banner join inggrism

Belajar Bahasa Inggris Otodidak

cara mempelajari bahasa inggris sendiri

Belajar bahasa inggris tidaklah sepenuhnya sulit, dan bahkan seseorang bisa saja belajar Bahasa Inggris otodidak. Ini bukanlah hal yang mustahil.

Lebih lagi, sekarang ini ada banyak sekali sarana untuk membantu proses belajar bahasa Inggris walau itu dilakukan secara otodidak atau tanpa adanya guru pendamping.

Belajar dari Pengucapan Greetings

cara mempelajari bahasa inggris sendiri

Salah satu yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak untuk pemula adalah dengan belajar pelafalan.

Pelafalan atau pengucapan adalah hal yang sulit. Namun, ini memang harus dilatih sejak dini. Ini tidak harus dilatih dari pelafalan hal-hal yang rumit. Kalimat dan ucapan sederhana seperti greetings bisa digunakan.

Seperti halnya yang dipelajari oleh anak-anak atau pelajaran bahasa Inggris untuk anak sd, belajar dari greeting menjadi salah satu yang diajarkan sejak awal.

Greeting ini berupa ucapan serta sapaan sederhana, dan ini bisa dipraktikkan dalam keseharian.

Good morning/good afternoon/ good evening

How are you today?

Is everything alright?

Have a nice day!

Terjemahan:

Selamat pagi/ selamat sore/ selamat malam

Bagaimana kabarmu hari ini?

Apakah semuanya baik-baik saja?

Semoga harimu indah!

Memperkaya Kosakata dengan Kartu

tips belajar bahasa inggris otodidak

Yang juga sangat penting dalam mempelajari Bahasa Inggris sendiri adalah menguasai kosakata. Kosakata menjadi modal awal dalam belajar bahasa Inggris.

banner join inggrism

Tanpa memiliki kosakata atau kumpulan kata yang banyak, tentu seseorang tidak akan bisa berkomunikasi dengan lancar dalam bahasa Inggris dan memahami kata dalam bahasa ini.

Salah satu metode termudah adalah dengan menggunakan kartu. Kartu yang dimaksud adalah suatu kertas yang dibuat dalam potongan kecil yang nantinya digunakan untuk mencatat kata-kata baru untuk dihafalkan.

Misalkan saja, ada kata literally. Dalam hal ini, literally adalah kata keterangan yang biasanya digunakan untuk memberikan penekanan.

Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

tips belajar bahasa inggris otodidak

Yang juga bisa dijadikan cara lain untuk mempelajari Bahasa Inggris sendiri adalah dengan mendengarkan lagu. Ini bisa digunakan untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

Untuk anak-anak, tentu saja belajar bahasa inggris dengan lagu yang bisa didengarkan. Untuk remaja dan orang dewasa, bahkan pilihan lagu yang ada sangat banyak, termasuk juga lagu pop dan genre lain yang sekiranya disukai.

Belajar dari lagu sangatlah mudah dan menyenangkan. Ini menjadi sarana untuk belajar kosa kata, pelafalan, hingga kemampuan menyimak.

Dengan mendengarkan lagu sambil membaca liriknya, nantinya akan ada kata-kata baru yang bisa dipelajari dan tentunya ini menjadi cara seru dan menyenangkan untuk belajar.

Belajar Pengucapan Ucapan-Ucapan Sederhana

cara mempelajari bahasa inggris sendiri

Yang juga tak kalah penting adalah belajar dengan melatih pengucapan. Pengucapan ini bisa dilakukan dengan lagu seperti yang disebutkan sebelumnya.

Selain itu, belajar bahasa inggris percakapan bisa juga dimulai mengucapkan ungkapan-ungkapan atau kata-kata sederhana.

Salah satu yang mudah memang belajar dari greeting. Selain itu, ada juga beberapa ungkapan-ungkapan berupa kata perintah atau kata-kata permintaan yang bisa dilakukan dan dicoba. Berikut adalah beberapa contohnya.

Open the windows!

Turn off the lamps!

Could you please help me?

May I borrow your books?

Can you please clean the floor?

Terjemahan:

Buka jendelanya!

Matikan lampunya!

Bisakah kamu membantuku?

Bolehkah aku meminjam bukumu?

Bisakah kamu membersihkan lantai itu?

Belajar Menggunakan Tata Bahasa atau Grammar

cara mempelajari bahasa inggris sendiri

Selain kosakata bahasa inggris dan pengucapan, aspek lain dalam mempelajari Bahasa Inggris sendiri yang juga perlu diperhatikan adalah tata bahasa atau grammar.

Bagi sebagian orang, ini dianggap menjadi bagian tersulit dalam bahasa Inggris. Padahal, ini tidak sepenuhnya sulit bila dipelajari secara bertahap, bahkan untuk anak sekalipun.

Ini bisa dimulai dari tata bahasa yang dasar dan sekaligus penting dalam penyusunan kalimat. Misalkan saja belajar tentang subject-verb agreement.

Bagian yang satu ini memang luas, tapi ini bisa dipelajari mulai dari hal-hal yang sederhana. Berikut adalah contoh kalimat sederhana dalam penggunaan subject dan verb atau kata kerja.

She goes to school.

My mother cooks in the kitchen.

They bring some books from library.

My sister likes cats.

Terjemahan:

Dia berangkat ke sekolah.

Ibuku memasak di dapur.

Mereka membawa buku dari perpustakaan.

Adik perempuanku menyukai kucing.

Memperbanyak Kosa Kata dengan Membaca Buku atau Novel

tips belajar bahasa inggris otodidak

Ada banyak cara mempelajari Bahasa Inggris sendiri untuk memperkaya kosa kata. Mendengarkan lagu adalah salah satunya.

Selain itu, kosa kata baru bisa juga didapatkan dari membaca buku. Bagi yang senang membaca novel, tentu ini menjadi suatu kesempatan yang menarik.

Ada banyak novel yang bahkan sekarang bisa diunduh dalam format pdf secara online. Novel dengan berbagai judul dan genre bisa didapatkan, baik itu yang berbayar ataupun yang gratis.

Ini bisa menjadi salah satu cara belajar bahasa inggris cepat. Dengan membaca novel, akan ada kata-kata, ungkapan, hingga ekspresi baru yang bisa dipelajari dan ini bisa dicatat untuk dipraktikkan.

Mempraktikkan Percakapan-Percakapan Singkat

tips belajar bahasa inggris otodidak

Lalu, cara belajar bahasa inggris otodidak dasar lainnya adalah dengan belajar dari percakapan-percakapan sederhana.

Ada banyak ucapan dan percakapan singkat yang bisa dipelajari,dan ucapan terima kasih dalam bahasa inggris adalah salah satunya. Ini bisa menjadi media untuk cara cepat belajar conversation bahasa inggris.

Ada beragam contoh percakapan yang bisa didapatkan. Ini bisa juga ditemukan di banyak situs. Dengan demikian, ada banyak sumber dan sarana terkait cara belajar inggris otodidak yang bisa didapatkan.

Berikut adalah contoh percakapan singkat untuk mempelajari Bahasa Inggris sendiri.

Thank you very much.

You are welcome.

What do you think about the red dress?

I think that it suits you well. You will look pretty by wearing it.

I heard that you have just bought a new phone.

Ya, my father gave me surprise by giving new phone.

Terjemahan:

Terima kasih banyak.

Sama-sama.

Apa pendapatmu tentang dres merah itu?

Kurasa itu cocok untukmu. Kamu akan terlihat cantik dengan dres itu.

Kudengar kamu baru saja membeli handphone baru.

Iya, ayahku memberikan kejutan dengan memberikan handphone baru.

Memanfaatkan Media Sosial untuk Mencari Teman dari Negara Lain

cara mempelajari bahasa inggris sendiri

Selain beberapa cara tersebut, ada juga cara mempelajari Bahasa Inggris sendiri lainnya. Dalam hal ini, sosial media bisa dimanfaatkan sebagai sarana dan cara belajar bahasa inggris otodidak.

Dengan sosial media, teman baru bisa didapatkan, dan bukan tidak mungkin untuk menjalin relasi dengan orang dari luar negeri.

Ada banyak media dan akses yang tersedia untuk memperluas jaringan relasi tersebut. Dengan demikian, mencari teman yang menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari bukanlah hal yang sulit.

Dengan mempraktikkan itu secara langsung, proses belajar tentu akan menjadi jauh lebih cepat. Ini bisa menjadi salah satu tips belajar bahasa inggris otodidak yang bisa dilakukan.

Membaca Komik Berbahasa Inggris

tips belajar bahasa inggris otodidak

Ada banyak cara mempelajari Bahasa Inggris sendiri lainnya. Salah satu cara mudah belajara bahasa inggris yang menyenangkan adalah dengan membaca komik bahasa Inggris.

Dengan adanya gambar dan jalan cerita yang seru, tentu ini tidak akan terasa seperti sedang belajar. Ini memang bisa menjadi cara belajar cepat bahasa inggris otodidak.

Dari komik, tentu akan anda banyak kata baru yang bisa didapatkan. Selain itu, ada banyak bentuk ungkapan dan percakapan yang tentunya sangat berguna untuk dipelajari.

Dari ungkapan yang kemudian dipraktikkan, ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana belajar berbicara bahasa inggris otodidak.

Berlatih Mengerjakan Soal-Soal Bahasa Inggris

cara mempelajari bahasa inggris sendiri

Pada akhirnya, kemampuan bahasa inggris yang sudah dipelajari tersebut perlu diuji juga.

Ini untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang didapatkan, walau itu bahkan dari mempelajari Bahasa Inggris sendiri. Karena itu, berlatih mengerjakan soal-soal pun patut dicoba secara berkala.

Ada banyak jenis soal. Tentu saja, soal-soal ini bisa didapatkan secara online dari beragam situs atau website.

Bahkan ketika seseorang sudah merasa cukup mampu dengan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki, mencoba mengerjakan soal TOEFL bisa dilakukan untuk mengukur kemampuan yang ada.

Pada dasarnya, belajar bahasa Inggris secara otodidak bukanlah sesuatu yang mustahil. Ada banyak sarana dan metode yang bisa dilakukan.

Kesimpulan

Ada beragam metode dan sarana pendukung yang tersedia saat ini untuk semakin memudahkan seseorang dalam belajar Bahasa Inggris otodidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism