banner join inggrism

Contoh Story Telling

contoh, struktur, dan pengertian story telling

Mempelajari contoh story telling dalam bahasa Inggris bisa membantu kamu untuk lebih lancar dalam speaking. Story telling atau bercerita bisa memberikan banyak manfaat.

Misalnya bermanfaat untuk menambah vocabulary dan juga kelancaran dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris. Story telling bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai media, seperti lisan, gambar, tulisan, bahkan musik.

Bagi kamu yang ingin memahami tentang story telling, maka kamu bisa membaca ulasan singkat di bawah ini mengenai definisi story telling beserta artinya.

Konsep Story Telling dalam Bahasa Inggris

contoh, struktur, dan pengertian story telling

Pengertian story telling dalam bahasa Inggris adalah sebuah kegiatan menyampaikan cerita kepada orang lain dengan menggunakan bahasa Inggris.

Story telling bisa memberikan beberapa manfaat kepada kamu, beberapa di antaranya adalah:

  1. Dapat mengasah kemampuan baik speaking maupun listening,
  2. Sama seperti lagu anak bahasa inggris, story telling juga bisa melatih pelafalan kata-kata dalam bahasa Inggris,
  3. Menambah pemahaman vocabulary,
  4. Meningkatkan confidence atau kepercayaan diri saat berbicara menggunakan bahasa Inggris,
  5. Memberikan kesempatan untuk belajar kebudayaan lain dari kisah yang diceritakan.

Secara tradisional, story telling biasanya mengacu pada cerita-cerita rakyat, akan tetapi story telling juga bisa digunakan untuk mempresentasikan produk, misalnya saja produk kecantikan atau produk makanan.

Penggunaan story telling bisa membuat penawaran lebih menarik. Cara membuat story telling bahasa Inggris cukup mudah, kamu hanya perlu memahami struktur teks naratif.

Selain itu, kamu juga perlu untuk mencari tema yang akan kamu gunakan sebagai cerita, misalnya tentang pahlawan, tentang sumpah pemuda, atau bisa juga tentang pendidikan.

banner join inggrism

Contoh Story Telling tentang Covid-19

contoh, struktur, dan pengertian story telling

Di bawah ini merupakan contoh pendek story telling tentang pandemic Covid-19 yang sedang terjadi secara global:

Early in 2020, an enormous pandemic swept across the globe. This pandemic was called Covid-19, or coronavirus 19 pandemic.

This pandemic began in Wuhan, China, then quickly spread to every corner the world, including Indonesia.

Various regions in the world had also implemented lockdowns to prevent the spread of the virus. In Wuhan, China, people had even called for “Keep fighting, Wuhan” as a form of support between residents trapped in lockdown.

Because of this pandemic, issues regarding health have become the most important. Every effort was made to survive and reduce the number of victims who died from the virus.

Until now, the world is still struggling to recover from this deadly virus.

Dan Artinya:

Di awal tahun 2020, pandemi yang luar biasa besar melanda seluruh dunia. pandemic ini bernama Covid-19, atau pandemi coronavirus 19.

Pandemi ini berawal di Wuhan, China, kemudian secara cepat menyebar hingga ke berbagai pelosok dunia, termasuk Indonesia.

Berbagai daerah di dunia pun melakukan lockdown untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Di Wuhan, China, orang-orang bahkan menyerukan “Keep fighting, Wuhan” sebagai bentuk dukungan antar warga yang terjebak lockdown.

Karena pandemic ini, isu tentang kesehatan menjadi yang paling penting. Segala macam usaha dilakukan untuk bertahan dan mengurangi jumlah korban meninggal karena virus tersebut.

Hingga sekarang, dunia masih berjuang untuk sembuh dari virus mematikan ini.

Contoh Story Telling tentang Legenda

contoh, struktur, dan pengertian story telling

Salah satu tipe story telling yang sering sekali dilakukan adalah mendongeng tentang cerita rakyat seperti story telling timun mas.

Cerita rakyat dapat menghibur dan pesan moralnya bisa memberikan efek positif bagi pendengar. Di bawah ini merupakan legenda terjadinya Candi Prambanan untuk anak SD:

Once upon a time, there lived a very beautiful princess in the Prambanan kingdom named Rara Jonggrang. One day, a young man named Bandung Bandawasa came marry her.

Rara Jonggrang, who did not want to become Bandung’s, put forward very tough conditions.

“All right, Bandung, if you want to propose to me, build me a thousand temples in one night,” said Rara Jonggrang, mentioning her request.

Bandung Bandawasa agreed, “Fine, Rara. If that’s your wish, then I will grant it. “

Bandung ordered a genie army to build a thousand temples overnight.

Rara Jonggrang, who was worried that Bandung could finish, ordered the maids to sound the pestle and burn the straw so that it looked like dawn.

The genies left the temple unfinished, so Bandung lacked one temple. Feeling cheated, Bandung was angry with Rara Jonggrang.

“You have tricked me, therefore, you will be the last temple!” Rara Jonggrang then turned into a statue to complete a thousand temples.

Dan Terjemahannya:

Alkisah hidup seorang putri yang amat cantik di kerajaan Prambanan bernama Rara Jonggrang. Pada suatu hari, seorang pemuda bernama Bandung Bandawasa datang untuk meminangnya.

Rara Jonggrang yang tidak ingin menjadi istri Bandung pun mengajukan syarat yang amat berat.

“Baiklah, Bandung, jika kamu ingin meminangku, maka buatkan seribu candi dalam waktu satu malam,” kata Rara Jonggrang menyebutkan permintaannya.

Bandung Bandawasa pun menyanggupinya, “Baik, Rara. Jika itu keinginanmu, maka akan kukabulkan.”

Bandung pun menyuruh bala tentara jin untuk membangun seribu candi dalam semalam.

Rara Jonggrang yang khawatir Bandung dapat menyelesaikannya pun menyuruh para dayang untuk memukul alu dan membakar jerami agar hari terlihat seperti telah fajar.

Para jin pun meninggalkan candi yang belum selesai dibangun, sehingga Bandung kekurangan satu buah candi. Karena merasa dicurangi, Bandung marah kepada Rara Jonggrang.

“Kamu telah mempermainkanku, oleh karenanya, kamu akan menjadi candi terakhir!” Rara Jonggrang pun berubah menjadi patung.

Contoh Story Telling tentang Diri Sendiri untuk Motivasi

contoh, struktur, dan pengertian story telling

Talking about dreams, every human being born on earth must have them. Dream to be someone who is useful for life.

I also have a dream that is no less big than most other humans, to become the best version of myself.

When I was little, I always said to myself, “You can do it!” when things were just too hard to live with.

Even when I was bullied at school, I always told myself “You have to keep fighting, you can’t give up here!”

Terjemahannya:

Berbicara tentang mimpi, setiap manusia yang lahir di bumi pasti memilikinya. Mimpi untuk menjadi seseorang yang berguna bagi kehidupan.

Saya pun memiliki mimpi yang tidak kalah besar dari kebanyakan manusia lain, menjadi versi terbaik dari diri saya.

Ketika masih kecil, saya selalu mengatakan pada diri saya, “kamu pasti bisa melakukannya!” ketika segala sesuatu terasa begitu berat untuk dijalani.

Bahkan ketika saya mendapatkan penindasan di sekolah, saya selalu mengatakan pada diri saya “kamu harus terus berjuang, tidak boleh menyerah di sini!”

Kesimpulan dan Penutup

contoh, struktur, dan pengertian story telling

Selain kisah pribadi, kamu juga bisa memilih tema tentang ibu untuk menceritakan tentang kasih sayang seorang ibu yang tidak terbatas kepada anak-anaknya. Itulah beberapa contoh yang bisa kamu pelajari.

Kamu juga bisa mengembangkan dengan lebih panjang serta mengeksplor tema lain, seperti cerita lucu, kisah tentang pengalaman pribadi maupun kisah-kisah tentang keluarga.

Tema tentang sekolah juga bisa menjadi salah satu tema story telling yang menarik untuk dibawakan. Dalam membuat story telling, teman-teman juga harus mempelajari tentang penulisan, dan salah satunya adalah penulisan tanggal bahasa inggris.

Bercerita atau mendongeng bisa memberikan pengalaman yang baru bagi kamu. Selain manfaat bagi diri sendiri, kamu juga bisa memberikan manfaat kepada orang lain yang mendengarkanmu saat bercerita.

Contoh story telling di atas bisa kamu praktekkan untuk memperlancar cara bicaramu menggunakan bahasa Inggris. Yang mana hal tersebut akan memudahkanmu untuk melakukan presentasi bahasa inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism