banner join inggrism

Explanation Text | Pembahasan & Contoh

struktur explanation text dan contohnya

Belajar Bahasa Inggris memang tidak melulu tentang speaking. Ada kalanya kamu dituntut untuk memahami teks bermacam-macam, seperti explanation text. Lantas, seperti apa sih teks ini dan bagaimana contoh explanation text?

Di sini, kita akan kupas habis tentang explanation text, generic structure, fungsi sosial dan contohnya. Lengkap dalam Bahasa Inggris beserta terjemahannya.

Sehingga nantinya teman-teman bisa membedakan teks-teks dalam bahasa inggris seperti contoh procedure text, contoh discussion text, dan yang lainnya.

Tak ketinggalan akan kita bahas pula mengenai definisi, ciri-ciri, dan tujuan dari explanation text.

Mau membuat teks yang panjang dan menarik? Atau sedang mencari contoh explanation text yang sesuai dengan grammar? Berikut ini kami punya referensinya.

Pengertian Explanation Text

fitur bahasa explanation text dan artinya

Explanation text adalah salah satu teks dalam bahasa inggris yang menceritakan proses terjadinya sesuatu secara detail.

Tentang bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa terjadi. Pada umumnya, teks eksplanasi membahasa tentang fenomena alam ataupun fenomena sosial.

Selain itu, dalam explanation juga terdapat berbagai macam unsur, mulai dari struktur, fungsi sosial, fitur bahasa, dan masih banyak lagi unsur lainnya.

banner join inggrism

Dan untuk mengetahui hal-hal tersebut, silahkan simak pembahasan selengkapnya disini.

Jenis Explanation Text

ciri-ciri explanation text dan artinya

Teks ini lebih banyak berkaitan dengan fenomena alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, atau teknologi. Kamu bisa lihat bentuk explanation teks dalam literatur science, geografi, serta sejarah. 

Topik dari sebuah contoh explanation text bisa beragam. Misalnya tentang siklus air, proses terjadinya hujan, bencana alam, musim, pemakaian teknologi, dan lain sebagainya. Dan kami akan memberikan beberapa contohnya di akhir pembahasan kali ini.

Fungsi Sosial Explanation Text

pengertian explanation text dan artinya

Explanation text bukanlah fiksi melainkan teks yang berisi hal-hal faktual dan nyata. Lantas, apa sih tujuannya? Ada dua fungsi utama, yaitu:

  • Explanation text bertujuan untuk mengungkapkan proses terjadinya sebuah fenomena. Baik itu fenomena alam, sosial, budaya dan ilmu pengetahuan bahkan teknologi.
  • Menerangkan secara rinci bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi. Biasanya teks explanation disusun dari dua pertanyaan dasar, yaitu how (bagaimana) dan why (mengapa).

Language Feature atau Fitur Bahasa Explanation Text

fungsi sosial explanation text dan artinya

Sebagai  teks faktual, explanation text memiliki ciri-ciri kebahasaan sebagai berikut:

  • Memakai kalimat dalam bentuk tense/waktu saat ini (Present Indefinite atau Simple Present Tense).
  • Kalimat pasif/passive voice untuk mengarahkan pembaca pada proses atau kejadian daripada subjek.
  • Unsur kata benda abstrak/abstract noun, yakni kata benda yang tidak bisa terlihat secara nyata misalnya love, joy, emotions, dll.
  • Sama seperti contoh recount text, dalam explanation text juga memakai kata kerja aksi/action verbs untuk menggambarkan proses yang sedang berlangsung seperti kick, eat, think, run, dll.
  • Terdapat frasa kata benda/noun phrase, misalnya white snow, water cycle, big house, dll.
  • Memakai istilah teknis/technical terms, yaitu istilah yang mengacu pada topik yang sedang dibahas.
  • Berisi penjabaran tentang sebuah proses, namun bukan procedure text.  

Jika kamu menemukan sebuah teks dengan unsur kebahasaan di atas, bisa dipastikan teks tersebut adalah contoh explanation text. Nah, pastikan untuk tidak tertukar dengan procedure text yang memang mirip dengan explanation text.

Ciri-Ciri Explanation Text

pengertian explanation text dan contohnya

Adapun beberapa ciri yang bisa teman-teman temukan dalam sebuah contoh explanation text. Jadi, untuk mengetahui sebuah teks tersebut termasuk kedalam jenis teks eksplanasi atau bukan teman-teman bisa melihatnya dari ciri-cirinya.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang sering muncul dalam teks eksplanasi bahasa inggris:

  • Terdapat passive voice (kalimat pasif).
  • Seperti halnya contoh narrative text, dalam explanation text juga menggunakan action verb (kata kerja tindakan).
  • Adanya abstract noun (kata kerja yang nampak).
  • Penggunaan simple present tense dalam kalimatnya.

Generic Structure atau Struktur Explanation Text

definisi explanation text dan artinya

Selain dari unsur kebahasaan, kamu juga bisa mengenali contoh explanation text secara mudah dengan melihat susunan teks atau generic structure. Explanation text memiliki tiga struktur.

  • Pernyataan Umum/General Statement

General Statement adalah bagian pembuka. Bagian ini menjelaskan isu-isu tentang fenomena / topik yang akan dibahas. Biasanya berisi berbagai informasi umum yang mengantarkan pembaca pada inti pembahasan.

  • Penjelasa/Explanation/Sequence of Event

Di bagian ini kamu akan menemukan pembahasan lebih detail mengenai sebuah fenomena. Bagian explanation adalah bagian inti teks yang menjelaskan rangkaian kejadian atau proses dari topik yang dibahas.

Berisi penjelasan tentang bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi secara detail dan runtut.

  • Penutup/Closing

Bersifat opsional dan tidak wajib ada pada sebuah explanation text. Berisi info tambahan atau pendapat dari penulis mengenai fenomena atau topik bahasan.

Pada bagian ini kamu bisa membuat kesimpulan atau memberi komentar pada fenomena yang dibahas.

Contoh Explanation Text dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

jenis explanation text dan artinya

Setelah memahami uraian tentang explanation text di atas, kamu bisa lebih mendalami melalui contoh-contoh berikut. Akan disajikan berbagai contoh explanation text singkat dalam Bahasa Inggris beserta passive voice dan artinya.

Kamu juga bisa melihat berbagai variasi teks dalam berbagai topik. Ada yang berkaitan tentang kesehatan, teknologi, dan fenomena alam seperti awan, gempa bumi dan lain lain.

Dan berikut ini beberapa contoh explanation text dalam bahasa inggris yang bisa teman-teman simak.

How Snow Is Made?

contoh explanation text beserta arti dan strukturnya

We all agree that the snowfall is always fascinating. In the snowfall, all people stay out of the house and play with snow. People can make giant snowmen, trample along the snow, or play snowballs with their families. However, are you curious how snow is made?

Snow is water droplets falling from the clouds. These droplet waters then become solid and create snow. It happens because rain consists of water vapor particles and being cooled in the air.

Snow happens when water vapor piled up in the earth’s atmosphere freezes. It happens before they turn into water droplets. This process occurs when the temperature in the cloud becomes very frigid.

Snowflakes are created by crystals of ice which have established around a little filth in the air. They then  grow from small forms into the big one. The form of snowflakes are varied. They can consist of 200 crystal maximum.

Terjemahannya :

Bagaimana Salju Terbentuk?

Kita semua setuju bahwa musim salju adalah waktu yang sangat mempesona. Pada saat turun salju, semua orang keluar rumah dan bermain dengan salju. Orang-orang bisa membuat boneka salju raksasa, menginjak bongkahan salju, bahkan bermain bola salju bersama keluarga mereka. Tapi, apakah kalian penasaran bagaimana salju bisa terbentuk?

Salju sebenarnya merupakan titik-titik air yang turun dari awan. Titik-titik air tersebut berubah menjadi padat dan akhirnya terbentuklah salju. Hal ini terjadi karena hujan yang mengandung partikel uap air didinginkan di udara.

Salju terjadi ketika uap air yang terkumpul di atmosfer bumi membeku. Ini terjadi sebelum mereka berubah bentuk menjadi tetesan air. Proses ini muncul ketika temperatur di awan menjadi sangat dingin.

Kepingan salju terbuat dari kristal-kristal es yang muncul dari kotoran-kotoran kecil di udara. Mereka tumbuh dari bentuk kecil terlebih dahulu kemudian menjadi bentuk lebih besar. Bentuk kepingan salju beragam. Mereka bisa mengandung 200 kristal maksimum.

How Does Covid-19 Spread?

contoh explanation text beserta arti dan strukturnya

People in the world are shocked with the emergence of covid-19. This virus becomes a pandemic which has contaminated people all around the world. What is Covid-19? Covid-19 is a very infectious disease caused by a new kind of coronavirus. Is it dangerous? How can it spread to humans?

Firstly, the virus is supposed to spread primarily from person-to-person. These viruses can spread between persons who are in contact approximately in about 6 feets.

Secondly, covid-19 can also range via respiratory dewdrops produced while an infected person coughs or sneezes. These drops can land in the noses or mouths of persons who are nearby. Or they can feasibly be inhaled to the lungs.

Thirdly, it is spread by any human interaction with infected objects or surfaces. It may be likely that a person can catch up COVID-19 by touching objects devouring the virus. Then they drop the virus to their own nose, mouth, or eyes.

How easily a virus blowout from person-to-person can vary. These viruses are highly spreadable. Therefore, we have to be alert and keep following health protocol.

Terjemahannya :

Bagaimana Covid-19 Tersebar?

Manusia di seluruh dunia dikejutkan oleh kemunculan Covid-19. Virus ini menjadi pandemi dunia karena sudah mengkontaminasi seluruh orang di dunia. Apa sebetulnya Covid-19? Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus jenis baru. Apakah virus ini berbahaya? Bagaimana cara virus menyebar?

Pertama, virus korona diperkirakan menyebar melalui kontak satu orang ke orang lainnya.  Virus ini dapat tersebar di antara manusia yang melakukan kontak secara langsung dengan yang lainnya pada jarak sekitar 6 kaki.

Kedua, covid-19 juga dapat tersebar melalui droplet pernapasan di udara ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Tetesan tersebut bisa mendarat di mulut atau hidung orang lain yang berada di sekitar atau ada kemungkinan terhirup ke paru-paru.

Ketiga, virus ini menyebar melalui kontak manusia dengan permukaan atau objek. Hal ini terjadi saat manusia yang memiliki virus menyentuh  objek atau permukaan. Lalu orang lain juga menyentuh objek atau permukaan tersebut. Orang tersebut kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata mereka dan memungkinkan masuknya virus ke dalam tubuh.

Mudahnya virus menyebar dari satu orang ke orang lainnya sangat beragam. Virus ini juga menjadi semakin menular, Maka dari itu, kita harus semakin waspada dan terus mengikuti protokol kesehatan.

How Plane Can Fly?

contoh explanation text beserta arti dan strukturnya

Now, almost everyday we see planes are flying above. Inside, there are hundreds of people sitting, walking, even running. Have you ever wondered why such a heavy metal object can float so freely in the air? How can the airplanes fly like birds?

Do you know that airplanes can generate energy? That is why this object can fly, because of the force. Such a force, scientifically called as Lift, can move an airplane upward. How come?

There are mainly four forces which contribute to fly an airplane. They are Weight, Thrust, Drag and Lift. How do those work? First, to move an airplane forward, the Thrust created by the engines must be greater than the force produced by the air resistance called as Drag.

Second, to move the airplane upward, it needs enough forward motion. The airplane can only fly if the force of Lift is much greater than in Weight. This process can push an airplane to fly.

Terjemahannya :

Bagaimana Pesawat Bisa Terbang?

Sekarang hampir setiap hari kita melihat pesawat terbang di atas. Di dalamnya, ada ratusan manusia yang sedang duduk, berjalan bahkan berlari. Pernahkah kamu mengira mengapa benda metal yang berat itu dapat mengapung di udara? Bagaimana pesawat bisa terbang seperti burung?

Tahukah kamu pesawat bisa menghasilkan energi? Itulah mengapa objek ini bisa terbang, karena ada kekuatan. Kekuatan itu, yang secara saintifik disebut Lift, bisa menggerakkan pesawat ke atas. Bagaimana bisa?

Ada empat kekuatan utama yang berkontribusi untuk menerbangkan pesawat. Mereka adalah Weight, Thrust, Drag dan Lift.  Bagaimana mereka bekerja? Pertama, untuk menggerakkan pesawat ke depan, Thrust harus lebih besar energinya daripada Drag.

Kedua, untuk menggerakkan pesawat ke atas, dibutuhkan pergerakan ke depan yang cukup. Pesawat hanya bisa terbang jika kekuatan Lift lebih besar daripada Weight Proses ini dapat mendorong sebuah pesawat untuk terbang.  

Bagaimana? Tidak sulit bukan membuat contoh explanation text yang singkat? Kamu bisa mengikuti alur seperti contoh di atas. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism