banner join inggrism

Review Text | Pembahasan & Contoh

pengertian, tujuan, struktur, dan contoh review text beserta artinya

Pernahkah kamu memberikan ulasan terhadap suatu produk? Kamu mungkin juga pernah memberikan kritik atau masukan terhadap produk tersebut. Nah, tahukah kamu, jika ulasan yang kamu berikan itu adalah contoh review text?

Jika teman-teman belum tahu apa itu review text? Nah, artikel kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai review text dalam bahasa inggris. Oke, langsung saja simak pembahasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Review Text

pengertian, struktur, ciri-ciri, tujuan, dan contoh review text beserta artinya

Yup, pengertian review text adalah sebuah teks berisi ulasan, kritikan atau opini mengenai suatu produk tertentu. Misalnya kamu ingin mengulas tentang produk kecantikan, maka kamu bisa membahas mulai dari kemasan, harga hingga efek produk tersebut di kulit kamu.

Berbeda dengan contoh report text, dalam menulis review text tidak perlu panjang, cukup singkat dan jelas. Yang penting, sesuai dengan struktur review text. Yuk kita kupas tuntas mengenai review text.

Ciri-Ciri Review Text

pengertian, struktur, ciri-ciri, tujuan, dan contoh review text beserta artinya

Setiap jenis teks memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang berbeda. Untuk review text, ciri-cirinya antara lain:

  • Sudut Pandang Orang Pertama

Review text ditulis untuk mengulas suatu produk. Maka, sudut pandang yang digunakan adalah orang pertama, yaitu si penulis itu sendiri. Pendapatan yang dijabarkan oleh penulis belum tentu disetujui oleh pembaca.

Walaupun begitu, review text memang bertujuan untuk memberikan gambaran kepada orang lain.

banner join inggrism
  • Menggunakan Kata Sifat (Adjectives)

Untuk mendeskripsikan suatu produk, kata yang dominan digunakan adalah kata sifat. Hal tersebut sama dengan contoh recount text yang juga menggunakan adjective. Pada saat mengulas suatu produk, tentu kita akan menggunakan penilaian menggunakan kata sifat, seperti ‘good’ or ‘bad’.

  • Mengandung Teks Deskripsi

Review text agak mirip dengan contoh descriptive text. Hanya saja, review teks memiliki bagian mengutarakan pendapat dan mengajak orang untuk melakukan hal yang sama.

  • Memiliki Fungsi Sosial

Karena review text ini bertujuan untuk memberikan penilaian terhadap suatu produk, maka review text ini memiliki fungsi sosial. Melalui review text, pembaca jadi bisa lebih tahu tentang benda yang kita ulas.

Tujuan Review Text

pengertian, struktur, ciri-ciri, tujuan, dan contoh review text beserta artinya

Dalam sebuah review text, pasti mempunyai tujuan tertentu. Dan berikut ini adalah beberapa tujuan dari sebuah review text :

  • Teks review atau review text biasanya digunakan untuk mengevaluasi, mengkritik, meninjau, hingga mengutarakan pendapat pada suatu karya, produk, jasa, peristiwa atau hal yang lainnya.
  • Bisa dimanfaatkan untuk memberikan informasi kelebihan, kekurangan, kualitas, hingga kelayakan suatu karya, peristiwa, produk, jasa, atau hal yang lainnya.

Struktur Kebahasaan dalam Contoh Review Text

pengertian, struktur, ciri-ciri, tujuan, dan contoh review text beserta artinya

Adapun struktur kebahasaan atau fitur bahasa yang biasa digunakan dalam membuat contoh review text. Berikut ini adalah beberapa contohnya :

  • Sama seperti contoh descriptive text, dalam review text juga menggunakan gaya bahasa atau majas metafora.
  • Selalu terdapat kalimat present tense didalam review text.
  • Terdapat long clause dan juga complex clause.
  • Memakai kata adjectives, contohnya seperti kata bad, good, worst, valuable, dan masih banyak lagi.

Generic Structure atau Struktur Review Text

pengertian, struktur, ciri-ciri, tujuan, dan contoh review text beserta artinya

Sama seperti anecdote text yang mempunyai struktur yang komplek. Generic structure dari review text cukup komplek dan memiliki 4 bagian, yaitu pendahuluan (introduction), evaluasi (evaluation), interpretasi (interpretation) dan kesimpulan (summary).

Jika contoh review text yang pernah kamu buat memiliki struktur di atas, hampir bisa dipastikan bahwa teks yang kamu tulis adalah review text. Mari kita bedah lebih lanjut mengenai masing-masing bagian generic structure:

  • Pendahuluan (Introduction)

Di bagian ini kamu bisa menjelaskan informasi tentang produk, seperti harga, merk, asal perusahaan, bagaimana mendapatkannya, kegunaan, kemasan dan masih banyak lagi.

Contoh lainnya jika kamu ingin membuat review tentang harry potter. Kamu bisa lebih dulu menceritakan latar belakang, tempat dan waktu dari cerita harry potter.

  • Evaluasi (Evaluation)

Nah, pada bagian ini, kamu bisa mulai menulis ulasan terkait produk tersebut. Bagaimana kualitasnya, keunikan, kelebihan, fitur khusus, kemasan yang unik dan bagian produk lainnya.

Namun perlu dicatat, pada bagian contoh review text ini kamu hanya perlu memasukkan fakta dan bukan opini. Misalnya saja kamu ingin mengulas tentang film frozen, maka pada bagian ini kamu bisa menuangkan emosi setelah kamu menonton film tersebut.

  • Interpretasi (Interpretation)

Jika pada bagian evaluasi kamu harus menuliskan fakta, maka pada bagian ini, kamu bisa menuliskan opini pribadimu.

Misalnya kamu ingin mereview sebuah makanan. Kamu bisa menceritakan apakah makanan tersebut terlalu pedas buatmu, atau terlalu manis. Bisa juga kamu bilang bahwa makanan tersebut tidak enak.

Untuk memudahkan pembaca mencerna bagian ini, kamu bisa menulis interpretasi dalam bentuk bintang penilaian.

  • Kesimpulan (Summary)

Oke, sekarang saatnya kamu tiba di bagian akhir review text. Setelah kamu membeberkan fakta mengenai produk yang kamu ulas. Dan kamu juga sudah memberikan penilaian terhadap produk tersebut.

Selanjutnya adalah bagian kesimpulan. Kamu bisa menutup ulasan kamu dengan “Film ini wajib kamu tonton bareng keluarga” atau “bagi kamu yang suka selfie, handphone merk ini sangat recommended”.

Contoh Review Text Beserta Artinya dan Strukturnya

pengertian, struktur, ciri-ciri, tujuan, dan contoh review text beserta artinya

Nah, untuk pembahasan yang selanjutnya yaitu kami akan memberikan beberapa contoh review text dalam bahasa inggris beserta artinya. Contoh yang kami berikan mulai dari tentang film, tentang teknologi, hingga tentang lukisan.

Jika kamu sudah mengerti mengenai struktur umum review text, selanjutnya adalah contoh review text beserta generic structure. Contoh review text berikut ditulis dalam bahasa Inggris beserta artinya untuk membantu kamu lebih memahami review text.

Example of Review Text about the Titanic Movie

pengertian, struktur, ciri-ciri, tujuan, dan contoh review text beserta artinya

Introduction

Who doesn’t know the Titanic movie? This legendary movie was released in 1997. With a romance drama genre, the movie has a duration of 3.5 hours.

The movie was directed by James Cameron and broke through the high rating. The rating on IMDb also reached 7.8/10.

Evaluation

Titanic is the name of a ship in the movie. The movie tells the story of how Titanic sank, which is based on a true story. At the beginning of the movie, the story of Titanic was told by Rose (played by Kate Winslet) who was the one and only survivor.

Rose tells how luxurious the ship was, her days spent with Jack (played by Leonardo DiCaprio) and how she survived. The tragic ending made many viewers cry.

Interpretation

This movie describes the luxurious ship of Titanic in a great way. Yet, the ship collides and wrecks. The shipwreck effect makes the audience seem to be at the scene.

However, I didn’t like the ending of the film because only Rose survived. There is no happy ending. I give it a rating of 7.0/10.

Summary

Even so, Titanic is very worth watching. This movie has been shown frequently on local TV stations, so make sure you watch it!

Terjemahannya :

Contoh Review Text tentang Film Titanic

Pendahuluan

Siapa yang tidak tahu film Titanic? Film legendaris yang dirilis pada tahun 1997. Titanic bertemakan drama percintaan ini berdurasi 3,5 jam.

Film ini disutradarai oleh James Cameron dan memiliki rating yang tinggi. Rating di IMDb pun mencapai 7.8/10.

Evaluasi

Titanic merupakan nama sebuah kapal di film tersebut. Film ini bercerita tentang karamnya kapal mewah tersebut yang diangkat dari kisah nyata. Awalnya, kisah ini diceritakan lewat pengalaman Rose (diperankan oleh Kate Winslet) yang berhasil selamat dari kapal tersebut.

Rose menceritakan bagaimana mewahnya kapal tersebut, hari-harinya yang dihabiskan bersama Jack (diperankan oleh Leonardo DiCaprio) dan bagaimana ia bisa selamat. Akhir yang tragis membuat banyak penonton ikut menangis.

Interpretasi

Film ini sangat hebat dalam menggambarkan kemewahan kapal Titanic. Ditambah lagi dengan efek benturan dan kapal yang karam membuat penonton seakan-akan berada di lokasi kejadian.

Namun, saya tidak suka bagian akhir film ini karena hanya Rose yang selamat. Tidak ada akhir yang bahagia. Saya memberikan rating 7.0/10.

Kesimpulan

Walaupun begitu, Titanic merupakan film yang layak ditonton. Film ini sudah sering ditayangkan di statiun TV lokal, jadi pastikan Anda menontonnya!

Example of Review Text about Laskar Pelangi Novel

pengertian, struktur, ciri-ciri, tujuan, dan contoh review text beserta artinya

Introduction

Laskar Pelangi (Rainbow Troops) is a fictional novel by Andrea Hirata. In 2008, this novel was adapted into a movie with the same title. The movie was directed by Riri Riza.

Evaluation

The Laskar Pelangi novel tells a story of 10 elementary school students in Gantong Village, Bangka Belitung Province. The novel describes the real condition of the poor villagers. Happiness and sadness are mixed together. No wonder so many people cry when reading the novel.

Interpretation

The story of Laskar Pelangi really touched my heart. This novel is very inspiring, especially for children who strive for their dreams. I have read this book so many times.

I give it an 8.0 / 10 rating for the moral value told in the novel.

Summary

The Laskar Pelangi novel is very worth reading. Especially to fill in spare time. The Laskar Pelangi school was built to be a tourist location. For those of you who are curious about the novel, I recommend you to read it!

Terjemahannya :

Contoh Review Text tentang Novel Laskar Pelangi

Pendahuluan

Laskar Pelangi merupakan novel fiksi karya Andrea Hirata. Pada tahun 2008, novel ini diangkat menjadi sebuah film dengan judul yang sama. Film tersebut disutradarai oleh Riri Riza.

Evaluasi

Novel Laskar Pelangi bercerita tentang 10 siswa SD di Desa Gantong, Provinsi Bangka Belitung. Kehidupan miskin masyarakat desa sangat digambarkan di novel ini. Kisah senang dan haru bercampur menjadi satu. Tak heran banyak pembaca yang ikut menangis membaca kisah ini.

Interpretasi

Kisah Laskar Pelangi sangat menyentuh hati saya. Novel ini sangat menginspirasi terutama bagi anak-anak yang berjuang meraih mimpinya. Saya pun sudah berkali-kali membaca buku ini.

Atas pesan moral yang disematkan pada novel ini, saya memberikan rating 8.0 / 10.

Kesimpulan

Novel Laskar Pelangi memang sangat layak dibaca. Apalagi untuk mengisi waktu luang. Lokasi sekolah Laskar Pelangi pun diabadikan menjadi lokasi wisata. Bagi Anda yang penasaran, saya ucapkan selamat membaca!

Example of Review Text about the Indonesia Raya Song

pengertian, struktur, ciri-ciri, tujuan, dan contoh review text beserta artinya

Introduction

The song Indonesia Raya was written by Wage Rudolf Soepratman. Precisely on October 28, 1928. Since then, the Indonesia Raya song has been designated as the National Anthem.

Evaluation

The song Indonesia Raya is sung at every flag ceremony, every opening of state events and on any other occasions. This song aims to unite the nation. The lyrics of this song describe the struggle and the spirit of the national heroes in their struggle for independence.

Interpretation

Every time I sing the Indonesia Raya song, I always feel proud. Especially in the part of the lyrics “Indonesia Kebangsaanku. Bangsa Dan Tanah Airku. Marilah Kita Berseru. Indonesia Bersatu”, I almost cry everytime I sing that part of the song.

Summary

I hope you can also feel the same way and continue singing the Indonesia Raya song wherever you have the opportunity.

Terjemahannya :

Contoh Review Text tentang Lagu Indonesia Raya

Pendahuluan

Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh Wage Rudolf Soepratman. Tepatnya pada tanggal 28 oktober 1928. Sejak saat itu Lagu Indonesia Raya ditetapkan menjadi Lagu Kebangsaan.

Evaluasi

Lagu Indonesia Raya dinyanyikan setiap upacara bendera, setiap pembukaan acara kenegaraan dan event-event lainnya. Lagu ini menjadi pemersatu bangsa. Lirik lagu ini menggambarkan perjuangan dan semangat para pahlawan dalam berjuang meraih kemerdekaan.

Interpretasi

Setiap kali saya menyanyikan Lagu Indonesia Raya, selalu tumbuh perasaan bangga dalam diri saya. Terutama pada bagian lirik “Indonesia Kebangsaanku. Bangsa Dan Tanah Airku. Marilah Kita Berseru. Indonesia Bersatu”, saya hampir menangis pada saat menyanyikan bagian ini.

Kesimpulan

Saya harap Anda juga dapat merasakan hal yang sama dan tetap menyanyikan Lagu Indonesia Raya dimanapun ada kesempatan.

Example of Review Text about Samsung Galaxy S20 Ultra

pengertian, struktur, ciri-ciri, tujuan, dan contoh review text beserta artinya

Introduction

Samsung Galaxy S20 Ultra is the latest smartphone from Samsung. You can get all the maximum features of a smartphone. It’s quite expensive but still hit the market right away.

Evaluation

Samsung Galaxy S20 Ultra is the first 5G smartphone, 66 times faster than 4G LTE. This smartphone is also equipped with 5 cameras, 40MP selfie camera and 5000 mAh battery. You can charge it with a 15W wireless charger, but it also comes with a 25W charger in the box.

Samsung Galaxy S20 Ultra comes with so many cloud colors you can choose. The screen is also bigger than any smartphone. 6.9-inch is quite large in your hand but surely offers Full HD+ screen.

Interpretation

For me, Samsung Galaxy S20 Ultra is a really huge jump in technology. But it’s quite expensive and not everyone can afford it. Also, the size is too big for my hand and my pocket. Other good news is, it comes with a very big capacity battery that can support all the technology inside. Plus, it supports wireless charging.

Summary

If you want to be the first who have a 5G smartphone, then yes, this Samsung Galaxy S20 Ultra is definitely yours. But, for you who are still on a budget, there are still plenty of smartphones you can choose. However, I still recommend you to buy this Samsung Galaxy S20 Ultra as it offers great features.

Terjemahannya :

Contoh Review Text tentang Samsung Galaxy S20 Ultra

Pendahuluan

Samsung Galaxy S20 Ultra adalah smartphone terbaru dari Samsung. Anda bisa mendapatkan semua fitur maksimal dari sebuah smartphone. Harga memang cukup mahal tapi langsung melejit di pasaran.

Evaluasi

Samsung Galaxy S20 Ultra adalah smartphone 5G pertama, 66 kali lebih cepat dari 4G LTE. Smartphone ini juga dibekali 5 kamera, kamera selfie 40MP, dan baterai 5000 mAh. Anda dapat mengisinya dengan pengisi daya nirkabel 15W, tapi smartphone ini juga dilengkapi dengan pengisi daya 25W.

Samsung Galaxy S20 Ultra hadir dengan begitu banyak warna cloud yang dapat Anda pilih. Layarnya juga lebih besar dari smartphone manapun. 6,9 inci cukup besar di tangan Anda tapi yang pasti, juga menawarkan layar yang Full HD+.

Interpretasi

Bagi saya, Samsung Galaxy S20 Ultra adalah kemajuan teknologi yang luar biasa. Tapi, saat ini harganya masih terbilang mahal dan tidak semua orang mampu membelinya. Juga, ukurannya terlalu besar untuk tangan dan saku saya. Kabar baiknya adalah, smartphone ini hadir dengan baterai berkapasitas sangat besar yang mendukung semua teknologi di dalamnya. Ditambah, smartphone ini mendukung pengisian nirkabel.

Kesimpulan

Jika Anda ingin menjadi yang pertama memiliki smartphone 5G, maka Samsung Galaxy S20 Ultra adalah pilihan yang tepat. Tapi, buat Anda yang masih memikirkan budget, masih banyak smartphone yang bisa Anda pilih. Namun, saya tetap menyarankan Anda untuk membeli Samsung Galaxy S20 Ultra ini karena fitur-fitur hebatnya.

Example of Review Text about Van Gogh’s Painting

pengertian, struktur, ciri-ciri, tujuan, dan contoh review text beserta artinya

Introduction

The Starry Night is one of Van Gogh’s masterpieces. Currently, the painting is stored in the Museum of Modern Art, New York. The 73.7 x 92.1 cm painting is Because of its strong colors.

Evaluation

The strokes and color choices in this painting are very strong. The night sky is drawn with curved lines. Some people feel that the blue color, as it dominates the whole canvas, means to hold back the anger. Combined with yellow, which means insecure.

Interpretation

In my opinion, this painting describes the deep feelings of the painter. I feel like I can enter the world of Van Gogh. I also made the painting “The Starry Night” as my desktop wallpaper and seeing it made me happy.

Summary

Currently, Van Gogh’s painting “The Starry Night” has been widely adapted into stickers, digital printing and other media. If you can’t see this painting in person, you can have it in other forms of media.

Terjemahannya :

Contoh Review Text tentang Lukisan Van Gogh

Pendahuluan

The Starry Night merupakan salah satu karya Van Gogh yang terkenal. Saat ini lukisan itu disimpan di Museum of Modern Art, New York. Lukisan sebesar 73.7 x 92.1 cm menarik perhatian karena warnanya yang berani.

Evaluasi

Guratan dan pilihan warna pada lukisan ini sangat tegas. Langit malam digambarkan dengan garis melengkung. Beberapa penikmat seni merasa warna biru yang menghias sebagian besar kanvas memiliki arti memendam amarah. Dipadukan dengan warna kuning, yang memiliki arti tidak percaya diri.

Interpretasi

Menurut saya, lukisan ini menggambarkan perasaan yang sangat dalam oleh pelukisnya. Seakan-akan penikmat lukisan ini bisa masuk ke dalam dunia Van Gogh. Saya pun menjadikan lukisan “The Starry Night” sebagai wallpaper desktop dan melihatnya membuat saya senang.

Kesimpulan

Saat ini lukisan Van Gogh “The Starry Night” telah banyak diadaptasi ke dalam bentuk stiker, digital printing atau media lainnya. Jika Anda belum bisa melihat lukisan ini secara langsung, Anda bisa memilikinya dalam bentuk media lain.

Setelah mempelajari beberapa contoh review text di atas, sekarang giliran kamu membuat review text sendiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism