bicarakan? Ini rumahmu. Kita miskin jadi kita memakai pakaian jelek. Kamu berjalan di jalan dan tidak melihat lubang jalan. Kemudian, kamu jatuh dan pingsan. Dan, kamu berbicara omong kosong sekarang. ” Kata ibunya.

Spoof Text dengan Alur yang Panjang

pengertian dan contoh spoof text dalam bahasa inggris - inggrism

Teks spoof yang memiliki alur yang panjang biasanya dibentuk dari beberapa paragraf.

Umumnya, pada setiap contoh spoof text panjang, paragraf pertama berisi tentang orientation. Beberapa paragraf selanjutnya berisi tentang events. Kemudian, pada akhir paragraf berisi tentang twists.

Tips Membuat Teks Spoof

pengertian dan contoh spoof text dalam bahasa inggris - inggrism

Untuk membuat sebuah teks spoof dalam bahasa Inggris yang baik, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah vocabulary.

Ada berbagai istilah yang sering digunakan. Salah satunya adalah ucapan semangat dalam bahasa Inggris. Kata semangat bisa dimasukkan ke dalam salah satu dialog yang ada pada teks spoof.

Rekomendasi Teks Spoof

pengertian dan contoh spoof text dalam bahasa inggris - inggrism

Ada beberapa contoh teks spoof dalam bahasa Inggris yang direkomendasikan untuk dibaca. Berikut ini beberapa rekomendasi tersebut:

  • The Perfect Husband,
  • Bad Dream,
  • The Old Man and The Bus, dll.

Kesimpulan

Mempelajari spoof text yaitu suatu hal yang menarik untuk dilakukan karena teks ini bertujuan untuk menghibur para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism