banner join inggrism

Penggunaan Who Whom Whose

contoh penggunaan who whom whose dalam kalimat bahasa inggris

Hello Mates, bareng inggrism lagi nih. Oke pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi artikel mengenai penggunaan who whom whose dalam bahasa inggris. Kami juga akan menjelaskan perbedaan serta akan memberikan contoh penggunaannya supaya teman-teman bisa lebih paham.

Setiap bahasa tentu memiliki aturan pembuatan kalimatnya masing – masing. Selain itu, tentu ada beberapa kata tertentu yang digunakan dalam berbagai macam situasi. Hal ini juga terjadi pada Bahasa Inggris. Sebagai sebuah bahasa yang telah lama ada, Bahasa Inggris memiliki beberapa aturan khusus.

Salah satunya adalah materi tentang who whom whose. Ketiga kata tersebut merupakan bentuk dari relative pronoun. Sehingga, penggunaanya sangat luas baik dalam relative clause, adjective clause, dll. Akan tetapi, pemakaian who whom whose dalam bahasa Inggris memiliki kaidah tertentu. Berikut ini uraian dan contohnya.

Mengenal Relative Pronoun Who Whom Whose

perbedaan who whom dan whose

Relative pronoun who whom whose seringkali digunakan dalam kalimat Bahasa Inggris. Penggunaan who whom whose memang terkadang membingungkan karena ketiga relative pronoun tersebut memiliki arti yang lebih mirip. Oleh karena itu, pemakain who whom whose perlu diperhatikan secara seksama.

Relative pronoun ini sangat sering dijumpai dalam kalimat ataupun teks bahasa inggris. Sehingga, teman-teman sangat perlu mempelajari materi bahasa inggris yang satu ini. Tenang saja, mempelajarinya tidak sulit dan mudah saja.

Apa yang Membedakan Penggunaan Who Whom Whose?

perbedaan who whom dan whose

Dalam menentukan pemakaian who whom whose, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah perbedaan dari ketiga relative pronoun tersebut. Cara membedakan ketiga pronoun tersebut bisa menggunakan rumus seperti di bawah ini:

  • Who bisa digunakan untuk subjek he, she, dan they.
  • Whom bisa digunakan untuk objek him, her, dan them
  • Whose bisa digunakan untuk kata ganti kepunyaan his, hers, dan their.

Menggunakan Relative Pronoun Untuk Menggantikan Subjek Orang

contoh penggunaan who whom whose dalam kalimat bahasa inggris

banner join inggrism

Salah satu pemakaian who whom whose adalah untuk menggantikan subjek orang bukan benda. Dalam kasus ini, penggunaan kata who lebih tepat dibandingkan dua relative pronoun yang lain. Berikut ini salah satu contohnya:

Do you know the teacher who teaches Math in Nusa Dua School?

Terjemahan:

Apakah kamu tahu guru yang mengajar Matematika di Sekolah Nusa Dua?

Menggunakan Relative Pronoun untuk Menggantikan Objek 

contoh penggunaan who whom whose dalam kalimat bahasa inggris

Pemakaian who whom whose juga bisa dilakukan untuk menggantikan objek. Pada kasus ini, relative pronoun whom lebih tepat digunakan. Berikut ini salah satu contoh penggunaan whom pada sebuah kalimat beserta artinya:

The girl whom we helped gave us some food. 

Terjemahan:

Anak perempuan yang kita tolong itu memberikan kita makanan.

Menggunakan Relative Pronoun untuk Menggantikan Kata Ganti Kepunyaan

perbedaan who whom dan whose

Penggunaan who whom whose juga memiliki fungsi menggantikan kata ganti kepunyaan. Dalam kondisi ini, cara penggunaan yang tepat adalah dengan menggunakan relative pronoun whose. Salah satu contohnya adalah sebagai berikut:

Linda is the girl whose car is red. 

Terjemahan:

Linda adalah seorang gadis yang memiliki mobil merah.

Penggunaan Who Whom Whose pada Kalimat Tidak Langsung

contoh penggunaan who whom whose dalam kalimat bahasa inggris

Pemakaian who whom whose juga bisa diterapkan pada sebuah kalimat tidak langsung. Berikut ini salah satu penempatan relative pronoun pada kalimat tidak langsung yang benar:

My brother doesn’t know who the owner of the car is.

Terjemahan:

Saudara laki – lakiku tidak tahu siapa pemilik dari mobil ini.

Pertanyaan tentang Penggunaan Who Whom Whose

contoh penggunaan who whom whose dalam kalimat bahasa inggris

Pemakaian who whom whose merupakan salah materi yang penting pada Bahasa Inggris. Sehingga, materi ini sering dibuat dalam bentuk soal saat ujian. Berikut ini salah satu contoh soal pemakaian who whom whose dan jawabannya.

The baby … sits in front of the TV is my brother. 

Terjemahan:

Bayi… duduk di depan TV adalah saudaraku.

Jawabannya adalah Who.

Belajar Materi Bahasa Inggris Lainnya

perbedaan who whom dan whose

Mengenal Majas Pada Bahasa Inggris

Materi lainnya yang sering digunakan pada kehidupan sehari-hari maupun pada ujian selain who whom whose adalah majas. Secara umum, definisi dari majas dalam Bahasa Inggris adalah ungkapan atau kiasan yang digunakan untuk memperindah gaya bahasa. Berikut ini beberapa macam majas yang ada pada Bahasa Inggris:

  • Alliteration,
  • Metaphor,
  • Onomatopoeia,
  • Personification,
  • Simile,
  • Hyperbole,
  • Anaphora,
  • Assonance,
  • Synecdoche.

Apa Saja Cerita Pendek Bahasa Inggris?

Cerpen Bahasa Inggris merupakan salah satu jenis teks yang ada pada Bahasa Inggris. Umumnya, who whom whose dan majas dapat ditemukan dengan mudah pada cerita pendek tersebut. Hal ini bisa dilihat dalam naskah asli cerpen Swan Lake dll. Sehingga, bisa belajar materi Bahasa Inggris dengan lengkap dan mudah.

Apa yang Dimaksud dengan Cover Letter?

Teks lain yang juga ada pada Bahasa Inggris adalah cover letter. Teks ini umumnya digunakan bersama dengan resume untuk melamar pekerjaan. Ada berbagai jenis cover letter Bahasa Inggris yang bisa dibuat yaitu cover letter untuk fresh graduate, magang, pekerja yang telah berpengalaman, dll.

Apa yang Dimaksud dengan Informal Letter?

Selain cover letter, Bahasa Inggris juga memiliki jenis surat yang lain yaitu informal letter. Surat ini merupakan surat tidak resmi sehingga tidak membutuhkan nomor surat dan bahasa baku. Berikut ini beberapa tema dan contoh informal letter yang bisa dibuat:

  • Informal letter kepada ibu,
  • Contoh informal letter kepada sahabat,
  • Informal letter kepada teman, dll.

Penutup

Mempelajari kata who whom whose pada Bahasa Inggris akan membantu masyarakat yang ingin belajar Bahasa Inggris karena ada banyak teks yang menggunakan ketiga jenis relative pronoun tersebut.

Terima kasih telah berkunjung di situs inggrism. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan penulisan. Semoga artikel tentang penggunaan who whom whose ini bisa memberikan wawasan baru kepada teman-teman semua. Jangan lupa untuk terus belajar. Keep Learning!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism