banner join inggrism

Prospek Kerja Sastra Inggris

lowongan pekerjaan untuk lususan sastra inggris

Hello Mates, jika biasanya inggrism berbagi materi bahasa inggris, kali ini kami akan berbagi sedikit informasi tentang prospek kerja sastra inggris. Tentunya ada banyak sekali lowongan pekerjaan bagi teman-teman lulusan sastra inggris.

Sastra Inggris merupakan salah satu program studi (prodi) yang ada di banyak perguruan tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Banyak orang yang memilih prodi ini karena tingginya peluang atau lowongan pekerjaan untuk lulusan sastra Inggris. Berikut ini beberapa penjelasan singkat tentang prospek kerja tersebut.

Apa yang Dimaksud dengan Sastra Inggris?

prospek kerja untuk lulusan sastra inggris

Sebelum berbicara tentang prospek kerja sastra Inggris, kita harus mengetahui apa itu sastra Inggris.

Secara umum, definisi sastra Inggris adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bahasa Inggris dari segi linguistik atau kebahasaan serta sastra secara mendalam. Salah satunya adalah sebagai berikut:

The mad man has turned into a monster in just one night.

The synonym for the word “mad” is …

Terjemahan:

Lelaki yang marah itu telah berubah menjadi seorang monster dalam satu malam.

Sinonim dari kata “mad” adalah …

Jawabannya adalah angry.

Contoh di atas merupakan salah satu materi yang ada pada bahasa Inggris yaitu sinonim bahasa Inggris.

Materi yang Ada Pada Sastra Inggris

prospek kerja untuk lulusan sastra inggris

banner join inggrism

Sastra Inggris juga mempelajari tentang banyak materi. Berikut ini beberapa materi tentang apa yang dipelajari di jurusan sastra inggris:

  • Bahasa Inggris,
  • Fonetik dan fonologi,
  • Perkembangan kebudayaan dan kesusastraan di berbagai negara,
  • Prosa Inggris,
  • Sintaksis bahasa Inggris, dll.

Materi Bahasa Inggris

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pengertian sastra Inggris adalah suatu ilmu yang mempelajari bahasa Inggris dari kebahasaan atau linguistik. Berikut ini salah satu contohnya:

Harry Potter got the fake horcrux in Dumbledore’s pendant. It was written in the book of Harry Potter and The Half Blood Prince.

The antonym of the word “fake” is…

Terjemahan:

Harry Potter mendapatkan Horcrux palsu dari liontin Dumbledore. Hal ini dijelaskan dalam buku Harry Potter dan Pangeran Berdarah Campuran.

Antonim dari kata “fake” adalah…

Jawabannya adalah real.

Contoh diatas merupakan aplikasi dari materi bahasa Inggris yang lain yaitu antonim bahasa Inggris.

Sintaksis Bahasa Inggris

Materi lain yang ada pada bahasa Inggris adalah mengenai sintaksis bahasa Inggris. Hal ini membahas tentang susunan kalimat yang ada pada bahasa Inggris.

Seseorang yang memilih bidang kerja sastra Inggris harus tahu bagaimana sintaksis bahasa Inggris tersebut. Berikut ini salah satu contohnya:

I use the large soft pillow in my bed.

Terjemahan:

Aku menggunakan bantal besar yang lembut di tempat tidurku.

Contoh di atas merupakan salah satu aplikasi dari sintaksis bahasa Inggris yaitu adjective order. Secara umum, adjective order adalah urutan penggunaan kata sifat yang ada pada bahasa Inggris.

Lowongan Kerja atau Prospek Bagi Lulusan Sastra Inggris

prospek kerja untuk lulusan sastra inggris

Salah satu hal yang menarik bagi seseorang untuk memilih sastra bahasa Inggris adalah prospek pekerjaan bagi lulusan sastra Inggris.

Ada banyak jenis pekerjaan sastra Inggris diberbagai bidang yang berbeda. Berikut ini beberapa contohnya:

  • Pengajar,
  • Editor,
  • Translator,
  • Interpreter,
  • Sastrawan,
  • Wartawan,
  • Penulis,
  • Blogger,
  • Public relation,
  • Kedubes,
  • Marketing,
  • Tour guide, dll.

Prospek Kerja Menjadi Pengajar Bahasa Inggris

lowongan pekerjaan untuk lususan sastra inggris

Salah satu prospek kerja sastra Inggris adalah menjadi pengajar. Dalam hal ini, mereka bisa bekerja sebagai guru, dosen, maupun instruktur di lembaga kursus bahasa Inggris.

Umumnya, pengajar bahasa Inggris juga didominasi oleh lulusan pendidikan bahasa inggris. Ada banyak materi yang diajarkan. Salah satunya materi tentang contoh regular plural noun.

Menjadi Editor Bahasa Inggris

prospek kerja untuk lulusan sastra inggris

Salah satu prospek kerja sastra Inggris bagi lulusan S1 adalah menjadi seorang editor bahasa Inggris.  Ada banyak jenis editor bahasa Inggris yang bisa dipilih yaitu:

  • Editor buku,
  • Menjadi editor koran,
  • Editor jurnal/artikel,
  • Freelance editor, dll.

Prospek Kerja Menjadi Translator Bahasa Inggris

lowongan pekerjaan untuk lususan sastra inggris

Lowongan pekerjaan untuk lulusan sastra Inggris lainnya adalah menjadi translator bahasa Inggris. Menjadi seorang translator adalah salah satu bagian dari prospek kerja sastra Inggris yang menjanjikan.

Hal ini dikarenakan translator bahasa Inggris memiliki ranah yang luas yaitu sebagai berikut:

  • Translator buku,
  • Menjadi translator website,
  • Translator artikel, dll.

Menjadi Interpreter Bahasa Inggris

prospek kerja untuk lulusan sastra inggris

Lowongan pekerjaan untuk lulusan sastra Inggris yang lain adalah sebagai interpreter bahasa Inggris.

Umumnya, lowongan kerja sastra inggris sebagai interpreter ditemukan di berbagai organisasi yang bergerak dan menghubungkan banyak negara. Sehingga, keberadaan seorang interpreter bahasa Inggris sangat penting.

Menjadi Sastrawan Bahasa Inggris

prospek kerja untuk lulusan sastra inggris

Salah satu prospek kerja lulusan sastra Inggris yang banyak diminati adalah menjadi sastrawan. Seperti yang telah diketahui, sastra Inggris banyak mengupas materi kesusastraan dari banyak negara baik Inggris, Amerika Serikat, maupun Australia.

Oleh karena itu, tak heran jika menjadi sastrawan adalah salah salah satu Lowongan pekerjaan untuk lulusan sastra Inggris.

Prospek Kerja Menjadi Wartawan Bahasa Inggris

lowongan pekerjaan untuk lususan sastra inggris

Wartawan bahasa Inggris merupakan salah peluang kerja yang menarik untuk lulusan sastra Inggris.

Orang yang lulus sastra Inggris dapat bekerja sebagai wartawan koran, media elektronik, maupun sebagai koresponden dari media berita luar negeri. Mereka bisa menjadi wartawan dan gajinya yang cukup menjanjikan.

Menjadi Penulis Bahasa Inggris

prospek kerja untuk lulusan sastra inggris

Lowongan pekerjaan untuk lulusan sastra Inggris lainnya yang cukup menjanjikan adalah dengan menjadi penulis bahasa Inggris.

Para lulusan sastra Inggris bisa menjadi penulis novel bahasa Inggris maupun content writer. Sehingga, menjadi seorang penulis merupakan salah satu pilihan karir untuk sastra Inggris.

Prospek Kerja Menjadi Blogger Bahasa Inggris

lowongan pekerjaan untuk lususan sastra inggris

Lowongan pekerjaan untuk lulusan sastra Inggris yang lain adalah menjadi blogger. Banyak website atau blog yang menggunakan bahasa Inggris.

Sehingga, menjadi blogger menjadi salah satu lapangan kerja sastra Inggris yang banyak diburu. Mereka bisa berkontribusi terhadap website berbahasa Inggris baik dalam negeri maupun luar negeri.

Menjadi Seorang Public Relation

lowongan pekerjaan untuk lususan sastra inggris

Prospek kerja sastra Inggris lainnya adalah menjadi seorang public relation. Umumnya, public relation dapat ditemukan di berbagai perusahaan baik nasional maupun internasional.

Selain itu, ada beberapa organisasi yang juga membutuhkan seorang public relation. Hal inilah yang membuat public relation menjadi peluang kerja lulusan sastra inggris.

Menjadi Seorang Dubes

prospek kerja untuk lulusan sastra inggris

Salah satu karir kerja bahasa inggris yang menjanjikan adalah menjadi kedubes di pemerintahan.

Hal ini dikarenakan kedubes akan menjadi penghubung antara negara satu dengan negara yang lain. Sehingga, peran seorang dubes dengan ketrampilan bahasa Inggris yang baik tentu sangatlah dibutuhkan.

Menjadi Seorang Marketing

prospek kerja untuk lulusan sastra inggris

Prospek kerja jurusan sastra Inggris yang lainnya adalah menjadi marketing. Keberadaan suatu tim marketing dalam organisasi maupun perusahaan sangatlah penting.

Sehingga, seorang lulusan sastra Inggris yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni tentu sangatlah dibutuhkan.

Menjadi Tour Guide

lowongan pekerjaan untuk lususan sastra inggris

Dari beberapa review jurusan sastra Inggris, banyak lulusan yang menjadi seorang tour guide atau pemandu wisata.

Hal ini dikarenakan pemandu wisata memiliki syarat utama yaitu mampu berbahasa Inggris secara aktif maupun pasif. Hal ini tentu menjadi salah satu modal utama dari lulusan bahasa Inggris.

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Sastra Inggris

lowongan pekerjaan untuk lususan sastra inggris

Ada banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang menyediakan jurusan sastra Inggris. Salah satunya adalah Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Program Studi Sastra Inggris di universitas ini mendapatkan gelar sebagai Sarjana Humaniora atau S.Hum. Dengan gelar tersebut, ada banyak lowongan pekerjaan sastra inggris yang bisa teman-teman masuki.

Penutup

Terima kasih telah membaca dan menyimak artikel tentang prospek kerja sastra inggris ini. Semoga bisa membantu teman-teman untuk mendapatkan perkerjaan yang sesuai keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism