banner join inggrism

Pengertian Generic Structure adalah

definisi generic structure adalah

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang memiliki banyak jenis teks. Setiap teks tersebut memiliki generic structure. Secara umum, generic structure adalah struktur atau pola penyajian pada suatu teks bahasa Inggris.

Berikut ini deskripsi tentang generic structure dalam teks bahasa Inggris.

Apa yang Dimaksud dengan Generic Structure?

berbagai bentuk struktur umum sebuah teks bahasa inggris dan penjelasannya

Salah satu hal penting yang harus dipelajari adalah mengenal istilah generic structure.

Umumnya, generic structure adalah sistematika atau alur penyajian dari informasi yang terkandung dalam bahasa Inggris. Setiap teks bahasa Inggris memiliki generic structure yang berbeda.

Jenis Teks Bahasa Inggris

definisi generic structure adalah

Sebelum memahami generic structure yang ada pada teks bahasa Inggris, akan lebih baik untuk mengetahui jenis teks bahasa Inggris yaitu sebagai berikut:

  • Teks naratif,
  • Teks deskriptif,
  • Dan teks argumentatif.

Istilah yang Ada Pada Generic Structure

definisi generic structure adalah

Ada beberapa istilah generic structure dalam bahasa Inggris yang harus dipelajari setelah mengetahui deskripsi dari generic structure.

banner join inggrism

Beberapa istilah umum dalam generic structure adalah sebagai berikut:

  • Introduction,
  • Issue,
  • Newsworthy event,
  • Explanation,
  • General classification,
  • General statement,
  • Incident,
  • Interpretation,
  • Abstract,
  • Argument,
  • Background event,
  • Conclusion,
  • Orientation,
  • Re-Orientation,
  • Thesis,
  • Description,
  • Elaboration,
  • Event,
  • Evaluation.

Generic Structure Pada Teks Naratif

definisi generic structure adalah

Setelah mengetahui definisi generic structure, akan lebih baik jika mempelajari generic structure pada setiap teks yang ada dalam bahasa Inggris.

Sebagai contoh teks naratif. Tujuan dari teks naratif adalah untuk menghibur para pembaca. Teks naratif memiliki generic structure ialah sebagai berikut:

  • Orientation,
  • Complication,
  • Resolution,
  • Reorientation.

Contoh Struktur Umum Dalam Sebuah Teks Naratif

berbagai bentuk struktur umum sebuah teks bahasa inggris dan penjelasannya

Contoh sebuah teks naratif dengan generic structure adalah sebagai berikut:

The Story of Cinderella

Orientation: Once upon a time, there was a girl named Cinderella. She lived with her stepmother and stepsisters. They treated her badly as a maid in the family.

Complication: One day, the Kingdom invited all the girls to attend the ball party. However, Cinderella was forbidden to go. However, she got help from a fairy and dressed up like a princess. 

The fairy said that the spell will disappear at midnight. Since she was in a hurry, one of her shoes was left in the palace.

Resolution: The prince was looking for a girl who fit with the shoe. Cinderella’s stepsisters were trying to fit the shoe. However, the shoe did not belong to them. Cinderella tried the shoe and her feet were fitted with them.

Reorientation: The prince and Cinderella were married. Then, they lived happily ever after in the castle. 

Terjemahan:

Kisah Cinderella

Orientasi: Dahulu kala, ada seorang gadis bernama Cinderella. Dia tinggal bersama ibu tiri dan saudara tirinya. Mereka memperlakukannya dengan buruk sebagai pembantu dalam keluarga.

Komplikasi: Suatu hari, Kingdom mengundang semua gadis untuk menghadiri pesta bola. Namun, Cinderella dilarang pergi. Namun, dia mendapat bantuan dari peri dan berdandan seperti seorang putri.

Peri berkata bahwa mantranya akan hilang pada tengah malam. Karena dia sedang terburu-buru, salah satu sepatunya tertinggal di istana.

Resolusi: Pangeran sedang mencari seorang gadis yang cocok dengan sepatu itu. Saudara tiri Cinderella mencoba menyesuaikan sepatu itu. Namun, sepatu itu bukan milik mereka. Cinderella mencoba sepatu itu dan kakinya pas dengan itu.

Reorientasi: Pangeran dan Cinderella menikah. Kemudian, mereka hidup bahagia selamanya di kastil.

Teks naratif bisa digunakan untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada anak. Selain menggunakan teks naratif, belajar bahasa inggris dengan lagu juga bisa diberikan kepada anak.

Generic Structure Pada Teks Deskriptif

definisi generic structure adalah

Setelah memahami pengertian generic structure, materi lainnya adalah mengetahui generic structure pada teks deskriptif. Susunan generic structure ialah sebagai berikut:

  • Identification,
  • Description.

Contoh Struktur Umum Dalam Sebuah Teks Deskriptif

berbagai bentuk struktur umum sebuah teks bahasa inggris dan penjelasannya

Contoh sebuah teks deskriptif dengan generic structure adalah sebagai berikut:

City of Hat Yai

Identification: Hat Yai is a city which is located in Southern Thailand. It closes to the Malaysian Border. It’s the largest city in Southern Thailand.

Description: Hat Yai is the education center of Southern Thailand. It has the oldest university in Southern Thailand, Prince of Songkla University (PSU). In addition, the largest hospital in Southern Thailand which is Songklanagarind Hospital is also located in Hat Yai.

This city has several big plazas for Shopping such as Central Mall, Lee Garden Plaza, and Asean Market. It’s a nice city to visit in Southern Thailand. 

Terjemahan:

Kota Hat Yai

Identifikasi: Hat Yai adalah kota yang terletak di Thailand Selatan. Kota ini dekat dengan Perbatasan Malaysia. Hat Yai adalah kota terbesar di Thailand Selatan.

Deskripsi: Hat Yai adalah pusat pendidikan di Thailand Selatan. Kota ini memiliki universitas tertua di Thailand Selatan, Prince of Songkla University (PSU). Selain itu, rumah sakit terbesar di Thailand Selatan yaitu Rumah Sakit Songklanagarind juga terletak di Hat Yai.

Kota ini memiliki beberapa plaza besar untuk Shopping seperti Central Mall, Lee Garden Plaza, dan Asean Market. Kota ini merupakan kota yang menyenangkan untuk dikunjungi di Thailand Selatan.

Membaca banyak teks deskriptif menjadi salah satu cara untuk belajar bahasa Inggris otodidak yang mudah dilakukan.

Generic Structure Pada Teks Argumentatif

berbagai bentuk struktur umum sebuah teks bahasa inggris dan penjelasannya

Memahami penjelasan tentang generic structure juga dapat dilakukan dengan mengetahui generic structure yang ada pada teks argumentatif. Susunan generic structure ialah sebagai berikut:

  • Thesis
  • Argument
  • Conclusion

Contoh Struktur Umum Dalam Sebuah Teks Argumentatif

berbagai bentuk struktur umum sebuah teks bahasa inggris dan penjelasannya

Contoh sebuah teks argumentatif dengan generic structure adalah sebagai berikut:

The Side Effect of Sleep Deprivation

Thesis: Sleep deprivation is a condition in which the body lacks sleep. Continuous sleep deprivation can cause some side effects on the human body. Therefore, sleep deprivation is a bad thing for the body.

Argument: Sleep deprivation can increase the risk of heart attacks, hypertension, and diabetes. In addition, sleep deprivation also can cause the weakening of immune systems.

It can affect the mood and cause weight gain. Some people may face memory issues due to sleep deprivation.

Conclusion: Based on those effects, it can be concluded that sleep deprivation can cause some side effects to the body. Therefore, people should prevent sleep deprivation conditions.

Terjemahan:

Efek Samping Kurang Tidur

Tesis: Kurang tidur adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak mendapatkan asupan tidur yang cukup. Kurang tidur secara terus menerus dapat menyebabkan beberapa efek samping pada tubuh manusia. Oleh karena itu, kurang tidur merupakan hal yang buruk bagi tubuh.

Argumen: Kurang tidur dapat meningkatkan risiko serangan jantung, hipertensi, dan diabetes. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Hal ini bisa mempengaruhi mood dan menyebabkan penambahan berat badan. Beberapa orang mungkin menghadapi masalah memori karena kurang tidur.

Kesimpulan: Berdasarkan efek tersebut, dapat disimpulkan bahwa kurang tidur dapat menimbulkan beberapa efek samping bagi tubuh. Oleh karena itu, masyarakat harus mencegah kondisi kurang tidur.

Pada tes bahasa Inggris semisal IELTS, peserta akan diminta untuk membuat sebuah essay menggunakan topik yang telah ditentukan. Hal ini merupakan salah satu perbedaan TOEFL dan IELTS.

Bentuk Umum Dari Generic Structure

berbagai bentuk struktur umum sebuah teks bahasa inggris dan penjelasannya

Berdasarkan beberapa generic structure text bahasa Inggris di atas, dapat disimpulkan bahwa generic structure memiliki pola yang hampir mirip. Sistematika generic structure adalah pembukaan, isi, dan penutup.

Pembukaan pada generic structure dalam bahasa Inggris dapat berupa orientation, thesis, maupun identification.

Sedangkan isi dapat berupa conflict, description, maupun arguments. Pada bagian penutup dapat berupa conclusion maupun re-orientation.

Kesimpulan

Generic structure adalah suatu materi yang sangat penting dalam bahasa Inggris karena mempengaruhi bagaimana suatu teks disajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism