banner join inggrism

Berita dalam Bahasa Inggris

struktur, aturan, dan contoh berita dalam bahasa inggris

Mempelajari berita dalam Bahasa Inggris adalah salah satu kebutuhan. Hal ini karena topik tentangnya seringkali muncul di berbagai bahasan pendidikan.

Selain itu, tidak ada salahnya kamu bisa mengerti sebuah informasi yang ditampilkan dalam Bahasa Inggris. Pengetahuan akan semakin bertambah.

Tidak hanya untuk mengerti, sebaiknya kamu juga bisa membuatnya. Hal ini karena membuat naskah berita tidak sama dengan artikel pada umumnya.

Terdapat beberapa aturan beserta struktur yang harus dipahami. Ini dia seluk beluknya.

Poin Penting Pembuatan Naskah Berita dalam Bahasa Inggris

struktur, aturan, dan contoh berita dalam bahasa inggris

Naskahnya merupakan sebuah informasi yang mengandung 5w+1h. Apa maksudnya? Maksudnya ialah:

  • What (Apa),
  • Why (Kenapa),
  • Where (Dimana),
  • When (Kapan),
  • Who (Siapa),
  • How (Bagaimana).

Artinya memang naskah harus padat informasi serta jelas. Selain itu, sebuah berita juga sudah seharusnya menginformasikan hal terkini. Istilah lainnya haruslah up to date.

Jika tidak, maka dianggap kadaluwarsa dan sudah tidak layak untuk dibagikan kepada orang lain. Selain itu, kamu juga tidak akan tertarik bukan?

Seperti halnya ketika membuat berita tentang penelitian anggota tubuh dalam bahasa inggris, teman-teman haruslah memberikan hasil penelitian yang paling up to date.

banner join inggrism

Contoh Berita Singkat Dalam Bahasa Inggris

struktur, aturan, dan contoh berita dalam bahasa inggris

Membuat sebuah berita lengkap dengan temanya bisa beragam. Misalnya saja yang paling baru adalah tentang corona.

Namun, selain itu juga masih banyak lagi topik lainnya untuk kamu angkat serta tuangkan dalam naskah. Agar tidak bingung, berikut teks pendeknya.

Teks Berita Tentang Banjir beserta Contohnya

Floodwaters soaked residential areas and a number of school buildings in Lebak, Banten, and Tuesday afternoon. The students had to take off their footwear to go to school.

It’s been raining heavily for three days. Activities of residents and students are disrupted, one of them is at State High School 1 Rangkasbitung, Lebak, Banten.

Flooding as high as 30 to 50 cm makes students have to walk in puddles to school barefoot, although the students are still eager to learn.

Until last night the rain still poured on rangkasbitung area, Lebak Banten, residents expect the waterway system to be repaired soon.

Artinya:

Banjir merendam tempat tinggal warna serta beberapa bangunan sekolah di Lebak Banten, pada hari Selasa sore. Para murid akhirnya harus melepaskan sepatu untuk berangkat sekolah.

Hujan deras yang terjadi selama 3 hari membuat kegiatan warga dan murid terganggu. Salah satunya terjadi di Sekolam Menengah Negeri 1 Rangkasbitung, Lebak, Banten.

Banjir dengan ketinggian 30-50 cm membuat murid harus menerjang genangan air ke sekolah tanpa sepatu. Namun para murid tetap semangat untuk belajar.

Sampai malam tadi, hujan masih terjadi di wilayah Rangkasbitung, Lebak, Banten. Warga berharap agar sistem saluran air diperbaiki segera.

Selain tentang banjir, kamu juga bisa membuat topik apapun. Yang penting adalah berita terbaru 2021. Sebagai contoh tentang kesehatan (health), pendidikan (education), resep makanan dalam bahasa inggris, politik, dan lain sebagainya.

Contoh Teks Berita dalam Bahasa Inggris 2021 Singkat

struktur, aturan, dan contoh berita dalam bahasa inggris

Salah satu acuan berita adalah di Metro TV terbaru. Channel tersebut memang banyak menyampaikan news yang selalu update. Untuk membuat naskah seperti itu, berikut adalah contoh untuk kamu ikuti.

Contoh Text Berita dalam Bahasa Inggris

Good morning and welcome to Breaking News. My name is Jordy Lee and I will be accompanying you for 5 minutes forward.

The update today is about an earthquake in Bandung which has afflicted people since this week. Several earthquakes are still happened until today and destroying more buildings there.

Artinya:

Selamat pagi dan selamat datang di Breaking news. Saya Jordy Lee dan saya akan memandu kamu selama 5 menit ke depan.

Update hari ini tentang gempa di Bandung yang telah diderita masyarakat sejak minggu ini. Beberapa gempa bumi masih terjadi hingga sekarang dan menghancurkan lebih banyak bangunan disana.

Berita Mengejutkan dalam Bahasa Inggris

struktur, aturan, dan contoh berita dalam bahasa inggris

Berita dalam Bahasa Inggris bisa diiringi dengan berbagai macam topik. Termasuk hal mengejutkan yang terjadi di berbagai penjuru dunia. Penasaran seperti apa? Ini dia beserta contohnya agar kamu pahami.

Teks Berita Bahasa Inggris Tentang Bencana Alam

This morning, a massive tsunami happened in Thailand. It creates the huge destruction of the areas around the location of tsunami.

Hundreds of people died and more were lost. Now, the local rescuer tried to find the dead bodies and the lost victims.

Artinya:

Pagi ini, Tsunami besar terjadi di Thailand. Bencana ini menimbulkan kerusakan di area sekitar lokasi tsunami terjadi.

Ratusan korban meninggal dunia dan lebih banyak lagi orang hilang. Saat ini, tim penyelamat tengah berupaya untuk mencari korban meninggal dunia dan hilang.

Berita mengejutkan juga bisa tentang kecelakaan lalu lintas. Contohnya seperti “Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh sopir kurang paham dengan rambu lalu lintas bahasa inggris“.

Untuk pemula, membuat naskah berita yang singkat memang lebih disarankan. Namun, tetap ingat bahwa kamu harus selalu memperhatikan tentang konsep 5w + 1h yang harus selalu dipatuhi dalam proses pembuatannya. Format pembuatannya beragam, baik di word/pdf.

Berita Ringan tentang Lingkungan

struktur, aturan, dan contoh berita dalam bahasa inggris

Berita tidak harus selalu serius serta panjang. Terkadang ada beberapa yang dibuat dengan konsep light (ringan) dan pendek. Misalnya saja mengenai lingkungan dan tempat indah. Berikut adalah contoh naskah untuk kamu pelajari:

Teks Pembawa Berita Bahasa Inggris

People in Indonesia are now actively conducting “waste bank” activities. Plastic waste will be purchased to be collected and processed into other more useful products.

This activity received good enthusiasm from the surrounding community and local government.

Dan artinya:

Masyarakat di Indonesia kini sedang gencar melakukan aktivitas “bank sampah”. Sampah plastik akan dibeli untuk kemudian dikumpulkan dan diolah menjadi produk lain yang lebih bermanfaat.

Kegiatan ini mendapatkan antusias yang baik dari masyarakat sekitar dan pemerintah daerah.

Perlu diingat bahwa pembuatan naskah berita harus berasal dari sumber berita bahasa Inggris terpercaya. Inilah yang membuat berita singkat tidak mengandung unsur fitnah, kebencian, atau hal lain yang dilarang.

Kumpulan Naskah Berita dan Pertanyaannya

struktur, aturan, dan contoh berita dalam bahasa inggris

Tidak jarang seorang anchor atau pembaca berita menyisipkan pertanyaan dalam narasi yang disampaikannya. Misalnya tentang pendidikan.

Pertanyaan tersebut dapat ditujukan kepada pemirsa atau narasumber. Ini tentu membawa kesegaran tersendiri. Berikut adalah contohnya.

Text Berita Bahasa Inggris beserta Generic Structure

A private teacher in Yogyakarta kidnapped his student on Thursday. The perpetrator took the victim in his car and took him to Medan.

When asked by police, the perpetrator said he loved the victim so decided to kidnap her. Is this reason credible?

Arti teks berita diatas:

Seorang guru privat di Yogyakarta menculik muridnya pada hari kamis. Pelaku membawa korban dengan mobilnya dan membawanya hingga ke Medan.

Ketika ditanya oleh polisi, pelaku mengatakan menyayangi korban sehingga memutuskan untuk menculiknya. Apakah alasan ini bisa dipercaya?

Meskipun membuat news script atau naskah berita tidak mudah seperti ketika membuat kartu ucapan dalam bahasa inggris, namun ini bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya.

Tetap ambil tema yang up to date dan kemudian selalu perhatikan mengenai konsep 5W + 1H. Dengan begitu, naskah berita dalam bahasa Inggris yang kamu buat akan sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism