banner join inggrism

Story Telling Timun Mas

Kisah timun mas dalam bahasa inggris

Melakukan atau membuat contoh story telling timun mas seringkali dijadikan pilihan oleh banyak orang. Mungkin kamu salah satunya. Mengapa?

Selain populer, cerita tersebut juga sangat menarik serta memiliki pesan moral yang baik tentunya. Memang ceritanya tidak pendek, namun masih menjadi favorit hingga sekarang.

Jika kamu berencana untuk menceritakannya kembali, hal paling pertama untuk dilakukan ialah mengetahui teksnya. Tentunya dalam bahasa inggris.

Kemudian bacalah serta pelajari pengucapannya yang benar. Akan lebih menarik jika kamu menambahkan ekspresi dan gerakan sesuai alurnya.

Teks Story Telling Timun Mas Dalam Bahasa Inggris

Kisah Golden Cucumber dalam bahasa inggris

Seperti yang disampaikan di atas, mulailah dengan mengetahui teksnya. Kemudian pelajari pengucapan dan artinya. Untuk kamu yang ingin mendongengkan Timun Mas, inilah teksnya dengan menggunakan bahasa inggris:

Timun Mas

A long time ago, there was a widow named Mbok Randa. Her husband had passed away long time ago, so that she lived there alone.

She had no children and she prayed to god to get a child. One night when she prayed, a giant passed her house and heard her pray.

The giant said, “I can give you a child, but you should give the child back to me when she is seventeen years old”. Mbok Randa was so happy and didn’t think the risk of losing child later.

She agreed the offer. Then, the giant gave her the cucumber seeds and asked Mbok Randa to plant them around her house. Tomorrow, she planted the seeds just like what the giant asked.

Shortly, the seeds grew up after some days and there were several cucumbers there. However, the most interesting thing was a huge golden cucumber.

Mbok Randa plucked the golden cucumber carefully and carried it home. With care, she sliced it and she was so surprised that a cute baby girl was inside.

Then she named the baby with Timun Mas which means ‘Golden Cucumber”. She loved the baby really much.

Year passed and Timun Mas has grown to be a beautiful and lovely little girl. She was really smart and kind as well. That is why Mbok Randa kept thinking about her promise to the giant.

One night, Mbok Randa had a dream. She must meet a holy man who lived in a place called mount gundul. That holy man could help to save her daughter.

The next morning, Mbok Randa went to mount gundul. She met the holy man and he gave 4 little bags to Mbok Randa.

“these bags are for her. Tell her to open and use it one by one”, said the holy man. Mbok Randa nod her head as a sign that she understood the command. Then she came back to home.

Each one was containing cucumber seeds, needles, salt, and shrimp paste. The holy man said that Timun Mas could use them to protect herself.

At home, Mbok Randa then said about her promise with the giant to her daughter and about the bag given by the holy man.

A few days later, the giant came to Mbok Randa house and asked for the promise. Mbok Randa told her daughter to run from the back door and took the bags from a holy man with her.

The giant was so angry and rushed toward Timun Mas. He was getting closer and closer. She then opened the first bag. It was the cucumber seeds.

She threw those seeds and instantly they grew into the huge cucumber fields. The giant ate them all, so that she could run further.

However, it was giving the giant more strength to chase the girl. He was getting close again. After that, she opened the second bag that contains the needles and spilled them behind her.

The needles magically turned into the lush bamboo trees which were thorny. The giant bony’s were bled and scrathed. Unfortunately, he made it and chased her again.

Timun Mas opened the third bag and spilled the salt inside. That made the soil which the salt touched turned into the very deep sea.

The giant almost drown there, but he swam to cross it. From a far place, Timun Mas saw it. She then opened the last bag and threw it. It was the shrimp paste and made the soil became the large swamp of boiling mud.

Finally, the giant was trapped there and the mud drowned him. Everything was ended. Timun Mas came back to her home and live happily ever after with Mbok Randa.

Terjemahannya:

story telling timun mas dan artinya

Timun Mas

banner join inggrism

Dahulu kala, ada seorang janda bernama Mbok Randa. Suaminya sudah lama meninggal, sehingga dia tinggal di sana sendirian.

Dia tidak memiliki anak dan dia berdoa kepada tuhan untuk mendapatkan seorang anak. Suatu malam ketika dia berdoa, seorang raksasa melewati rumahnya dan mendengar dia berdoa.

Raksasa itu berkata, “Aku bisa memberimu seorang anak, tapi kamu harus mengembalikan anak itu kepadaku ketika dia berumur tujuh belas tahun”. Mbok Randa sangat senang dan tidak memikirkan resiko kehilangan anak nantinya.

Dia menyetujui tawaran itu. Kemudian raksasa tersebut memberikan bibit ketimun tersebut dan meminta Mbok Randa untuk menanamnya di sekitar rumahnya. Besok, dia menanam benih seperti yang diminta raksasa itu.

Tak lama kemudian, benih itu tumbuh setelah beberapa hari dan ada beberapa mentimun di sana. Namun, yang paling menarik adalah mentimun emas yang sangat besar.

Mbok Randa memetik timun emas itu dengan hati-hati dan membawanya pulang. Dengan hati-hati, dia mengirisnya dan dia sangat terkejut karena ada bayi perempuan yang lucu di dalam.

Kemudian dia menamai bayi itu dengan Timun Masyang artinya ‘Timun Mas’. Dia sangat mencintai bayinya.

Tahun berlalu dan Timun Mas telah tumbuh menjadi gadis kecil yang cantik dan manis. Dia juga sangat pintar dan baik hati. Itulah mengapa Mbok Randa terus memikirkan janjinya pada raksasa itu.

Suatu malam, Mbok Randa bermimpi. Ia harus bertemu dengan orang suci yang tinggal di suatu tempat bernama Gunung Gundul. Orang suci itu bisa membantu menyelamatkan putrinya.

Keesokan paginya, Mbok Randa berangkat ke Gunung Gundul. Dia bertemu dengan orang suci itu dan dia memberikan 4 tas kecil untuk Mbok Randa.

“Tas-tas ini untuknya. Katakan padanya untuk membuka dan menggunakannya satu per satu ”, kata orang suci itu. Mbok Randa menganggukkan kepalanya sebagai tanda bahwa dia mengerti perintah tersebut. Kemudian dia kembali ke rumah.

Masing-masing berisi biji ketimun, jarum, garam, dan terasi. Orang suci itu berkata bahwa Timun Mas bisa menggunakannya untuk melindungi dirinya sendiri.

Sesampainya di rumah, Mbok Randa kemudian mengatakan tentang janjinya dengan raksasa kepada putrinya dan tentang tas yang diberikan oleh orang suci itu.

Beberapa hari kemudian, raksasa itu mendatangi rumah Mbok Randa dan meminta janji tersebut. Mbok Randa menyuruh putrinya untuk lari dari pintu belakang dan mengambil tas dari orang suci bersamanya.

Raksasa itu begitu marah dan bergegas menuju Timun Mas. Dia semakin dekat dan dekat. Dia kemudian membuka tas pertama. Itu adalah biji ketimun.

Dia membuang benih itu dan langsung tumbuh menjadi ladang mentimun yang besar. Raksasa itu memakan semuanya, sehingga dia bisa lari lebih jauh.

Namun, itu memberi raksasa lebih banyak kekuatan untuk mengejar gadis itu. Dia semakin dekat lagi. Setelah itu, dia membuka tas kedua yang berisi jarum dan menumpahkannya di belakangnya.

Jarum-jarum itu secara ajaib berubah menjadi pohon bambu rimbun yang berduri. Tulang raksasa itu berdarah dan tergores. Sayangnya, dia berhasil dan mengejarnya lagi.

Timun Mas membuka kantong ketiga dan menumpahkan garam di dalamnya. Itu membuat tanah yang disentuh garam berubah menjadi laut yang sangat dalam.

Raksasa itu hampir tenggelam di sana, tetapi dia berenang untuk menyeberanginya. Dari jauh, Timun Mas melihatnya. Dia kemudian membuka tas terakhir dan melemparkannya. Itu adalah terasi dan membuat tanah menjadi rawa besar lumpur mendidih.

Akhirnya, raksasa itu terjebak disana dan lumpur menenggelamkannya. Semuanya sudah berakhir. Timun Mas kembali ke rumahnya dan hidup bahagia selamanya bersama Mbok Randa.

Struktur dari Story Telling Timun Mas 

story telling timun mas dan artinya

Sama seperti lainnya, story telling timun mas juga memiliki alur cerita. Inilah yang membuat sebuah cerita menjadi lebih menarik dari awal hingga akhir. Di bawah ini merupakan urutannya”

  1. Introduction (perkenalan) > pengenalan tokoh, waktu, tempat, dll.
  2. Conflict appears (konflik muncul) > Mbok Randa tidak memiliki anak, membuat janji dengan raksasa.
  3. Conflict mounts (konflik memuncak) > raksasa datang menagih janji dan mengejar Timun Mas.
  4. Problem solving (penyelesaian masalah) > Timun Mas lari dan menggunakan bekal dari Holy Man.
  5. Ending (happy/sad) > akhir cerita bahagia. Timun Mas berhasil mengalahkan the giant dan kemudian hidup bahagia.

Inilah pentingnya mengetahui teks beserta strukturnya. Dengan memetakannya seperti di atas, kamu bisa menambahkan ekspresi, suara, dan gerakan yang sesuai dengan cerita.

Misalnya saja membuat heavy sound atau suara berat ketika memerankan the giant (raksasa).

Pesan Moral Cerita Timun Mas Dalam Bahasa Inggris

story telling timun mas dan artinya

Meskipun kisah di atas tidak singkat, tetap aja setiap orang akan tertarik. Selain itu, terdapat pesan moral positif untuk kamu ketahui.

Misalnya saja kasih sayang tulus antara orang tua dengan anak, kamu tidak boleh memiliki niat jahat dengan orang lain, serta selalu minta apapun hanya kepada tuhan.

Biasanya, teks tentang cerita di atas dibuat dalam berbagai format seperti doc, pdf, dan lain sebagainya. Hal tersebut akan memudahkan kamu untuk mencetaknya dalam kertas sehingga mudah untuk dipelajari.

Mempelajari Story Telling Timun Mas

Kisah golden cucumber dalam bahasa inggris

Karena ini merupakan story telling atau penyampaian cerita, sudah tentu kamu harus menghapalkan teksnya.

Perhatikan dengan betul–betul dan tidak masalah jika memang ingin menambahkan percakapan tertentu asalkan sesuai dengan alur dan terjemahannya. Mengetahui arti sangatlah penting.

Ini akan membuat kamu mengetahui lebih baik lagi tentang jalan ceritanya. Mempelajarinya juga bisa mengasah berbagai macam skill kemampuanmu dalam bahasa inggris.

Dengan mahir bahasa inggris, Anda bisa dengan mudah membuat surat, artikel, presentasi, dan lainnya. Contohnya seperti surat keterangan kerja bahasa inggris, surat resmi bahasa inggris, artikel blog, presentasi dalam bahasa inggris, dan lainnya.

Selain itu, tentunya juga bisa speaking (berbicara), interpreting (menerjemahkan sesuatu), sampai menampilkan story telling timun mas itu sendiri. Seru bukan belajar bahasa inggris? Teman-teman juga bisa mulai belajar tentang penulisan tanggal bahasa inggris untuk menambah ilmu bahasa inggris. Keep Learning!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism