banner join inggrism

Report Text | Pembahasan & Contoh

Report text atau yang biasa dikenal sebagai teks laporan merupakan materi dasar yang diperkenalkan ketika SD. Namun, kegunaan dari report text ini berlaku sampai ketika kamu bekerja. Oleh karena itu, kamu harus tahu apa saja contoh report text tersebut.

Report text dalam Bahasa Inggris yang ada di artikel ini juga dilengkapi dengan Bahasa Indonesia. Tujuannya agar Kamu dapat memahami teks laporan tersebut dengan baik.

Tentu saja, terdapat banyak hal penting lainnya yang perlu diketahui agar kamu bisa menulis report text dengan baik dan benar.

Pengertian Report Text

contoh report text beserta artinya

Report text adalah teks laporan yang digunakan untuk menjelaskan sebuah objek secara mendetail. Jika mengacu kepada Concise Oxford Dictionary Edisi 10, maka definisi report text merupakan teks yang isinya berupa informasi akan sebuah kejadian yang sebelumnya telah dilakukan investigasi dan pengamatan terstruktur.

Akan tetapi, pemakaian contoh report text ini biasanya terbatas pada bidang ilmiah sehingga pembahasannya meliputi berbagai fakta seputar objek tersebut baik secara fisik maupun non fisik. 

Sebenarnya report text ini merupakan bagian dari contoh descriptive text

Karena tujuan utama serta fungsi sosial dari report text adalah memberikan informasi penting kepada para pembaca tentang suatu hal ataupun objek tertentu.

Namun, kedua teks ini cukup berbeda. Jika teks deskriptif digunakan untuk menjelaskan berbagai hal dengan bebas. 

banner join inggrism

Maka, sebuah contoh report text fokus kepada fakta ilmiah sehingga pendapat pribadi penulisnya tidak ditemukan pada teks laporan ini.

Tujuan Report Text

contoh report text beserta artinya

Report text ini biasa digunakan pada berbagai bidang pendidikan. Karena, tujuannya adalah memberikan laporan terhadap suatu objek atau peristiwa yang telah atau sedang diobservasi.

Bisa dikatakan jenis laporan ini digunakan untuk semua lini pendidikan baik itu sosial maupun sains. 

Oleh karena itu, mempelajari teks ini baik secara singkat maupun menyeluruh sangat bermanfaat untuk siapa saja.

Contoh report text bisa dibuat untuk observasi berkelanjutan atau hanya sekali bergantung kebutuhan masing-masing. Report text juga bisa dijadikan sebagai pembahasan dalam contoh discussion text.

Namun, teks report ini sangat berguna karena terhindar dari pendapat pribadi penulis sehingga bias pada teks ini sangat minim.

Ciri-ciri Report Text

contoh report text beserta artinya

Setiap contoh report text pastinya memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakan teks ini dengan lainnya. Adapun ciri teks laporan antara lain:

  • Biasanya contoh report text berisikan berbagai fakta ilmiah. Penggunaan fakta ilmiah baik berupa data, teori dan contoh yang relevan merupakan fungsi faktual dari teks laporan tersebut. 
  • Unsur bahasanya memakai relating verbs untuk menjelaskan ciri-ciri. Sedangkan penggunaan action verbs untuk menjelaskan perilaku.
  • Teks laporan biasanya memiliki judul yang umum, serta
  • Umumnya memakai simple present tense. Namun, sama halnya dengan contoh recount text, kamu bisa menggunakan simple past tense untuk beberapa objek yang sudah punah seperti hewan purba (dinosaurus, tasmanian devil), tentang teknologi terdahulu dan lainnya.

Generic Structure atau Struktur Report Text

contoh report text beserta artinya

Layaknya pada contoh review text, report text ini juga memiliki generic structure atau struktur, antara lain:

  • General Classification/Klarifikasi Umum

Biasanya sebuah contoh report text diikuti dengan pendahuluan berupa pernyataan umum yang menerangkan sebuah objek. Pernyataan umum ini terletak pada awal paragraf dan biasanya berisikan pengetahuan dasar yang diterima semua orang terhadap objek tersebut.

Nantinya pernyataan umum ini akan dijelaskan lebih lanjut pada paragraf selanjutnya. Jadi, jika kamu membahas tentang fenomena alam seperti banjir. Maka, pendahuluannya akan berupa penjelasan umum tentang banjir kemudian diikuti paragraf berikutnya yang menjelaskan banjir secara mendetail.

  • Description/Deskripsi

Pada bagian ini biasa berisikan macam-macam fenomena yang terjadi pada sebuah objek yang dibahas. Namun, deskripsi ini sangat beragam dan lengkap karena memuat berbagai informasi baik itu sifatnya, bagian-bagian yang ada, tingkah laku, fitur dan lainnya.

Akan tetapi, teks ini terbatas pada laporan ilmiah sehingga setiap informasi yang ada pasti didasarkan pada fakta ilmiah.

Namun, factual report text bisa berubah jika fakta ilmiah yang ada juga berubah berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan diyakini hasilnya valid.

Beberapa Contoh Report Text dan Artinya

contoh report text beserta artinya

Nah, setelah kamu mengetahui berbagai hal penting dari teks laporan ini. Maka, kamu juga harus tahu beberapa contoh report text tersebut.

Biasanya teks ini dapat kamu temukan dalam versi Bahasa Inggris beserta artinya dalam Bahasa Indonesia sehingga lebih mudah dipahami.

Selain itu, report text ini biasa digunakan untuk membahas berbagai topik seperti tentang bencana alam, objek unik, tentang bumi, maupun fenomena yang hangat saat yaitu tentang covid-19.

Volcano Eruption

contoh report text beserta artinya

Volcanic eruptions are a process of the magma exiting from within the magma chamber located inside the volcano. This happens because there is magma activity as well as tectonic plate movement.

Volcanic eruptions are one of the natural disasters because it carries magma, hot and cold lava, dense ash and others. As a result, the land around the volcano will be damaged, disrupting the farming activities of the surrounding residents. Residents will also lose livestock, homes and other valuables.

Nevertheless, volcanic eruptions will bring benefits for the long term. Because the volcanic ash that comes out will make the surrounding agricultural land fertile.

Materials that come out such as sand and stone can be used for new housing developments and others. In addition, new jobs such as sand mining will be opened so that people who lose their property can continue to work to obtain their daily needs.

Terjemahannya :

Erupsi Gunung Berapi

Letusan gunung berapi merupakan proses keluarnya magma dari dalam ruang magma yang terletak di dalam gunung berapi. Hal ini terjadi karena terdapat aktifitas magma serta gerakan lempeng tektonik.

Letusan gunung berapi merupakan salah satu bencana alam karena membawa magma, lahar panas dan dingin, abu pekat dan lainnya. Akibatnya, lahan sekitar gunung berapi akan rusak sehingga mengganggu kegiatan bercocok tanam warga sekitar. Penduduk juga akan kehilangan ternak, rumah dan barang berharga lainnya.

Walaupun demikian, erupsi gunung berapi akan membawa keuntungan untuk jangka pendek dan panjang. Karena abu vulkanik yang keluar akan membuat tanah pertanian di sekitarnya menjadi subur.

Material yang keluar seperti pasir dan batu bisa dipakai untuk pembangunan perumahan baru dan lainnya. Selain itu, pekerjaan baru seperti penambangan  pasir akan terbuka sehingga warga yang kehilangan hartanya bisa tetap bekerja untuk memperoleh kebutuhan sehari-hari.

Tesla Cars

contoh report text beserta artinya

Tesla cars are one of the official electric cars operating in the world today. Electric cars are one of the solutions to protect the environment from exhaust fumes of conventional cars. In addition, the use of electric power is believed to be more efficient than fuel consumption. Electric cars are also believed to be the cars of the future that the world needs.

The Tesla car, which is a product of Elon Musk’s company, has been in operation for 15 years. The first Tesla Mobi was the Roadster which was the first generation. However, the car’s main success began when it launched the Model S Sedan in 2012.

Until now, Tesla cars have continued to grow. The Tesla company is now designing new batteries to store more electricity as well as increasingly sophisticated automobile systems.

Terjemahannya :

Mobil Tesla

Tesla merupakan salah satu mobil listrik yang resmi beroperasi di dunia saat ini. Mobil listrik merupakan salah satu solusi untuk menjaga lingkungan dari limbah asap knalpot yang berasal dari mobil konvensional. Selain itu, pemakaian tenaga listrik diyakini lebih hemat daripada pemakaian BBM. Mobil listrik juga diyakini merupakan mobil masa depan yang dibutuhkan dunia.

Tesla yang merupakan produk perusahaannya Elon Musk ini telah beroperasi selama 15 tahun. Mobil Tesla pertama adalah Roadster yang merupakan generasi pertama. Namun, kejayaan utama mobil ini dimulai saat diluncurkannya Model S Sedan pada tahun 2012 lalu.

Sampai saat ini, mobil Tesla terus mengalami perkembangan. Perusahaan Tesla sekarang sedang merancang baterai baru agar dapat menyimpan listrik lebih banyak serta sistem automobile yang semakin canggih.

Sun Bear

contoh report text beserta artinya

The Sun Bear (Helarctos Malayanus) is a small bear and even the smallest of the eight types of bears in the world. The sun bear is a typical animal of Bengkulu Province. 

In addition to its relatively small size, the sun bear’s fur also tends to be short, smooth but shiny and in black  color.  In general, his eyes are black or blue with a relatively wider nose but not as muzzle as other bears.

The dwelling of this animal is in a primary forest or secondary forest that is commonly used as an agricultural area. Sun bears are common in trees with a height of 2-7 meters. 

Sun bears are omnivorous animals that can eat anything like fruit, sun, birds and others. These animals are among the protected as their numbers continue to decline due to their changing habitat.

Terjemahannya :

Beruang Madu

Helarctos Malayanus atau Beruang Madu merupakan beruang berukuran kecil bahkan yang terkecil di antara delapan jenis beruang di dunia. Beruang madu merupakan hewan khas Provinsi Bengkulu. 

Selain ukurannya yang relatif kecil, bulu beruang madu ini juga cenderung pendek, halus namun berkilau dan warnanya hitam.  Secara umum matanya berwarna hitam atau biru dengan hidung relatif lebih lebar namun tidak terlalu moncong seperti beruang lainnya.

Tempat tinggal hewan ini berada di hutan primer atau hutan sekunder yang biasa dipakai sebagai area pertanian. Beruang Madu biasa berada di pohon dengan ketinggian 2-7 meter. 

Beruang madu merupakan hewan omnivora yang dapat memakan apa saja seperti buah, madu, burung dan lainnya. Hewan ini termasuk yang dilindungi karena jumlahnya terus menurun akibat habitatnya yang berubah.

Bagaimana? Tidak sulit bukan mempelajari berbagai contoh report text plus beserta strukturnya dengan baik. Sekarang, kamu bisa membuat teks laporan sendiri dengan bantuan contoh yang ada di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism