banner join inggrism

Contoh News Item Text

contoh news item text dan artinya

Hello Mates, pada kesempatan kali ini, inggrism akan berbagi artikel tentang materi bahasa inggris lagi. Nah, kali ini yaitu tentang contoh news item text dalam bahasa inggris beserta artinya.

Berita tentu adalah hal yang akan sering anda temui setiap hari. Berita hadir dalam media cetak ataupun dunia digital. Selain berita yang dibawakan atau dibacakan oleh news anchor atau pembaca berita, berita berupa teks tentu menjadi yang paling umum.

Dalam hal ini, ada istilah tentang news item text yang akan sering anda jumpai ketika mempelajari berita. Ini memang menjadi hal yang tak terpisahkan dari suatu berita. Ada banyak contoh news item text. News text item bisa berbicara tentang banyak hal. Itu bisa membahas tentang corona hingga topik-topik berita terbaru lainnya.

Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Ciri-ciri News Item Text

contoh teks berita dalam bahasa inggris dan artinya

Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian, tujuan, struktur, dan ciri-ciri news item text dalam bahasa inggris.

Pengertian News Item Text

Pembahasan pertama tentang news text item tentu adalah dalam hal pengertian. Ini akan memberikan anda gambaran tentang hal ini.

Untuk itu, news item text adalah jenis teks atau tulisan yang berisi berita dan menyampaikan suatu informasi terbaru.

Dari hal ini, bisa dibilang bahwa news text item memang menjadi bagian dari berita itu sendiri, dan bahkan menjadi badan dari berita cetak ataupun digital.

banner join inggrism

Tujuan dari News Item Text

Setelah membahas tentang definisi atau maksud dari news item text, hal lainnya tentang tujuan dari news text item. Bila anda melihat berbagai contoh news item text, tujuan dari tulisan ini sebenarnya cukup jelas.

Tujuan utamanya adalah menyampaikan berita atau informasi terkini dan terbaru. Berita dan informasi terbaru 2021 akan selalu diperbarui untuk menyajikan berita terhangat.

Struktur dari Suatu News Item Text

Bila berbicara tentang struktur, news item text memiliki struktur sendiri. Tentunya ini berbeda dengan apa yang bisa anda temukan dalam berbagai contoh cv bahasa inggris. Struktur dari teks berita ini meliputi poin-poin sebagai berikut:

  • Main event merupakan bagian utama yang memberitahukan peristiwa atau inti berita yang ingin dibahas
  • Elaboration atau background event berisi tentang penjelasan dari bagian main event.
  • Source adalah tentang sumber dari berita, dan ini juga meliputi komentar dan hal yang diberikan oleh narasumber

Ciri-ciri News Item Text

Lalu, yang juga bisa menjadi pemahasan adalah ciri-ciri dari news text item. Ciri beserta struktur dari news text item ini sangat berbeda dengan berbagai contoh iklan dalam bahasa inggris karena tujuannya pun sangat berbeda.

Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari tulisan ini:

  • Tulisan atau text dibuat dengan komposisi yang singkat
  • Konten berupa fakta dan umumnya bersifat netral
  • Memiliki detail kejadian yang jelas
  • Penggunaan action verb atau kata kerja yang menunjukkan suatu tindakan

5W dan 1H dalam Teks Berita Bahasa Inggris

contoh news item text dan artinya

Dalam suatu news text item, ada juga yang dikenal dengan 5W dan 1H. Ini menjadi bagian yang sangat penting karena akan menyusun badan atau isi dari berita.

Itu akan menunjukkkan informasi detail, misalkan saja berita tentang kecelakaan atau lainnya.

  • What atau “apa” ini tentang apa yang terjadi dalam suatu kejadian yang diberitakan.
  • Who atau “siapa” ini akan menjawab tentang orang-orang yang terlibat dalam berita, bisa berupa korban, pelaku, atau orang lainnya
  • Where atau “di mana” menunjukkkan informasi tentang tempat di mana kejadian tersebut berlangsung
  • When atau “kapan” akan menyebutkan detail tentang waktu ketika kejadian itu berlangsung
  • Why atau “mengapa” ini menjelaskan tentang alasan kenapa hal yang diberitakan itu bisa terjadi
  • How atau “bagaimana” menjelaskan tentang detail rentetan peristiwa atau proses terjadinya hal yang diberitakan

Beberapa Contoh News Item Text dan Artinya

contoh news item text dan artinya

Nah, diatas tadi telah dijelaskan tentang pengertian, ciri-ciri, struktur, hingga tujuan dari news item text. Bahkan juga sudah dijelaskan tentang 5W1H dalam bahasa inggris.

Selanjutnya yaitu akan kami berikan beberapa contoh news item text dalam bahasa inggris dan artinya. Langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak dan baca penjabarannya dibawah ini.

  • News Text Item tentang Sekolah

contoh teks berita dalam bahasa inggris dan artinya

Contoh news item text hadir dengan beragam konteks. Yang juga cukup sering ditemukan adalah tentang sekolah atau proses pembelajaran di dalamnya. Untuk referensi, berikut adalah contoh dari text item tersebut.

Pandemic of COVID-19 brings bad news for students in private schools. Currently, some students in private schools face difficulties.

The pandemic has made parents lose their jobs or get lower incomes. That is why parents have struggled to pay student’s tuition even during the online learning.

Terjemahan:

Pandemi COVID-19 membawa kabar buruk bagi siswa di sekolah swasta. Saat ini, sebagian siswa di sekolah swasta mengalami kesulitan.

Pandemi telah membuat orang tua mereka kehilangan pekerjaan atau menerima gaji yang lebih rendah. Karena itulah, orang tua harus berjuang keras untuk membayar biaya pendidikan anaknya, bahkan selama masa pembelajaran daring.

  • News Item Text Tentang Olahraga

contoh teks berita dalam bahasa inggris dan artinya

Berita tentang olah raga menjadi salah satu yang cukup banyak dicari. Dari sekian banyak jenis olah raga, sepak bola adalah di antaranya.

Setiap minggunya selalu ada berita baru tentang olah raga ini. Berikut adalah contoh news item text untuk sepak bola.

Jurgen Klopp said that he does not want to seek revenge on Real Madrid. In the past, Liverpool journey was stopped by Real Madrid in 2018 Champions League final.

One of the reasons was the injury received by Mohamed Salah, and it was caused by Sergio Ramos. At that time, Jurgen Klopp was angry due to the action, yet he does not have any concern regarding the revenge.

Terjemahan:

Jurgen Klopp mengatakan bahwa dia tidak ingin membalas dendam kepada Real Madrid. Di masa lalu, perjalanan Liverpool dihentikan oleh Real Madrid pada laga final Liga Champion 2018.

Salah satu alasannya adalah cedera yang dialami oleh Momamed Salah, dan ini disebabkan oleh Sergio Ramos. Saat itu, Jurgen Klopp menyatakan kemarahannya, tapi dia tidak ingin lagi mengejar balas dendam atas hal tersebut.

  • News Item Text Tentang Bencana Alam

contoh teks berita dalam bahasa inggris dan artinya

Ada cukup banyak bentuk news item text. Yang cukup sering dibicarakan adalah tentang bencana alam. Di musim hujan, bencana alam seperti tanah longsor dan banjir kerap terjadi. Berikut adalah contoh text item tersebut.

In response of current flash flood occurred in East and West Nusa Tenggara, President Joko Widodo ordered the government to respond quickly.

The disaster has brought severe effect on the areas. So far, there are 70 people killed and hundreds houses were swept by the flood.

Terjemahan:

Menanggapi banjir yang terjadi di  Nusa Tenggara Barat dan Timur, Presiden Joko Widodo meminta pemerintah untuk menanggapinya secara cepat.

Bencana ini telah membawa dampak parah pada area tersebut. Sampai saat ini, telah ada 70 korban jiwa dan ratusan rumah yang terbawa oleh banjir dan longsor yang terjadi.

  • News Item Text di Bidang Ekonomi

contoh news item text dan artinya

Berita memang selalu menyajikan informasi terbaru dari berbagai bidang. Ekonomi adalah salah satunya. Ini bisa saja membicarakan tentang kondisi perekonomian dunia, inflasi, saham, dan bahkan tentang pandemi sekalipun.

Dalam hal ini, struktur yang digunakan tetaplah sama seperti berita pada umumnya. Dari segi format, tentu ini akan sangat berbeda dengan berbagai contoh job vacancy.

The government expands temporary tax cut for the new luxury cars. It covers the cars with engine capacity up to 2,500 cc.

The renewal of policy is published on April 1st 2021, and government expects that this is going to boost recovery of automotive business sectors.

Terjemahan:

Pemerintah memperpanjang kebijakan sementara terkait potongan pajak untuk mobil mewah. Kebijakan ini mencakup mobil mewah dengan kapasitas mesin mencapai 2.500 cc.

Pembaharuan kebijakan sementara ini dirilis pada 1 April yang lalu, dan pemerintah berharap bahwa ini mampu meningkatkan proses pemulihan di sektor bisnis otomotif.

  • News Item Text di Bidang Kesehatan

contoh news item text dan artinya

Bagian berita lainnya adalah di bidang kesehatan. Ini bisa berbicara tentang virus corona ataupun masalah kesehatan terbaru.

Dalam proses mendapatkan narasumber, email pun bisa digunakan dan ada contoh email bahasa inggris yang bisa dijadikan pedoman.

Telepon dan tatap muka langsung tentu tetap menjadi pilihan yang paling nyaman dalam wawancara.

Recently, government has ordered reopening of schools. Government says that schools with teachers, administrators, and other staff who have received vaccinations can open the school.

Government also aims that all schools can be reopened for new academic year in July.

Terjemahan:

Baru-baru ini, pemerintah telah meminta pembukaan kembali sekolah-sekolah. Pemerintah mengatakan bahwa sekolah yang mana guru, staff administrasi, dan staff lainnya telah mendapatkan vaksinasi bisa kembali membuka sekolahnya.

Pemerintah pun menargetkan bahwa sekolah bisa kembali dibuka saat tahun ajaran baru di bulan Juli.

Tips Membuat Teks Berita Bahasa Inggris yang Menarik

contoh teks berita dalam bahasa inggris dan artinya

Untuk membuat suatu news text item yang menarik, tentu ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah memanfaatkan 5W dan 1H untuk mengumpulkan berita.

Berita haruslah berita terbaru dan merupakan hal yang menarik. Untuk proses penulisannya, ini memang membutuhkan pengalaman. Tak hanya itu, akan lebih baik bila ada orang yang membantu membaca dan mengecek teks yang sudah jadi.

  • Pentingnya Sumber dalam Suatu News Item Text

Lalu, bagian yang tak boleh hilang adalah bagian sumber. Ini adalah bagian yang bahkan menjadi bagian dari struktur atau komposisi dari news text item.

Baik itu berita tentang kesehatan atau bidang lainnya, anda bisa melihat beragam sumber. Ini bisa berupa tokoh atau narasumber lainnya yang diwawancarai. Tak hanya itu, sumber lainnya pun bisa digunakan, termasuk juga berita dari sumber lainnya.

  • Bahasa Formal dalam Pembuatan News Item Text

Selain pemilihan kata, yang juga perlu diperhatikan dalam contoh news item text adalah tentang bahasa atau cara penyampaian isi news item text tersebut. Bahasa yang digunakan tentu saja adalah bahasa formal.

Ini karena isi yang diberikan adalah berupa berita. Dengan penyampaian seperti ini, ini akan menghindari adanya salah interpretasi dan sekaligus membuat pembaca pun merasa nyaman.

  • Pentingnya Pengecekan Penulisan News Item Text

Dalam proses pembuatan news text item, pengecekan adalah hal yang tak boleh dilupakan. Hal inilah yang membuat berbagai contoh news item text yang anda temukan selalu terlihat bagus dan nyaman untuk dibaca.

Alasan utamanya adalah untuk menghindari kesalahan penulisan. Tak hanya itu, ini menjadi proses untuk memastikan bahwa berita ditulis dengan tepat dan tidak ada yang dilebihkan.

Tata Bahasa yang Bagus untuk Teks Berita Bahasa Inggris

contoh teks berita dalam bahasa inggris dan artinya

Selain pemilihan kata dan bahasa formal, suatu news text item perlu menggunakan tata bahasa yang tepat.

Baik itu berupa berita dalam bahasa inggris ataupun dalam bahasa Indonesia, tata bahasa yang tepat harus digunakan agar berita tersampaikan secara tepat.

Tata bahasa memang sangat mempengaruhi tingkat pemahaman orang dalam membaca teks berita yang ada.

  • Pemilihan Kata dalam Pembuatan News Item Text

Setelah membahas tentang generic structure dari teks berita tersebut, hal yang juga patut diperhatikan adalah tentang pemilihan kata. Berbagai news item text menunjukkan penulisan berita yang bagus.

Ini didukung dengan pemilihan kata yang jelas dan lugas. Ini digunakan untuk menghindari ambiguitas sehingga makna dan informasi dari berita yang ada tersampaikan dengan jelas.

  • Past Tense dan Present Tense dalam News Item Text

Ketika berbicara tentang berita berbahasa Inggris, tenses menjadi hal yang penting. Bila anda melihat berbagai contoh news item text, anda akan menemukan bahwa secara umum tenses yang digunakan adalah past tense karena ini melaporkan kejadian yang telah terjadi.

Namun, present tense pun bisa tetap digunakan, misalkan dalam kutipan dari narasumber atau fakta tertentu.

  • Kalimat yang Singkat dalam News Item Text

Salah satu karakteristik dari suatu news item text memang kalimat yang singkat. Berita memang terkesan padat. Hal ini dibuat singkat dan padat untuk menghindari informasi yang tidak perlu atau bahkan opini dari penulis berita.

Dengan adanya ketentuan seperti ini, pembaca pun tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membaca satu berita saja, misalkan tentang ekonomi atau bidang lainnya.

  • Penulisan News Item Text

News item text memang bisa sangat beragam. Dalam hal ini, bagian-bagian yang ada dalam struktur tulisan ini memang perlu diperhatikan.

Walau dalam praktiknya tentu saja tidak hanya terbatas pada tiga paragraf saja karena konten bisa dielaborasi. Setidaknya, berita haruslah jelas dan tetap harus singkat atau tidak terlalu panjang.

Kesalahan yang Terjadi dalam Teks Berita Bahasa Inggris

contoh news item text dan artinya

Ada beberapa kesalahan yang bisa terjadi dalam proses penulisan news text item. Salah satunya kesalahan penulisan, baik itu kata ataupun nama. Lalu, informasi yang diberikan bisa saja tidak lengkap.

Misalkan saja, berita tentang tsunami tapi di dalamnya tidak ada keterangan tentang tinggi gelombang airnya. Hal lainnya adalah pemilihan kata yang kurang tepat sehingga memunculkan makna ganda.

Penutup

Membuat news text item memang bukan tugas yang mudah. Dalam bahasa Indonesia saja, itu bisa menjadi tugas yang tidak mudah, apalagi ketika dibuat dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Namun, proses pembuatan tulisan ini biasanya sudah dikenalkan sejak di masa pendidikan menengah. Adanya banyak contoh news item text dan poin-poin penting lainnya bisa dijadikan sumber referensi agar penulisan news text item bisa menjadi lebih mudah dan hasilnya bisa jauh lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism