banner join inggrism

Contoh Pidato Bahasa Inggris

pidato dalam bahasa inggris singkat

Contoh pidato bahasa Inggris biasa digunakan untuk acara-acara tertentu. English speech juga sering digunakan dalam banyak event perlombaan antar sekolah. Baik acara formal maupun non formal biasa menggunakan pidato dalam acara pembukaannya.

Banyak topik yang bisa digunakan dalam speech, misalnya saja tentang perpisahan untuk pidato perpisahan di sekolah, atau tentang Maulid Nabi. Namun pidato bisa sangat luas tergantung dengan acara dimana pidato tersebut dibawakan.

Contoh pidato berbeda dengan contoh percakapan bahasa inggris biasanya. Untuk memahami lebih jauh mengenai pidato dalam bahasa Inggris, sebaiknya kamu mempelajari struktur pidato terlebih dahulu.

Setelah mempelajari strukturnya, maka kamu bisa mempelajari contoh dan artinya di bawah ini.

Struktur Dalam Pidato Bahasa Inggris

pidato dalam bahasa inggris singkat

Dalam berpidato, terdapat beberapa struktur yang perlu diperhatikan. Pidato harus memuat beberapa poin di bawah ini:

  1. Sapaan atau greetings.

Contoh:

Good morning, ladies and gentlemen.

Artinya:

Selamat pagi bapak dan ibu sekalian.

  1. Pembukaan atau opening, berisi tentang pengantar dalam pidato.

Contoh:

banner join inggrism

Today we gather here to celebrate Kartini’s Day…

Artinya:

Hari ini kita berkumpul bersama untuk merayakan hari Kartini…

  1. Isi atau body yang menjelaskan pokok pembahasan dalam pidato.

Contoh:

Kartini taught us to keep fighting during difficult times. It should inspire us to do better nowadays…

Artinya:

Kartini mengajaran kita untuk tetap berjuang dalam masa-masa sulit. Itu seharusnya bisa menginspirasi kita untuk lebih baik di masa sekarang…

  1. Penutupan atau closing bisa berisi kesimpulan dan ucapan terimakasih.

Contoh penutup pidato bahasa inggris:

With that, we can conclude that this moment should be our chance to be a better person to create a better future. Thank you for your attention.

Artinya:

Dengan itu kita bisa menyimpulkan bahwa momen ini merupakan kesempatan bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Terimakasih atas perhatiannya.

Agar bisa menyusun pidato yang baik, akan lebih baik apabila Anda mempelajari dan menambah pengetahuan tentang kosakata dalam bahasa inggris.

Jenis Pidato dalam Bahasa Inggris

pidato dalam bahasa inggris singkat

Ternyata, selain interview bahasa inggris, dalam pidato bahasa inggris juga mempunyai beberapa jenis. Dan berikut ini adalah beberapa jenisnya.

  1. Impromptu

Pidato jenis ini merupakan pidato tanpa persiapan, sehingga semua terkesan alakadarnya. Pidato ini juga tidak berlangsung lama.

  1. Extemporaneous

Jenis ini biasa ditentukan dalam perlombaan antar sekolah. Pidato jenis ini tertata rapi sesuai dengan tema yang ditentukan.

  1. Manuscript

Sesuai dengan namanya, pidato ini biasanya disertai dengan naskah. Biasanya ditemukan dalam pidato-pidato resmi.

  1. Memorized

Pidato ini dilakukan dengan cara mengingat teks pidato bahasa Inggris sebelum membawakannya di depan khalayak umum.

Contoh Pidato Singkat dengan Berbagai Topik

pidato dalam bahasa inggris singkat

Oke, kita sudah belajar tentang pengertian, struktur, dan jenis pidato dalam bahasa inggris. Pembahasan yang selanjutnya yaitu tentang contoh pidato.

Kami akan memberikan contoh pidato dalam bahasa inggris dengan berbagai topik. Silahkan simak dan pelajari contoh-contoh pidato dibawah ini beserta artinya.

  1. Contoh Pidato Bahasa Inggris tentang Pendidikan

pidato dalam bahasa inggris singkat

Di bawah ini merupakan contoh pembukaan pidato bahasa Inggris dengan tema tentang pendidikan yang bisa kamu contoh:

Ladies and gentlemen,

I’d like to say thank you to the headmaster who gives me the opportunity to stand here and deliver my speech about the importance of education in our lives.

As we all know, education is the core of a nation. With a high quality education, we can develop our country.

Terjemahannya:

Bapak dan ibu hadirin yang terhormat,

Saya ingin menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Sekolah yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk berdiri di sini dan menyampaikan pidato saya tentang pentingnya pendidikan dalam kehidupan kita.

Seperti yang kita tahu, pendidikan merupakan hal pokok dalam sebuah bangsa. Dengan pendidikan berkualitas tinggi, kita bisa mengembangkan Negara kita.

  1. Pembukaan Pidato tentang Akhlak

pidato dalam bahasa inggris singkat

Di bawah ini contoh pidato bahasa Inggris dengan tema akhlak atau tentang pendidikan moral:

Good morning, ladies and gentlemen,

In this beautiful morning, I’d like to remind you that good moral is important in our lives. Being a good person means having good morals. Good morals should be a character that we instill from an early age.

Artinya:

Selamat pagi, bapak-bapak dan ibu-ibu,

Pada pagi yang indah ini, saya ingin mengingatkan pada semuanya bahwa moral yang baik penting bagi kehidupan kita. Menjadi orang baik itu artinya memiliki moral yang baik. Moral yang baik seharusnya menjadi karakter yang kita tanamkan sejak dini.

  1. Isi Pidato tentang Covid-19

pidato dalam bahasa inggris singkat

Di era pan demi, pidato tentang pandemi dan tentang kesehatan sering kita dengan di berbagai acara. Berikut ini isi secara singkat mengenai pandemi dan kesehatan:

Good afternoon everyone,

As we all aware, the pandemic is not over. Many people have died from the Covid-19 virus. That is why we need to practice a healthy lifestyle and apply health protocols in everyday life. It’s our responsibility to look after each other in this condition.

Artinya:

Selamat siang semuanya,

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pandemi belum usai. Sudah banyak orang yang meninggal karena virus Covid-19. Itulah sebabnya kita perlu mengamalkan pola hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Ini sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga sat sama lain.

  1. Isi Pidato Hari Ibu

pidato dalam bahasa inggris singkat

Pidato tentang ibu biasa digunakan saat perayaan Mother’s Day, berikut adalah contoh penutup pidatonya:

Hello smart people, good afternoon,

From my speech above, it can be concluded that a mother is a hero to her children. That is why we must always act on our parents, especially mothers. All right, that’s all I can say, thank you for your attention and good afternoon.

Artinya:

Halo orang pintar, selamat siang,

Dari pidato saya di atas dapat disimpulkan bahwa seorang ibu merupakan seorang pahlawan bagi anak-anaknya. Itulah sebabnya kita harus selalu berbakti kepada orang tua khususnya ibu. Baiklah, sekian yang bisa saya sampaikan, terimakasih atas perhatiannya dan selamat siang.

  1. Contoh Pidato Bahasa Inggris tentang Lingkungan

pidato dalam bahasa inggris singkat

Tema lingkungan atau tentang kebersihan lingkungan juga merupakan topik yang sering diangkat dalam perlombaan English speech. Berikut adalah contoh isi pidatonya:

Hello everyone, good morning,

This morning, I would like to express my concern about the cleanliness of our environment. As good societies, we should care more about the cleanliness of the places we live in. Often it is found that garbage is still scattered in the water disposal which can cause flooding.

Artinya:

Halo semuanya, selamat pagi,

Pagi ini, saya ingin menyampaikan kecemasan saya terhadap kondisi kebersihan lingkungan sekitar kita. Sebagai masyarakat yang baik, kita seharusnya lebih peduli terhadap kebersihan tempat kita tinggal. Seringkali ditemukan sampah-sampah masih berserakan di pembuangan air yang bisa menyebabkan banjir.

  1. Pidato untuk Anak Hal Menarik

pidato dalam bahasa inggris singkat

Bagi anak-anak, pidato dengan tema tentang cita-cita merupakan hal yang menarik. Sebagai contoh adalah pembukaan pidato di bawah ini:

Good morning my friends, ladies and gentlemen,

Thank you to all those who have given me the opportunity to deliver my speech about our aspirations as future candidates for a great nation.

Artinya:

Selamat pagi teman-teman dan hadirin sekalian,

Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan kesempatan pada saya untuk menyampaikan pidato saya tentang cita-cita kami sebagai calon penerus bangsa yang besar.

  1. Isi Pidato Dalam Bahasa Inggris tentang Narkoba

pidato dalam bahasa inggris singkat

Berikut ini adalah contoh pidato bahasa inggris yang berisi tentang narkoba dan bahayanya.

Ladies and gentlemen,

Drugs are illegal drugs that can damage us and our future if we take them. As young people who care about the future of our nation, we must avoid drugs.

Besides being detrimental to health, drugs can also make a person caught up in the law and end up in prison.

Artinya:

Hadirin sekalian,

Narkoba merupakan obat-obatan terlarang yang bisa merusak diri kita dan masa depan kita jika kita mengonsumsinya. Sebagai generasi muda yang peduli terhadap masa depan bangsa, kita harus menghindari narkoba.

Selain merugikan bagi kesehatan, narkoba juga bisa membuat seseorang terjerat hukum dan berakhir di penjara.

Biasanya dalam kalimat pidato terdapat juga beberapa kalimat pasif, oleh sebab itu Anda juga harus belajar tentang rumus passive voice dalam bahasa inggris.

Kesimpulan dan Penutup

pidato dalam bahasa inggris singkat

Banyak contoh pidato lain yang bisa kamu kembangkan sendiri, misal tentang menjadi diri sendiri, atau juga bisa memilih tema islami seperti tentang hijrah.

Hal terpenting adalah untuk menyusun berdasarkan struktur yang telah dipelajari di atas. Pidato panjang tidak menjamin isi yang disampaikan berkualitas.

Hal penting lainnya adalah untuk tetap berada pada konteks topik yang sedang dibicarakan. Dengan begitu, contoh pidato bahasa Inggris yang kamu bawakan akan lebih berbobot dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism