banner join inggrism

Perbedaan Will dan Would

perbedaan will dan would dan contoh penggunaannya

Ketika anda belajar bahasa Inggris, ada banyak kata yang akan sering anda jumpai. Dalam hal ini, kata will dan would adalah dua kata yang cukup sering akan sering anda jumpai. Perbedaan Will dan Would ini benar-benar harus anda ketahui dalam bahasa inggris.

Baik itu dalam kalimat atau percakapan, tentu saja anda harus tahu lebih mendalam tentang dua kata ini, termasuk juga tentang penggunaannya. Berikut ini penjabaran tentang dua kata tersebut.

Pengertian tentang Will and Would

aturan penggunaan kata will serta would dalam bahasa inggris

Sebelum membahas tentang beda will dan would, anda perlu tahu terlebih dahulu tentang arti atau pengertian dari will dan would ini.

Dalam hal ini, secara umum kedua kata ini memang bisa diartikan sebagai “akan”. Walau demikian, sesuai penulisannya yang berbeda, ada perbedaan dalam penggunaannya, seperti halnya dalam perbedaan am dan pm.

Modal Lainnya Selain Will dan Would

aturan penggunaan kata will serta would dalam bahasa inggris

Dalam bahasa Inggris, will dan would ini dikenal dengan nama Modal. Tentunya, tidak hanya ada dua kata ini saja, tapi ada beberapa kata lainnya yang penggunaan dalam kalimat akan dipadukan dengan kata kerja.

Berikut beberapa kata lainnya:

  • May dan might
  • Can dan could
  • Must
  • Shall dan should

Fungsi Utama dari Will dan Would

aturan penggunaan kata will serta would dalam bahasa inggris

banner join inggrism
  • Fungsi Will

Sebelum membahas tentang Perbedaan Will dan Would, dua kata ini memang memiliki makna yang sama. Hanya saja, fungsi dari dua kata ini berbeda.

Hal ini sama saja dengan perbedaan because dan because of yang memiliki makna sama tapi fungsi berbeda. Dalam hal ini, will akan digunakan dalam kalimat dengan future tense atau kalimat yang menunjukkan masa depan.

  • Fungsi Would

Lalu, ada juga kata would. Dalam hal ini, kata ini juga berarti sama dengan will. Hanya saja, penggunaannya berbeda.

Kata ini akan digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang akan terjadi, tapi dalam konteks khusus, salah satunya dalam kalimat dengan waktu lampau. Selain itu, masih ada banyak fungsi lainnya.

Perbedaan Antara Will dan Would

perbedaan will dan would dan contoh penggunaannya

Yang paling menarik adalah pembahasan tentang bedanya will dan would. Dalam hal ini, ada beberapa perbedaan terkait dua kata ini.

Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Dalam kalimat, tenses untuk kalimat ini berbeda
  • Dalam conditional sentence, artinya pun berbeda
  • Would lebih sopan dan formal dari pada will dalam kalimat dan percakapan

Alternatif selain Will dan Would dalam Kalimat

aturan penggunaan kata will serta would dalam bahasa inggris

Selain will dan would¸sebenarnya ada kata lainnya yang sering digunakan dan ini masih dalam kategori modal juga. Kata ini memiliki makna yang sama, dan itu adalah kata shall dan should.

Tentunya, ini menjadi sesautu yang menarik karena ternyata kata ini relatif jarang digunakan dibandngkan will dan would dalam berbagai kalimat dan percakapan.

Will dan Shall

Selain will dan would, ada juga pembahasan antara kata will dan shall. Walau kedua kata ini memiliki makna yang sama, perbedaannya ada pada penggunaannya dalam kalimat dan percakapan.

Subjek adalah bagian yang membedakan karena shall ini. Shall ini hanya digunakan pada kalimat dengan subjek “I” dan “we” saja.

Perbedaan Penggunaan Will dan Would dalam Kalimat

perbedaan will dan would dan contoh penggunaannya

Diatas tadi sudah dijelaskan tentang perbedaan, pengertian, & fungsi will serta would. Nah, untuk pembahasan yang selanjutnya yaitu tentang penggunaan dua kata tersebut dalam kalimat bahasa inggris.

Dengan adanya contoh penggunaan will dan juga would dalam kalimat bahasa inggris, teman-teman bisa lebih memahami perbedaannya. Oke, langsung saja tanpa basa-basi silahkan simak contoh penggunaan will dan would dalam berbagai kalimat bahasa inggris.

  • Penggunaan Will Dalam Kalimat

aturan penggunaan kata will serta would dalam bahasa inggris

Sudah pasti, kata will akan sering anda temukan dalam kalimat. Ada aturan penting yang perlu diketahui karena will ini menjadi kata yang spesifik untuk menunjuk sesuatu di masa depan.

Kata ini akan diikuti dengan kata kerja bentuk dasar, baik itu be ataupun infinitive verb. Itulah aturan dasar dalam penggunaan will.

Contoh kalimat yang menggunakan kata will:

I will study english tomorrow.

The children will lie in the garden at 07.00 AM.

  • Penggunan Would Dalam Kalimat

perbedaan will dan would dan contoh penggunaannya

Would pun juga demikian. Hanya saja, arti dan fungsi spesifiknya cukup berbeda. Dalam hal ini, would pun akan diikuti dengan kata kerja dasar seperti halnya dengan will.

Selain itu, ini bisa dibuat menjadi kalimat pasif dan bentuk kalimat lainnya. Penggunaannya pun lebih spesifik bila nantinya membahas fungsi dari penggunaan would ini.

Contoh kalimat yang menggunakan kata would:

I would go to theater yesterday.

She would eat this salad two hours ago.

  • Kalimat dengan Will tentang Janji

aturan penggunaan kata will serta would dalam bahasa inggris

Sebagaimana yang dibahas dalam will dan would, ada fungsi spesifik tentang will dan would. Salah satunya adalah fungsi untuk mengungkapkan suatu janji.

Dalam hal ini, yang bisa digunakan adalah will, bukannya would. Karena janji memang juga tentang sesuatu yang terpenuhi di masa depan, will menjadi kata yang digunakan.

Kalimat ini bisa membantu penjelasan dan contohnya:

I will come to your birthday party tomorrow.

Vivi will buy you a diamond next sunday.

  • Perbedaan Would dan Will dalam Conditional Sentence

perbedaan will dan would dan contoh penggunaannya

Conditional sentence merupakan salah satu jenis kalimat. Ini merupakan jenis kalimat yang membicarakan tentang pengandaian.

Dalam hal ini, ada tiga jenis pengandaian, dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Ini menjadi bagian lain dari Will dan Would yang benar-benar perlu dipahami.

Will dan would memang sangat penting untuk pembentukan conditional sentence. Hanya saja, will akan digunakan untuk suatu janji atau kondisi yang akan berpotensi untuk terjadi di masa depan.

Namun, bentuk would  akan digunakan untuk tipe conditional sentence yang tidak akan tercapai. Untuk tahu tentang hal ini, beberapa contoh bisa membantu.

Memahami will dan would dalam conditional sentence ini memang akan lebih mudah dengan contoh. Berikut ini adalah contoh yang bisa menjadi referensi.

Boby will go to library is tomorrow is not rain. (Dalam kalimat ini, Bobi akan pergi ke perpustakaan bila tidak hujan. Dengan demikian, masih ada peluang bagi Bobi untuk ke perpustakaan).

Boby would visited her if he had her address. (Di kalimat ini, kenyataannya Boby tidak punya alamat temannya. Karena itu, dia tidak akan bisa mengunjungi temannya tersebut).

  • Perbedaan Will dan Would dalam Kalimat Pasif

perbedaan will dan would dan contoh penggunaannya

Selain tentang Will dan Would, ada juga persamaan yang bisa diketahui. Ini sama halnya dengan penggunaan s dan es yang juga punya persamaannya juga.

Salah satunya adalah will dan would dalam kalimat pasif. Strukturnya sama di mana dua kata itu akan diikuti dengan be dan kata kerja bentuk ketiga atau past participle.

Contoh will dan would dalam kalimat pasif:

Fatimah will be engaged by Rafi in new year night.

You will be punched by Vivi tomorrow.

  • Perbedaan Penggunaan Will dan Would untuk Menyampaikan Permintaan

perbedaan will dan would dan contoh penggunaannya

Perbedaan will you dan would you akan sangat sering dijumpai dalam request atau membuat permintaan. Dalam hal ini, will dan would akan sama penggunaannya.

Hanya saja, kata would akan paling sering digunakan karena ini memang lebih sopan. Tak hanya untuk permintaan secara umum, tapi juga untuk meminta tolong pada seseorang.

Would memang lebih banyak digunakan, terutama pada orang yang lebih tua.

Will you forgive me for my mistakes.

Would you like forgive me.

  • Penggunaan Will untuk Keputusan Spontan

perbedaan will dan would dan contoh penggunaannya

Spesifik tentang will, salah satu yang sering terjadi adalah penggunaannya dalam pembuatan keputusan spontan.

Yang dimaksud keputusan spontan ini merupakan keputusan tentang sesuatu yang disetujui untuk dilakukan di masa yang akan datang. Ini tak hanya tentang keputusan, tapi sekaligus tentang janji dan dalam membuat prediksi.

Will you marry me? Yes, I will.

Will you be successful person? Yes, I will.

  • Kalimat dengan Pasangan Would dan Rather

aturan penggunaan kata will serta would dalam bahasa inggris

Selain tentang will yang memiliki fungsi spesifik, would pun juga demikian. Misalkan saja, ada kalimat:

I would rather go to library than going to market with my mother.

I would rather to be able to speak with animal than ghost.

Ini merupakan bentuk would-rather yang menunjukkan pilihan. Stuktur kalimatnya spesial, sama halnya dengan pengunaan due to yang juga berbeda dengan because ataupun because of.

Penutup

Itulah beberapa hal tentang penggunaan will dan would. Dua kata ini memang sangat sering dalam digunakan dan dijumpai dalam banyak kalimat dan percakapan.

Beberapa pembahasan bisa membantu anda dalam memahami penggunaan dan perbedaan will dan would tersebut agar anda pun terbantu dalam menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism