banner join inggrism

Discussion Text | Pembahasan & Contoh

contoh discussion text tentang teknologi, internet, hewan, covid-19 beserta artinya

Discussion text merupakan materi yang dipelajari di sekolah menengah atas. Biasanya teks ini menjadi salah satu bahan ujian baik secara lisan maupun tulisan. Apakah kamu masih bingung bagaimana cara menyusun contoh discussion text?

Tentu kamu tidak ingin tersesat mempelajari teks ini bukan. Yuk pelajari lebih banyak materi dan contohnya di artikel berikut. Tapi sebelum itu, kita akan bahas tuntas mengenai seluk beluk discussion text beserta strukturnya.

Pengertian Discussion Text

contoh discussion text tentang teknologi, internet, hewan, covid-19 beserta artinya

Discussion text adalah teks yang mengandung opini atau pendapat terhadap suatu isu kontroversial. Opini dalam sebuah contoh discussion text ada dua macam, yaitu pro/setuju maupun kontra/tidak setuju. Artinya, discussion text sangat berbeda dengan contoh recount text.

Teks ini berisi rangkuman seluruh opini yang logis, mencakup pihak yang sependapat ataupun berlawanan. Seluruh opini disampaikan secara seimbang. Hal tersebut dilakukan supaya pembaca memiliki bahan pertimbangan yang matang untuk mengambil kesimpulan.  

Tujuan Discussion Text

contoh discussion text tentang teknologi, internet, hewan, covid-19 beserta artinya

Tentunya contoh discussion text juga mempunyai tujuan dan fungsi. Dan tujuan dari discussion text sangat berbeda dengan contoh report text. Discussion text ditulis oleh para ahli di bidang masing-masing untuk membahas suatu isu.

Teks ini bertujuan untuk menyajikan pendapat yang berbeda terhadap suatu isu atau topik tertentu. Dengan begitu, pembaca memiliki pandangan yang menyeluruh terhadap suatu kejadian.

Ciri-Ciri Discussion Text

contoh discussion text tentang teknologi, internet, hewan, covid-19 beserta artinya

banner join inggrism

Seperti apa discussion text? Bagaimana language features yang digunakan? Setidaknya, ada 5 unsur kebahasaan yang sering ditemui dalam contoh discussion text.

  • Memperkenalkan kategori atau partisipan tertentu.
  • Sama sepert contoh review text, dalam discussion text juga menggunakan kalimat bentuk waktu sekarang (Simple Present Tense).
  • Memakai thinking verb, seperti hope, believe, feel, think, dll.
  • Menggunakan kata hubung yang bersifat membedakan (additive, contrastive and casual connection), misalnya on the other hand, similarly, in addition, but, while, however, dan lainnya.
  • Memakai kata bantu modal, seperti should, must, may, could, can, dan lain lain.
  • Dalam contoh discussion text, selalu menggunakan kata keterangan cara/adverbial manner, seperti hopefully, deliberately, dan lain lain.
  • Memakai data pendukung dan sumber terpercaya untuk memperkuat opini.

Generic Structure atau Struktur Discussion Text

contoh discussion text tentang teknologi, internet, hewan, covid-19 beserta artinya

Sama seperti contoh narrative text, sebuah discussion text juga memiliki 4 struktur utama yang wajib ada. Nah, dan berikut ini adalah keempat struktur discussion text:

  • Isu/Statement of Issue

Biasanya berada di awal paragraf sebuah contoh discussion text yang isinya menyatakan sebuah isu. Pada bagian ini terdapat pemetaan masalah yang nantinya akan diperdebatkan dalam paragraf selanjutnya.

  • Poin Pendukung/List of Supporting Points  

Menyajikan poin-poin bahasan yang mendukung atau yang pro dengan isu yang sedang dibahas. Setiap paragraf dalam contoh discussion text memiliki minimal dua komponen yakni ide pokok dan uraian atau elaborasi.

Pada bagian ini biasanya juga disajikan data berupa angka, grafik, atau catatan sebagai pendukung gagasan yang disampaikan.

  • Poin Berlawanan/List of Contrastive Points

Sebaliknya, bagian ini menjabarkan pandangan yang berlawanan atau tidak setuju dengan poin pendukung/supporting points.

Di bagian ini terdapat dua komponen utama, yaitu ide pokok dan elaborasi. Untuk memperkuat gagasan, kamu juga bisa memasukkan data di bagian ini.

  • Kesimpulan/Conclusion atau Rekomendasi/Recommendation

Merupakan bagian penutup discussion text. Bagian ini bisa mengandung kesimpulan maupun rekomendasi penulis terhadap isu atau wacana yang sedang didiskusikan.

Contoh Discussion Text Beserta Artinya

contoh discussion text tentang teknologi, internet, hewan, covid-19 beserta artinya

Setelah mempelajari bahasan discussion text diatas, mungkin kamu sudah memiliki sedikit pencerahan. Nah, lebih lanjut yuk simak beberapa contoh discussion text singkat dalam Bahasa Inggris dan artinya berikut ini.

Kamu bisa lihat variasi discussion text dari topik yang beragam. Mulai dari topik tentang teknologi, remaja, internet, dan tentang belajar online.

Mobile Phone, Is It Good or Bad?

contoh discussion text tentang teknologi, internet, hewan, covid-19 beserta artinya

We are in the period when technology has developed so rapidly. We can meet technology in various ranges such as education, medical, communications, etc. One of those examples is Mobile Phone.

Today, mobile phone is getting popular for teens because it offers practicality with various features. They use it for communication and entertainment. Yet, such development has impact for its users, particularly for youths.

The advance of mobile phone has a good impact because teens can be more knowledgeable about anything. It can be easier to find out something new. They also can use mobile phones to facilitate their study or work.

Unfortunately, the use of mobile phone can also be bad for youths. For example, the growth of mobile phone causes teens and even children to become addicted. This might have impacts on their physical and psychological condition. Besides, teenagers can also forget to fulfill their responsibility to learn.

To conclude, as teenagers we should not be too addicted to mobile phone. We should take advantage of any gadget as good as possible. It’s better to use a mobile phone for suitable needs without disturbing others’ interests.

Terjemahannya :

Telepon Seluler, Baik atau Burukkah?

Saat ini kita hidup di masa ketika teknologi berkembang dengan sangat pesat. Kita bisa menemui teknologi di aspek beragam, misalnya pendidikan, medis, komunikasi, dan lain lain. Salah satu contohnya adalah telepon seluler.

Saat ini telepon seluler menjadi populer bagi remaja karena menawarkan kepraktisan dengan fitur yang beragam. Mereka menggunakan teknologi ini untuk komunikasi dan hiburan. Namun, perkembangan teknologi ini memiliki dampak bagi penggunanya, khususnya remaja.

Perkembangan telepon seluler berdampak baik karena remaja bisa lebih banyak tahu tentang apapun. Mereka menjadi lebih mudah untuk mencari tahu sesuatu. Mereka juga bisa menggunakan telepon seluler untuk fasilitas belajar atau kerja.

Sayangnya, penggunaan telepon seluler juga buruk bagi remaja. Contohnya, telepon seluler dapat mengakibatkan remaja bahkan anak-anak ketagihan. Hal ini bisa berdampak buruk bagi kondisi fisik dan mental. Selain itu, remaja juga akan melupakan tanggung jawab mereka untuk belajar.

Kesimpulannya, sebagai remaja kita tidak boleh terlalu ketagihan dengan telepon seluler. Kita harus pandai mengambil manfaat dari gawai sebaik mungkin. Lebih baik menggunakan telepon seluler untuk kebutuhan yang tepat tanpa mengganggu kepentingan orang lain.

Positive & Negative Impacts of Internet 5G

contoh discussion text tentang teknologi, internet, hewan, covid-19 beserta artinya

The Internet has been being revolutionized nowadays. This appears in almost all sides of daily life, whether in business, communication, etc. The newest trend that will occur recently is internet 5G.

Internet 5G is the upgraded version of internet 4G. The power of this version is faster and better than the predecessor. Internet 5G can make it easier for people to find out any information from any sources.  

However, would it be good forever? We will see the benefits as well as the drawbacks of the internet 5G. It provides limitless access to any kinds of information. 

People can enjoy everything easily with the amazing internet speed.  Besides, everybody can learn and search any information in different subjects through millions of websites.

Moreover,  there is no need for people to get bored while waiting for files on the internet. It is because internet 5G provides the best system to access the internet.

Internet 5G also provides a better and bigger prospect to grow business or marketing. We will be able to gain wider markets and reach more potential customers through internet 5G.

In spite of devouring good sides, internet 5G also has weaknesses. Internet 5G is more possible to get people closer to any Illegal activities. It is because everyone can access the internet easily with no trouble.

More than that, people will tend to be lazier because internet 5G has made everything easier. People can also be addicted to the internet since they can access what they like through the internet, no matter if it is good or bad.  

In conclusion, internet 5G may be good because it provides better access to any information. Yet, it also contributes negative impacts for everyone. So, use it wisely to help us live better.

Terjemahannya :

Dampak Positif & Negatif Internet 5G

Internet sedang berevolusi saat ini. Internet hadir di hampir seluruh sisi kehidupan kita, baik itu di bisnis, dll. Tren terbaru internet yang akan muncul dalam waktu dekat adalah internet 5G.

Internet 5G adalah versi upgrade dari internet 4G. Kekuatan sinyal milik versi ini lebih kuat dan lebih baik dari versi sebelumnya. Internet 5G dapat membuat orang lebih mudah untuk menemukan informasi apapun dari sumber manapun.

Tapi, apakah internet 5G baik selamanya? Kita akan melihat manfaat dan kekurangan internet 5G. Internet 5G menyediakan akses tak terbatas berbagai informasi. 

Orang bisa menikmati segala hal secara mudah dengan kecepatan akses yang luar biasa. Selain itu, setiap orang bisa belajar dan mencari info dengan subjek berbeda melalui jutaan website. 

Lebih dari itu, orang tidak perlu merasa bosan menunggu file-file di dalam internet. Hal ini dikarenakan internet 5G menyediakan sistem terbaik untuk mengakses internet. 

Internet 5G juga memberikan prospek lebih baik dan lebih besar untuk mengembangkan bisnis atau penjualan. Kita bisa mencapai pasar yang lebih luas dan meriah lebih banyak konsumen potensial lewat internet 5G. 

Selain memberikan dampak baik, internet 5G juga memiliki kekurangan. Internet 5G lebih mungkin membuat orang mendekati berbagai aktivitas ilegal. Ini karena setiap orang memiliki akses internet secara mudah tanpa halangan.

Lebih dari itu, orang akan cenderung lebih malas karena internet 5G mengakibatkan semua hal menjadi mudah. Orang juga menjadi kecanduan internet sejak mereka bisa akses apapun yang mereka suka, baik atau buruk.

Kesimpulannya, internet 5G mungkin saja baik karena ia memberikan akses lebih baik untuk informasi apapun. Tetapi,  internet 5G juga memberikan dampak yang buruk untuk setiap orang. Jadi, gunakanlah internet sebaik mungkin untuk membantu hidup kita lebih baik.

The Benefits & Drawbacks of Distance Learning

contoh discussion text tentang teknologi, internet, hewan, covid-19 beserta artinya

For whatever reasons, people are now starting to switch conventional learning to distance learning. But, people still debate if distance learning contributes more benefits or drawbacks.

The proponents of distance learning  say it is better since it requires no commuting. Then, it saves time and money for students. Also, distance learning is more convenient for them.

Distance learning provides more availability. Nobody can reject it. With the presence of an online class method, students can still attend the class whatever their condition.

Despite the advantages, the opponents still find problems with distance learning. They say that distance learning is more costly. It also requires complex technology.

Another drawback of online class is there is no immediate feedback. Not likely the traditional classroom, students should wait for comments or feedback. It is because the teacher has to review and send responses.

Students will learn and work alone most of the time. Students can feel isolated and get less physical and social interaction.

Distance learning may be good, but it does not mean this method has nothing to deny. Regarding the advantages and disadvantages, it’s good to see individuals’ learning style before deciding to use online or traditional learning.  

Terjemahannya :

Manfaat dan Kekurangan Pembelajaran Jarak Jauh

Untuk alasan apapun, kini orang mulai mengubah pembelajaran tradisional ke pembelajaran jarak jauh. Tetapi, banyak orang masih memperdebatkan apakah pembelajaran jarak jauh memberikan manfaat atau kekurangan.

Para pendukung pembelajaran jarak jauh mengatakan bahwa metode ini lebih baik karena tidak membutuhkan pergerakan. Sehingga lebih hemat waktu dan biaya untuk siswa. Juga, pembelajaran jarak jauh akan lebih nyaman bagi mereka.

Pembelajaran jarak jauh menawarkan aksesibilitas. Tidak ada yang bisa menyangkalnya. Dengan adanya kelas online siswa lebih mudah menghadiri kelas seperti apapun kondisinya.

Terlepas dari manfaatnya, para pihak lawan masih menemukan masalah terkait pembelajaran jarak jauh. Mereka berkata bahwa metode ini lebih mahal. Juga membutuhkan teknologi yang lebih kompleks.

Kekurangan lain dari pembelajaran jarak jauh adalah tidak adanya umpan balik langsung. Tidak seperti kelas traditional, siswa harus menunggu komentar atau umpan balik,Hal ini karena guru harus mereview dan mengirimkan respon.

Siswa akan lebih banyak belajar dan bekerja sendirian. Siswa akan lebih rentan merasa terisolasi dan kurang memperoleh interaksi fisik dan sosial.

Pembelajaran jarak jauh mungkin baik, tetapi bukan berarti metode ini tidak bisa disangkal. Berkaitan dengan manfaat dan kekurangannya, lebih baik untuk terlebih dahulu melihat gaya belajar individu sebelum memutuskan menggunakan kelas online atau tradisional.

Tidak sulit bukan membuat contoh discussion text setelah melihat referensi di atas? Nah, sekarang waktunya kamu membuat discussion text sendiri ya. Selamat belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism