banner join inggrism

Interview Bahasa Inggris

contoh pertanyaan dan jawaban interview kerja dalam bahasa inggris

Sebelum melamar pekerjaan, ada baiknya kamu mempelajari interview bahasa Inggris sebagai persiapan. Sebenarnya sudah banyak materi yang bisa kamu pelajari terkait tips dan trik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan saat interview.

Sehingga kamu bisa diterima di perusahaan misalnya di PT Epson. Akan tetapi, salah satu hal yang bisa menghambat adalah ketika wawancara disediakan dalam bahasa Inggris.

Mau tidak mau, kamu harus belajar lebih ekstra untuk dapat mengingat jawaban yang harus kamu berikan. Tapi, sebenarnya interview jauh lebih mudah daripada pidato dalam bahasa inggris.

Di bawah ini akan disajikan materi interview dalam bahasa Inggris dan jawabannya yang bisa kamu pelajari.

Materi Job Interview Bahasa Inggris

contoh pertanyaan dan jawaban interview kerja dalam bahasa inggris

Dalam interview bahasa Inggris saat kamu melamar pekerjaan, biasanya ada pertanyaan yang sangat sering muncul. Dan berikut ini adalah pertanyaan yang sering muncul dalam berbagai interview pekerjaan.

  1. Can you describe yourself?

Artinya adalah “Bisakah kamu menggambarkan dirimu sendiri?”. Kamu bisa menjawab dengan mendeskripsikan good traits yang kamu miliki.

Contoh: “I am a confident person, I work hard to achieve my goals and I value honesty.

Artinya: “Saya adalah orang yang percaya diri, bekerja keras untuk mencapai tujuan dan saya menjunjung tinggi kejujuran.”

  1. Can you describe your strengths and weaknesses?

Artinya adalah “Bisakah kamu mendeskripsikan kelebihan dan kekuranganmu?” Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menjelaskan sesuatu yang benar-benar kamu kuasai. Namun untuk menjawab tentang kekurangan, jawablah dengan diplomatis.

Contoh: “I am very careful when it comes to taking risks. To overcome this, I usually ……….

Artinya: “Saya sangat berhati-hati saat dihadapkan pada pengambilan risiko. Untuk mengatasi ini, biasanya saya……”

  1. What do you know about this company?

Artinya adalah “Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?” Untuk menjawabnya, kamu perlu memahami visi dan misi perusahaan, kemudian jawablah dengan menekankan sisi positif perusahaan dan jangan membandingkan dengan perusahaan lain.

banner join inggrism

Contoh: “This company has a high concern for environmental conditions, this is in line with my vision and mission ……..

Artinya: “Perusahaan ini memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kondisi lingkungan, hal tersebut sejalan dengan visi misi saya…….”

  1. Why do you apply for this position?

Pertanyaan di atas berarti “Mengapa kamu melamar posisi ini?”, jawabannya bisa kamu temukan jika kamu mengetahui tentang posisi yang kamu lamar. Kamu bisa memberikan jawaban seperti di bawah ini.

Contoh: “I apply for this position because I wanted to find opportunities to hone my skills and contribute to the company ………

Artinya: “Saya melamar posisi ini karena saya ingin mencari peluang untuk mengasah skill yang saya miliki dan memberikan kontribusi pada perusahaan………”

Interview Anda akan lebih bagus dan mudah apabila kalian mengusai grammar bahasa inggris. Oleh sebab itu, akan lebih baik ketika Anda belajar juga tentang grammar.

Contoh Ujian Praktek Interview Kerja

contoh pertanyaan dan jawaban interview kerja dalam bahasa inggris

Dalam ujian di sekolah, kamu akan mempelajari berbagai pertanyaan interview yang kemungkinan akan kalian hadapi saat melamar kerja. Di bawah ini adalah 3 pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview:

  1. Why should we hire you?

Pertanyaan di atas artinya “Mengapa kami harus merekrutmu?” jawablah dengan sopan jika kamu memiliki kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Contoh: “I believe that my skills can make a positive contribution to the company ……….,”

Artinya: “Saya yakin bahwa kemampuan yang saya miliki dapat memberikan kontribusi positif pada perusahaan……….”

  1. What achievements have you made?

Artinya adalah “Prestasi apa yang sudah akamu peroleh?”. Jawaban dari pertanyaan ini cukup sederhana, kamu bisa menyebutkan pekerjaan yang telah berhasil kamu selesaikan dengan baik dalam setahun ke belakang.

Interview Bahasa Inggris saat Akan Masuk Kuliah

contoh pertanyaan dan jawaban interview kerja dalam bahasa inggris

Saat kuliah pun, kamu mungkin harus menjawab berbagai pertanyaan saat interview bahasa Inggris. Beberapa contoh soal, jawaban dan terjemahannya di bawah ini bisa menjadi acuan belajar kalian:

  1. Can you tell me more about yourself? (Bisakah kamu menceritakan lebih jauh tentang dirimu?)

Jawaban: My name is…. I was born in…. (Nama saya…. Saya lahir di….).

  1. Why are you interested in enrolling in this university? (Mengapa kamu tertarik untuk mendaftar di universitas ini?)

Jawaban: This university has the best major program in Indonesia… (Universitas ini memiliki program jurusan terbaik yang ada di Indonesia….)

  1. Why are you interested in applying to this department? (Mengapa Anda tertarik melamar departemen ini)

Jawaban: I have skills that I can develop if I join this department… (Saya memiliki skill yang dapat saya kembangkan jika bergabung dengan jurusan ini…)

Selain itu, pelajari juga tentang rumus passive voice. Sehingga ketika Anda mendapat pertanyaan dengan kalimat pasif, Anda bisa menjawabnya dengan mudah.

Interview Kerja Bahasa Inggris Pramugari

contoh pertanyaan dan jawaban interview kerja dalam bahasa inggris

Jika kamu ingin bekerja sebagai pramugari di sebuah maskapai penerbangan maupun bekerja di bandara, kamu harus mempersiapkan diri dengan baik.

Memahami contoh-contoh pertanyaan yang akan muncul saat sesi interview memang harus kamu lakukan. Beberapa contohnya antara lain ada di bawah ini:

  1. What do you know about flight attendants? (Apa yang kamu ketahui tentang pramugari?).
  2. Why are you interested in becoming a flight attendant? (Mengapa kamu tertarik untuk menjadi seorang pramugari?).
  3. In your opinion, what are the advantages and disadvantages of being a flight attendant? (Menurutmu, apa kelebihan dan kekurangan menjadi seorang pramugari?).
  4. How much do you want to be a flight attendant, can you explain why? (Seberapa besar keinginan kamu untuk menjadi seorang pramugari, bisakah kamu menjelaskan alasannya?).
  5. How do you deal with and resolve complaints? (Bagaimana kamu menghadapi dan menyelesaikan keluhan?).

Interview Kerja di Bidang Perhotelan

contoh pertanyaan dan jawaban interview kerja dalam bahasa inggris

Tidak jauh berbeda dengan pramugari, pekerjaan di hotel juga membutuhkan kemampuan berinteraksi yang baik dengan customer. Oleh karena itu, biasanya interviewer akan melihat diri kita dari cara kita menjawab pertanyaan-pertanyaan. Berikut contoh pertanyaannya:

  1. What do you think about working overtime? (Apa pendapat kamu tentang kerja lembur?).
  2. If you were accepted, what salary would you expect from this position? (Jika kamu diterima, berapa gaji yang kamu harapkan dari posisi ini?).
  3. What do you think about cleanliness and sanitation in the work environment? (Apa pendapatmu tentang kebersihan dan sanitasi dalam lingkungan kerja?).
  4. Can you work as a team? (Apakah kamu bisa bekerja secara tim?).

Contoh Interview Kerja di Pelayaran

contoh pertanyaan dan jawaban interview kerja dalam bahasa inggris

Jika kamu melamar pekerjaan di pelayaran dan lolos hingga tahap interview pelaut, sebaiknya kamu mempersiapkan diri untuk beberapa pertanyaan penting yang akan keluar saat sesi tersebut seperti di bawah ini:

  1. Why did you apply at our company? (Mengapa kamu melamar di perusahaan kami?).
  2. What do you know about sailing? (Apa yang kamu ketahui tentang pelayaran?).
  3. If you are accepted, are you willing to share a room with other workers? (Jika kamu diterima, apakah kamu bersedia untuk berbagi kamar dengan pekerja yang lain?).

Penutup

Memahami interview singkat bisa menjadi kunci kamu diterima di perusahaan yang kamu inginkan. Meskipun kamu lulusan SMK, namun kamu juga bisa mendapatkan pekerjaan yang cukup baik jika kamu menguasai tips dan trik saat menjawab pertanyaan pada sesi interview.

Untuk menguasai interview bahasa inggris, teman-teman juga harus mempelajari contoh percakapan bahasa inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism