banner join inggrism

Perkenalan dalam Bahasa Inggris

contoh perkenalan dalam bahasa inggris dan artinya

Perkenalan dalam bahasa Inggris banyak kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu ketika masih sekolah hingga melamar pekerjaan. Saat bertem dengan orang baru atau berada di lingkungan baru, kita perlu memperkenalkan diri kita.

Namun bagaimana caranya memperkenalkan diri kita dengan bahasa Inggris? Bagi kamu yang tidak terbiasa, pastinya hal ini akan sulit dilakukan. Perkenalan tak jauh berbeda dengan contoh percakapan bahasa inggris.

Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari langkah-langkah dalam berkenalan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar. Mari kita bahas cara berkenalan dengan bahasa Inggris beserta artinya.

Perkenalan dalam Bahasa Inggris yang Singkat

contoh perkenalan dalam bahasa inggris dan artinya

Cara berkenalan sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu kamu ungkapkan ketika berkenalan, secara umum adalah:

  1. Name atau nama, biasanya menyebutkan nama lengkap serta panggilan,
  2. Asal atau domisili bisa menyebutkan tempat kamu tinggal atau berasal,
  3. Usia atau tahun kelahiran, meskipun bersifat optional, tapi kamu juga isa menyertakan saat memperkenalkan diri.
  4. Hobby juga hal yang lumrah untuk diungkapkan ketika memperkenalkan diri.

Cara Berkenalan untuk Anak SD

contoh perkenalan dalam bahasa inggris dan artinya

Bagi kamu yang masih SD, kamu bisa mencoba cara berkenalan secara singkat seperti di bawah ini. Perhatikan beberapa hal yang harus kamu ungkapkan saat berkenalan, antara lain:

  1. Sebutkan nama lengkap beserta panggilan,
  2. Tempat dan tanggal lahir,
  3. Tempat tinggal,
  4. Tingkat kelas di SD,
  5. Hobi atau kesukaan.

Contoh:

Hello friends. Please allow me to introduce myself. My name is Vania Pratiwi. I was born in Jakarta on July 20, 2010. I am 10 years old. And i am in 5th grade in elementary school. My hobbies are playing the piano and swimming. That’s all I can say about myself. Thank you.

Arti:

Halo teman-teman. Perkenankan saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya Vania Pratiwi. Saya lahir di Jakarta pada tanggal 20 Juli 2010. Usia saya 10 tahun. Dan saya kelas 5 SD di SD. Hobi saya adalah bermain piano dan berenang. Itu yang bisa saya ungkapkan tentang diri saya. Terimakasih.

Cara perkenalan diri untuk anak TK juga kurang lebih sama, harus menyebutkan nama, usia, kesukaan atau hobi. Dengan memperkenalkan diri, kamu akan memberikan kesempatan pada teman-teman untuk mengenal dirimu lebih baik.

Dalam melakukan perkenalan, akan lebih bagus apabila teman-teman mempunyai ejaan dalam bahasa inggris yang baik dan benar.

banner join inggrism

Perkenalan Mudah Dihafal untuk Mahasiswa

contoh perkenalan dalam bahasa inggris dan artinya

Sebagai seorang mahasiswa baru, kamu akan membutuhkan perkenalan untuk memperkenalkan diri kepada orang lain baik 3 orang maupun lebih. Coba cara mudah di bawah ini untuk memperkenalkan dirimu dalam bahasa Inggris.

Contoh:

Good morning ladies and gentlemen. I would like to introduce myself. My name is Raka Setiawan and I come from Yogyakarta. Now I live at Jalan Jeruk no 20, Surakarta.

My hobbies are reading and hiking. Every weekend I always go hiking with my dog. My life motto is ‘trying to be better than yesterday’. That’s all I can say about myself, and thanks for your attention.

Arti:

Selamat pagi tuan dan nyonya. Saya ingin memperkenalkan diri saya. Nama saya Raka Setiawan dan saya berasal dari Yogyakarta. Sekarang saya tinggal di jalan Jeruk no 20, Surakarta.

Hobi saya adalah membaca dan hiking. Setiap weekend saya selalu hiking dengan anjing saya. Moto hidup saya adalah “berusaha menjadi lebih baik dari hari kemarin”. Itu yang bisa saya sampaikan tentang diri saya, terimakasih atas perhatiannya.

Perkenalan dalam Bahasa Inggris untuk Interview Pekerjaan

contoh perkenalan dalam bahasa inggris dan artinya

Mempelajari perkenalan dalam bahasa Inggris secara formal untuk interview akan dibutuhkan bagi kamu yang akan mendaftar pekerjaan. Menggunakan bahasa Inggris dalam berkenalan dapat membuat penampilanmu lebih stand-out.

Beberapa hal dalam berkenalan menggunakan bahasa Inggris yang perlu kamu perhatikan saat interview antara lain:

  1. Greetings atau salam merupakan satu hal wajib yang harus kamu lakukan saat berkenalan,
  2. Memperkenalkan data diri secara singkat atau brief introduction,
  3. Menceritakan latar belakang pendidikan dan pencapaian.

Contoh perkenalan yang panjang:

Good morning ladies and gentlemen. Please allow myself to introduce myself. My name is Cynthia Putri. I was born in Bandung on January 1, 1995. I am currently 26 years old.

My last education was a Bachelor of Informatics at Pelita Harapan Bangsa University. I completed my undergraduate studies with a GPA of 3.98 and I’m fluent in English both speaking and writing.

Dan artinya:

Selamat pagi tuan dan nyonya. Perkenankan diri saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya adalah Cynthia Putri. Saya lahir di Bandung pada 1 Januari 1995. Saat ini saya berusia 26 tahun.

Pendidikan terakhir saya adalah Sarjana Informatika di Universitas Pelita Harapan Bangsa. Saya menyelesaikan studi S1 dengan pencapaian IPK 3,98. Saya lancar dalam berbahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan.

Mempelajari cara perkenalan yang menarik dan baik merupakan salah satu hal penting yang harus kamu lakukan untuk melamar kerja.

Dengan cara perkenalan diri yang baik, kamu bisa memberikan impresi yang baik pada interviewer. Perkenalan diri teman-teman akan lebih baik lagi ketika kalian juga menguasai grammar dalam bahasa inggris.

Perkenalan Diri untuk Presentasi

contoh perkenalan dalam bahasa inggris dan artinya

Contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris di bawah ini juga isa kamu gunakan saat akan berpresentasi di depan kelas.

Contoh:

Hello everyone, I’m Candra from grade 12 of natural science class. On this opportunity, allow me to present the results of our group discussion regarding the kinds of marine life and their functions for nature.

Artinya:

Halo semuanya, saya Candra dari kelas 12 ilmu alam. Pada kesempatan pagi ini, izinkan saya untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok kami mengenai macam-macam biota laut dan fungsinya untuk alam.

Cara Perkenalan dalam Bahasa Inggris untuk Anak SMP

contoh perkenalan dalam bahasa inggris dan artinya

Saat di sekolah baru, sebagai siswa kamu perlu untuk memperkenalkan diri. Cara mudah untuk memperkenalkan diri di sekolah baru adalah dengan menyebutkan nama, usia, asal sekolah dan juga tingkat kelas yang sedang amu duduki.

Contohnya:

Hello friends, my name is Sarah Camelia. I come from SMP Tunas Bangsa. I am currently in 8th grade. My hobbies are playing music and jogging. I will be very happy if someday I can invite you to jog together. Thank you.

Arti:

Halo teman-teman, perkenalkan namaku Sarah Camelia. Saya berasal dari SMP Tunas Bangsa. Saat ini saya di kelas 8. Hobi saya adalah bermain musik dan jogging. Saya akan sangat senang jika suatu saat bisa mengajak kalian untuk jogging bersama. Terimakasih.

Memperkenalkan Diri untuk Anak SMA

contoh perkenalan dalam bahasa inggris dan artinya

Cara perkenalan diri anak SMA yang mudah untuk pemula di bawah ini.

Contoh:

Hello friends, introduce me to Rasya Sudarjo. I come from Banten, West Java. I’m in grade 10. My hobbies are sports and camping. I am very happy to be able to attend SMA Tunas Bangsa. Hopefully we can become good friends, thank you.

Arti:

Halo teman-teman, perkenalkan saya Rasya Sudarjo. Saya berasal dari Banten, Jawa Barat. Saya kelas 10. Hobi saya adalah berolah raga dan camping. Saya sangat senang bisa bersekolah di SMA Tunas Bangsa. Semoga kita bisa menjadi teman baik, terimakasih.

Biasanya perkenalan tidak menggunakan contoh conditional sentence. Jadi akan lebih mudah teman-teman lakukan karena sesuai dengan diri kalian.

Penutup

Di atas adalah contoh perkenalan yang bisa kamu coba pelajari. Mempraktekan di rumah merupakan salah satu cara paling efisien untuk dapat fasih dalam berbahasa Inggris.

Perkenalan dalam bahasa Inggris dapat membantu kamu terlihat menonjol saat kamu sedang memperkenalkan diri di lingkungan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism