banner join inggrism

Contoh Cover Letter Bahasa Inggris

Melamar suatu pekerjaan adalah hal yang lumrah dilakukan oleh semua orang. Umumnya, lamaran pekerjaan dilakukan dengan mengirimkan beberapa berkas tertentu kepada recruiter. Salah satunya adalah contoh cover letter bahasa Inggris.

Cover letter seringkali digunakan agar para recruiter tertarik untuk menerima aplikasi dari para kandidat. Untuk bisa membuat sebuah cover letter yang baik dan benar, ada baiknya para kandidat memeriksa cover letter berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Pengertian Cover Letter?

pengertian dan contoh cover letter bahasa inggris beserta artinya

Apa itu cover letter? Secara umum,cover letter adalah surat pengantar yang ada pada CV. Cover letter harus memiliki daya tarik yang tinggi sehingga para recruiter akan tertarik untuk memeriksa berkas yang diajukan.

Susunan Cover Letter

pengertian dan contoh cover letter bahasa inggris beserta artinya

Dari beberapa contoh cover letter Bahasa Inggris yang sering digunakan, ada struktur surat yang harus dimasukkan dalam sebuah cover letter. Berikut ini susunan dari sebuah cover letter yang simple.

  • Paragraf pembuka yang berisi tentang darimana kandidat tahu tentang lowongan pekerjaan tersebut dan alasan ketertarikan kandidat untuk melamar pekerjaan tersebut.
  • Pada paragraf isi yang berisi tentang alasan perusahaan harus memilih kandidat.
  • Paragraf penutup yang berisi tentang harapan, ucapan terima kasih, serta lampiran berkas yang dikirimkan.

Beberapa Macam Cover Letter

pengertian dan contoh cover letter bahasa inggris beserta artinya

Cover letter dapat dibedakan menjadi beberapa macam sesuai dengan tujuan dan peruntukkan cover letter tersebut. Berikut ini beberapa contoh cover letter yang sering dibuat:

  • Cover letter bagi fresh graduate
  • Cover letter bagi orang yang ingin magang
  • Contoh Cover letter yang digunakan pada email

Contoh Cover Letter Bahasa Inggris Untuk Para Fresh Graduate

pengertian dan contoh cover letter bahasa inggris beserta artinya

banner join inggrism

Salah satu cover letter adalah untuk fresh graduate atau yang baru saja lulus sekolah atau kuliah. Berikut ini salah satu contoh dan artinya:

Dear Mr. Bastian

I’m writing to you to apply for the position of Quality Analysis in a Pharmaceutical Company as advertised on LinkedIn. I believe that I have a strong potential to do the job desk of that position. 

During my time in the university, I have done some researches about the development of the sample preparation method for the analysis of drugs and other chemical compounds. Besides, I also joined the National Chemistry Olympiad and won third place. Even though I am a fresh graduate, but I have joined some organizations in the university. So, I can adapt to the working environment. 

I have included my resume within my application so that you can check my educational background and ability. Thank you for your time and consideration. I hope I can hear from you soon.

Sincerely, 

Reina

Terjemahan:

Tuan Bastian yang terhormat

Saya menulis kepada Anda untuk melamar posisi Analisis Kualitas di Perusahaan Farmasi seperti yang diiklankan di LinkedIn. Saya percaya bahwa saya memiliki potensi yang kuat untuk melakukan pekerjaan di posisi itu.

Selama saya di universitas, saya telah melakukan beberapa penelitian tentang pengembangan metode preparasi sampel untuk analisis obat dan senyawa kimia lainnya. Selain itu saya juga mengikuti Olimpiade Kimia Nasional dan menjadi juara ketiga. Meskipun saya baru lulus, tetapi saya telah bergabung dengan beberapa organisasi di universitas. Jadi, saya bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Saya telah memasukkan resume saya dalam lamaran saya sehingga Anda dapat memeriksa latar belakang dan kemampuan pendidikan saya. Terima kasih atas waktu dan pertimbanganmu. Saya harap saya dapat segera mendengar kabar dari Anda.

Hormat kami,

Reina

Contoh Cover Letter Bahasa Inggris Untuk Orang yang Ingin Magang

pengertian dan contoh cover letter bahasa inggris beserta artinya

Cover letter berikutnya adalah untuk magang. Salah satu jurusan yang sering dipilih oleh siswa maupun mahasiswa dalam kegiatan magang adalah akuntansi. Berikut ini salah satu contoh beserta artinya:

Dear Hiring Manager, 

I am writing to you to apply for the Accounting intern position at GreenTech Company. As a student in the Accounting Major, I believe that I can do a good job as an intern and get a lot of experience.

During my pastime in the university, I have studied a lot of subjects in the field of accounting such as cost accounting, auditing, finance, marketing, and others. Besides, I also joined the Accounting Club at the university. Therefore, I’m ready to adapt to the working environment. 

I have included my resume within my applications. Thank you for your consideration. I am so excited to hear from you soon.

Sincerely,

Sisca

Terjemahan:

Kepada manajer perekrutan,

Saya menulis kepada Anda untuk melamar posisi magang sebagai akuntan di Perusahaan GreenTech. Sebagai mahasiswa Accounting, saya yakin dapat melakukan pekerjaan magang dengan baik dan mendapatkan banyak pengalaman.

Selama saya berkuliah di universitas, saya telah mempelajari banyak mata pelajaran di bidang accounting seperti accounting cost, audit, keuangan, pemasaran, dan lain-lain. Selain itu saya juga bergabung dengan Accounting Club di universitas. Oleh karena itu, saya siap beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Saya telah memasukkan resume saya dalam lamaran saya. Terima kasih atas pertimbangan Anda. Saya sangat senang mendengar kabar dari Anda segera.

Hormat kami,

Sisca

Contoh Cover Letter Bahasa Inggris yang Digunakan Pada Email

pengertian dan contoh cover letter bahasa inggris beserta artinya

Cover letter selanjutnya adalah untuk email. Umumnya, cover letter pada email digunakan jika perusahaan tersebut mengadakan penerimaan pekerjaan dengan menggunakan sistem online. Berikut ini salah satu contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris.

Dear HR Manager 

I am so excited to send this email since I would like to apply for the English Content Creator position in your company as advertised on Indeed.com. My name is Reina Wardaya, Bachelor of English Literature. 

I have several experiences as a Content Creator in English. I became the founder of the Let’s Speak English Website and Teaching English Club in the university. And I was responsible to teach the students about English. I also made some English contents that can be accessed by the public. With this experience, I am sure I can give more benefits to the company. 

I have included my resume in this email. Thank you for your consideration. 

Sincerely, 

Reina

Terjemahan:

Manajer SDM yang terhormat

Saya sangat senang mengirimkan email ini karena saya ingin melamar posisi Kreator Konten Bahasa Inggris di perusahaan Anda seperti yang diiklankan di Indeed.com. Nama saya Reina Wardaya, Sarjana Sastra Inggris.

Saya memiliki beberapa pengalaman sebagai Pembuat Konten bahasa Inggris. Saya menjadi pendiri Situs Web Let’s Speak English dan Klub Pengajaran Bahasa Inggris di universitas. Aku bertanggung jawab untuk mengajar siswa tentang bahasa Inggris. Saya juga membuat beberapa konten berbahasa Inggris yang bisa diakses oleh umum. Dengan pengalaman ini, saya yakin bisa memberikan manfaat lebih bagi perusahaan.

Saya telah memasukkan resume saya di email ini. Terima kasih atas pertimbangan Anda.

Hormat kami,

Reina

Apa Saja Tips Untuk Membuat Sebuah Cover Letter Bahasa Inggris?

pengertian dan contoh cover letter bahasa inggris beserta artinya

Dari beberapa contoh cover letter Bahasa Inggris yang ada, para pelamar pekerjaan dapat membuat sebuah cover letter dengan benar. Ada beberapa tips membuat cover letter dengan mudah yang bisa dilakukan.

Berikut ini uraian singkat tentang tips tersebut:

  • Menuliskan kata kunci yang berkaitan dengan posisi yang dilamar.
  • Menuliskan nilai penting pada diri kandidat yang mengharuskan perusahaan menerima kandidat sebagai pegawai di perusahaan tersebut.

Mengunduh Contoh Cover Letter

Bagi para pelamar pekerjaan yang ingin memiliki contoh cover letter Bahasa Inggris, mereka bisa mengakses beberapa website yang menyediakan contoh cover letter tersebut.

Para pelamar pekerjaan bisa download contoh cover letter dalam format word maupun pdf. Akan tetapi, jika ingin mengedit cover letter lebih mudah, mereka bisa memilih format doc.

Belajar Materi Bahasa Inggris Pendukung Lainnya

pengertian dan contoh cover letter bahasa inggris beserta artinya

Mengenal Cerpen atau Cerita Pendek Bahasa Inggris

Bahasa Inggris juga menyediakan beberapa macam teks lain selain beberapa cover letter. Salah satunya adalah cerpen bahasa Inggris.

Seperti namanya, cerita ini memiliki alur yang pendek dan dibicarakan dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Cerpen pada Bahasa Inggris memiliki banyak jenis dan contoh. Cerpen yang berhubungan dengan hewan sering disebut dengan nama cerpen fabel.

Beberapa contohnya adalah The Ant and The Elephant, The Mouse and The Lion, A Rabbit and Twenty Crocodiles, dll.

Mengenal Informal Letter

Selain beberapa contoh cover letter Bahasa Inggris, ada beberapa surah lain yang sering digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Salah satunya adalah informal letter atau surat tidak resmi. Beberapa contoh informal letter adalah surat yang dikirimkan kepada ibu, sahabat, dll.

Mengenal Relative Clause

Ketika akan membuat sebuah cover letter maupun informal letter, ada beberapa jenis kalimat pada bahasa Inggris yang sering digunakan. Salah satunya adalah relative clause.

Secara umum, relative clause adalah klausa dependen yang memiliki subjek dan objek tetapi tidak bisa berdiri sendiri. Salah satu contohnya adalah sebagai berikut:

I don’t like the person who lied to me

Mengenal Relative Pronoun Who Whom Whose

Selain relative clause, materi lain yang harus dipelajari adalah penggunaan who whom whose. Ketiga relative pronoun ini memiliki arti yang hampir mirip tetapi penggunaannya berbeda.

Oleh karena itu, diperlukan suatu pemahaman yang baik untuk menggunakan ketiga relative pronoun tersebut dengan benar.

Do you know the student who won the singing competition?

Rossa is the singer whom my sister really likes

Whose shoes are you wearing?

Penutup

Mempelajari beberapa contoh cover letter Bahasa Inggris memberikan banyak manfaat terutama kepada orang – orang yang akan melamar pekerjaan karena cover letter yang baik dapat meningkatkan peluang mereka untuk diterima bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism