banner join inggrism

Contoh Personal Letter dalam Bahasa Inggris

contoh personal letter untuk guru, orang tua, nenek, ibu, murid, dan lainnya

Bagi sebagian orang yang tinggal jauh dari keluarga, mereka tentu ingin selalu memberikan kabar kepada anggota keluarga mereka yang lain. Salah satu cara untuk memberikan kabar adalah dengan menggunakan contoh personal letter atau surat pribadi.

Mereka bisa menuliskannya melalui Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Berikut ini contoh surat pribadi menggunakan Bahasa Inggris dan strukturnya.

Bagi orang – orang yang ingin membuat personal letter dalam Bahasa Inggris, mereka harus mengerti kaidah penulisan dari personal letter tersebut beserta strukturnya.

Hal ini dilakukan agar personal letter yang dibuat tetap sopan tetapi pesannya tetap tersampaikan.

Apa yang Dimaksud dengan Personal Letter?

contoh surat pribadi dalam bahasa inggris dan aritnya

Secara umum, pengertian personal letter adalah surat pribadi yang ditujukan pada orang tertentu. Tujuan dari personal letter adalah mengabarkan keadaan atau kondisi dari pengirim surat.

Oleh karena itu, personal letter harus dibuat dengan sebaik – baiknya. Isi dari personal letter juga sangatlah beragam. Hal ini bergantung dari fungsi personal letter apakah sebagai:

  • Permintaan maaf,
  • Permohonan izin,
  • Ucapan selamat, dll.

Oleh karena itu, ada beberapa urutan kepenulisan yang harus diperhatikan oleh pengirim surat.

Cara Menulis Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris

contoh personal letter untuk guru, orang tua, nenek, ibu, murid, dan lainnya

banner join inggrism

Ada beberapa langkah – langkah menulis berbagai contoh personal letter yang harus diperhatikan. Berikut ini beberapa hal penting dalam personal letter

  • Tema personal letter,
  • Kaidah kebahasaan,
  • Penerima personal letter,
  • Susunan personal letter.

Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris Kepada Teman atau Sahabat

contoh surat pribadi dalam bahasa inggris dan aritnya

Salah satu contoh surat pribadi bahasa inggris yang seringkali dibuat adalah surat pribadi bahasa inggris untuk teman yang tinggal di luar kota.

Jakarta, 28 March 2021

Dear Anne,

How are you? I hope that you are okay. I miss you so much. And I promise that I will visit you during the school vacation. Let’s make a plan for holiday together. How about your school? I hope that everything is okay and we can graduate together. See you soon Anne.

Sincerely,

Jeanne

Terjemahan:

Jakarta, 28 Maret 2021

Anne Sayang,

Bagaimanaka kabarmu? Aku berharap kamu baik – baik saja. Aku sangat rindu kepadamu. Dan Aku berjanji akan mengunjungi saat liburan sekolah. Ayo kita buat rencana berlibur bersama. Bagaimana dengan sekolahmu? Aku berharap semua baik – baik saja dan kita bisa lulus bersama. Sampai jumpa secepatnya Anne.

Salam,

Jeanne

Contoh Personal Letter Kepada Guru di Sekolah

contoh personal letter untuk guru, orang tua, nenek, ibu, murid, dan lainnya

Contoh surat pribadi bahasa inggris yang lainnya adalah untuk guru. Umumnya, personal letter ini dibuat untuk menjelaskan permasalahan yang dialami oleh murid selama di sekolah maupun untuk permohonan izin.

Banyak murid yang sakit akan membuat personal letter dan dikirimkan kepada guru mereka. Tentu bahasa yang digunakan adalah bahasa yang formal agar kesopanan tetap terjaga.

Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris Kepada Orang Tua

contoh surat pribadi dalam bahasa inggris dan aritnya

Beberapa anak yang tinggal terpisah dengan kedua orang tuanya, tentu akan mengirimkan surat untuk orang tua mereka. Hal ini juga termasuk salah satu contoh personal letter yang bisa dibuat.

Tema dari personal letter untuk keluarga lebih beragam karena topik di dalam keluarga juga sangat beragam. Sehingga, seorang anak akan dengan bebas mengekspresikan pikirannya dalam personal letter.

Contoh Personal Letter Untuk Murid

contoh personal letter untuk guru, orang tua, nenek, ibu, murid, dan lainnya

Personal letter tidak hanya dibuat oleh murid kepada gurunya, akan tetapi juga dibuat oleh guru untuk murid mereka. Hal ini bisa terjadi jika seorang guru ingin mengumumkan sesuatu.

Ada beberapa contoh pengumuman dalam Bahasa Inggris yang seringkali dibuat oleh guru. Berikut ini contoh beserta terjemahannya.

Semarang, 28 March 2021

Dear Class IX C,

I would like to inform you that the Mathematics examination will be postponed due to the school meeting. We will reschedule the examination on Monday next week. I will inform you the detail as soon as possible. Thank you for your cooperation.

Regards,

Ms. Anna

Terjemahan:

Semarang, 28 Maret 2021

Untuk kelas IX C,

Saya ingin menginformasikan bahwa ujian Matematika akan ditunda dikarenakan adanya rapat sekolah. Kita akan mengatur jadwalnya kembali di hari Senin pekan depan. Saya akan menginformasikan detailnya kepada kalian secepatnya. Terimakasih atas kerjasamanya.

Salam,

Bu Anna

Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris Kepada Pacar

contoh surat pribadi dalam bahasa inggris dan aritnya

Salah satu contoh personal letter juga bisa dibuat untuk pacar. Hal ini biasanya dilakukan oleh pasangan yang memiliki hubungan Long Distance Relationship (LDR).

Sehingga, mereka harus saling berkirim surat untuk mengetahui kabar satu sama lain. Hal ini dilakukan agar mereka tetap memiliki komunikasi yang baik meskipun jarak mereka cukup jauh.

Contoh Personal Letter Kepada Nenek

contoh surat pribadi dalam bahasa inggris dan aritnya

Contoh surat pribadi yang lain adalah untuk nenek. Hal ini umumnya dilakukan oleh seorang cucu yang tinggal di luar kota bersama orang tuanya dan terpisah dengan nenek mereka.

Sehingga, dengan menggunakan personal letter tersebut, mereka bisa saling bertukar kabar.

Contoh Personal Letter Kepada Ibu

contoh personal letter untuk guru, orang tua, nenek, ibu, murid, dan lainnya

Contoh surat pribadi bahasa inggris yang lain adalah surat pribadi untuk ibu.

Surabaya, 28 March 2021

Dear Mom,

I’m so sorry for answering you late. I was sick several days ago. So I took a rest for several days and couldn’t answer your call. But, I’m fine now. I will go back home next week. I hope that we can meet and cook together. See you soon Mom. I love you Mom.

Sincerely,

Ammy

Terjemahan:

Surabaya, 28 Maret 2021

Untuk ibu tersayang,

Aku minta maaf karena telat menjawab suratmu. Aku sakit beberapa hari yang lalu. Jadi, aku beristirahat selama beberapa hari dan tidak bisa membalas pesanmu. Tetapi, aku baik – baik saja sekarang. Aku akan pulang ke rumah minggu depan. Aku harap kita bisa bertemu dan memasak bersama. Sampai jumpa bu. Aku cinta Ibu.

Dengan kasih,

Ammy

Contoh Personal Letter Kepada Kakak

contoh personal letter untuk guru, orang tua, nenek, ibu, murid, dan lainnya

Contoh surat pribadi bahasa inggris yang bisa dibuat lainnya adalah surat pribadi untuk kakak. Hal ini dilakukan jika kakak dan adik tidak tinggal bersama.

Mereka bisa saling bertukar personal letter dan menceritakan kejadian apa saja yang mereka alami.

Mempelajari Surat Pribadi Bahas Inggris

contoh surat pribadi dalam bahasa inggris dan aritnya

Untuk bisa membuat sebuah contoh surat pribadi bahasa inggris yang baik, para siswa bisa belajar mulai dari struktur surat pribadi yang sederhana.

Umumnya, personal letter terdiri dari salam, penyampaian pesan, dan salam penutup. Semuanya bisa disampaikan dengan bahasa formal atau non formal.

  • Soal tentang personal letter

Surat pribadi juga seringkali dikeluarkan sebagai contoh soal Bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan keterampilan.

Hal ini dikarenakan ketrampilan membuat personal letter sangatlah penting. Oleh karena itu, para siswa harus mempelajari materi personal letter dengan baik.

  • Ketahui contoh surat pribadi

Para siswa juga bisa membaca beberapa kumpulan personal letter yang dibuat dengan berbagai macam tema.

Dengan membaca beberapa personal letter yang berbeda, mereka akan mendapatkan inspirasi untuk membuat beberapa gaya tulisan personal letter.

  • Gaya personal letter yang baru

Umumnya, personal letter juga mengalami perubahan tertentu. Saat ini, personal letter yang terbaru seringkali ditulis dengan kalimat yang singkat. Hal ini dilakukan agar maksud dari personal letter tersebut dapat tersampaikan dengan baik.

  • Keuntungan mempelajari personal letter

Bagi orang yang mempelajari berbagai jenis personal letter dengan lengkap, mereka akan mendapatkan keuntungan. Salah satunya adalah keterampilan bahasa yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari – hari.

  • Undangan pesta ulang tahun

Personal letter juga bisa digunakan untuk undangan pesta ulang tahun atau birthday party. Ada beberapa contoh invitation letter yang bisa dipilih oleh pengirim.

Mereka bisa menuliskannya menggunakan bahasa yang non formal dan desain kartu undangan yang menarik. Selain itu juga ada contoh invitation card yang bisa digunakan pula.

  • Personal letter untuk memberikan notice

Contoh surat pribadi dalam bahasa inggris yang lain adalah surat pribadi yang digunakan untuk memberikan contoh notice dalam bahasa inggris. Umumnya, personal letter jenis ini dibuat untuk menyampaikan informasi yang penting dan himbauan. Sehingga, harus dibuat dengan sejelas mungkin.

Penutup

Terima kasih telah menyimak artikel contoh personal letter ini hingga selesai. Sampai jumpa lagi di artikel yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism