banner join inggrism

Jenis-Jenis Teks Bahasa Inggris

jenis teks dalam bahasa inggris beserta penjelasan dan contohnya

Ada banyak sekali jenis teks bahasa Inggris yang pastinya pernah kamu pelajari sewaktu sekolah. Namun jika kamu tidak pernah menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, pastinya akan sangat sulit untuk mengingat semuanya.

Dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan jenis teks dalam bahasa Inggris beserta contoh sederhana agar kamu mudah untuk mempelajarinya. Lalu apa saja ketiga belas teks tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Jenis Teks dalam Bahasa Inggris

jenis teks dalam bahasa inggris beserta penjelasan dan contohnya

Ya, total ada 14 jenis teks dalam bahasa inggris. Namun, ada beberap jenis teks yang masih dipecah lagi. Jadi total bisa lebih dari 14 jenis tersebut. Dari semua jenis teks tersebut mempunyai struktur, fungsi, ciri-ciri, dan tujuannya masing-masing.

Teks-teks tersebut juga menggunakan tenses dalam contoh teksnya. Contohnya seperti penggunaan simple present tense, simple past tense, contoh future perfect tense, dan masih banyak lainnya.

Jenis-jenis teks tersebut yaitu:

  1. Descriptive Text,
  2. Narrative Text,
  3. Report Text,
  4. Recount Text,
  5. Procedure Text,
  6. Review Text,
  7. Spoof Text,
  8. Anecdote Text,
  9. Announcement Text,
  10. Explanation Text,
  11. Advertisement Text,
  12. News Item Text,
  13. Exposition Text,
  14. Discussion Text.

Dan untuk penjelasan secara menyeluruh, silahkan simak dibawah ini.

Descriptive Text

pengertian, struktur, contoh descriptive text

Teks deskripsi merupakan sebuah teks yang memiliki tujuan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan suat objek baik itu orang, binatang maupun benda. Dengan teks ini, kamu bisa menjelaskan karakteristik objek baik itu sifatnya maupun fisiknya, dan contohnya:

banner join inggrism

Contoh descriptive text:

Kiko is my cat. He is fat but cute. Kiko has grey and fluffy fur. He eats and sleeps a lot during the day.

Terjemahannya:

Kiko adalah kucingku. Dia gemuk namun menggemaskan. Kiko memiliki bulu tebal berwarna keabuan. Dia banyak makan dan tidur di siang hari.

Tentunya dalam membuat teks ini, Anda perlu mempelajari beberapa grammar. Contohnya seperti future perfect continuous tense, past tense, present tense, dan masih banyak lagi lainnya.

Narrative Text

pengertian, struktur, contoh narrative text

Jenis teks bahasa Inggris yang satu ini biasa kamu temukan pada teks cerita, misalnya pada buku cerita, novel, dan lain-lain. Teks ini dituliskan secara kronologis untuk menjelaskan sebuah peristiwa pada para pembaca. Ciri dari teks ini adalah penggunaan past tense.

Contoh narrative text:

In ancient times, there lived a witch in the interior of the Amazon jungle. He was known as one of the greatest magicians of that era. People who heard his name will be terrified. Rumor had it that he kidnapped children for sacrifices.

Terjemahannya:

Di zaman dahulu, hiduplah seorang penyihir di pedalaman hutan Amazon. Dia dikenal sebagai salah satu penyihir terhebat di zaman itu. Orang yang mendengar namanya akan ketakutan. Rumor mengatakan bahwa dia menculik anak-anak untuk dijadikan korban.

Report Text

contoh report text

Jika dilihat secara sekilas, report text membahas tentang sesuatu yang lebih general atau umum, sedangkan deskripsi lebih spesifik.

Contoh report text:

The Emperor Penguin is a large species of penguin that lives in the Antarctic area. This species has the Latin name Aptenodytes forsteri. This species is the largest one because it has the height of about 3.2 ft to 3.9 ft.

Artinya:

Penguin Kaisar adalah spesies penguin besar yang hidup di daerah Antartika. Spesies ini memiliki nama latin Aptenodytes forsteri. Spesies ini merupakan yang terbesar karena memiliki ketinggian sekitar 3,2 kaki hingga 3,9 kaki.

Untuk mempermudah dalam membuat teks ini, Anda bisa mempelajari grammar. Dan contohnya adalah seperti past future perfect tense, present tense, future tense, dan lainnya.

Recount Text

pengertian, struktur, contoh recount text

Penjelasan recount text adalah merupakan teks yang digunakan untuk menceritakan kembali sebuah kejadian. Biasanya teks ini digunakan untuk menceritakan ulang pengalaman pribadi atau personal recount. Struktur teksnya terdiri dari:

  1. Orientation atau pembuka, misal ‘My brother and I went to Jawa Timur to spend our holiday last month.’
  2. Kemudian disusul dengan events yang dituliskan secara kronologis misalnya “On the second day, we went to the Zoo. We also visited the waterpark after lunch“.
  3. Terakhir adalah re-orientation, contoh “We were very happy to spend our leisure time hanging out on the cafe“.

Procedure Text

pengertian, struktur, contoh procedure text

Teks prosedur merupakan salah satu teks yang sangat umum kita temui pada kehidupan sehari-hari. Fungsi dari teks ini adalah untuk menjelaskan langkah-langkah atau menerangkan sebuah cara sesuai urutannya. Contoh dari teks ini beserta artinya adalah:

Contoh procedure text:

How to Make Strawberry Smoothies

  1. Put 100 gr of strawberry, vanilla ice cream and lemon juice into the blender.
  2. Blend everything until it’s smooth.
  3. Pour into the glass and it’s ready to be served.

Artinya:

Cara Membuat Smoothies Stroberi

  1. Masukkan 100 gram stroberi, es krim vanilla dan jus lemon ke dalam blender.
  2. Kocok hingga lembut.
  3. Tuangkan ke dalam gelas dan siap untuk disajikan.

Review Text

pengertian, struktur, ciri-ciri, tujuan, dan contoh review text beserta artinya

Pengertian review text adalah teks dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk meninjau sebuah karya baik itu buku, film, lagu, karya seni, dan lain-lain. Kegunaannya adalah untuk memberikan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dar suatu objek yang diulas.

Contoh review text:

Riverdale is a series I’ve been in for the past two years. This series tells about the darkness that exists in a small, unknown town.

The interesting thing about this series is how each character can support each other one morning, then stab each other at night. Overall, the series is very good and worth watching.

Artinya:

Riverdale adalah sebuah seri yang sudah aku ikuti selama dua tahun belakangan ini. Serial ini menceritakan tentang kegelapan yang ada di sebuah kota kecil yang tidak terkenal.

Hal menarik dari serial ini adalah bagaimana setiap karakter dapat saling mendukung di suatu pagi, kemudian saling menusuk di malam hari. Secara keseluruhan, serial ini sangat bagus dan layak untuk ditonton.

Spoof Text

jenis teks dalam bahasa inggris beserta penjelasan dan contohnya

Teks ini merupakan salah satu jenis teks bahasa Inggris yang cukup menarik untuk dipelajari hampir sama dengan teks naratif, perbedaannya hanya pada strukturnya saja.

Spoof digunakan untuk menceritakan sebuah jokes atau cerita lucu dengan pola sebagai berikut:

  1. Orientation atau pembukaan yang menceritakan awal mla dari kisahnya,
  2. Events, di mana pada tahap ini cerita masih berjalan dengan wajar,
  3. Twist, pada bagian ini merupakan kejadian lucu atau suatu ending yang tidak disangka-sangka dari events.

Anecdote Text

pengertian, struktur, tujuan, ciri-ciri, macam-macam, dan contoh anecdote text beserta artinya

Pengertian anecdote text adalah jenis teks yang digunakan untuk menceritakan kejadian lucu atau janggal. Biasanya teks ini menggunakan past tense. Tentu saja tujuan dari teks anekdot adalah untuk menghibur para pembacanya.

Ciri lain dari teks ini adalah penggunaan rhetoric question, seperti “Do you know why?” Selain itu juga menggunakan conjunction of time atau kata sambung waktu seperti afterward, before, then, after, dan lain-lain.

Announcement Text

jenis teks dalam bahasa inggris beserta penjelasan dan contohnya

Teks announcement adalah teks pemberitahuan. Teks ini digunakan untuk mengumumkan suatu event atau acara. Biasanya teks ini dapat amu temukan di papan pengumuman, Koran, majalah, maupun di tempat-tempat umum lainnya.

Contoh announcement text:

To commemorate Kartini Day, every student from grade 10 to grade 12 is expected to come wearing their respective regional traditional clothes on April 21, 2021.

Artinya:

Untuk memperingati hari Kartini, setiap siswa dari kelas 10 hingga kelas 12 diharapkan untuk datang mengenakan pakaian adat daerah masing-masing pada tanggal 21 April 2021.

Explanation Text

fitur bahasa explanation text dan artinya

Teks explanation merupakan sebuah teks yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana sesuatu terjadi secara detail. Sesuatu yang dijelaskan bisa berupa fenomena sosial maupun fenomena alam.

Contoh explanation text seperti ketika membahas tentang penularan covid-19, tentang proses hidrologi, tentang proses metamorfosis pada kupu-kupu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Teks ini disusun oleh general statement atau pernyataan umum dan sequence explanation atau penjelasan yang berurutan. Dan akan diakhiri dengan penutup.

Advertisement Text

jenis teks dalam bahasa inggris beserta penjelasan dan contohnya

Seperti namanya, teks advertisement merupakan teks yang digunakan untuk mengiklankan sesuatu pada para pembaca agar tertarik untuk membeli produk yang sedang diiklankan.

Biasanya jenis teks ini digunakan oleh suatu perusahaan atau UMKM untuk menawarkan produk mereka.

Contoh advertisement text:

“Freshly brewed coffee, the best one in town. Get yourself a cup while it lasts.”

Terjemahannya:

“Baru diseduh, terbaik di kota. Dapatkan secangkir selama persediaan masih ada.”

News Item Text 

jenis teks dalam bahasa inggris beserta penjelasan dan contohnya

Disebut juga sebagai teks berita, teks ini digunakan untuk mengabarkan sebuah peristiwa factual kepada pembaca atau pendengar. Teks ini harus memuat 5W + 1H.

Contoh news item text:

The Central Jakarta regional police found a plastic bag containing 1 kilogram of marijuana on Tuesday, February 2, 2021. The police are currently still conducting crime scenes and searching for perpetrators who are suspected of being foreign nationals.

Terjemahannya:

Polisi daerah Jakarta Pusat menemukan satu tas plastik berisi ganja seberat 1 kilogram pada Selasa, 2 Februari 2021. Polisi hingga saat ini masih melakukan olah TKP dan melakukan pencarian pada pelaku yang diduga merupakan warga negara asing.

Exposition Text

jenis teks dalam bahasa inggris beserta penjelasan dan contohnya

Terdapat dua jenis teks exposisi dalam bahasa inggris. Dan, dua jenis tersebut adalah:

  1. Analytical Exposition Text

Tujuan:

Bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang suatu peristiwa atau kejadian penting.

Struktur analytical exposition text:

  • Pendahuluan (thesis),
  • Argumen/Opini (arguments),
  • Kesimpulan (reiteration).
  1. Hortatory Exposition Text

Tujuan:

Untuk memberikan sudut pandang atau pendapat tentang bagaimana menyelesaikan sesuatu.

Struktur hortatory exposition text:

  • Pendahuluan (thesis),
  • Argumen (arguments),
  • Rekomendasi Penyelesaian (recommendation).

Discussion Text

contoh discussion text tentang teknologi, internet, hewan, covid-19 beserta artinya

Yang terakhir yaitu ada discussion text atau teks diskusi. Discussion text adalah sebuah teks dalam bahasa inggris yang menggunakan tema sebagai topik pembahasan dari berbagai sudut pandang.

Nantinya akan ada unsur pro dan kontra dalam teks diskusi. Tujuan dari teks ini adalah untuk berbagi sudut pandang terhadap orang lain. Yang mana bisa berupa segi positif dan negatif.

Terdapat 4 struktur dalam discussion text:

  1. Issue (topik pembahasan),
  2. Supporting point (argumen pendukung),
  3. Contrastive point (argumen ketidaksetujuan),
  4. Recommendation (solusi).

Kesimpulan Jenis Teks Bahasa Inggris

jenis teks dalam bahasa inggris beserta penjelasan dan contohnya

Itulah jenis-jenis teks yang bisa kamu pelajari dalam bahasa inggris. Dalam mempelajarinya, kamu harus mengingat struktur teks dan juga tenses yang digunakan dalam masing-masing teks.

Contoh tenses yang perlu Anda pelajari adalah past future continuous tense, dan tentunya yang lainnya juga. Dengan pengetahuan diatas pula, teman-teman jadi bisa membedakan masing-masing teks dalam bahasa inggris

Teman-temanbisa mulai membuat 13 jenis teks bahasa Inggris versimu sendiri untuk memperdalam pemahamanmu. Dan jangan lupa untuk tetap semangat dan terus belajar. Keep Learning!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
banner join inggrism