Contoh Conditional Sentence

  • 4 min read
  • Oct 03, 2021
pengertian, contoh, struktur, dan type conditional sentence dalam bahasa inggris

Kamu bisa mempelajari contoh conditional sentence untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris. Ada macam-macam tipe conditional sentence yang harus kamu pahami. Mempelajari rumusnya adalah langkah pertama yang harus kamu ambil.

Dalam contoh percakapan bahasa inggris, kalimat conditional sentence sering ditemukan. Oleh sebab itu, materi ini sangat penting untuk dipelajari.

Secara garis besar, conditional sentence digunakan untuk mengungkapkan sebuah pengandaian, misal; jika A maka B. Namun bagaimana karakteristik dari conditional sentence?

Di bawah ini mari kita pelajari bersama tipe-tipe conditional sentence beserta contohnya agar lebih mudah untuk dipahami.

Pengertian Conditional Sentence dan Contohnya

banner join inggrism
pengertian, contoh, struktur, dan type conditional sentence dalam bahasa inggris

Definisi conditional sentence adalah sebuah kalimat bersyarat yang membutuhkan suatu kondisi tertentu agar sesuatu yang diungkapkan dapat benar-benar terjadi. Dan berikut ini contoh kalimat dan artinya dari conditional type 0, 1, 2, 3:

  1. Contoh type 0 untuk menjelaskan general truth atau fakta:

If you don’t drink, you feel thirsty. (Jika kamu tidak minum, kamu merasa haus).

The paper becomes ash if you burn it. (Kertasnya akan menjadi abu jika kamu membakarnya).

She feels sick if she eats too much. (Dia akan merasa sakit jika makan terlalu banyak).

  1. Contoh type 1 untuk menjelaskan kemungkinan di masa depan:

I will tell him my name if we meet. (Aku akan mengatakan namaku padanya jika kami bertemu).

If Carina visits this summer, I will cook the best meal. (Jika Carina berkunjung musim panas ini, aku akan memasak hidangan terbaik).

Richie will read the novel if you lend him. (Richie akan membaca novel itu jika kamu meminjaminya).

  1. Contoh conditional sentence type 2 untuk menunjukkan pengandaian yang belum pasti terjadi:

If I were you, I would move to Kalimantan. (Jika aku menjadi dirimu, aku akan pindah ke Kalimantan).

I would buy my friends good foods if I won a million dollars lottery. (aku akan membelikan teman-temanku makanan enak jika aku menang undian satu juta dollar).

If I owned a hospital, everyone would get free medication. (Jika aku memiliki sebuah rumah sakit, semua orang akan mendapatkan pengobatan gratis).

  1. Contoh type 3 untuk menunjukkan pengandaian yang tidak mungkin terwujud sama sekali:

If I had finished my job, I would have gone to the party. (Jika aku telah menyelesaikan pekerjaanku, aku akan sudah pergi ke pesta).

This house would not have burned if you had turned off the stove this morning. (Rumah ini tidak akan terbakar jika kamu mematikan kompor tadi pagi).

Meskipun tidak diaplikasikan ketika melakukan perkenalan dalam bahasa inggris, namun tidak ada salahnya mempelajari kalimat conditional dalam bahasa inggris ini.

Struktur Kalimat dan Rumus Conditional Sentence

pengertian, contoh, struktur, dan type conditional sentence dalam bahasa inggris

Seperti pada grammar yang lain, contoh conditional sentence juga memiliki rumus tersendiri yang bisa kamu pelajari sehingga kamu bisa membedakan antara keempat bentuk conditional sentence yang ada.

Banyak orang salah paham dan menganggap conditional sentence type 1, 2, 3, 4 namun hal itu tidak benar dan faktanya adalah tipe 0 sampai 3. Dan berikut ini adalah penjelasannya secara lengkap dan menyeluruh.

  1. Rumus Type 0

pengertian, contoh, struktur, dan type conditional sentence dalam bahasa inggris

Rumus:

If + simple present, simple present

Contoh:

If you break a glass, it shatters. (Jika kamu memecahkan gelas, itu akan pecah).

Rumus:

Simple present + if + simple present

Contoh:

A glass shatters if you break it. (Gelas pecah jika kamu memecahkannya).

  1. Rumus Type 1

pengertian, contoh, struktur, dan type conditional sentence dalam bahasa inggris

Rumus:

If + simple present, simple future

Contoh:

If Jason comes this weekend, we will hold a party. (Jika Jason datang akhir minggu ini, kita akan menyelenggarakan pesta).

Rumus:

Simple future + if + simple present

Contoh:

We will hold a party if Jason comes this weekend. (Kita akan menyelenggarakan pesta jika Jason datang akhir minggu ini).

  1. Rumus Type 2

pengertian, contoh, struktur, dan type conditional sentence dalam bahasa inggris

Rumus:

If + simple past, present conditional

Contoh:

If I lived in London, I would visit Warner Bros Studio everyday. (Jika aku tinggal di London, aku akan mengunjungi Warner Bros Studio setiap hari).

Rumus:

Present conditional + if + simple past

Contoh:

I would visit Warner Bros Studio everyday if I lived in London. (Aku akan mengunjungi Warner Bros Studio setiap hari jika aku tinggal di London).

  1. Rumus Type 3

pengertian, contoh, struktur, dan type conditional sentence dalam bahasa inggris

Rumus:

If + past perfect, perfect conditional

Contoh:

If I had read the book, I would have got an A in the test. (Jika aku telah membaca bukunya, aku akan sudah mendapatkan nilai A di ujian).

Rumus:

Perfect conditional + if + past perfect

Contoh:

I would have got an A in the test if I had read the book. (Aku akan sudah mendapatkan nilai A di ujian jika aku membaca bukunya).

Kalimat conditional dalam bahasa inggris sangat berkaitan dengan grammar. Oleh sebab itu Anda harus belajar tentang grammar bahasa inggris juga.

Contoh Paragraf yang Mengandung Conditional Sentence

pengertian, contoh, struktur, dan type conditional sentence dalam bahasa inggris

Setelah memahami tipe-tipe conditional sentence di atas, sekarang perhatikan paragraph di bawah untuk memahami lebih jauh mengenai conditional sentence:

  1. Contoh 1 mengandung conditional sentence tipe 1:

Cheryl is very happy this morning because her brother will come home. She is arranging a private party with her friends for Jason. If Jason comes this weekend, she will cook the best meal for him.

Artinya:

Cheryl sangat senang pagi ini karena kakaknya akan pulang. Dia mengatur pesta pribadi dengan teman-temannya untuk Jason. Jika Jason datang akhir pekan ini, dia akan memasak makanan terbaik untuknya.

  1. Contoh 2 mengandung conditional sentence tipe 2:

I always want to live in a castle. When I was little, my father used to tell me a story about a princess who lived in a big beautiful castle. If I had a big beautiful castle, I would invite my friends to party everyday.

Artinya:

Aku selalu ingin tinggal di kastil. Ketika aku masih kecil, ayahku sering bercerita tentang seorang putri yang tinggal di kastil besar yang indah. Jika aku memiliki kastil besar yang indah, aku akan mengundang teman-teman saya ke pesta setiap hari.

Conditional Sentence dalam Bahasa Inggris

pengertian, contoh, struktur, dan type conditional sentence dalam bahasa inggris

Selanjutnya, kamu bisa mempelajari contoh soal kalimat conditional di bawah ini agar memperkaya pemahamanmu:

  • You get sick if you don’t eat for days. (Kamu menjadi sakit jika tidak makan berhari-hari).
  • The room is dark if you turn the light off. (Ruangannya menjadi gelap jika kamu mematikan lampunya).
  • If the film Avengers: Endgame is available, I will watch it. (Jika film Avengers: Endgame tersedia, aku akan menontonnya).
  • Claire will join us if we allow her to come tonight. (Claire akan bergabung dengan kita jika kita mengizinkannya untuk datang malam ini).
  • If Harry Potter universe was real, I would enroll to Hogwarts. (Jika dunia Harry Potter nyata, aku akan mendaftar ke Hogwarts).
  • If you had called earlier, I would have come to pick you up. (Jika kamu menelpon lebih awal, aku akan datang menjemputmu).

Kalimat conditional dalam bahasa inggris biasanya juga digunakan dalam interview bahasa inggris. Sehingga mempelajari hal ini bisa sangat membantu Anda ketika ada interview yang akan dihadapi.

Penutup

Itulah beberapa contoh dan jenis-jenis kalimat conditional yang bisa kamu pelajari. Setelah membaca penjelasan dan juga contoh di atas, diharapkan kamu bisa membuat contoh conditional sentence lebih banyak untuk memperdalam pemahamanmu.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *