banner join inggrism

Contoh Memo Bahasa Inggris

contoh memo dalam bahasa inggris untuk berbagai urusan beserta artinya

Hai Mates, kali ini inggrism akan berbagi lagi tentang materi bahasa inggris. Nah, yang akan kami bahasa di artikel ini adalah tentang contoh memo bahasa inggris. Kami akan memberikan contoh mulai dari formal hingga informal.

Dalam berkomunikasi dengan banyak orang, ada beragam media yang bisa digunakan. Memo adalah salah satunya. Biasanya orang mendapatkan memo berupa catatan kecil yang tertulis di selembar kertas.

Namun, secara lebih resmi, ternyata ada juga bentuk memo dengan struktur atau bagian yang lebih jelas. Hal ini banyak ditemukan di beragam hal, terutama di perusahaan atau instansi, dan ada juga memo bahasa inggris.

Tentunya, ada hal yang perlu diketahui tentang proses penulisan memo ini, dan ini bisa menjadi suatu informasi yang berguna.

Contoh Memo Formal Bahasa Inggris

contoh memo dalam bahasa inggris untuk berbagai urusan beserta artinya

Untuk lebih jelas tentang struktur dari memo tersebut, ada baiknya bila melihat berbagai contoh memo, termasuk juga contoh dalam memo formal.

Ini biasanya bisa ditemukan di perusahaan atau institusi seperti sekolah dan tempat lainnya.

To: All employees

From: General Manager

Date: May 9th, 2021

Subject: Regular Meeting

We will hold regular meeting on May, 11th 2021. It is not similar to previous agenda since there is urgent matter to discuss with all of the team.

That is why please allocate the time, and prepare all the necessary materials as what we usually do in regular meeting. In the end of the session, there will be additional information that I will share.

Terjemahan:

Untuk: Semua Karyawan

Dari: General Manager

Tanggal: 9 Mei 2021

Subyek: Rapat Rutin

Kita akanmengadakan rapat rutin pada 11 Mei 2021. Ini tidak seperti jadwal yang sudah disampaikan sebelumnya karena ada hal khusus yang harus dibicarakan.

Oleh karena itu, tolong persiapkan waktu yang ada dan persiapkan juga materi rapat seperti pada rapat biasanya. Di akhir sesi rapat, akan ada informasi tambahan yang akan saya berikan.

Contoh Memo Informal Bahasa Inggris

contoh memo dalam bahasa inggris untuk berbagai urusan beserta artinya

Selain memo bahasa inggris yang informal, ada juga contoh memo yang informal. Memo informal ini biasa ditemukan di rumah, seperti pesan dari orang tua. Berikut adalah contoh dari memo tidak resmi tersebut.

banner join inggrism

To: my son

From: Mom

Son, I have prepared breakfast in the kitchen. You can get it warmed first before having your meal. Do not forget to wash the dishes and lock the door before you go.

Mom has to leave early since there is urgent task in the office. Thank you.

Terjemahan:

Untuk: Anakku

Dari: Ibu

Nak, sarapan sudah ibu siapkan di dapur. Kamu bisa memanaskannya dulu sebelum makan. Jangan lupa dicuci piringnya dan mengunci pintu sebelum kamu pergi.

Ibu harus berangkat awal karena ada tugas mendadak di kantor. Terima kasih.

Contoh Memo Bahasa Inggris untuk Teman

contoh memo dalam bahasa inggris untuk berbagai urusan beserta artinya

Memo bahasa inggris selanjutnya adalah memo untuk teman. Ini bisa berupa memo yang lebih sederhana dan tidak seserius memo yang ada di perusahaan. Misalkan saja, ada memo untuk pembagian tugas kelompok dari suatu buku.

To: Clara and Sinta

From: Rina

Guys, I have divided the tasks in summarizing the book. Please check the book from page 120-130. Clara summarizes part A and B, while part D and E will be for Sinta.

I will summarize the remaining parts. Please send the works to my email before Sunday (April 5th 2021).

Terjemahan:

Untuk; Clara dan Sinta

Dari: Rina

Teman-teman, aku sudah membagi tugas merangkum dari buku yang diberikan. Tolong cek halaman 120 sampai 130. Clara akan merangkum bagian A dan B, sedangkan Sinta merangkum bagian D dan E.

Sisanya akan aku kerjakan. Tolong kumpulkan rangkumannya sebelum hari Minggu ( 5 April 2021).

Contoh Memo Bahasa Inggris untuk Guru

contoh memo dan artinya

Lalu, ada pula memo bahasa inggris untuk guru. Ini bisa berupa memo dari guru lain, atau bisa juga dari siswa. Ketika ini dari siswa, biasanya ini bisa berupa memo terkait pengumpulan tugas, dan ini contohnya.

To: Mr. Agus

From: Roni

Subject: Assignment

Sir, I already submitted the assignement from class A. There are total of 19 papers. The one that has not submitted is Rino because he cannot attend the class today. Thank you.

Terjemahan:

Untuk: Pak Agus

Dari: Roni

Subjek: Tugas

Pak, saya sudah mengumpulkan tugas dari kelas A. Totalnya ada 19 tugas. Yang belum mengumpulkan adalah Rino karena dia sakit sehingga dia tidak hadir ke kelas. Terima kasih, Pak.

Contoh Memo Bahasa Inggris tentang Perusahaan

contoh memo dan artinya

Memo bahasa inggris selanjutnya adalah tentang perusahaan. Memo ini bisa berisi berbagai hal, salah satunya adalah pemberitahuan tentang peraturan baru yang ada di perusahaan. Berikut adalah contoh teks memo bahasa inggris tentang perusahaan.

To: All employees

Date: April 19th 2021

From: HRD team

Subject: Daily presence

There will be different mechanism to submit your presence. Starting from April 21st 2021, you will have to use the fingerprint sensor in each division to submit your presence.

You will also do the same when you are going to leave the office after the working hour ends.

Terjemahan:

Untuk; Semua pegawai

Tanggal: 19 April 2021

Dari: Tim HRD

Subjek: Presensi harian

Akan diberlakukan mekanisme baru untuk presensi. Mulai 21 April 2021, presensi akan menggunakan sensor fingerprint yang ada di masing-masing divisi.

Hal yang sama juga dilakukan ketika pegawai ingin meninggalkan kantor setelah jam kerja.

Contoh Memo Bahasa Inggris untuk Ibu

contoh memo dan artinya

Ada pula memo bahasa inggris untuk ibu. Ini biasanya berupa memo yang ditinggalkan di rumah karena tidak sempat mengatakan hal tersebut secara langsung. Berikut adalah contoh dari memo tersebut.

To: Mom

From: Rani

Mom, I am going to come home late today. I have appointment with my friend in the café. I will come home as soon possible as I finish the meeting. Thank you.

Terjemahan:

Untuk: Ibu

Dari: Rani

Bu, aku nanti pulang terlambat ya. Aku ada janji ketemu temanku di kafe. Aku akan segera pulang begitu sudah selesai pertemuannya. Terima kasih.

Contoh Memo Bahasa Inggris tentang Rapat

contoh memo dan artinya

Sudah pasti, yang cukup sering dijumpai adalah memo bahasa inggris tentang rapat. Isinya tentu akan berbeda dengan beragam contoh caution dalam bahasa inggris. Berikut adalah contoh memo tentang rapat di sekolah.

To: team of product development

Date: April 3rd 2021

From: Manager

Subject: project meeting

There will be meeting on April 8th 2021. We will discuss about the latest project for the online lessons. Please prepare the necessary documents and your ideas to improve the project.

Terjemahan:

Untuk: Tim Pengembangan Produk

Tanggal: 3 April 2021

Dari: Manager

Subjek: Rapat untuk proyek

Akan ada rapat pada 8 April 2021. Kita akan membicarakan tentang projek terbaru kita untuk kelas online. Tolong siapkan materi dan dokumen yang diperlukan, serta ide-ide untuk proyek ini.

Contoh Memo Bahasa Inggris tentang Ulang Tahun

contoh memo dan artinya

Tak jarang, ada juga memo bahasa inggris untuk ulang tahun. Ini bukanlah seperti suatu undangan ulang tahun. Biasanya, ini lebih sebagai pemberitahuan untuk melakukan persiapan atau hal lainnya.

To: Creative division

From: General manager

Subject: anniversary preparation

We will hold anniversary celebration of our company on April 28th 2021. Please prepare the concept of the anniversary.

It will only be celebration for the intern employees, so you can make it simple and add some surprise for all people coming to the party.

Terjemahannya:

Untuk: Divisi kreatif

Dari: Manajer umum

Subjek: persiapan ulang tahun

Kita akan mengadakan ulang tahun untuk perusahaan pada 28 April 2021. Tolong persiapkan konsep acara tersebut.

Ini hanya akan dihadiri oleh karyawan intern saja sehingga acara bisa dibuat sederhana saja, dan tambahkan juga kejutan untuk orang-orang yang datang ke acara ini.

Pengertian dan Fungsi Memo

contoh memo dalam bahasa inggris untuk berbagai urusan beserta artinya

Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian dan juga fungsi dari memo dalam materi bahasa inggris.

Pengertian Memo Bahasa Inggris

Yang pertama-tama perlu dibahas adalah tentang pengertian dari memo. Memo bisa dibilang sebagai bagian dari surat. Hanya saja, memo lebih sederhana dan lebih langsung menyampaikan informasi yang ingin diberikan.

Susunan dan pesan yang ada dalam memo ditulis dengan lebih singkat. Tidak ada kata-kata yang terlalu panjang layaknya pada surat.

Memo pun tidak harus ada pengantar dan bisa langsung ke topik atau hal yang ingin disampaikan. Inilah setidaknya hal yang perlu dipahami terkait pengertian dari memo.

Fungsi dari Memo Bahasa Inggris

Dari segi fungsi dan tujuannya, memo sebenarnya ditujukan untuk memberikan suatu pemberitahuan tertentu.

Biasanya ini merujuk pada suatu informasi penting, baik itu berupa agenda atau jadwal rapat, atau catatan serta pesan yang ingin disampaikan secara tidak langsung ke satu atau banyak orang.

Struktur dan Karakteristik Memo

contoh memo dalam bahasa inggris untuk berbagai urusan beserta artinya

Berikut ini adalah struktur dan juga karakteristik suatu memo secara umum.

Struktur Umum Suatu Memo

Sama halnya dengan contoh personal letter, memo pun memiliki struktur tersendiri. Ada beberapa bagian yang memang harus ada dalam memo, dan ini menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Addressee: ini merujuk pada orang yang dituju dari memo tersebut. Di bagian ini, biasanya ditampilkan juga informasi terkait tanggal dan subjek dari memo tersebut layaknya apa yang ditemukan pada email.
  • Content: konten merujuk pada isi pesan atau isi dari memo itu. Seperti yang sudah disebutkan, isi dan materi dari biasanya dituliskan dalam kalimat yang tidak terlalu panjang layaknya pada surat-surat resmi.
  • Sender: informasi tentang sender atau pengirim serta pembuat dari memo ini bisa disampaikan di bagian atas bersamaan dengan addressee, tapi juga bisa ditambahkan juga di bagian bawah layaknya pada penulisan surat pada umumnya.

Karakteristik Memo Bahasa Inggris

Ketika berbicara tentang memo dalam bahasa inggris dan memo pada umumnya ada suatu karakteristik tertentu. Karakteristik juga akan anda temukan ketika anda melihat contoh notice dalam bahasa inggris. Berikut adalah beberapa karakteristik dari memo tersebut.

  • Memo haruslah jelas dan relatif singkat. Karena itu, detail dari pesan serta informasi terkait penerima, tanggal, dan hal lainnya harus dibuat dengan sejelas mungkin.
  • Secara umum, karakteristik dalam surat juga bisa ditemukan dalam memo. Namun, memo memang lebih sederhana, apalagi dibandingkan surat resmi yang sangat memperhatikan struktur dan kalimat untuk menyampaikan isi atau pesan yang ada.
  • Struktur memo memang sudah pasti, namun aturan penulisannya bisa mengikuti aturan penulisan surat non formal atau pesan singkat.

Arti CC dalam Memo

contoh memo dan artinya

Terkadang, memo juga mencantumkan CC di bagian di bawah addressee. CC ini berarti carbon copy. Hal ini bisa juga ditemui dalam banyak email. Namun, hal ini tentu jarang ditemukan di berbagai contoh invitation letter.

Carbon copy berarti bahwa nama yang ada di carbon copy tersebut mendapatkan juga salinan atau tembusan dari memo yang ada.

Namun, nama atau pihak yang ada di carbon copy tersebut tidak termasuk dalam orang yang dituju dari memo dan lebih sebagai catatan atau tembusan saja.

Tips dan Cara Membuat Memo Bahasa Inggris

contoh memo dalam bahasa inggris untuk berbagai urusan beserta artinya

Ada banyak hal yang perlu diketahui tentang memo bahasa inggris. Salah satunya adalah cara membuatnya.

Setelah tahu struktur yang ada dan beberapa contoh memo bahasa inggris, setidaknya sudah ada beberapa gambaran, dan ini beberapa tahapan yang perlu dilakukan.

  • Buatlah keterangan yang jelas tentang addressee atau receiver, sender, dan detail lainnya. Kalau itu merupakan suatu memo yang lebih resmi, ada baiknya bila menyebutkan tanggal dan juga subjek.
  • Buatlah maksud atau isi dari memo tersebut. Isi perlu disusun dengan kalimat yang jelas dan tidak perlu terlalu panjang.
  • Ada banyak contoh memo tidak resmi dan resmi yang bisa dijadikan referensi dalam proses pembuatan memo ini.

Membuat memo memang tidak bisa dibilang mudah, tapi ini sebenarnya bukanlah tugas yang sangat sulit dilakukan. Yang terpenting adalah informasi yang ingin disampaikan. Informasi memang harus dituliskan dengan cukup jelas.

Selain itu, kepada siapa memo itu ditujukan juga perlu dibuat sejelas mungkin. Hal seperti ini untuk mengurangi kebingungan terkait pesan yang disampaikan, terutama ketika itu ditujukan dalam suatu perusahaan di mana ada divisi yang beragam.

Penutup

Itulah beragam contoh memo bahasa inggris. Ada banyak jenis memo, baik itu memo perusahaan, memo di rumah, atau memo yang ditujukan untuk teman. Terima kasih telah berkunjung ke website inggrism. Keep Learning!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism