banner join inggrism

Pohon Keluarga dalam Bahasa Inggris

family tree dalam bahasa inggris

Pohon keluarga dalam bahasa Inggris atau silsilah keluarga memiliki istilah yang cukup berbeda dengan istilah keluarga yang ada di Indonesia. Istilah dalam bahasa Inggris yaitu family tree, biasanya memuat silsilah keluarga dari keturunan tertua hingga termuda.

Family tree juga memuat informasi tentang hubungan saudara yang kompleks dalam satu keturunan. Teman-teman bisa menemukan artikel tentang silsilah keluarga di berita dalam bahasa inggris.

Family tree juga memuat istilah core family atau keluarga inti, sering juga disebut sebagai nuclear family dan extended family atau keluarga besar yang memuat informasi mengenai buyut, kakek, nenek hingga sepupu-sepupu.

Core Family pada Family Tree

family tree

Dalam pohon keluarga terdapat istilah-istilah yang cukup umum kita dengar dalam kehidupan kita. Untuk mengenal anggota keluarga dalam bahasa inggris, berikut ini adalah nama-nama keluarga dalam bahasa Inggris terutama dalam core family:

  1. Mother: Ibu

My mother is my uncle’s sister. (Ibuku adalah saudara perempuan dari pamanku).

  1. Father: Ayah

My father is my aunt’s little sister. (Ayahku adalah adik laki-laki bibiku).

  1. Sister: Saudara kandung perempuan

I have three sisters; two older sisters and one younger sister. (Aku memiliki tiga saudara perempuan; dua kakak perempuan dan satu adik perempuan).

  1. Brother: Saudara kandung laki-laki

My little brother is 3 years younger than me, he is the youngest in the family. (Adik laki-lakiku 3 tahun lebih muda dariku, dia yang paling muda di dalam keluarga).

banner join inggrism

Pohon keluarga sederhana dalam bahasa Inggris biasanya hanya memuat core family atau anggota keluarga inti. Sedangkan pohon keluarga untuk extended family biasanya akan lebih kompleks.

Extended Family dalam Pohon Silsilah Keluarga

pohon keluarga dalam bahasa inggris

Silsilah keluarga dalam bahasa Inggris mengenal istilah extended family atau keluarga besar. Dalam pohon keluarga ini biasanya terdiri dari buyut hingga sepupu-sepupu jauh.

Berikut adalah beberapa istilah umum yang mungkin sudah familiar di telingamu:

  1. Grandmother: Nenek

Nenek adalah ibu dari orang tua kita. Namun dalam bahasa Inggris, nenek dibedakan menjadi paternal grandmother (nenek dari ayah) dan maternal grandmother (nenek dari ibu).

Contoh:

She is my paternal grandmother. (Dia adalah nenek dari ayahku).

My father is my grandmother’s third child. (Ayahku adalah anak ketiga dari nenekku).

  1. Grandfather: Kakek

Grandfather adalah ayah dari orang tua kita. Dalam bahasa Inggris juga dikenal paternal grandfather dan maternal grandfather.

Contoh dan terjemahannya:

He is my maternal grandfather. (Dia adalah kakek dari ibuku).

My mother is my grandfather only daughter. (Ibuku adalah anak perempuan satu-satunya dari kakekku).

  1. Uncle: Paman

Uncle adalah saudara laki-laki dari orang tua kita, bisa saja adik atau kakak dari ayah maupun ibu.

Contoh soal:

My uncle is my father’s little brother. (Pamanku adalah adik laki-laki ayahku).

My uncle had forgotten the traffic signs in English. (Pamanku sudah lupa dengan rambu lalu lintas dalam bahasa inggris).

  1. Aunt: Bibi

Dalam bahasa Inggris, aunt merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut saudara perempuan dari kedua orang tua kita.

Contoh:

My mother has a little sister and I call her Aunt Margaery. (Ibuku memiliki satu adik perempuan dan aku memanggilnya bibi Margaery).

Penulisan Nama Keluarga dalam Bahasa Inggris

pohon keluarga dalam bahasa inggris

Selain keluarga yang setingkat dengan orang tuamu, ada juga istilah untuk menyebut sanak saudara yang setingkat denganmu atau setingkat di bawahmu. Berikut adalah istilah-istilah tersebut:

  1. Cousin: Sepupu

Istilah yang benar untuk menyebut anak-anak dari paman atau bibi adalah ‘cousin’.

Contoh beserta artinya:

I have five cousins; two are aunt Cheryl’s children and three others are uncle Robert’s children. (Aku memiliki lima sepupu; dua adalah anak-anak bibi Cheryl, dan tiga lainnya adalah anak-anak paman Robert).

  1. Niece: Keponakan perempuan

Niece adalah istilah yang digunakan untuk menyebut anak-anak dari saudara kandung kita.

Contoh dan artinya:

My older brother has two daughters; they are my cute little nieces. (Kakak laki-lakiku memiliki dua anak perempuan; mereka adalah keponakan-keponakan perempuanku yang lucu).

My niece gave me a greeting card in English. (Keponakan perempuanku memberikan kartu ucapan dalam bahasa inggris).

  1. Nephew: Keponakan laki-laki

Istilah yang digunakan untuk menyebut anak laki-laki dari saudara kandung kita adalah ‘nephew’.

Contoh:

Alexander is my nephew; he’s my sister’s son. (Alexander adalah keponakan laki-lakiku; dia adalah anak laki-laki kakakku).

My nephew is confused about the difference between good evening and good night. (Keponakanku bingung membedakan perbedaan good evening dan good night).

Kosakata di atas pastinya sudah tidak asing lagi karena sudah sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi ternyata da istilah lain yang bisa menambah kekayaan vocabulary-mu sepeti yang diulas di bawah ini.

Istilah Lain pada Penulisan Pohon Keluarga dalam Bahasa Inggris

pohon keluarga dalam bahasa inggris

Saat kamu membaca pohon silsilah keluarga dalam bahasa Inggris, kamu biasanya akan menemukan istilah yang kurang lazim digunakan dalam bahasa Indonesia.

Contohnya seperti first cousin, second cousin, bahkan first cousin once removed. Untuk memahaminya, perhatikan ulasan di bawah ini beserta contohnya.

  1. Great-grandparent: Kakek/Nenek buyut

Istilah ini digunakan untuk menyebut kakek/nenek dari orang tuamu.

Contoh:

My great grandparents had already died when I was born. (Kakek dan nenek buyutku telah meninggal dunia ketika aku dilahirkan).

  1. Granduncle/Aunt: Saudara laki-laki/Perempuan dari kakek/nenek

Contoh kalimat dan artinya:

I have a granduncle who lives in Florida, he is my grandmother big brother. (Aku punya kakek yang tinggal di Florida, dia adalah kakak laki-laki nenekku).

  1. First Cousin: Sepupu pertama

Digunakan untuk menyebut anak dari bibi atau paman kita, sehingga hubungan kita dengan first cousin masih berbagi kakek/nenek yang sama.

Contoh:

Eleanor is my first cousin because she’s my aunt’s daughter. (Eleanor adalah sepupu pertamaku karena dia adalah anak perempuan bibiku).

  1. Second Cousin: sepupu kedua

Istilah ini digunakan untuk menyebut cucu dari granduncle. Hubungan antara kamu dan second cousin adalah berbagi great-grandparents (kakak/nenek buyut).

Contoh:

Samantha is my second cousin, we only meet at family gathering. (Samantha adalah sepupu keduaku, kamu hanya bertemu saat pertemuan keluarga).

  1. First Cousin Once Removed: Sepupu yang dihapus satu tingkat

Istilah ini cukup kurang familiar bagi orang Indonesia, karena biasanya anak dari sepupu disebut sebagai ‘keponakan’. Sedangan dalam bahasa Inggris, mereka memiliki sebutan sendiri yaitu ‘first cousin once removed’.

Contoh:

Arya is my first cousin once removed because she’s my cousin’s daughter. (Arya adalah sepupu yang dihapus satu generasi karena dia adalah anak dari sepupuku).

Dalam silsilah keluarga lengkap, cousinhood memang sering digunakan di Eropa/Amerika.

Cousinhood memiliki istilah yang lebih luas lagi seperti first cousin twice removed (cucu dari sepupumu) atau third cousin (sepupu yang masih berbagi great-great grandparents).

Kesimpulan dan Gambar Family Tree

family tree

Cara membuat gambar pohon keluarga adalah dengan memahami urutan silsilah keluarga yang telah dibahas di atas.

Memahami silsilah keluarga bisa menambah pemahamanmu tentang hubungan dengan saudara-saudaramu.

Meskipun rumit, namun akan lebih jelas jika kamu menggambar bagan untuk menjelaskan pohon keluarga dalam bahasa Inggris. Selamat belajar, Keep Learning!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism