banner join inggrism

Contoh Dialog Congratulation Bahasa Inggris

contoh dialog congratulation dan artinya

Dalam berbagai kesempatan, tentu anda akan sering mengucapkan selamat. Bahkan ketika itu hanyalah terkesan sederhana seperti sapaan di pagi hari atau ucapan selamat ulang tahun. Akan ada banyak situasi di mana ucapan ini dilakukan, dan pastinya akan anda banyak sekali contoh dialog congratulation yang bisa anda jumpai.

Dalam hal ini, dialog bisa saja melibatkan 2 orang, tapi juga bisa justru lebih banyak orang. Walau ini terkesan sederhana dan sudah sering anda lakukan, tak ada salahnya melihat lebih jauh lagi terkait dialog ini agar nantinya ucapan selamat yang diberikan pun bisa lebih baik pula.

Contoh Tanggapan yang Tepat Ketika Menerima Ucapan Selamat

contoh dialog congratulation dan artinya

Ketika berbicara tentang suatu dialog yang memuat ucapan selamat. Yang menjadi fokus tentu tidak hanya ucapan selamatnya saja dan responnya menjadi diabaikan.

Tanggapan berupa ucapan terima kasih adalah hal yang umum dan sekaligus menjadi ucapan atau tanggapan yang tepat. Ucapan terima kasih pun bisa ditambahi dengan hal bagus lainnya sehingga dialog pun bisa membawa kesan positif.

Ani: Congratulation for the great achievement, Nisa. It is really awesome.

Nisa: Waaa, thank you for coming. You even bring me such beautiful gift. Really glad to have you here.

Ani: Sure.

Terjemahan:

Ani: Selamat untuk pencapaiannya yang luar biasa, Nisa. Ini benar-benar mengagumkan.

Nisa: Waa, terima kasih sudah mau datang. Kamu bahkan membawa hadiah yang cantik. Aku benar-benar senang ada kamu di sini.

Ani: Sure.

Contoh Dialog Congratulation yang Unik

contoh dialog congratulation dan artinya

Dalam berbagai contoh dialog congratulation untuk 3 orang atau jumlah lainnya, seringkali ada dialog yang unik dan lucu. Ini bisa diberikan pada orang yang memang sudah dikenal.

Dialog unik bisa diisi dengan lelucon atau hal-hal menyenangkan lainnya. Kata-kata unik memang selalu menarik, sama halnya dalam banyak contoh iklan dalam bahasa inggris.

Roni: Are getting older, Dude? Be careful ya! Your life is shorter!

Rino: Yaa, you should make proper preparation!

Rio: Sure. I make good preparation to take you guys with me. Where is your present anyway? Don’t you bring anything?

Roni: No. You are happy enough seeing us coming, so we bring no gift for your birthday.

Terjemahan:

Roni: Kamu tambah tua? Hati-hati,ya! Hidupmu semakin singkat!

Rino: Ya. Kamu harus membuat persiapan yang tepat!

Rio: Tentu saja. Aku akan membuat persiapan untuk membawa kalian juga. Ngomong-ngomong, di mana hadiahnya? Kalian tidak bawa apapun?

Roni: Tidak lah. Kamu sudah cukup senang melihat kami datang, jadi tidak perlu bawa hadiah ulang tahun.

Contoh Dialog Congratulation dalam Pernikahan

contoh dialog congratulation dan artinya

banner join inggrism

Dalam hal contoh dialog ucapan selamat, salah satu yang cukup sering dijumpai adalah tentang ucapan selamat saat pernikahan.

Bahasa yang digunakan biasanya tidaklah formal atau kaku seperti pada contoh news item text. Hal ini karena tamu undangan biasanya adalah orang-orang yang sudah dikenal oleh pasangan yang menikah.

Sani: What a great wedding! Really glad to see you both!

Ron: Thank you, Sani. Hope you are going to get married soon, too!

Sani: It still takes time. I still want to enjoy the freedom

Ron: Okay, then. Enjoy the party ya!

Terjemahan:

Sani: Pernikahan yang luar biasa! Aku benar-benar senang melihat kalian berdua!

Ron: Terima kasih, Sani. Semoga kamu segera menyusul ya!

Sani: Santai. Aku masih ingin menikmati kebebasan

Ron: Oke kalau begitu. Nikmati pestanya, ya!

Contoh Dialog Ucapan Selamat dalam Peresmian Rumah Baru

contoh dialog congratulation dan artinya

Lalu, hal yang sering ditemukan lainnya adalah ucapan atas peresmian rumah baru. Ini merupakan momen yang pastinya spesial bagi sebagian besar keluarga.

Karena itu, ada acara tertentu dan dialog untuk ucapan selamat pun sering terjadi. Dalam hal ini, dialog juga umumnya terjadi secara ringan, dan ucapan tak jarang diselingi dengan lelucon tertentu agar suasana tetap ringan dan nyaman.

Rina: Sinta, congratulation for your new house. It looks great!

Sinta: Thank you, Rin. Let’s come inside. Get some good food!

Rina: Sure, Sinta.

Terjemahan:

Rina: Sinta, selamat untuk rumah barunya. Ini kelihatan mengagumkan!

Sinta: Terima kasih, Rin. Ayo masuk. Coba makanannya!

Rina: Tentu saja, Sinta.

Contoh Dialog Congratulation yang Sederhana

contoh dialog congratulation dan artinya

Contoh dialog ucapan selamat memang sangat banyak. Di dalamnya akan ada ucapan selamat dan pujian. Lalu, ada pula tanggapan yang berupa ungkapan terima kasih dan bahkan ditambahi pula dengan doa atau permohonan tertentu.

Boby: Congratulation on your graduation, John.

John: Thanks, Bob. It is great to see you coming in my graduation. Aren’t you busy?

Boby: It is fine. It is your special day, so you deserve the privilege. Hope that you get great job soon!

John: Thanks a lot, Bob!

Terjemahan:

Boby: Selamat atas wisudamu, John.

John: Terima kasih, Bob. Luar biasa sekali bisa melihatmu datang ke wisudaku. Apakah kamu sibuk?

Boby: Santai saja. Ini hari spesialmu, jadi kamu layak dapat hal ini. Kuharap kamu bisa segera dapat pekerjaan yang bagus!

John: Terima kasih, Bob.

Dialog Ucapan Selamat saat Kelulusan

contoh dialog congratulation dan artinya

Salah satu yang paling sering dialami para mahasiswa tentu adalah dialog yang terjadi saat kelulusan. Upacara kelulusan merupakan momen spesial yang dinantikan, dan karena itu acara pun bisa sangat meriah.

Dialog ucapan selamat pun bisa melibatkan banyak orang, dan bahkan bisa jadi untuk 5 orang atau bahkan lebih.

Dialog untuk Ucapan Selamat

contoh percakapan ucapan selamat dalam bahasa inggris

Ketika berbicara tentang dialog, ini merupakan suatu kegiatan yang melibatkan dua orang atau lebih di mana orang-orang tersebut terlibat dalam suatu pembicaraan. Dialog bisa meliputi banyak hal.

Ada tema-tema tertentu, mulai dari yang ringan hingga tema yang berat. Tak hanya itu, dialog untuk mengucapkan selamat pun sering dijumpai, dan ini bisa berupa dialog yang singkat ataupun panjang.

Contoh Dialog Congratulation and Compliment

contoh dialog congratulation dan artinya

Bila berbicara tentang dialog dan ucapan tertentu dalam bahasa inggris, anda akan sering mendengar tentang dua kata, yaitu congratulation dan compliment.

Keduanya memang mirip karena  keduanya memuat ucapan yang bernada positif dan merupakan suatu bentuk apresiasi. Hanya saja, contoh dialog ucapan selamat lebih fokus pada pencapaian, sedangkan compliment akan lebih umum.

Dialog Formal untuk Ucapan Selamat

contoh dialog congratulation dan artinya

Dialog ucapan selamat bisa bernada santai, tapi bisa juga bernada formal. Tentunya, ketika itu merupakan dialog formal, biasanya ini tidak diberikan pada rekan seumuran, tapi justru pada orang yang lebih tua atau orang yang benar-benar dihormati.

Kata-kata yang digunakan memang formal, tapi tidak seperti yang ada di dalam contoh cv bahasa inggris ataupun bahasa indonesia karena kata-kata tetaplah bernada komunikatif.  

Dialog Ucapan Selamat untuk Rekan

contoh dialog congratulation dan artinya

Dalam suatu contoh dialog congratulation untuk rekan atau teman yang sudah lama dikenal, tentu dialog formal tidaklah diperlukan. Bahkan, terkadang dialog dan ucapan yang ada pun terkesan tidak serius.

Ini bisa berupa ucapan karena menang lomba atau ucapan lainnya. Dialog pun bisa lebih santai dan tentunya lebih nyaman. Tentunya, akan menjadi spesial ketika itu adalah teman yang sudah sangat dekat.

Ucapan Selamat Disertai Hadiah

contoh percakapan ucapan selamat dalam bahasa inggris

Dalam dialog untuk memberikan ucapan selamat, ada banyak gestur dan cara penyampaian yang bisa dilakukan. Ini bisa melalui telepon atau berbicara secara langsung.

Dalam prosesnya, memberikan bunga bisa menjadi hal yang umum. Ini cukup sering ditemukan dalam suatu event atau acara graduation. Di acara kelulusan, banyak yang datang membawa bunga sebagai bentuk ucapan selamat.

Selain dengan bunga, ada juga hadiah yang bisa diberikan. Sudah pasti, ini akan sering dilakukan dalam suatu dialog ucapan ulang tahun.

Selain dialog yang mengutarakan hope and wish, ada pula hadiah yang diberikan di hari bahagia tersebut. Hal seperti ini memang sudah seperti tradisi yang ada di berbagai masyarakat.

Dialog Ucapan Selamat yang Sederhana tapi Berkesan

contoh percakapan ucapan selamat dalam bahasa inggris

Dalam berbagai contoh dialog congratulation, anda bisa melihat adanya dialog yang panjang, tapi ada juga yang dialog yang sederhana tapi tetap berkesan.

Ini tentu tergantung pada ucapan yang dipilih dan perasaan dari orang yang ada dalam dialog. Ketika diucapkan dengan tulus, tentu dialog sederhana pun bisa sangat berkesan walau tidak banyak kata-kata indah yang terucap di dalamnya.

Dialog Ucapan Selamat yang Singkat

contoh percakapan ucapan selamat dalam bahasa inggris

Ketika anda ingin membuat ucapan dalam bahasa inggris, tak ada salahnya bila anda mencari tahu ucapan yang tepat beserta artinya. Ketika anda kesulitan dalam mengucapkannya, sebenarnya dialog yang singkat saja sudah sangat cukup.

Dengan adanya usaha memberikan ucapan dalam bahasa asing, tentu dialog pun menjadi menarik dan yang menerima ucapan akan merasa senang.

Dialog yang Tepat untuk Mengungkapkan Pujian dan Selamat

contoh percakapan ucapan selamat dalam bahasa inggris

Bila anda mencari contoh dialog ucapan selamat, sebenarnya semua dialog bisa saja menjadi suatu hal yang tepat dan tidak salah sama sekali.

Seringkali yang membuatnya tidak tepat adalah intense dan ketulusan yang ada saat dialog tersebut terjadi. Selain itu, tentu saja pemilihan kata yang tepat sangatlah penting. Karena itu, dialog tak selalu harus panjang dan bertele-tele. Singkat dan megena pun bisa menjadi pilihan.

Dialog Ucapan Selamat yang Meyakinkan

contoh percakapan ucapan selamat dalam bahasa inggris

Seperti halnya dengan pembahasan sebelumnya, ada banyak contoh dialog ucapan selamat yang bernada meyakinkan. Ini bisa berupa ucapan untuk rumah baru atau ucapan lainnya.

Yang utama memang ketulusan dalam setiap ucapan yang keluar. Selain itu, tak ada salahnya bila mencari tahu informasi tentang hal yang ingin diucapkan terlebih dahulu sehingga ucapan tak lagi sekedar formalitas saja.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Dialog Congratulation

contoh percakapan ucapan selamat dalam bahasa inggris

Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan ketika berdialog mengucapkan selamat.

  1. Pentingnya Kerendahan Hati dalam Suatu Ucapan Selamat

Dalam memberikan ucapan, kerendahan hati memang sangat penting. Tak hanya bagi yang memberikan selamat, tapi lawan bicara dalam dialog tersebut pun juga perlu menanggapi dengan baik dan penuh dengan kerendahan hati.

Dengan demikian, dialog pun menjadi sangat nyaman untuk semua pihak, termasuk juga ketika itu dialog untuk 4 orang antara teman-teman dekat sekalipun.

  1. Pemilihan Kata yang Tepat untuk Ucapan Selamat

Dalam berbagai contoh dialog congratulation, anda akan bisa melihat banyak sekali bentuk ucapan selamat dan tanggapannya. Dalam hal ini, pemilihan kata merupakan hal yang penting, dan berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Lawan bicara akan menentukan pemilihan kata dan cara penyampaian selamat tersebut
  • Walau sudah akrab, kata yang sopan tetaplah perlu digunakan karena ucapan selamat tentu bukanlah sekedar basa-basi
  • Untuk ucapan selamat berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya, pelafalan tentu perlu diperhatikan
  1. Pentingnya Mempertimbangkan Orang yang Mendapatkan Ucapan Selamat

Sebagaimana yang sudah disebutkan, mempertimbangkan lawan bicara adalah hal yang penting. Ini bisa menentukan bentuk ucapan, pemilihan kata, hingga hal lainnya. Hal yang sama pun bisa dilihat dalam banyak contoh undangan ulang tahun bahasa inggris di mana itu pemilihan katanya akan ditentukan oleh siapa yang akan menerima undangan tersebut.

  1. Pentingnya untuk Fokus pada Prestasi dalam Pemberian Ucapan Selamat

Ada salah satu hal yang patut diperhatikan ketika ketika mengucapkan selamat dan kemudian melanjutkannya dalam suatu percakapan. Hal itu adalah fokus pada prestasi. Ini menjadi hal yang penting dan berikut adalah beberapa alasannya.

  • Bila tidak fokus pada prestasi, nantinya percakapan bisa melebar dan kemudian muncul ucapan yang terkesan meragukan.
  • Fokus pada prestasi lawan bicara akan membuat lawan bicara merasa lebih senang dan nyaman, tanpa perlu ada pertanyaan apapun terkait prestasi tersebut.
  • Ketika dialog tidak fokus, percakapan menjadi panjang dan dialog menjadi membosankan.

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mengucapkan Selamat

contoh percakapan ucapan selamat dalam bahasa inggris

Dalam suatu contoh dialog congratulation, sering terjadi beberapa kesalahan. Ini tentu perlu menjadi perhatian anda agar jangan sampai justru melukai perasaan lawan bicara.

  • Dialog terlalu panjang sehingga pesan yang ada pun menjadi kabur
  • Dialog ucapan selamat terkesan membandingkan antara satu orang dengan orang lainnya
  • Ucapan selamat tidaklah tulus dan bahkan diikuti dengan nada yang meragukan pencapaian atau prestasi yang diraih

Penutup

Dalam suatu dialog tentang ucapan selamat, dua atau banyak orang akan saling berbicara dan menyampaikan selamat.

Tentu, ini tidak saja tentang ungkapan selamat saja, tapi tetap saja perlu ada tanggapan yang tepat karena dialog tentu melibatkan interaksi antara beberapa orang yang berbicara.

Ketulusan dan hal lainnya menjadi hal yang penting. Pastinya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Selain itu, berbagai contoh dialog congratulation pun bisa menjadi sumber referensi yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism