banner join inggrism

Contoh Cerpen Bahasa Inggris

kumpulan cerpen bahasa inggris dan artinya

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang memiliki tingkat kesusastraan yang sangat tinggi. Sehingga, bahasa Inggris memiliki banyak jenis cerita maupun teks yang bisa diajarkan. Salah satunya adalah cerpen Bahasa Inggris.

Seperti namanya, cerita tersebut memang memiliki alur cerita yang pendek dan disampaikan dalam bahasa Inggris. Setiap cerpen memiliki tema dan pesan moralnya sendiri. Berikut ini beberapa kumpulan cerita Bahasa Inggris yang bisa diceritakan untuk anak anak.

Pengertian dan Struktur Cerita Pendek Bahasa Inggris

contoh cerita pendek dalam bahasa inggris dan artinya

Apa yang Dimaksud dengan Cerrita Pendek Pada Bahasa Inggris?

Secara umum, cerita pendek dapat diartikan sebagai cerita fiktif hasil karya penulis yang alurnya tidak terlalu panjang dibandingkan dengan cerita pada novel, roman, dll.

Selain itu, sesuai namanya, cerita pendek bahasa Inggris disampaikan menggunakan Bahasa Inggris.

Struktur dari Cerita Pendek dengan Bahasa Inggris

Cerpen Bahasa Inggris memiliki beberapa struktur atau alur cerita yang sering digunakan. Berikut ini salah satu contoh analisis cerpen bahasa Inggris yang memiliki struktur tertentu untuk pemula:

  • Abstrak,
  • Orientasi,
  • Komplikasi,
  • Evaluasi,
  • Resolusi,
  • Koda (moral value).

Jenis Cerita Pendek yang Ada Bahasa Inggris

contoh cerita pendek dalam bahasa inggris dan artinya

banner join inggrism

Cerpen Bahasa Inggris dapat dibuat dengan menggunakan beberapa tema tertentu. Berikut ini beberapa tema yang sering dibuat menjadi cerpen dengan Bahasa Inggris:

  • Persahabatan,
  • Liburan,
  • Perjuangan,
  • Sekolah,
  • Ibu,
  • Cinta,
  • Fabel/hewan,
  • Legenda,
  • Pengalaman pribadi,
  • Dongeng, dll.

Cerpen Bahasa Inggris dengan Tema Persahabatan

contoh cerita pendek dalam bahasa inggris dan artinya

Salah satu cerita pendek dalam bahasa inggris adalah tentang persahabatan. Berikut ini salah satu cerpen dan terjemahannya:

True Friendship

Fiona was a girl who rarely smiles. She looked so sad every day. Reina, her classmate, was so worried about her. One day, Fiona was not going to school. The next day, she was late.

She didn’t say anything either to the teacher or friends. She kept quiet the whole day. After class, she went back to her home in a hurry. Reina decided to follow her so that she knew what her problems were.

After finding Fiona, Reina was shocked. She saw Fiona sat helplessly in the cemetery. Reina was approaching Fiona. She saw that Fiona was crying beside her sister’s tomb.

Reina sat closely with Fiona and hugged her. She said that everything will be okay. Reina asked Fiona to tell her problem and never hide it. After that day, they were becoming true friends. 

Terjemahan:

Pertemanan yang Sesungguhnya

Fiona Adalah seorang gadis yang jarang tersenyum. Dia terlihat sangat sedih setiap hari. Reina, teman sekelasnya, sangat mengkhawatirkannya. Suatu hari, Fiona tidak bersekolah. Keesokan harinya, dia terlambat.

Dia tidak mengatakan apa-apa kepada guru atau teman-temannya. Dia diam sepanjang hari. Setelah kelas usai, dia kembali ke rumahnya dengan tergesa-gesa. Reina memutuskan untuk mengikutinya sehingga dia tahu apa masalahnya.

Setelah menemukan Fiona, Reina kaget. Dia melihat Fiona duduk tak berdaya di kuburan. Reina mendekati Fiona. Dia melihat bahwa Fiona menangis di samping makam saudara perempuannya. Reina duduk dekat dengan Fiona dan memeluknya. Dia berkata bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Reina meminta Fiona menceritakan masalahnya dan tidak pernah menyembunyikannya. Setelah hari itu, mereka menjadi teman sejati.

Cerpen Bahasa Inggris dengan Tema Liburan

kumpulan cerpen bahasa inggris dan artinya

tema lain dari cerita pendek dalam bahasa inggris adalah tentang liburan. Berikut ini salah satu contoh teks cerpen Bahasa Inggris yang menceritakan liburan.

The Secret Park in My Grandfather’s House

Last summer, my family and I went to my grandfather’s house. We stayed there for about one week. I and my brother were so happy since my grandfather’s house was located close to the beautiful and greenery farm.

One day, I saw my grandfather went to the farm behind the house. I was so curious since I had never gone there. The place looked so scary. My grandfather saw me. Then, he immediately asked me to follow him.

And, I was so surprised since there was a flower park behind the farm. The park was full of flowers and butterflies. My grandfather said that he planted all the flowers and took care of them.

After that day, I spent my whole day enjoying the time in the park. 

Terjemahan:

Taman Rahasia di Rumah Kakekku

Musim panas lalu, aku dan keluarga pergi ke rumah kakek saya. Kami tinggal di sana selama kurang lebih satu minggu. Aku dan saudaraku sangat bahagia karena rumah kakek terletak dekat dengan pertanian yang asri dan hijau.

Suatu hari, aku melihat kakek saya pergi ke pertanian di belakang rumah. Aku sangat penasaran karena saya belum pernah ke sana. Tempat itu terlihat sangat menakutkan. Kakek melihatku.. Kemudian, dia langsung memintaku untuk mengikutinya.

Dan, aku sangat terkejut karena ada taman bunga di belakang pertanian. Taman itu penuh dengan bunga dan kupu-kupu. Kakek berkata bahwa dia menanam semua bunga dan merawatnya.

Setelah hari itu, aku menghabiskan seluruh hari dengan menikmati waktu di taman.

Cerpen Bahasa Inggris dengan Tema Ibu

kumpulan cerpen bahasa inggris dan artinya

Berikut ini salah satu cerita pendek dalam bahasa inggris tentang ibu yang dituliskan beserta artinya:

 The True Love of Mother

Once upon a time, there were a mother and her child who lived near the forest. They were so poor so that they lived in an ugly cottage and wore worn-out dresses.

One day, there was a plague in the village. The child was infected by the plague. The mother would like to bring her child to the doctor. However, they didn’t have money to pay for the doctor.

The mother asked the people about the medicine. She went to the forest and looked for some herbal roots. She made the medicine and treated her child carefully. The children’s condition was getting better.

After that, the child recovered from the diseases. Unfortunately, the mother was getting infected. And, since her body was so weak and didn’t get enough sleep, she passed away after several days.

Her child was crying and realizing that her mother gave her true love till the end. 

Terjemahan:

Cinta Sejati Ibu

Dahulu kala, ada seorang ibu dan anaknya yang tinggal di dekat hutan. Mereka sangat miskin sehingga mereka tinggal di pondok yang jelek dan mengenakan pakaian usang.

Suatu hari, terjadi wabah penyakit di desa. Anak itu terinfeksi wabah. Sang ibu ingin membawa anaknya ke dokter. Namun, mereka tidak punya uang untuk membayar dokter.

Sang ibu bertanya kepada orang-orang tentang obatnya. Dia pergi ke hutan dan mencari beberapa akar herbal. Dia membuat obat dan merawat anaknya dengan hati-hati. Kondisi anak-anak pun semakin membaik.

Setelah itu, anak tersebut sembuh dari penyakit. Sayangnya, ibunya terinfeksi. Dan, karena tubuhnya sangat lemah dan tidak cukup tidur, dia meninggal setelah beberapa hari.

Anaknya menangis dan menyadari bahwa ibunya memberikan cinta sejatinya sampai akhir.

Cerita Pendek dengan Tema Pengalaman Pribadi

kumpulan cerpen bahasa inggris dan artinya

Cerpen Bahasa Inggris yang dibuat tentang pengalaman pribadi dapat dipersempit menjadi beberapa macam isi. Salah satunya adalah tentang perjuangan untuk melanjutkan hidup, bekerja, maupun saat dalam perjalanan.

Selain itu, penulis juga bisa membuat cerita tentang sekolah beserta pengalaman pribadi yang mereka alami di sekolah. Sehingga, akan ada banyak cerpen yang dapat dibuat.

Cerita Pendek dengan Tema Hewan

kumpulan cerpen bahasa inggris dan artinya

Cerita pendek dalam bahasa inggris juga seringkali berkisah tentang hewan. Umumnya, cerita ini disebut dengan cerpen fabel. Ada beberapa contoh cerita pendek mengenai hewan.

Salah satunya adalah The Ant and Elephant yang berkisah bagaimana cerdasnya semut melawan gajah dengan ukuran yang sangat besar.

Cerita Pendek dengan Tema Legenda

kumpulan cerpen bahasa inggris dan artinya

Salah satu bentuk cerita pendek dalam bahasa inggris yang lain adalah cerita pendek legenda. Cerita ini menjelaskan tentang asal usul suatu tempat dengan cara yang singkat.

Beberapa diantaranya juga mengisahkan tentang kejadian suatu tempat yang berhubungan dengan cerita tentang cinta seperti The Story of Banyuwangi atau asal usul Banyuwangi.

Cerpen Bahasa Inggris Untuk Anak

contoh cerita pendek dalam bahasa inggris dan artinya

Cerita pendek anak yang paling digemari adalah cerita pendek Cinderella Bahasa Inggris. Berikut ini cerita singkat dan artinya:

The Story of Cinderella

Once upon a time, there was a girl named Cinderella who lived with her stepmother and stepsisters. They are so mean to Cinderella.

One day, her stepmother and her sisters were going to attend the ball party in the palace. Cinderella was not allowed to go. Fortunately, there was a godmother who helped her to go to the party.

She wore a beautiful gown and rode an elegant buggy. However, Cinderella should go home before midnight. Cinderella came to the party and amazed everyone.

She was dancing with the prince until the midnight bells rang. After that, she ran from the palace and her magic dress disappeared. However, she left her slippery in the palace.

The prince used the slippery slope to look for Cinderella. Her steps sisters tried to disguise but her feet were unmatched with slippery. Then, the Prince found Cinderella and got married.

They lived happily ever after.

Terjemahan:

Cerita Cinderella

Dahulu kala, ada seorang gadis bernama Cinderella yang tinggal bersama ibu tiri dan saudara tirinya. Mereka sangat kejam pada Cinderella.

Suatu hari, ibu tiri dan saudara perempuannya akan menghadiri pesta bola di istana. Cinderella tidak diizinkan pergi. Untungnya, ada ibu baptis yang membantunya pergi ke pesta.

Dia mengenakan gaun yang indah dan mengendarai kereta yang elegan. Namun, Cinderella harus pulang sebelum tengah malam. Cinderella datang ke pesta dan membuat kagum semua orang.

Dia berdansa dengan pangeran sampai bel tengah malam berbunyi. Setelah itu, dia lari dari istana dan gaun ajaibnya menghilang. Namun, dia meninggalkannya dengan licin di istana.

Pangeran menggunakan si licin untuk mencari Cinderella. Kakak-kakak tirinya mencoba menyamar tapi kakinya licin tak tertandingi. Kemudian, Pangeran menemukan Cinderella dan menikah.

Mereka hidup bahagia selamanya.

Bagaimana Cara Membuat Cerpen Bahasa Inggris?

contoh cerita pendek dalam bahasa inggris dan artinya

Ada beberapa tips membuat cerita pendek dalam bahasa inggris yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan memperhatikan unsur yang terdapat pada cerita pendek. Berikut ini penjelasan singkatnya:

  • Unsur intrinsik: Unsur yang terdapat pada sebuah cerita yaitu tokoh, alur cerita, penokohan, sudut pandang, dll.
  • Unsur ekstrinsik: Unsur luar yang mempengaruhi jalan cerita seperti kebudayaan setempat, kondisi ekonomi, agama, dll.

Materi Pendukung Lainnya

contoh cerita pendek dalam bahasa inggris dan artinya

Penggunaan Must dan Have To

Bahasa Inggris juga memiliki berbagai macam susunan kata serta penggunaan beberapa kata khusus. Salah satunya adalah penggunaan kata must dan have to.

Kedua kata tersebut memiliki arti yang sama yaitu harus. Akan tetapi, ada perbedaan must dan have to yang bisa dilihat. Berikut ini salah satu contohnya:

I must wake up early tomorrow.

I have to go to school at 6.30 am.

Apa yang Dimaksud dengan Cover Letter?

Cover letter adalah sebuah hal yang harus dimasukkan ke dalam resume untuk melamar pekerjaan. Tujuan dari cover letter adalah meyakinkan kepada recruiter bahwa kandidat memiliki potensi yang baik.

Beberapa contoh cover letter Bahasa Inggris memiliki dua hal yang harus dituliskan. Salah satunya adalah kata kunci yang berkaitan dengan perusahaan serta pekerjaan yang dilamar.

Hal kedua adalah tentang apa yang akan diberikan oleh kandidat kepada perusahaan.

Mengenal Informal Letter

Informal letter atau surat tidak resmi adalah surat yang diberikan kepada teman, sahabat atau keluarga.

Salah satu contoh informal letter adalah surat dari seorang anak yang diberikan kepada ibunya. Bahasa yang digunakan dalam informal letter juga cenderung lebih santai.

Mengenal Formal Letter

Surat lain yang ada pada Bahasa Inggris adalah formal letter. Beberapa contoh formal letter dapat ditemukan pada berbagai surat keputusan dari suatu instansi maupun surat undangan.

Umumnya, formal letter juga mengandung nomor surat dan bahasa baku.

Penutup

Itulah tadi sedikit pembahasan tentang contoh cerpen bahasa inggris. Semoga teman-teman bisa mendapatkan inspirasi. Dan terima kasih telah berkunjung ke situs inggrism. KEEP LEARNING!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism