banner join inggrism

Descriptive Text | Pembahasan & Contoh

Contoh descriptive text harus mampu menjelaskan kalimat yang menggambarkan sesuatu, seseorang, dan suatu tempat secara detail. Penjelasan itu meliputi suara, aroma, rasa, dan penampakan.

Struktur descriptive text sangat berbeda dengan struktur yang ada dalam contoh procedure text. Nah, untuk mengetahui apa itu descriptive text?

Kami akan memberikan pembahasan secara menyeluruh di artikel ini. Langsung saja simak dan baca pembahasan dibawah ini.

Pengertian Descriptive Text

contoh descriptive text dan artinya

Pengertian descriptive text adalah cara untuk menjelaskan pengalaman sesuai dengan panca indera. 

Misalnya, seorang penulis menggunakan karya descriptive text untuk membuat tulisannya lebih mudah dipahami oleh pembaca. 

Teori lain juga menjelaskan bahwa tujuan descriptive text adalah untuk membandingkan atau mencari persamaan antara manusia dengan suatu objek, entah itu bentuk, jumlah, jenis, atau lainnya. Untuk lebih mendalaminya, teman-teman bisa melihat beberapa contoh descriptive text yang akan kami berikan dibagian akhir artikel ini.

Generic Structure atau Struktur Descriptive Text

contoh descriptive text dan artinya

Sebelum menulis kalimat deskriptif, kamu perlu tahu struktur apa saja yang harus ada, antara lain:

banner join inggrism
  • Identifikasi

Contoh descriptive text berisi tentang pengenalan suatu objek (tempat, orang, barang, dan lainnya). Misalnya, “Hujan memenuhi langit. Membuatnya terlihat seperti warna batu safir abu-abu: menjadikannya kelabu.”

Coba lihat contoh di atas, mana yang termasuk identifikasi? Jelas sekali kalimat ini “Hujan memenuhi langit.” Begitu membaca kalimat itu, apa yang kamu rasakan? Apa langsung membayangkan suasana saat hujan? Saat udara menjadi lebih dingin dan gelap?

  • Deskripsi

Yaitu berisi tentang deskripsi atau penggambaran sesuatu, meliputi fitur, warna, bentuk, dan sebagainya. Lalu, berdasarkan contoh di atas, mana yang termasuk deskripsi? Tentu bagian “Membuatnya terlihat seperti warna batu safir abu-abu: menjadikannya kelabu.”

Dengan deskripsi, para pembaca dipacu untuk ikut membayangkan suasana saat hujan: bagaimana suasananya, aromanya, dan sebagainya. Jadi, pembaca akan lebih menikmati jalannya suatu cerita. Bagian deskripsi juga menjadi bagian paling utama dalam sebuah contoh descriptive text.

Ciri-Ciri Descriptive Text

contoh descriptive text dan artinya

Dalam sebuah contoh descriptive text sendiri mempunyai beberapa ciri khusus yang bisa Anda gunakan untuk mengidentifikasinya. Nah, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang terdapat dalam sebuah teks deskripsi bahasa inggris.

  • Pembahasan berfokus pada suatu hal tertentu saja.
  • Menggunakan attribute verb, contohnya seperti be (are, is, am).
  • Terdapat kalimat simple present tense.

Fitur Bahasa dalam Descriptive Text

contoh descriptive text dan artinya

Tujuan menambahkan fitur bahasa adalah untuk memberikan pedoman bagi penulis agar tulisan mereka mudah dibaca dan dipahami. Fitur bahasa atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan language feature-nya, antara lain:

  • Partisipan khusus. Yaitu satu objek yang unik dan satu-satunya. Misalnya: anakku, Gunung Ungaran, Pantai Karang Jahe, dan sebagainya.
  • Kata sifat. Fungsinya untuk memperjelas kata benda. Misalnya: pagi yang kelabu, pantai yang indah, pantai pasir putih, rumah yang nyaman, mobil yang mahal, makanan yang lezat, dan sebagainya.
  • Sama dengan anecdote text, dalam descriptive text juga menggunakan Simple Present Tense. Fungsinya untuk menunjukkan fakta. Masih ingat kan rumusnya? Subyek + Verb 1 (s/es) untuk kalimat positif. Kalimat negatif menggunakan Subyek + don’t/ doesn’t.
  • Kata kerja yang menyatakan aksi atau tindakan. Misalnya berjalan, berlari, melihat, mendengar, belajar, minum, makan, bercocok tanam, memotret, dan sebagainya.

Fungsi atau Tujuan Descriptive Text Secara Khusus

contoh descriptive text dan artinya

Semuanya pasti punya maksud dan tujuan, begitupun descriptive text. Fungsinya antara lain:

  • Contoh descriptive text ntuk menggambarkan orang, barang, dan tempat secara spesifik.
  • Untuk menggambarkan seseorang, benda, dan tempat secara spesifik. 

Kriteria dan Karakteristik Descriptive Text

contoh descriptive text dan artinya

  • Runtut (seluruh kalimat harus runtut).
  • Menggunakan majas, layaknya contoh review text, dalam descriptive text harus menggunakan majas untuk memperjelas penggambaran.
  • Kata kerja yang jelas, misalnya: dia mengetik dengan cepat, dia berjalan dengan santai, mereka tertawa terbahak-bahak, dan sebagainya. 
  • Memperjelas indera perasa, penglihatan, peraba, dan sebagainya. 
  • Pikirkan secara jelas apa yang mau kamu tulis. Setelah selesai, baca ulang dan segera perbaiki jika ada kesalahan. 

Tipe dan Contoh Descriptive Text yang Sederhana

contoh descriptive text dan artinya

Dalam descriptive text sendiri mempunyai beberapa tipe. Biasanya tipe descriptive text itu dilihat dari pembahasannya, ada yang membahasa tentang seseorang, tentang tempat, dan tentang objek. Descriptive text yang menceritakan tentang masa lampau disebut contoh recount text.

Nah, berikut ini adalah paragraf descriptive text yang sederhana dari berbagai tipenya. Silahkan langsung simak contoh-contoh dibawah ini.

  • Tentang Seseorang

contoh descriptive text dan artinya

Untuk menggambarkan seseorang, kamu harus menekankan pada penampakan fisik dan detail. Tujuannya adalah agar pembaca juga merasa terikat secara emosional. Berikut ini contoh teks deskripsi dalam bahasa inggris tentang seseorang.

My Creative Son

I am so grateful to be given two creative sons. My first son is 7 years old and he is almost in my height.

He eats alot but doesn’t gain weight. He is much like his mother. His hobby is drawing transportation, digestive system, and planet.

He is not a gadget child because I only allow him to use gadget and internet in school holiday. And the rest? It is just the pen and paper. From the morning to the night, the pen and paper always on his hand.

He is tipically serious boy when doing something. So, it is no wonder that his drawings look like the original, even the smallest detail. Recently, he is addicted to monster truck. Not only he draws it, he also make a 3D version of it. Sometimes I wonder who his tallent descended from?

Anak Lelakiku yang Kreatif

Aku sangat bersyukur dianugerahi dua anak lelaki yang kreatif. Anak pertamaku berusia 7 tahun dan tingginya sudah mulai menyusulku. 

Makannya banyak tapi tak bisa gendut. Persis Bundanya. Hobinya menggambar alat transportasi, sistem pencernaan, dan planet.

Dia memang bukan anak gawai. Karena hanya aku ijinkan buka gawai dan internet saat libur sekolah. Selebihnya? Pulpen dan kertas. Dari mulai pagi sampai malam hari, pulpen dan kertas selalu di tangan.

Dia tipikal anak yang serius saat melakukan sesuatu. Jadi tidak heran jika hasil gambarnya pun mirip aslinya, bahkan sampai detail terkecil. Akhir-akhir ini dia sedang menggilai monster truck. Tidak cukup digambar, dia juga membuat versi 3D lho. Kadang aku pun sampai heran bakatnya ini menurun dari siapa?

  • Tentang Objek

contoh descriptive text dan artinya

Menggambarkan objek dan tempat tentu tak membutuhkan emosi pembaca. Jadi, sebagai gantinya, kita harus menggunakan majas metafora untuk menggelitik rasa para pembaca secara fisik. Nah, berikut ini contoh soalnya.

Joyo Fried Chicken – A Non MSG Fried Chicken that Caress My Tongue

As a big fan of fried chicken, I have tried almost any fried chicken restaurants in town. And at the moment tasting Joyo Fried Chicken, I felt like “Okay, I need no other brands”.

I wouldn’t notice the non-MSG term before. The first bite of it gives you the sensation of salty and tenderness until you won’t find any struggle inside your mouth. Just chew and let your tongue dance with joy. Even my one year old son is enjoying it very much.

Once and for all, health is an essential matter. So for the sake of family’s health, I 100% prefer this non-MSG fried chicken over others. How about you?

Ayam Goreng Joyo – Ayam Goreng Non-MSG yang Menggoyang Lidah

Sebagai pecinta ayam goreng, aku sudah mencoba hampir semua restoran ayam goreng di kota. Dan saat menikmati ayam goreng Joyo, aku merasa “Oke, aku tidak butuh merek lain”.

Aku belum pernah mengetahui istilah non-MSG sebelumnya. Gigitan pertama memberimu sensasi asin dan lembut sampai kamu tidak akan kesulitan ketika memakannya. Kunyah saja dan biarkan lidahmu bergoyang dengan bahagia. Bahkan anakku yang 1 tahun sangat menikmatinya.

Kesimpulanya, kesehatan adalah hal yang penting. Jadi demi kesehatan keluarga, aku merekomendasikan ayam goreng non-MSG ini 100% dari pada yang lain. Gimana pendapatmu?

  • Tentang Tempat

contoh descriptive text dan artinya

Seperti yang sudah dijelaskan di poin atas, descriptive text tentang tempat tidak membutuhkan emosi. Hanya butuh bumbu majas metafora untuk menarik pembaca secara fisik.

Gedong Songo Temple – The Nine Temples in Semarang Highland

Indonesia, especially Central Java, is the land of temples. Besides Prambanan and Borobudur, Central Java has Gedong Songo Temple that is located in Bandungan, the highland of Semarang.

Reaching there, you need to ride for about 1 hour by car from Ahmad Yani International Airport. What do you expect while visiting a historical site? The nature? The ancient building or artefacts? Or the insta-worthy surrounding?

The emerald green scenery leaves you in peace, releasing all stress away. Spare some days visiting this site to make your body and soul relaxed, taking as much oxygen as you need to refresh your mind. 

Capture anything in here: the rice field, flowers, temples, clouds, mountains, swamp, village, and any nature can offer. Take it. Make yourself content with what God gives. Be grateful and happy.

Candi Gedong Songo – Sembilan Candi di Dataran Tinggi Semarang

Indonesia, khususnya Jawa Tengah, adalah tanahnya dari banyak candi. Selain Prambanan dan Borobudur, Jawa Tengah mempunyai Candi Gedong Songo yang terletak di Bandungan, Dataran Tinggi Semarang.

Untuk sampai disana, kamu menghabiskan perjalanan sekitar 1 jam dengan mobil dari Bandara Internasional Ahmad Yani. Apa yang kamu harapkan saat mengunjungi situs bersejarah? Alamnya? Bangunan dan artefak kuno? Atau pemandangan yang instagramable?

Pemandangan hijau zamrud membuatmu merasakan ketenangan, menghilangkan semua stres. Luangkan beberapa hari mengunjungi situs ini untuk membuat tubuh dan jiwamu rilek, hirup oksigen sebanyak yang kamu butuhkan untuk menyegarkan pikiranmu.

Potret apapun disini: sawah, bunga, candi, awan, gunung, rawa, pedesaan, dan pemandangan alam apapun yang disuguhkan. Rasakan, buat dirimu puas akan anugrah Tuhan. Bersyukur dan berbahagialah.

Kesimpulan

Contoh descriptive text di atas sangat mudah, bukan? Ada contoh descriptive text tentang seseorang, tentang objek, hingga tentang tempat. Ayo mulai latihan sekarang untuk menambah pengetahuan teman-teman mengenai descriptive text dalam bahasa inggris. Keep Learning 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism