banner join inggrism

Contoh Invitation Card dalam Bahasa Inggris

contoh invitation card untuk berbagai acara dan artinya

Untuk mengadakan suatu acara, sudah menjadi hal yang umum untuk membuat suatu undangan. Teman-teman bisa membuat undangan dengan melihat contoh invitation card yang ada.

Undangan ditujukan untuk orang-orang tertentu yang diharapkan hadir dalam acara tertentu. Undangan tidak hanya dalam bahasa Indonesia, tapi ada juga dalam bahasa inggris.

Tentunya, ada juga beberapa poin penjelasan yang akan membuat anda lebih paham tentang apa itu invitation card dan cara membuatnya.

Contoh Invitation Card untuk Graduation Celebration

contoh kartu undangan bahasa inggris untuk teman, pernikahan, ulang tahun, dan lainnya

Terkait invitation card ini, salah satunya adalah unndangan atau invitation card untuk graduation celebration atau party. Undangan ini ditujukan untuk mengundang teman-teman atau keluarga agar turut serta dalam perayaan kelulusan.

Berikut adalah contohnya:

Join us for a party celebrating

Bobby’s Graduation from Sinar Jaya University

Saturday, April 3rd 2021 at 3pm

The Grand Surya Café, Jakarta

RSVP to Rian at 081288883333

Terjemahan:

Ikutlah dalam pesta perayaan kami untuk

Kelulusan Bobby dari Universitas SInar Jaya

Sabtu, 3 April 2021 pukul 3 sore

The Grand Surya Café, Jakarta

Konfirmasi kedatangan ke Rian di nomor 081288883333

Contoh Invitation Card untuk Wedding

contoh invitation card untuk berbagai acara dan artinya

Selain itu, yang pasti sering dijumpai juga terkait invitation card adalah invitation card untuk wedding ceremony atau perayaan pernikahan. Ini menjadi acara besar dan biasanya undangan pun terlihat sangat menarik.

erikut adalah contohnya:

banner join inggrism

You are Invited!

To a couple’s wedding ceremony for our beloved friends

Boby Andika and Sinta Ramadan

Saturday, April 3rd 2021 at 4pm

At the home of Bobby

Jln. Merdeka 34, Sleman, Yogyakarta

Please RSVP to Annie at 081288883333

Terjemahan:

Anda Diundang!

Dalam pesta dan upacara pernikahan

Boby Andika and Sinta Ramadan

Sabtu, 3 April 2021 jam 4 sore

Bertempat di Kediaman Bobby

Jln. Merdeka 34, Sleman, Yogyakarta

Mohon melakukan konfirmasi ke datangan ke Annie (081288883333)

Contoh Invitation Card untuk Ulang Tahun

contoh kartu undangan bahasa inggris untuk teman, pernikahan, ulang tahun, dan lainnya

Invitation card lainnya adalah birthday invitation card. Ini merupakan undangan untuk acara ulang tahun. Yang diundang bisa berupa teman atau anggota keluarga. Untuk contoh undangannya, berikut adalah detailnya.

27th Birthday Party for

Rian Ananta

Saturday, April 3rd 2021 at 7pm

Rian’s home, Jln. Surya no.14, Bantul

RSVP by March 28th 2021 at 081344445555

Terjemahan:

Pesta Perayaan Ulang Tahun ke 27 untuk

Rian Ananta

Sabtu, 3 April 2021 pukul 19.00

Berlokasi di Rumah Rian, Jln. Surya no.14, Bantul

Mohon melakukan konfirmasi sebelum 28 Maret 2021 melalui nomor 081344445555

Contoh Invitation Card untuk Teman

contoh kartu undangan bahasa inggris untuk teman, pernikahan, ulang tahun, dan lainnya

Suatu invitation card akan berbeda bila itu untuk teman. Biasanya ini berupa pesan singkat pun tak masalah.

Bentuk informal ini tidak akan terlalu panjang dan memiliki struktur yang baku layaknya dalam contoh pengumuman dalam bahasa inggris. Untuk contoh informal invitation card yang ditujukan untuk teman, berikut adalah salah satunya.

Please come to my house tomorrow at 17.00. We are going to have group discussion for the assignment. Do not forget to bring the books and some journals.

Terjemahan:

Tolong datang ke rumahku besok pukul 17.00. Kita akan mengadakan diskusi kelompok untuk tugas kita. Jangan lupa untuk membawa buku dan jurnal yang diperlukan.

Invitation Card untuk Guru

contoh kartu undangan bahasa inggris untuk teman, pernikahan, ulang tahun, dan lainnya

Untuk suatu keperluan, terkadang ada juga undangan yang ditujukan untuk guru. Undangan ini tentu dibuat formal karena ditujukan untuk orang khusus, yang mana memang figur yang dihormati.

Bahkan ketika itu disampaikan secara digital, akan jauh lebih baik bila bentuknya tetaplah undangan dan dikirimkan secara personal.

Invitation Card untuk Launching Product

contoh kartu undangan bahasa inggris untuk teman, pernikahan, ulang tahun, dan lainnya

Bagi suatu perusahaan, ada juga suatu undangan untuk launching produk tertentu. Undangan akan dibuat dengan bentuk formal.

Selain itu, biasanya ditambahkan pula brosur atau keterangan tentang produk yang ada, bahkan contoh dari produk tersebut.

Pengertian Kartu Undangan dalam Bahasa Inggris

contoh invitation card untuk berbagai acara dan artinya

Sebelum membahas lebih jauh tentang contoh undangan dalam bahasa inggris, yang perlu dipahami pertama-tama tentu adalah pengertian dari invitation card dan artinya.

Secara harafiah, ini sama halnya dengan undangan atau surat undangan. Ini dibuat untuk meminta seseorang agar datang ke dalam suatu acara, seperti meeting atau ulang tahun.

Fungsi Kartu Undangan dalam Bahasa Inggris

contoh invitation card untuk berbagai acara dan artinya

Dari segi fungsi, sebenarnya sudah cukup jelas dari makna undangan tersebut. Ini difungsikan untuk memberitahukan pada tamu yang diundang tentang suatu acara yang akan diadakan dan sekaligus menjadi bentuk permintaan agar orang tersebut juga datang ke acara itu.

Keterangan yang ada di dalam undangan pun dibuat lengkap serta jelas. Ini ditujukan agar yang diundang pun bisa tahu dengan pasti terkait acara, yang meliputi detail acara, waktu, dan lokasi penyelenggaraan acara tersebut.

Dengan demikian, yang diundang pun bisa memastikan untuk datang pula.

Struktur Kartu Undangan dalam Bahasa Inggris

contoh invitation card untuk berbagai acara dan artinya

Dalam berbagai macam invitation card, ada kesamaan dan salah satunya adalah dalam hal struktur invitation card tersebut. Secara umum, setiap undangan menunjukkan struktur yang mirip, dan ada beberapa bagian utama di dalamnya:

  • Inviter: ini menunjukkan identitas atau nama dari orang yang diundang. Dalam beberapa kesempatan, ini juga menunjukkan lokasi atau tempat tinggal dari orang tersebut.
  • Body of invitation: bagian ini menunjukkan isi dari undangan. Di dalamnya akan terdapat detail tentang acara dari undangan tersebut.
  • Inviter: bagian ini menunjukkan identitas dari orang yang mengundang dalam acara tersebut atau orang yang memiliki acara.

Bagian Detail dalam Body of Invitation Card

Seperti yang sudah disebutkan dalam struktur suatu invitation card atau surat undangan, ada bagian yang merupakan body of invitation card.

Struktur tertentu pun juga akan ditemukan bahkan dalam contoh personal letter walau memang isinya berbeda. Untuk body of invitation card, berikut adalah isinya.

  • Occasion: bagian ini menunjukkan tujuan dari undangan tersebut atau keperluan serta nama dari acara yang ada.
  • Day and date: bagian ini menunjukkan keterangan terkait hari dan tanggal dilaksanakannya acara tersebut.
  • Time: bagian ini menunjukkan keterangan tentang jam dimulainya acara, dan terkadang disebutkan pula estimasi selesainya acara tersebut.
  • Place: ini menunjukkan detail lokasi atau tempat acara itu akan dilaksanakan.

Jenis-jenis Kartu Undangan dalam Bahasa Inggris

contoh invitation card untuk berbagai acara dan artinya

Dari beragam bentuk contoh invitation card, setidaknya anda bisa melihat pembagian jenis undangan secara umum. Undangan biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu undangan atau formal dan informal invitation card.

  • Yang pertama dan paling sering dijumpai adalah formal invitation card atau undangan formal. Ini tidak sekedar terbatas pada acara formal, tapi jenis ini merujuk pada struktur atau susunan dari undangan sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya. Biasanya, undangan pun hadir dalam bentuk undangan fisik.
  • Yang kedua adalah informal invitation card atau undangan informal. Sesuai namanya, stuktur yang ada tidak harus mengikuti struktur dengan ketentuan yang disebutkan di bagian sebelumnya. Bentuk undangan pun lebih fleksibel. Tak jarang, undangan diberikan hanya dalam bentuk teks atau pesan singkat saja.

Arti RSVP dalam Invitation Card

contoh kartu undangan bahasa inggris untuk teman, pernikahan, ulang tahun, dan lainnya

Ketika menerima undangan dalam bahasa Inggris, anda akan sering menemukan keterangan di bagian bawah surat berupa singkatan RSVP. Ini merupakan singkatan dari Repondez S’il Vous Plait.

Hal ini merupakan kata-kata dalam bahasa Prancis yang berarti “please respond” atau dimohon untuk melakukan konfirmasi.

Ini ditujukan dalam suatu undangan agar nantinya yang memiliki acara bisa memprediksi atau memperkirakan jumlah tamu yang akan datang.

Tak hanya itu saja, ini juga sekaligus berguna ketika ada tamu yang memang ditunggu kehadirannya dalam acara tersebut. Ketika ada konfirmasi, pihak yang mengundang tentu akan jauh lebih tenang.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Invitation Card

contoh invitation card untuk berbagai acara dan artinya

Ketika anda melihat beragam contoh invitation card, tak jarang anda akan menjumpai beberapa kesalahan. Sama halnya terkiat dalam pembahasan tentang pembuatan invitation card, anda perlu memperhatikan struktur dan detail yang ada.

Ini berlaku pula ketika anda melihat banyak contoh caution dalam bahasa inggris yang juga memiliki detail dan aturan penulisan tertentu.

Tak hanya itu, hal teknis seperti pemilihan font sangatlah perlu diperhatikan. Walau barangkali anda ingin membuat undangan terlihat menarik, font sebaiknya tetap bisa dibaca dengan jelas.

Desain pun sebisa mungkin tidak mengganggu orang untuk melihat detail dari acara yang ada.

Cara membuat invitation Card

Dari banyak invitation card, anda bisa melihat tentang cara membuat invitation card tersebut. Setidaknya, anda harus memperhatikan struktur yang ada. Selebihnya, anda tidak perlu membuatnya terlalu panjang dengan beragam pengantar.

Yang perlu dipastikan adalah tidak adanya kesalahan dalam penulisan. Nama dari invitee adalah salah satu haly ang tidak boleh salah. Lalu, detail tentang acara pun perlu ditulis dengan jelas, terutama dalam hal lokasi, waktu, dan keperluan dari acara tersebut.

Template untuk Invitation Card

Untuk memudahkan anda dalam membuat suatu invitation card, ada template yang bisa anda gunakan. Template merupakan suatu file yang bisa menjadi dasar dari desain anda.

Nantinya, anda hanya perlu membuat beberapa perubahan dan memberikan keterangan serta detail dari acara. Ini akan sangat memudahkan anda dalam membuat invitation card tersebut.

Penutup

Itulah berbagai macam invitation card  yang bisa menjadi perhatian anda. Tak hanya beragam contoh saja, anda perlu juga memperhatikan detail-detail yang ada dalam undangan tersebut, seperti struktur dan bagian penting lainnya.

Ini semua menjadi sangat penting agar nantinya orang yang menerima contoh invitation card atau undangan tersebut bisa benar-benar tahu tentang informasi yang ada dalam undangan. Hal seperti ini juga perlu diperhatikan sebagaimana yang ada dalam beragam contoh warning dalam bahasa inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism